Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Mon Jul 16, 2012 4:24
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Oot, Kadang saya bersyukur cabut jakarta, pindah ke daerah... Di jakarta, tipes langganan tiap 6 bulan sekali, sekalinya pindah luar kota...ga pernah sama sekalipun kena tipes...hehe, lebih damai, sesekali tamasya ke jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1703
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Sayangnya pengambil keputusan mau gampangnya aja, klo cuma ngelarang semua bisa. Untuk truk sebaiknya diizinkan untuk double trailer toh jalan tol transjawa sebentar lg tersambung, untuk jalan yg sudah exist tinggal disesuaikan saja baik rambu2 maupun jalannya dilebarkan untuk bagian tikunganpernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 14:33Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)irdna wrote: Tue Mar 06, 2018 6:36 mendingan semua tol di jakarta itu di larang lewat truk2 besar dan kontainer kecuali jam 10 malem ++ sampe pagi baru boleh lewat
( cuman ya resikonya ini karena byk okontainer2 ini tujuannya ke priok pasti bkin tanjung priok bakal super padet di malem hari resikonya)
kalau tol cikampek ini byknya kontainer2 dan truk2 gede jalannya pada pelan blm lagi penyempitan jalan karena ada proyek2 di daerah sana
saya sering bgt lewat ke sana macetnya ampun2 deh kalau hari senen - sabtu jam brp aja pasti macet
Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri
Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)
Kalaupun d paksa dengan muatan normal, dan tarif d sesuaikan akan berimbas dgn naiknya tarif angkutan barang yg mana jg akan berpengaruh besar dlm harga pasar
(boleh tanya yg usaha angkutan truk)..
Kadang d satu sisi pas sy pakai jalan sebagai driver mobil,
Jg gedeg sm truk muatan berlebih, tp mo gimana lg.
Akses transportasi logistik d negara kita baru mencakup angkutan darat truk yg primer...
Dan sampai sekarang belum ada solusi yg bener2 nyata akan hal tsb (win2 solution)
Maaf y om
No offense, sekedar share aja....
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Saya setuju kalo ini bukan solusi permanen.pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 14:33
Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)
Salah satu yang bener adalah tol truk dan mobil kecil dipisah dan direct port seperti Malaysia. Jadi meminggirkan truk untuk alasan kenyamanan mobil pribadi -meskipun saya merasakan sepinya tol tanpa truk- tapi sebetulnya tidak fair dan efeknya juga panjang. Efek paling terlihat salah satunya layanan kurir pasti akan lebih lama, suka atau enggak suka. Tidak tahu kapan ruas tol Karawang - Priuk untuk truk dibangun dan bisa dipakai.
Di tempat saya lahir begitu.pernahmiskin wrote: Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri
Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)
Ayah saya dulu punya dua truk colt diesel. Kir Cilacap untuk colt diesel 100PS 6 ban dsk pada saat itu (1989 saat ayah saya punya truk) 3.850kg. Tergantung muatan, biasanya kalo beras akan diisi kisaran 6-6.5 ton. Saya ngga hapal besaran angka muatan maks truk sekarang, paling besar saya pernah lihat untuk colt diesel 6 ban daerah Jawa Barat, 4.250kg. Untuk muat pasir satu rit ngga cukup.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1469
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Ya saya ngerti Om, itu memang dilema. Ditempat saya juga transporter bawa beban bisa 2x berat normal makanya kalau diisi berat normal perlu 2x lebih banyak jumlah truk yang operasi dijalan padahal dengan loading yang sekarang sudah pakai lebih dari 5000 unit truk yang operasi per hari nah kalau pakai berat normal maka perlu 10.000 unit truk, nah makin tambah macet. Bingung to..? Itu saja sudah dikurangi menggunakan kereta.pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 14:33Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)irdna wrote: Tue Mar 06, 2018 6:36 mendingan semua tol di jakarta itu di larang lewat truk2 besar dan kontainer kecuali jam 10 malem ++ sampe pagi baru boleh lewat
( cuman ya resikonya ini karena byk okontainer2 ini tujuannya ke priok pasti bkin tanjung priok bakal super padet di malem hari resikonya)
kalau tol cikampek ini byknya kontainer2 dan truk2 gede jalannya pada pelan blm lagi penyempitan jalan karena ada proyek2 di daerah sana
saya sering bgt lewat ke sana macetnya ampun2 deh kalau hari senen - sabtu jam brp aja pasti macet
Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri
Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)
Kalaupun d paksa dengan muatan normal, dan tarif d sesuaikan akan berimbas dgn naiknya tarif angkutan barang yg mana jg akan berpengaruh besar dlm harga pasar
(boleh tanya yg usaha angkutan truk)..
