Top overhauled, kalau mesin 4tak kan paling penting bagian cylinder head jadi ya menunya
ganti valve spring sama skir klep,
Porting n polishing, selama getaran mesin masih normal, tidak ada asap putih di rpm tinggi maka Piston, ring dan conrod tidak perlu diganti. Cukup kerak di kepala piston sama klep dibersihkan.
Kalau mau kudanya balik banyak bahkan lebih dari aslinya ya ganti cam shaft yang liftingnya naik plus durasi, injector yang flow nya lebih gede ditambah remap.
Dulu jaman kuliah seneng ngoprek motor bebek, hanya dengan naikin kompresi sedikit, rubah durasi dan lift camshaft kenaikan tenaganya signifikan, kalau biasanya topspeed 110 aja susah setelah ubah cam jalan 120 aja cepet. Tapi dengan ubah cam memang perlu ganti valve spring yang lebih bagus biar ga floating di rpm tinggi, karena dengan naikin lift berarti spring travelnya juga akan lebih panjang.
Balikin Kuda Kabur pada Mobil Lama
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Balikin Kuda Kabur pada Mobil Lama
Kalau mau restorasi beneran ya harus turun mesin dan bongkar semua komponen, repair & replace termasuk semua cairan
Cek semua dari intake & exhaust, dan seingat saya untuk beberapa mobil/mesin tua malah dijual juga upgraded parts supaya lebih moncer. CMIIW
Cek semua dari intake & exhaust, dan seingat saya untuk beberapa mobil/mesin tua malah dijual juga upgraded parts supaya lebih moncer. CMIIW
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris