Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
IU dan APM mobil mahal kayaknya pada ogah ikut GIIAS
udah sewa booth muahal......yg datang beli belum tentu ada.......
Jag Land Rov aja sampe bikin pameran sendiri di BSD
udah sewa booth muahal......yg datang beli belum tentu ada.......
Jag Land Rov aja sampe bikin pameran sendiri di BSD
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
saya jg ogah ikut datang ke GIIAS om....hari pertama saya dapat 2 tiket undangan...saya kasih org lain...
udah cape datang kagak beli jg buat apa liat2...
undangan launcing jag land rover n test drive telpon saya aja saya gak mau datang om...ditanya knp gak mau terima undangan...
saya bilang saya kagak bakal beli ngpn terima undangan...walo ktnya gak apa yg penting datang aja dl...
btw saya jg gak tau itu pameran mobil indo skrg isi mobil apaan...
udah cape datang kagak beli jg buat apa liat2...
undangan launcing jag land rover n test drive telpon saya aja saya gak mau datang om...ditanya knp gak mau terima undangan...
saya bilang saya kagak bakal beli ngpn terima undangan...walo ktnya gak apa yg penting datang aja dl...
btw saya jg gak tau itu pameran mobil indo skrg isi mobil apaan...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Fri Nov 18, 2016 13:10
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
aje gile om ini, keputusan ruar biasa,masuk akal n logis juga sih Om..... lain cerita klo kita punya rencana mw ambil unit ya.... hehekompresorz wrote: Sat Aug 19, 2017 13:30 saya jg ogah ikut datang ke GIIAS om....hari pertama saya dapat 2 tiket undangan...saya kasih org lain...
udah cape datang kagak beli jg buat apa liat2...
undangan launcing jag land rover n test drive telpon saya aja saya gak mau datang om...ditanya knp gak mau terima undangan...
saya bilang saya kagak bakal beli ngpn terima undangan...walo ktnya gak apa yg penting datang aja dl...
btw saya jg gak tau itu pameran mobil indo skrg isi mobil apaan...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 720
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Salut omkompresorz wrote: Sat Aug 19, 2017 13:30 saya jg ogah ikut datang ke GIIAS om....hari pertama saya dapat 2 tiket undangan...saya kasih org lain...
udah cape datang kagak beli jg buat apa liat2...
undangan launcing jag land rover n test drive telpon saya aja saya gak mau datang om...ditanya knp gak mau terima undangan...
saya bilang saya kagak bakal beli ngpn terima undangan...walo ktnya gak apa yg penting datang aja dl...
btw saya jg gak tau itu pameran mobil indo skrg isi mobil apaan...

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Lebih seru ke Anugerah yakompresorz wrote:saya jg ogah ikut datang ke GIIAS om....hari pertama saya dapat 2 tiket undangan...saya kasih org lain...
udah cape datang kagak beli jg buat apa liat2...
undangan launcing jag land rover n test drive telpon saya aja saya gak mau datang om...ditanya knp gak mau terima undangan...
saya bilang saya kagak bakal beli ngpn terima undangan...walo ktnya gak apa yg penting datang aja dl...
btw saya jg gak tau itu pameran mobil indo skrg isi mobil apaan...
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Trend mobil untuk macam2 demographics memang berbeda, tapi yang pasti, peminat mobil2 yang ke arah sport/performance selalu sedikit sekali jumlahnya. Kalau di China masalah ruang kaki jok belakang, di Indonesia trendnya bagaimana supaya mobil bisa angkut orang sebanyak mungkin; kalau bisa satu kelurahan terangkut semua entah ke mana tujuannya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Oct 26, 2017 12:08
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
We don't need car....
We need mass RAPID transit....