Kadang d satu sisi pas sy pakai jalan sebagai driver mobil,
Jg gedeg sm truk muatan berlebih, tp mo gimana lg.
Akses transportasi logistik d negara kita baru mencakup angkutan darat truk yg primer...
Dan sampai sekarang belum ada solusi yg bener2 nyata akan hal tsb (win2 solution)
Maaf y om
No offense, sekedar share aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Yg paling sulit ketika ada yg bilang peraturan kudu d tegakkan.....
Memang benar peraturan kudu d tegakan....
Tp y kudu ada solusi permanent dl yg ga merugikan salah 1 pihak...
Jangan asal kamu kudu gini, kudu gitu aja...
Contoh kecil, pasir...
Pada tahu khan pasir drmana berasal?
Sebagian besar dr sungai(sedot) and gunung (gali)....
Tambang pasir merusak lingkungan Benar sekali....
(sy setuju)
Apakah tambang tradisional bisa mencukupi kebutuhan pasir daerah bahkan nasional
Adakah solusi nyata?
Pasir yg di kirim buat proyek2 besar pembangunan nasional, sy kurang percaya kalau dr tambang tradisional....
Di satu sisi pembuat peraturan melarang , sisi yg lain tutup mata....
Mumet khan...podo aku iyo
Maaf kalau oot....
Memang benar peraturan kudu d tegakan....
Tp y kudu ada solusi permanent dl yg ga merugikan salah 1 pihak...
Jangan asal kamu kudu gini, kudu gitu aja...
Contoh kecil, pasir...
Pada tahu khan pasir drmana berasal?
Sebagian besar dr sungai(sedot) and gunung (gali)....
Tambang pasir merusak lingkungan Benar sekali....
(sy setuju)
Apakah tambang tradisional bisa mencukupi kebutuhan pasir daerah bahkan nasional
Adakah solusi nyata?
Pasir yg di kirim buat proyek2 besar pembangunan nasional, sy kurang percaya kalau dr tambang tradisional....
Di satu sisi pembuat peraturan melarang , sisi yg lain tutup mata....
Mumet khan...podo aku iyo
Maaf kalau oot....
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Kalau sy sih masalah berat melebihi kapasitas malah merugikan org lain ompernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 16:18 Yg paling sulit ketika ada yg bilang peraturan kudu d tegakkan.....
Memang benar peraturan kudu d tegakan....
Tp y kudu ada solusi permanent dl yg ga merugikan salah 1 pihak...
Jangan asal kamu kudu gini, kudu gitu aja...
....
Jalanan jadi rusak dan saat di tol bamyak (hampir semuanya) truk berjalan di bawah batas kecepatan
Tapi mau menyalahkan pengusaha truk juga ga sepenuhnya mereka salah, krn semakin baik infrastruktur semakin efisien
Kalau sudah efisien, tanpa "melanggar" pun sy yakin costnya lebih sedikit jadinya pengusaha untung
Infrastruktur di indo belum merata, kualitasnya pun sy ga yakin
Apakah jalanan rusak itu disebabkan oleh truk kelebihan muatan atau kualitas jalan yg buruk, atau kedua2nya?
Who knows?
Tinggal pemerintah yg bisa memperbaiki semuanya supaya semuanya bisa untung, bukan cuma salah satu pihak
Itu pun kalau pemerintahnya peduli, semoga iya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Kalo mau mengurangi macet di tol... Daripada gini mending naikin tarif tol, misalnya 2x lipat di jam jam tertentu.... Y semacam erp beta version....
