Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Crossoverjersey wrote:Kalo Saya daripada mesti mepet ke selokan sudah Aja pepetin ke sisi mobil yg besebrangan Kan Lebih mudah liatnya ketimbang sisi Sebrang..nah terus Kan spion sudah otomatis ngelipet Jadi ya pepetin Aja... Pake Cara gitu Lebih mudah ketimbang ngira2 ke Arah pinggir seberang
Teknik tinggi, terima kasih feedbacknya Pak.
Di corolla saya sempat saya pasang spion spt ini: Gambar dari camargus.com
Kalo di Avanza jadi jelek muka nya lagian yang punya mobil bilang terlihat jadul, halah...
Crossoverjersey wrote: Mon Apr 30, 2018 18:08
Kalo Saya daripada mesti mepet ke selokan sudah Aja pepetin ke sisi mobil yg besebrangan Kan Lebih mudah liatnya ketimbang sisi Sebrang..nah terus Kan spion sudah otomatis ngelipet Jadi ya pepetin Aja... Pake Cara gitu Lebih mudah ketimbang ngira2 ke Arah pinggir seberang
Setuju. Kecuali ada co-driver yg bantuin liat sisi kiri mobil.
Cuma kadang sebel aja kalo mobil lawan gak sadar diri buat ngelipet spionnya.
Harchi wrote:Feeling....jangan2 sebenernya ts sendiri yg mengalami, bukan kerabatnya....hayo ngaku aja...hehehe
Hahahaha.... Karena menemukan hal yang spt ini, saya pun jadi kagok saat nyetir yg hidung nya ngga kelihatan.
Setelah bertahun tahun pakai twincam, akhirnya saya terbiasa juga dengan roda depan dan belakang termasuk hidung nya.
Namun pertanyaan dari sodara saya ini membuat saya bertanya tanya juga...
Cara paling gampang ya nyalain headlamp kalo mo mepet sama mobil depan.
Lihat sorot lampu yg terpantul, ketika sorot lampu kiri dan kanan terpisah, itu tanda jarak dgn mobil depan sdh cukup dekat.
memang kalo mau diilmiahkan bisa aja, tapi feeling driver yg berpengalaman ya main juga, terutama kalo mobilnya udah biasa dikendarai.
saya juga awalnya bawa ANF agak kagok kalo lg lewat jalan yg mepet yg hanya muat 2 mobil, soalnya kendaraan sebelumnya dimensinya lbh kecil. akhirnya setelah 2 kali lewat jalan yg sama pada kondisi siang dan malam, feelingnya terbentuk juga, jd udah gak kagok lagi.
sbnrnya feeling bawa kendaraan adalah kalkulasi ilmiah terhadap waktu dan ruang namun karena sudah terbiasa jadi sudah refleks antara pedal gas, rem, dan kemudi. impuls sensori dari indera kita tidak diteruskan ke otak, namun sampai tulang belakang saja.
evanbngdor wrote: Tue May 01, 2018 3:25
Murni feeling [emoji16]P_20180501_101810_vHDR_On.jpgP_20180501_101731_vHDR_On.jpg
walah, ini setiap hari parkirnya kaya gitu om?
rawan nyerempet nih, apalagi kalo misal pulang malam, badan udah capek, feelingnya pasti kacau walaupun udah tiap hari parkir kaya gitu.
astronot wrote: Tue May 01, 2018 3:39
sbnrnya feeling bawa kendaraan adalah kalkulasi ilmiah terhadap waktu dan ruang namun karena sudah terbiasa jadi sudah refleks antara pedal gas, rem, dan kemudi. impuls sensori dari indera kita tidak diteruskan ke otak, namun sampai tulang belakang saja.
jadinya bener ya seakan-akan udah jadi perpanjangan tangan dan kaki aja.
Kalau untuk yang baru belajar coba parkir mobilnya dijalan lurus dan rata semepet mungkin dengan sisi kiri tapi cari yang sisi kirinya landai.
Nah perhatikan tepi/garis jalan, dibagian mana berpotongan atau bersentuhan dengan dashboard.
Cara ini cukup efektif kalau anda harus ganti mobil yang ukurannya jauh lebih besar.
Tips lainnya yang saya dapat dari training safety driving
1. Jika anda jalan beriringan dengan kecepatan ≥60 kpj, pastikan kita berjarak 3 detik dari mobil didepan kita, ya 3 detik bukan 3, 13, 30 meter, karena tergantung seberapa cepat mobilnya.
2. Saat berjalan merayap di kemacetan 10-30kpj, maka jarak aman dengan mobil di depan pakai patokan yaitu driver bisa melihat roda belakang mobil yang ada di depan. Jadi, ketika mobil di depan terpaksa harus berhenti karena trouble atau ada sesuatu yang lain, maka kita punya kesempatan pindah jalur tanpa harus mundur terlebih dahulu.
evanbngdor wrote: Tue May 01, 2018 3:25
Murni feeling [emoji16]P_20180501_101810_vHDR_On.jpgP_20180501_101731_vHDR_On.jpg
walah, ini setiap hari parkirnya kaya gitu om?
rawan nyerempet nih, apalagi kalo misal pulang malam, badan udah capek, feelingnya pasti kacau walaupun udah tiap hari parkir kaya gitu.
astronot wrote: Tue May 01, 2018 3:39
sbnrnya feeling bawa kendaraan adalah kalkulasi ilmiah terhadap waktu dan ruang namun karena sudah terbiasa jadi sudah refleks antara pedal gas, rem, dan kemudi. impuls sensori dari indera kita tidak diteruskan ke otak, namun sampai tulang belakang saja.
jadinya bener ya seakan-akan udah jadi perpanjangan tangan dan kaki aja.
Ngga tiap hari om, itu bukan di rumah saya juga. Murni feeling aja sih itu
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: Tue May 01, 2018 3:25
Murni feeling [emoji16]P_20180501_101810_vHDR_On.jpgP_20180501_101731_vHDR_On.jpg
Ini sih luar biasa.
Bener2 ga ada yg kernet-in om?
Ngga om, seumur-umur ane malah ngga dengerin pemandu parkir dimanapun kalo ada, karena kadang2 mereka bilang terusss teruuusss, padahal ban udah mentok pembatas atau mobilnya masih miring
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Biasanya kalo mau lebih mepet malah spionnya ane lipet dulu om, biar lebih mepet, soalnya spion innova kan lebar, jd lumayan makan space.
Mundur jg idealnya kita yg nengok ke samping&belakang, spion bukan jd alat bantu utama untuk parkir.
Well, kalo mo parkir mepet kiri kalo tidak dibantu spion kok agak mustahil ya?
Sori ya om, gak bermaksud meremehkan feeling anda.
Malah kalo mepet kanan ngga ngeliat spion yg agak susah om, karena ngga mungkin kepala nengok 180 derajat kan, ujung2nya kepala keluar kaca deh buat ngeliat ujung kanan belakang.
Kalo mepet kiri ya tinggal telapak tangan megang headrest jok kiri buat ngebantu kita nengok aja.
Ini sih kebiasaan ane aja hehe.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T