We need mass RAPID transit....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Fri Sep 11, 2009 11:35
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Iya, Pajak perolehan nya memang salah satu yg gila di Indo, jadinya harga mobil bisa jadi salah satu yg tertinggi, tapiiiii biaya utk maintain/keep nya (harga bbm, pajak tahunan, pajak emisi yg ga ada, progresif) termasuk yg paling termurah jadinya ga karu karuan kondisi di jalan. CMIIW..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Mungkin karena sedan harganya lebih mahal dan muatnya lebih sedikit.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
hrs nya indo jadi global heaven of
low(spec) sedan
low(spec) minitruck
low(spec) minibus
low(spec) small motorbike
low(spec) living
low(spec) safety
low(spec) edu
low(spec) everything else
jadi kalo ada (dmn pun) yg sebut negara indo, yg pops up duluan itu ya low(spec) nya itu
low(spec) sedan
low(spec) minitruck
low(spec) minibus
low(spec) small motorbike
low(spec) living
low(spec) safety
low(spec) edu
low(spec) everything else
jadi kalo ada (dmn pun) yg sebut negara indo, yg pops up duluan itu ya low(spec) nya itu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Sedan tuh di Indonesia sekarang ga laku karena:
1. Pajak mahal, berakibat harganya jadi mahal dibandingkan mpv/suv
2. Jalanan banyak yang rusak & banjir
Coba bandingkan tahun 80-90-2000, yang rame pasar sedan. Pasar MPV SUV ga gitu banyak.
1. Pajak mahal, berakibat harganya jadi mahal dibandingkan mpv/suv
2. Jalanan banyak yang rusak & banjir
Coba bandingkan tahun 80-90-2000, yang rame pasar sedan. Pasar MPV SUV ga gitu banyak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Pra 1998 sedan saloon displacement 1.6L-2.0L memang yang merajalela di Indo DM.
SUV jika tidak 4x4 masih disebut "Jip Banci" (Escudo-Sidekick-Feroza)
MPV ?? Masa itu mobil seperti Kijang-Panther-Kuda masih dianggap mobil niaga termasuk yang versi PU. Sekarang sudah keren, ada istilah LMPV dan Mid MPV sejak Avanza-Innova launching.
SUV jika tidak 4x4 masih disebut "Jip Banci" (Escudo-Sidekick-Feroza)
MPV ?? Masa itu mobil seperti Kijang-Panther-Kuda masih dianggap mobil niaga termasuk yang versi PU. Sekarang sudah keren, ada istilah LMPV dan Mid MPV sejak Avanza-Innova launching.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Peminat mobil sport / performance banyak... cuma kantongnya yg gak kuat. Peminat sedan juga banyak, cuma kondisi jalan yg jelek aja, punya sedan biasanya punya mobil lain yg tinggi. Kalau bicara ride quality sedan jauh lebih baik daripada mobil sekelas yg lebih tinggi, center of mass tinggi artinya lebih limbung - itu hukum alam ga bisa dilawan... hehehe. Misal c class vs glc meskipun sama2 mercy ride quality c class jauh lbh baik.POS VETT wrote: Sat Aug 19, 2017 22:27 Trend mobil untuk macam2 demographics memang berbeda, tapi yang pasti, peminat mobil2 yang ke arah sport/performance selalu sedikit sekali jumlahnya. Kalau di China masalah ruang kaki jok belakang, di Indonesia trendnya bagaimana supaya mobil bisa angkut orang sebanyak mungkin; kalau bisa satu kelurahan terangkut semua entah ke mana tujuannya.
Kondisinya mungkin mirip dgn motor, keinginan utk naik motor sport cukup besar... tapi kantong gak kuat.
Paling kentara di sportbike kelas 150cc, rata2 milih itu karena harga lbh miring & lebih irit bbm. Kalau faktor2 tsb nggak masalah tentu pilih yg 250, 600 atau 1000 cc sekalian.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Mgkn g kalau memang pasar otomotif indonesia memang real nya sdh mentok di 1jt unit spt skrg? kl digenjot lagi NPL nya yg bermasalah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Sudah terjadi dan TAM menyadari itu, maka tipe tertinggi innova dipasarkan sebagai 'toyota venturer' dan bukan 'innova tipe venturer' (per website TAM sendiri) ini gimmick marketing saja, bagaimanapun venturer itu = innova + printilan, wong mesin, chassis, suspensi nya sama semua. CMIIW sama dengan veloz. Fenomena ini ada di semua lini di semua merk pabrikan. CRV skrg sudah 'dipandang' SUV 'mewah' (entry level di BRV dan medium di HRV). Tahun 2010 - 2014 alphard vellfire booming, bahkan sampai sekarang populasinya banyak. Bandingkan kondisi sekarang, dilihat persentase tidak sebanyak zaman itu.Turboman wrote: Fri Aug 18, 2017 7:25 As subject
semakin menurunnya daya beli masyarakat Indonesia dan harga2 terus membubung tiap tahun krn inflasi
Mungkinkah ke depannya bisa2 pameran mobil akbar tahunan di Indo lebih tepat disebut "National LMPV & middle MPV - SUV show' ketimbang International autoshow ?