Ganjil genap imo ide yang bodoh dan efektif untuk menindas yang sudah tertindas... Dari dulu pembatasan kendaraan itu emang hanya berpengaruh yang 'pas pasan'
Ganjil genap imo ide yang bodoh dan efektif untuk menindas yang sudah tertindas... Dari dulu pembatasan kendaraan itu emang hanya berpengaruh yang 'pas pasan'
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Kalau mau jujur, sy lebih senang bawa muatan normal buat truk2 sy...Tats wrote: Tue Mar 06, 2018 16:48Kalau sy sih masalah berat melebihi kapasitas malah merugikan org lain ompernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 16:18 Yg paling sulit ketika ada yg bilang peraturan kudu d tegakkan.....
Memang benar peraturan kudu d tegakan....
Tp y kudu ada solusi permanent dl yg ga merugikan salah 1 pihak...
Jangan asal kamu kudu gini, kudu gitu aja...
....
Jalanan jadi rusak dan saat di tol bamyak (hampir semuanya) truk berjalan di bawah batas kecepatan
Tapi mau menyalahkan pengusaha truk juga ga sepenuhnya mereka salah, krn semakin baik infrastruktur semakin efisien
Kalau sudah efisien, tanpa "melanggar" pun sy yakin costnya lebih sedikit jadinya pengusaha untung
Infrastruktur di indo belum merata, kualitasnya pun sy ga yakin
Apakah jalanan rusak itu disebabkan oleh truk kelebihan muatan atau kualitas jalan yg buruk, atau kedua2nya?
Who knows?
Tinggal pemerintah yg bisa memperbaiki semuanya supaya semuanya bisa untung, bukan cuma salah satu pihak
Itu pun kalau pemerintahnya peduli, semoga iya
Truk awet, irit ban jg solar..
Tp sy ga mau bunuh usaha sy....dgn keadaan yg ada sekarang...
Boleh di katakan dlm usaha sy ini
Kerja Jujur Malah Ajur
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
om mau tanya, misal ada musibah (kecelakaan) truk akibat muatan berlebih, itu yang 'salah' apakah driver truk saja atau pengusahanya juga..?? sori kalo kurang berkenan pertanyaan nya. gak dijawab gpp om, cuma penasaran ajapernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 19:06
Kalau mau jujur, sy lebih senang bawa muatan normal buat truk2 sy...
Truk awet, irit ban jg solar..
Tp sy ga mau bunuh usaha sy....dgn keadaan yg ada sekarang...
Boleh di katakan dlm usaha sy ini
Kerja Jujur Malah Ajur
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Tue Sep 26, 2017 1:48
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Kalau mau jujur.. Sebenarnya biaya krusial yg membuat rugi kalo tidak bawa muatan melebihi normal itu apa sih om?pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 19:06Kalau mau jujur, sy lebih senang bawa muatan normal buat truk2 sy...Tats wrote: Tue Mar 06, 2018 16:48Kalau sy sih masalah berat melebihi kapasitas malah merugikan org lain ompernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 16:18 Yg paling sulit ketika ada yg bilang peraturan kudu d tegakkan.....
Memang benar peraturan kudu d tegakan....
Tp y kudu ada solusi permanent dl yg ga merugikan salah 1 pihak...
Jangan asal kamu kudu gini, kudu gitu aja...
....
Jalanan jadi rusak dan saat di tol bamyak (hampir semuanya) truk berjalan di bawah batas kecepatan
Tapi mau menyalahkan pengusaha truk juga ga sepenuhnya mereka salah, krn semakin baik infrastruktur semakin efisien
Kalau sudah efisien, tanpa "melanggar" pun sy yakin costnya lebih sedikit jadinya pengusaha untung
Infrastruktur di indo belum merata, kualitasnya pun sy ga yakin
Apakah jalanan rusak itu disebabkan oleh truk kelebihan muatan atau kualitas jalan yg buruk, atau kedua2nya?
Who knows?
Tinggal pemerintah yg bisa memperbaiki semuanya supaya semuanya bisa untung, bukan cuma salah satu pihak
Itu pun kalau pemerintahnya peduli, semoga iya
Truk awet, irit ban jg solar..
Tp sy ga mau bunuh usaha sy....dgn keadaan yg ada sekarang...
Boleh di katakan dlm usaha sy ini
Kerja Jujur Malah Ajur
Mungkin disini kita bs share, bantu cr solusinya. Maaf oot
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Sudah ya....jangan di quote lg, malah sungkan sy..
Di kira cuma cari pembenaran dlm muatan berlebih...
