Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
sma aja mnrt sya...pernah pegang avanza manual.maupun matic...gimana kita tau karakternya aja. tapi kalo cvt g tau...blm pernah megang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Tergantung mobilnya jg driver aja...
Kalau sdh terbiasa, ya enak2 aja
Manual atau matic
Kalau sdh terbiasa, ya enak2 aja
Manual atau matic
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Ngepasin gear yg tepat vs momentum/durasi overtake yg sempit....enakan mt si, at kadang msh suka delay.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Untuk luar kota ga pernah pakai manual untuk overtake walau tersedia di transmisi Dsg. Saya butuh tangan dua dua di steer untuk lebih konsentrasi waktu overtake rombongan truk dan bus. Apalagi di pantura rapet jarak nya. Cukup pakai mode S, ga pernah bingung kok transmisi nya waktu overtake, mau di pantura yang datar atau daerah Baluran yang tanjakan dan turunan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Tergantung situasi dan kondisi jalan serta timing saat keluar kota, kalau keluar kota waktu lebaran ya enak matic, kalau hari biasa enak manual.
Tapi saya justru punya kelainan, kalau nyetir keluar kota jalannya lancar, pakai matic kaki kiri malah pegel karena ga banyak gerak dan justru pakai manual malah lebih enjoy.
Pakai manual itu seninya bisa gantung RPM dan dengar raungan mesin di rpm tinggi dan naik turun gigi sesuka hati yang penting jangan lewat redline lama-lama..
Yang ga enak kalau pakai manual itu macet antri ditanjakkan dipegunungan dengan muatan penuh.
Tapi saya justru punya kelainan, kalau nyetir keluar kota jalannya lancar, pakai matic kaki kiri malah pegel karena ga banyak gerak dan justru pakai manual malah lebih enjoy.
Pakai manual itu seninya bisa gantung RPM dan dengar raungan mesin di rpm tinggi dan naik turun gigi sesuka hati yang penting jangan lewat redline lama-lama..
Yang ga enak kalau pakai manual itu macet antri ditanjakkan dipegunungan dengan muatan penuh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Saya sih lbh suka manual utk luar kota, walaupun kalo lbh dr 3 jam biasanya dari pinggang ke bawah pegel semua (apa mungkin krn sy jarang olahraga ya
)

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Matic konvensional 5 / 6 speed + paddle shift , karena mid - high rev sudah cukup buat lock up
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 252
- Joined: Sun Dec 22, 2013 1:10
- Location: Jakarta utara
- Daily Vehicle: Fortuner d4d 2012
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
matic + transgo = maknyussss



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 853
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
thanks for share dan pengalaman nya master2 di atas
keberagaman opini dan pengalaman yg sangat mencerahkan newbie tok
sy ndak berpengalaman di manual tranny
metik still the best tranny dan sy rasa flexible di segala medan di dalkot atopun lukot
yg dibawah 1800cc baru ngeden kata nya kalo sring dipake overtake di jalur luar kota
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
keberagaman opini dan pengalaman yg sangat mencerahkan newbie tok


fikrirukmanaa wrote: Mon Jan 15, 2018 8:54 Karena sering bawa manual sih ane lebih suka manual kalo lukot, soalnya kalo mau downshift memang sesukanya ane.
downshift ato shifting tu kick dwon kalo di manual ya ?evanbngdor wrote: Mon Jan 15, 2018 9:12 Mau dalam atau luar kota, 3 pedal memang lebih bisa mengontrol waktu overtake karena ngga pake ada gejala selip. ngga enaknya cuma kadang waktu cukup terbuang aja waktu shifting


sy ndak berpengalaman di manual tranny
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
michaelgiri93 wrote: Mon Jan 15, 2018 9:22 Hmmm sama aja sih om
Kalau manual turun gigi, matic kan juga bisa disuruh turun gigi dengan mindah tuas transmisi tanpa harus kickdown.
se7octafiantos wrote: Mon Jan 15, 2018 9:30 Sama aja.
Matic dari jaman dulu udah ada kick down, ada overdrive on/off. Yang jadul agak mahalan dikit (ha ha) biasanya pake ecu matik ada sport-mode. Kalo ga ada semua tombolnya, sejadul jadulnya bisa diturunin langsung pake tuas.
metik still the best tranny dan sy rasa flexible di segala medan di dalkot atopun lukot


heem denger nya memang gitu, mesin cengpek/ 1800 cc matik masih ok lha
yg dibawah 1800cc baru ngeden kata nya kalo sring dipake overtake di jalur luar kota
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Last edited by fabreguz on Mon Jan 15, 2018 16:52, edited 1 time in total.
Don't
ate