Sy tekankan muatan berlebih itu salah.....
Sopir salah karena mengetahui ada muatan berlebih tidak menolak
(Kadang bukan terpaksa, tp ongkos yg berbeda, banyak jg koq truk muatan normal tapinya sopir ga mau jalan / ongkos dikit), rata2 yg orang awam ketahui sopir truk terpaksa jalan karena perintah pengusaha atau perusahaan padahal ga sepenuhnya benar, ongkos sopir pasti lebih banyak yg muatan berlebih
Kadang ada jg sopir yg sengaja nambahin muatan tanpa d ketahui pengusaha, lalu ongkos masuk kantong pribadi
(di daerah sy balen)
Pengusaha jg salah, karena sdh mengetahui muatan berlebih tp tetap d jalankan....kenapa muatan berlebih tetap jalan, kembali lg sm ongkos dan profit
Muatan dikit tarif beaya muatan mahal, akhirnya ga ada yg sewa and bangkrut !
Hukum pasar berlaku..
Contoh:
1 : Paket barang dgn paket A jakarta ke sby tarif 1200/kg
(Muatan berlebih)
2 : Paket barang dgn paket B jakarta ke sby tarif 2400/kg
(Muatan normal)
Kebanyakan awam kira2 bakal pilih mana?
Paket A atau Paket B
Selama banyak yg pilih Paket A, sy rasa truk muatan berlebih akan sulit di hilangkan.....
Kalaupun ada penyewa yg memaksa pilih paket B
(jd pelopor), apakah harga barang muatan yg di jual akan bisa bersaing dgn yg pakai Paket A dgn asumsi barang dpt dr distributor yg sama...
Tp jangka panjang rugi besar akibat di tinggal penyewa yg menginginkan harga ongkos muatan murah yg pasti berimbas muatan berlebih
Kalau ada solusi yg mantap boleh d bagi sm sy om
(by pm)
Sy malah senang dan sangat tertarik....
Asal jangan solusi
Dengan muatan normal yakin dan percaya sj, rejeki sdh ada yg ngatur...
(sy pernah ikut seminar angkutan darat, dan si pembicara ksh solusi itu)

Di kira cuma cari pembenaran dlm muatan berlebih...
Sy tekankan muatan berlebih itu salah.....

Kedua'nya... sudah konsekuensi....iwing wrote: Tue Mar 06, 2018 23:18om mau tanya, misal ada musibah (kecelakaan) truk akibat muatan berlebih, itu yang 'salah' apakah driver truk saja atau pengusahanya juga..?? sori kalo kurang berkenan pertanyaan nya. gak dijawab gpp om, cuma penasaran ajapernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 19:06
Kalau mau jujur, sy lebih senang bawa muatan normal buat truk2 sy...
Truk awet, irit ban jg solar..
Tp sy ga mau bunuh usaha sy....dgn keadaan yg ada sekarang...
Boleh di katakan dlm usaha sy ini
Kerja Jujur Malah Ajur
Sopir salah karena mengetahui ada muatan berlebih tidak menolak
(Kadang bukan terpaksa, tp ongkos yg berbeda, banyak jg koq truk muatan normal tapinya sopir ga mau jalan / ongkos dikit), rata2 yg orang awam ketahui sopir truk terpaksa jalan karena perintah pengusaha atau perusahaan padahal ga sepenuhnya benar, ongkos sopir pasti lebih banyak yg muatan berlebih
Kadang ada jg sopir yg sengaja nambahin muatan tanpa d ketahui pengusaha, lalu ongkos masuk kantong pribadi
(di daerah sy balen)
Pengusaha jg salah, karena sdh mengetahui muatan berlebih tp tetap d jalankan....kenapa muatan berlebih tetap jalan, kembali lg sm ongkos dan profit
Muatan dikit tarif beaya muatan mahal, akhirnya ga ada yg sewa and bangkrut !
Hukum pasar berlaku..
Contoh:
1 : Paket barang dgn paket A jakarta ke sby tarif 1200/kg
(Muatan berlebih)
2 : Paket barang dgn paket B jakarta ke sby tarif 2400/kg
(Muatan normal)
Kebanyakan awam kira2 bakal pilih mana?