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 853
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
sy jg yakin 2 2 nya enakPRBS wrote: Mon Jan 15, 2018 9:39 Dua2nya sama enaknya.. selama skill dan selah mengemudinya sudah oke, mau matic atau manual ga jadi masalah seharusnya.
Even cvt yg paling dihujat kedua (hujat kedua setelah amt), enak2 aja dibawa keluar kota..
Tapi IMHO, untuk gesit tetap enak manual.
sering denger ini bung prbs
manual tranny lbih gesit, oleh karna itu civic tipe r hanya ada manual tok


utk penggila kecepatan lebih suka manual kata nya ada sensasi tarikan yg sulit dijelaskan dgn kata2


wah ternyata masih suka manual ya bung alexonovan hehealexdonovan wrote: Mon Jan 15, 2018 9:44 Belum pernah pakai conventional A/T maupun CVT untuk luar kota. Di Pantura Jatim sampai Bali saya pakai DCT di manual mode. Rasanya pake manual dengan kopling masih lebih enak


sy paling suka manual mode tapi yg di paddleshift
kalo manual yg di kopling susah jalankan nya


adrevolution wrote: Mon Jan 15, 2018 9:57 Secara umum ttp enak manual, tapi...matic makin kesini makin enak juga...
Manual yg bikin enak selain minim power loss juga rasio gigi lbh rapet (asumsi jumlah giginya sama), tapi krn matic giginya kesini2 makin banyak jadi makin rapet juga rasionya, but sometimes hrs diakalin dgn mode manual depends on TCM logic. In case of CVT, ini sebenernya asyik kl tau celahnya, karena gak tergantung jumlah gigi, tergantung injekan gas dan TCM aja.
manual enak di sensasi nya ya bung adrevolution ?Dummy wrote: Mon Jan 15, 2018 9:58 Kalo yg nyetirnya aggressive tetap lebih enak manual, or kalo matic ya matic yg udah high tech.
Karena kemaren ngerasain make papansa matic di tanjakan sempat hilang momentum overtaking ._.
metik skrg smakin canggih dan enak jg bisa kencang
jlas lebih high tech dari manual


tinggal anteng gas sahaja dan waktu perlu nyalip jg ndak pernah loss power sama skale


se7 brat master roadtrip gintingginting wrote: Mon Jan 15, 2018 10:00 kalau soal enak gak enak, kayaknya bukan pada matic atau manualnya...tapi lebih kepada mobilnya apa ? torsinya , powernya gimana ?
kalau cc kecil mobil rakyat biasa (below 1500 cc) memang keluar kota maticnya kurang responsif untuk nyalib...karena seringnya waktut yg tersedia sangat sedikit karena dari arah berlawanan mobilnya rame banget...
tapi pengalaman saya sih, jauh lebih enak bawa matic ke luar kota.
nyetir 19 jam , kalau bawa manual, betis pegel dan otot perut sudah lelah (faktor usia mungkin)...
kalau bawa matic agak lebih ringan di badan.
tapi kembali lagi balik ke selera sih...
two cents of mine, dari nubie..


metik enak ndak capek keluar kota , overtake jg ndak pernah loss power


thanks sharing nya bung dieselman ttg enjin dijeldieselman228 wrote: Mon Jan 15, 2018 10:14 kebetulan saya pake diesel manual, capek juga karena rpmnya dikit jadi mesti ganti gigi pas overtake terutama kalau dari gigi 2 ke 3 seringnya.
kalau diesel gini sepertinya saya lebih enak matic.
wah sy jg pengen boil dijel nih, tapi yg mini dijel turbo cenggo cc plus metik di next er3 ol niu
kata nya torsi enjin mini dijel turbo nya ndak kalah dengan enjin dijel dan bensin besar , tapi tetep irit
penasaran tenan pengen punya kalo bner gitu


Don't
ate

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 199
- Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Overtake sih soal tenaga/karakter mobil dan skill driver dalam mencari momentum dan/atau memainkan gear-up/down-nya.
Untuk dalam kota terkutuk macetnya, matik tentu lebih enak. Mau overtake apa?
Untuk luar kota, saya lebih suka manual -- bukan paddleshift ya tapi beneran manual pakai kopling. Alasannya kalau jarak jauh pakai matic, kaki kanan saya cepet pegel dan kram sementara kaki kiri pasif diem gak ngapa-ngapain. Jarak Jakarta-Bandung sih belum seberapa, tapi kalau ke Semarang/Jogja, terasa deh kram dan pegelnya. Kalau pakai manual, kedua kaki sama-sama bergerak/beraktivitas. Jadi lebih enak/berimbang aja rasanya. Bukan soal performa/kinerja.
Untuk dalam kota terkutuk macetnya, matik tentu lebih enak. Mau overtake apa?
Untuk luar kota, saya lebih suka manual -- bukan paddleshift ya tapi beneran manual pakai kopling. Alasannya kalau jarak jauh pakai matic, kaki kanan saya cepet pegel dan kram sementara kaki kiri pasif diem gak ngapa-ngapain. Jarak Jakarta-Bandung sih belum seberapa, tapi kalau ke Semarang/Jogja, terasa deh kram dan pegelnya. Kalau pakai manual, kedua kaki sama-sama bergerak/beraktivitas. Jadi lebih enak/berimbang aja rasanya. Bukan soal performa/kinerja.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Secara umum enak manual, tapi matic makin kesini juga makin canggih dan enak kalo diajak ke luar kota. Bis AKAP aja sekarang banyak maticnya wkwk. Eh sama ga sih? 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Shifting itu proses mindahin giginya om, downshift itu turunin gigi, upshift itu naikin gigifabreguz wrote: Mon Jan 15, 2018 16:17downshift ato shifting tu kick dwon kalo di manual ya ?evanbngdor wrote: Mon Jan 15, 2018 9:12 Mau dalam atau luar kota, 3 pedal memang lebih bisa mengontrol waktu overtake karena ngga pake ada gejala selip. ngga enaknya cuma kadang waktu cukup terbuang aja waktu shifting![]()
![]()
sy ndak berpengalaman di manual tranny![]()
![]()


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
DSG vewe enak, dikickdown bisa nyari gigi yg tepat... tp kalo saya pribadi, tetep merasa enakan manual... buehhhhhh
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
- Location: kolong langit
- Daily Vehicle: supra fit
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
kalo menggunakan mobil yang sama hanya beda di transmisi manual atau metik
saya milih yg transmisi manual
tapi overtake itu yang penting pengalaman supir dan kenek yg disebelah
kalo kenek tdk pengalaman bisa diomelin itu supir kalo overtake trus
saya milih yg transmisi manual
tapi overtake itu yang penting pengalaman supir dan kenek yg disebelah
kalo kenek tdk pengalaman bisa diomelin itu supir kalo overtake trus

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
nggak ada hubungannya antara overtake dengan sistem transmisi mas.....
yang lebih penting itu skill dan attitude driver. ngerti apa enggak cara yang benar saat mau overtake?
situasi aspal ke depan bagaimana? situasi lalin dari arah lawan memungkinkan atau tidak? berapa banyak kendaraan yang mau di overtake? situasi di belakang kendaraan kita memungkinkan atau tidak? apa yang harus dilakukan saat lagi overtake?
yang lebih penting itu skill dan attitude driver. ngerti apa enggak cara yang benar saat mau overtake?
situasi aspal ke depan bagaimana? situasi lalin dari arah lawan memungkinkan atau tidak? berapa banyak kendaraan yang mau di overtake? situasi di belakang kendaraan kita memungkinkan atau tidak? apa yang harus dilakukan saat lagi overtake?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Kalo buat jalan jauh dan jalurnya masih 2 Lebih suka manual karena sesuai dengan mau kita