Paket A atau Paket B
Selama banyak yg pilih Paket A, sy rasa truk muatan berlebih akan sulit di hilangkan.....
Kalaupun ada penyewa yg memaksa pilih paket B
(jd pelopor), apakah harga barang muatan yg di jual akan bisa bersaing dgn yg pakai Paket A dgn asumsi barang dpt dr distributor yg sama...
Sebenarnya ga selalu rugi kalau muatan normal..ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 1:01Kalau mau jujur.. Sebenarnya biaya krusial yg membuat rugi kalo tidak bawa muatan melebihi normal itu apa sih om?
Mungkin disini kita bs share, bantu cr solusinya. Maaf oot
Tp jangka panjang rugi besar akibat di tinggal penyewa yg menginginkan harga ongkos muatan murah yg pasti berimbas muatan berlebih
Kalau ada solusi yg mantap boleh d bagi sm sy om
(by pm)
Sy malah senang dan sangat tertarik....
Asal jangan solusi
Dengan muatan normal yakin dan percaya sj, rejeki sdh ada yg ngatur...
(sy pernah ikut seminar angkutan darat, dan si pembicara ksh solusi itu)

Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Sebenernya gak masalah truk lewat di tol, yang masalah itu banyak truk butut yg suka mogok atau kecelakaan. kebanyakan kalo ketemu macet di tol , pasti penyebabnya truk yg lagi mogok.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Pindah ke kota mana Om kalau boleh tahu.. tinggal didaerah memang jauh lebih tenang dan nyaman.astronot wrote: Tue Mar 06, 2018 15:38 Oot, Kadang saya bersyukur cabut jakarta, pindah ke daerah... Di jakarta, tipes langganan tiap 6 bulan sekali, sekalinya pindah luar kota...ga pernah sama sekalipun kena tipes...hehe, lebih damai, sesekali tamasya ke jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Namanya pembicara, ya dibayar buat ngomong, bukan cari solusi.pernahmiskin wrote: Wed Mar 07, 2018 1:09 ..cut
Asal jangan solusi
Dengan muatan normal yakin dan percaya sj, rejeki sdh ada yg ngatur...
(sy pernah ikut seminar angkutan darat, dan si pembicara ksh solusi itu)
![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
itu rencana Cilamaya Port di Kerawang jd jalan ya? Infonya buat ngurangi loading priok port, sm tekan logistic cost yg skrg bertengger d kitaran 24-30% dr cost produksi vs 15% diluaran. Ntah nanti cikampek bkl jd lancar ato sama saja.
Pagi td ...arah cikampek dah mulai stucked mulai dr jatibening
Pagi td ...arah cikampek dah mulai stucked mulai dr jatibening

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Hahahaha iya paling males kalo dah ada yang ngomong gitu.pernahmiskin wrote:Sudah ya....jangan di quote lg, malah sungkan sy..
Di kira cuma cari pembenaran dlm muatan berlebih...
Sy tekankan muatan berlebih itu salah.....![]()
Kedua'nya... sudah konsekuensi....iwing wrote: Tue Mar 06, 2018 23:18om mau tanya, misal ada musibah (kecelakaan) truk akibat muatan berlebih, itu yang 'salah' apakah driver truk saja atau pengusahanya juga..?? sori kalo kurang berkenan pertanyaan nya. gak dijawab gpp om, cuma penasaran ajapernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 19:06
Kalau mau jujur, sy lebih senang bawa muatan normal buat truk2 sy...
Truk awet, irit ban jg solar..
Tp sy ga mau bunuh usaha sy....dgn keadaan yg ada sekarang...
Boleh di katakan dlm usaha sy ini
Kerja Jujur Malah Ajur
Sopir salah karena mengetahui ada muatan berlebih tidak menolak
(Kadang bukan terpaksa, tp ongkos yg berbeda, banyak jg koq truk muatan normal tapinya sopir ga mau jalan / ongkos dikit), rata2 yg orang awam ketahui sopir truk terpaksa jalan karena perintah pengusaha atau perusahaan padahal ga sepenuhnya benar, ongkos sopir pasti lebih banyak yg muatan berlebih
Kadang ada jg sopir yg sengaja nambahin muatan tanpa d ketahui pengusaha, lalu ongkos masuk kantong pribadi
(di daerah sy balen)
Pengusaha jg salah, karena sdh mengetahui muatan berlebih tp tetap d jalankan....kenapa muatan berlebih tetap jalan, kembali lg sm ongkos dan profit
Muatan dikit tarif beaya muatan mahal, akhirnya ga ada yg sewa and bangkrut !
Hukum pasar berlaku..
Contoh:
1 : Paket barang dgn paket A jakarta ke sby tarif 1200/kg
(Muatan berlebih)
2 : Paket barang dgn paket B jakarta ke sby tarif 2400/kg
(Muatan normal)
Kebanyakan awam kira2 bakal pilih mana?
Paket A atau Paket B
Selama banyak yg pilih Paket A, sy rasa truk muatan berlebih akan sulit di hilangkan.....
Kalaupun ada penyewa yg memaksa pilih paket B
(jd pelopor), apakah harga barang muatan yg di jual akan bisa bersaing dgn yg pakai Paket A dgn asumsi barang dpt dr distributor yg sama...
ambifi wrote: Wed Mar 07, 2018 1:01Kalau mau jujur.. Sebenarnya biaya krusial yg membuat rugi kalo tidak bawa muatan melebihi normal itu apa sih om?
Mungkin disini kita bs share, bantu cr solusinya. Maaf oot
Asal jangan solusi
Dengan muatan normal yakin dan percaya sj, rejeki sdh ada yg ngatur...
(sy pernah ikut seminar angkutan darat, dan si pembicara ksh solusi itu)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Berubah om. Daerah Patimban Subang jadi nya terakhir.. Ga tau pindah lagi ntar:)jivos wrote:itu rencana Cilamaya Port di Kerawang jd jalan ya? Infonya buat ngurangi loading priok port, sm tekan logistic cost yg skrg bertengger d kitaran 24-30% dr cost produksi vs 15% diluaran. Ntah nanti cikampek bkl jd lancar ato sama saja.
Pagi td ...arah cikampek dah mulai stucked mulai dr jatibening
Memang harus holistic sih solusi nya macet nya tol cikampek itu. Kebetulan saya tiap hari lewat situ juga.
Rencana kereta barang dari daerah industri Cikarang dan Karawang harus segera ada ke Priok. Pelabuhan laut alternatif selain Priok di timur jakarta yang deket kawasan industri. Kemudian bandara di timur jakarta yang bisa alternatif Soekarno Hatta dan Halim (domestik dan LN) apakah Kertajati bisa mengambil alih sebagian peran Soekarno Hatta dan Halim belum tau.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Jelas uadh rusak dari sumbernya lah, kirrr truk aja bisa muncul sudut lampu tanpa truk dateng kan, gimn truk2 busuk ga pada rusak, lemot dan hambat yang lain, ditambah lagi overload. Pengusaha sih menurut saya dari hal yang basic saja dulu, memulai ga mau pake jalur belakang kalo ujian kirrr aja udah bagus, dari sisi penguasa tikus2 tu pada dibersihin lebih giat lagi, kebanyakan tikus juga di mereka
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 291
- Joined: Thu Aug 14, 2014 9:54
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
ya bener makanya saya blg resikonya itu bakal padet bgt di pelabuhan apa tanjung priuk mampu jgn sampe di sana lumpuh total karena byknya kendaraannya yg "ngetem" nunggu kapalpernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 14:33Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)irdna wrote: Tue Mar 06, 2018 6:36 mendingan semua tol di jakarta itu di larang lewat truk2 besar dan kontainer kecuali jam 10 malem ++ sampe pagi baru boleh lewat
( cuman ya resikonya ini karena byk okontainer2 ini tujuannya ke priok pasti bkin tanjung priok bakal super padet di malem hari resikonya)
kalau tol cikampek ini byknya kontainer2 dan truk2 gede jalannya pada pelan blm lagi penyempitan jalan karena ada proyek2 di daerah sana
saya sering bgt lewat ke sana macetnya ampun2 deh kalau hari senen - sabtu jam brp aja pasti macet
Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri
Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)
Kalaupun d paksa dengan muatan normal, dan tarif d sesuaikan akan berimbas dgn naiknya tarif angkutan barang yg mana jg akan berpengaruh besar dlm harga pasar
(boleh tanya yg usaha angkutan truk)..