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
overtake ? GETRAG for lyfe. No doubt.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Matic jaman now okelah kalo banyak yg lebih pinter, tapi kan masih sangat banyak mobil jaman now yang masih pakai matic jadul 4at. Jadi mobil jaman now pun hanya sebagian saja yang enak maticnya.jontor wrote:Manual lah kalo utk lukot... Bisa atur gigi... Tapi matik jaman now kan dah pinter... Tinggal torsi gede yg menentukan...
Apalagi masih 4at dikasih TBW tambah lemot lagi.
Kalo mobil disel berturbo saya setuju enak matic karena RPM nya pendek2

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Jadi inget waktu di bali. Sewa grandlivina matic.doge wrote: Mon Jan 15, 2018 10:41 Sama aja se... bisa krn biasa aja sih...
Klo biasa bw mt ya enak mt bisa pilih gigi semaunya
Klo biasa bw at ya enak" aja... shiftingnya msh lbh cpt drpd manual (utk kls mobil biasa ya... bukan sportcar)
Cm kan matic ini kdg org g brani pindah" d32l od off... takut rusak lah etc...
Blm lg... kls mobil kleceran (avxen; r3; xp; ipah) itu kan klo manual 5spd, matic 4 spd... final drive pendekan yg mt... ya mesti ae matic e lemot... jarak gigi 2 mb 3 e sg matic kyk surga ke neraka
Pas lewat tanjakan danau bratan, posisi di belakang truk, mo overtake tapi dari arah lawan masih rame.
Ya udah, pindah ke 2 jaga rpm. Pas dapet momen langsung overtake sampai rpm 4500>.
Begitu mo balik ke lajur, pindah ke 3 SAMBIL kaki kiri nginjek kopling, eh rem!
Mobil langsung nyentak kencang. Walaupun singkat, tapi bikin jantung copot krn langsung kepikiran bakalan ditabrak truk dari belakang.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Sandaran kursi telalu rebah ya om?coklatMetalik wrote: Mon Jan 15, 2018 14:46 Saya sih lbh suka manual utk luar kota, walaupun kalo lbh dr 3 jam biasanya dari pinggang ke bawah pegel semua (apa mungkin krn sy jarang olahraga ya)
Saya kalo nyetir jarak jauh, sandaran kursi saya setel agak tegak, trus pastikan tulang ekor nempel di sandaran.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Wed Mar 30, 2016 6:00
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
untuk saat ini lebih suka pure manual, meskipun ada matik yg perpindahan giginya tercepat seperti matik dual clutch..
alasannya pure manual ada sensasi tersendiri yg tiada duanya..
alasannya pure manual ada sensasi tersendiri yg tiada duanya..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Cmiiwfabreguz wrote: Mon Jan 15, 2018 16:17
downshift ato shifting tu kick dwon kalo di manual ya ?![]()
![]()
sy ndak berpengalaman di manual tranny![]()
![]()
Sepemahaman saya
Downshift kan isitilah untuk nurunin gigi
Shifting mindah gigi
Upshift naikin gigi
Kickdown itu bejek gas, setau saya klo matic kan kalo di bejek secara otomatis doi nurunin gigi sendiri kan.
Hmmmm tapi kalau manual lebih fun itu juga relatif ya
Kalau saya emg suka manual om,nambah gigi ngurangin gigi semua manual harus injak kopling, rasanya asyik2 aja. Buat jambakan emg kalo saya asyik manual om hehe.
Tapi automatic juga bagus kok, mau dct, cvt, konvensional juga enak enak aja, jadi tergantung preferensi masing masing sih om.

'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 385
- Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
- Location: lippo cikarang
- Daily Vehicle: Tetradrive
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
kalo untuk gajah turbo diesel yang udah berpiggyback sih, jauh lebih enakan matic atuh....gak perlu pake mikir. nengok dikit kosong langsung gas ajah, melejit tuh gajah diesel....uenteng banget, dan gak perlu sampe kick down. Trust me.......
# i lope turbo diesel



# i lope turbo diesel
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 131
- Joined: Thu Apr 27, 2017 14:43
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Overtake di jalur dalam dan luar kota, paling enak pake transmisi manual ato metik ?
Vote manual untuk luar kota.
Vote matic untuk dalam kota.
Setuju dgn rekan2 yang terpenting skill drivernya dan seberapa yakin dgn kondisi mobil yang dibawa.
Vote matic untuk dalam kota.
Setuju dgn rekan2 yang terpenting skill drivernya dan seberapa yakin dgn kondisi mobil yang dibawa.