Kadang d satu sisi pas sy pakai jalan sebagai driver mobil,
Jg gedeg sm truk muatan berlebih, tp mo gimana lg.
Akses transportasi logistik d negara kita baru mencakup angkutan darat truk yg primer...
Dan sampai sekarang belum ada solusi yg bener2 nyata akan hal tsb (win2 solution)
Maaf y om
No offense, sekedar share aja....
ya kalau muatan lebih saya rasa itu udah rahasia umum
kasi uang ke tukang nimbang jalan semua beres
hahahah
tp saya rasa rugi karena muatan normal juga ga bisa di blg bener
justru yang rugi kalau pulangnya ga ada muatan
saya rasa asal pergi dan pulang ada muatan masi bsa untung
kyk kita knea tilang kasi uang ke polisi aja udah rahasia umum smua orang tau tp sampe skrg ga ada tindakan tegas nya hhehe

makanya sbnernya harusnya bagian dishub ini tegas sama truk2 muatan lebih
selain ngerusak jalan jg bahaya bgt
pernah denger kan truk2 ga kuat nanjak jadi mundur kena mobil sebelah?
alhasil mobil penyek dan pengendara dan penumpang mobil meninggal di tempat
saya sering bgt lewat jalur selatan karena kerja di jawa barat bagian selatan
ini truk2 byk bgt ga kuat nanjak di tanjakan gentong
dan jujur aja byk truk yang "kuat" tp bener2 setengah mati kita di belakang jg was2 takut mundur
kalau mndur kita ga bsa lari lagi
Last edited by irdna on Wed Mar 07, 2018 2:57, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Eh...berubah" lagi lokasinyaiwansiagian wrote: Wed Mar 07, 2018 2:47Berubah om. Daerah Patimban Subang jadi nya terakhir.. Ga tau pindah lagi ntar:)jivos wrote:itu rencana Cilamaya Port di Kerawang jd jalan ya? Infonya buat ngurangi loading priok port, sm tekan logistic cost yg skrg bertengger d kitaran 24-30% dr cost produksi vs 15% diluaran. Ntah nanti cikampek bkl jd lancar ato sama saja.
Pagi td ...arah cikampek dah mulai stucked mulai dr jatibening
Memang harus holistic sih solusi nya macet nya tol cikampek itu. Kebetulan saya tiap hari lewat situ juga.
Rencana kereta barang dari daerah industri Cikarang dan Karawang harus segera ada ke Priok. Pelabuhan laut alternatif selain Priok di timur jakarta yang deket kawasan industri. Kemudian bandara di timur jakarta yang bisa alternatif Soekarno Hatta dan Halim (domestik dan LN) apakah Kertajati bisa mengambil alih sebagian peran Soekarno Hatta dan Halim belum tau.

He he Iya um....idealnya ada koneksi langsung dr industry area ke port.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
kalo saya ngga 100% nyalahin truk walaupun kadang dongkol juga.
ingat, ( contohnya ) siapa tahu kita punya sudara di jawa, mereka punya usaha yg bahan bakunya diantar pake kontainer lewat merak - pantura. kalo kiriman bahan baku susah, yg repot kita sodara-sodara kita juga. saya juga kasihan sama sopir2 truk yg dipalak sana-sini dengan gaji ngga seberapa.
btw oot, tol jorr cikunir - pondok indah dulu dibikin untuk mengurangi arus truk yg lewat dalam kota, tapi akhirnya mobil pribadi pada lewat situ & tetap pada nyalahin truk-truk. rumit emang ...
ingat, ( contohnya ) siapa tahu kita punya sudara di jawa, mereka punya usaha yg bahan bakunya diantar pake kontainer lewat merak - pantura. kalo kiriman bahan baku susah, yg repot kita sodara-sodara kita juga. saya juga kasihan sama sopir2 truk yg dipalak sana-sini dengan gaji ngga seberapa.
btw oot, tol jorr cikunir - pondok indah dulu dibikin untuk mengurangi arus truk yg lewat dalam kota, tapi akhirnya mobil pribadi pada lewat situ & tetap pada nyalahin truk-truk. rumit emang ...
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
[OOT] Tapi permasalahan tersebut hanya terjadi di Indoensia kan? Banyak juga praktek 'bribing' di luar terutama di perbatasan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Wed Sep 11, 2013 1:26
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
nice info om, pantesan jln pada bolong, truk overload semuapernahmiskin wrote:Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)irdna wrote: Tue Mar 06, 2018 6:36 mendingan semua tol di jakarta itu di larang lewat truk2 besar dan kontainer kecuali jam 10 malem ++ sampe pagi baru boleh lewat
( cuman ya resikonya ini karena byk okontainer2 ini tujuannya ke priok pasti bkin tanjung priok bakal super padet di malem hari resikonya)
kalau tol cikampek ini byknya kontainer2 dan truk2 gede jalannya pada pelan blm lagi penyempitan jalan karena ada proyek2 di daerah sana
saya sering bgt lewat ke sana macetnya ampun2 deh kalau hari senen - sabtu jam brp aja pasti macet
Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri
Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)
Kalaupun d paksa dengan muatan normal, dan tarif d sesuaikan akan berimbas dgn naiknya tarif angkutan barang yg mana jg akan berpengaruh besar dlm harga pasar
(boleh tanya yg usaha angkutan truk)..
Kadang d satu sisi pas sy pakai jalan sebagai driver mobil,
Jg gedeg sm truk muatan berlebih, tp mo gimana lg.
Akses transportasi logistik d negara kita baru mencakup angkutan darat truk yg primer...
Dan sampai sekarang belum ada solusi yg bener2 nyata akan hal tsb (win2 solution)
Maaf y om
No offense, sekedar share aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Kenyataannya, antara jam 2200 s/d 0500 tetap aja truk konvoi masuk tol dalam kota.patrickstar wrote: Fri Mar 09, 2018 8:55 ..cut..
btw oot, tol jorr cikunir - pondok indah dulu dibikin untuk mengurangi arus truk yg lewat dalam kota, tapi akhirnya mobil pribadi pada lewat situ & tetap pada nyalahin truk-truk. rumit emang ...
Kenapa? Karena jauh lebih murah daripd lewat JORR.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Kia_rio
Re: Aturan ganjil genap tol Cikampek mulai 12 Maret 2018
Ya bener om harga barang berpengaruh kesitu..pernahmiskin wrote: Tue Mar 06, 2018 14:33Sy sebagai orang yg usaha di transportasi(truk), dilema jg kalau harus kudu jalan malam (22-pagi), sebab jg kudu ikuti jadwal kapal n antri jg sebelum memasuki kapal/kadang kudu beberapa hari jg, belum lg kalau masuk kawasan pergudangan (datang malam, g aman)irdna wrote: Tue Mar 06, 2018 6:36 mendingan semua tol di jakarta itu di larang lewat truk2 besar dan kontainer kecuali jam 10 malem ++ sampe pagi baru boleh lewat
( cuman ya resikonya ini karena byk okontainer2 ini tujuannya ke priok pasti bkin tanjung priok bakal super padet di malem hari resikonya)
kalau tol cikampek ini byknya kontainer2 dan truk2 gede jalannya pada pelan blm lagi penyempitan jalan karena ada proyek2 di daerah sana
saya sering bgt lewat ke sana macetnya ampun2 deh kalau hari senen - sabtu jam brp aja pasti macet
Untuk d ketahui semua, kalau truk muatan berat normal, ga akan balik modal / bunuh usaha sendiri
Rata2 angkutan barang kebanyakan muatan berlebih
(Sy g ada data, cuma pengalaman sy dan kebanyakan truk angkutan yg sy lihat)
Kalaupun d paksa dengan muatan normal, dan tarif d sesuaikan akan berimbas dgn naiknya tarif angkutan barang yg mana jg akan berpengaruh besar dlm harga pasar
(boleh tanya yg usaha angkutan truk)..
Kadang d satu sisi pas sy pakai jalan sebagai driver mobil,
Jg gedeg sm truk muatan berlebih, tp mo gimana lg.
Akses transportasi logistik d negara kita baru mencakup angkutan darat truk yg primer...
Dan sampai sekarang belum ada solusi yg bener2 nyata akan hal tsb (win2 solution)
Maaf y om
No offense, sekedar share aja....
tp knp ya angkutan barang pake kereta api kurang diberdayakan..