....
Mungkinkah suatu hari nanti entah kapan.......Avanza masuk kategori mobil "lumayan mahal" dan Innova menjadi benar2 mobil mahal ?
CMIIW
Di sisi lain, memang ada trend mengangkat produk lama lbh tinggi dan buat produk baru di bawahnya, misal toyota kijang/innova - posisinya dulu seperti posisi avanza skrg, dan bukan tidak mungkin 10 tahun ke depan - avanza bisa sekelas innova, sementara calya sekelas avanza dan ada tipe baru di bawahnya lagi.
Mungkin yg terjadi adalah middle income trap (pernah diulas ekonom). Jadi ada peluang bagi masyarakat bawah utk memajukan taraf hidup, tapi sampai di titik tertentu mentok. Sampai di titik tsb utk meningkatkan pendapatan sudah sangat amat susah. Makanya dalam hal pilihan kendaraan juga tercermin dari angka penjualan.. Tarafnya sampai di harga kisaran 200-400jt mungkin? Setelah itu terasa semakin berat dan berat... segmen harga mobil 500jt ke atas semakin sedikit. Efeknya ya kondisi di mana wajah otomotif kita didominasi mobil sejuta (mungkin sekarang belasan juta umat), sementara segmen atas hanyalah ribuan. Dalam kondisi tsb, wajar kalau APM terkesan ogah2an pameran mobil kelas2 atas. Buat apa susah2 pameran toh penjualan kecil sekali, cost ratio nggak masuk... toh utk mobil2 kelas atas datang sendiri (mending campaign lewat sosmed online - murmer).
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
wkwkwkwk low(spec) everything else
yg high(spec) matahari - - panas,
high(spec) polusi asap knalpot
sm high(spec) emosi di jalanan
yg high(spec) matahari - - panas,
high(spec) polusi asap knalpot
sm high(spec) emosi di jalanan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Setuju om, ditambah lagi harga jual kembalinya lebih jatuh jika dibandingkan dengan mobil SUV / MPVKoddy wrote: Sun Dec 10, 2017 15:34 Sedan tuh di Indonesia sekarang ga laku karena:
1. Pajak mahal, berakibat harganya jadi mahal dibandingkan mpv/suv
2. Jalanan banyak yang rusak & banjir
Coba bandingkan tahun 80-90-2000, yang rame pasar sedan. Pasar MPV SUV ga gitu banyak.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Kenapa ya jenis estate/wagon kurang diminati ? padahal harga juga jauh lebih murah daripada versi sedannya kalo sudah masuk indo seperti mazda 6 yg beda hampir 100jutaan. Semoga ATPM di indo bisa lebih melestarikan model ini ga melulu mesti dari IU, bosen juga liat pameran mobil maennya pada di lmpv semua.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Kalo argumen subjektif ogut, ATPM keknya lebih main aman ya om menurut saya (?). Selama demand lmpv masih nanjak tinggi, yaaa atpm gamau ribet2 dan keluarin dana R&D untuk jenis lain seperti estate. Mungkin ketika market mulai jenuh karena kebanyakan pemain d lmpv, nanti atpm macem toyota baru coba model lain.calonjenazah wrote: Mon Jan 01, 2018 17:09 Kenapa ya jenis estate/wagon kurang diminati ? padahal harga juga jauh lebih murah daripada versi sedannya kalo sudah masuk indo seperti mazda 6 yg beda hampir 100jutaan. Semoga ATPM di indo bisa lebih melestarikan model ini ga melulu mesti dari IU, bosen juga liat pameran mobil maennya pada di lmpv semua.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Mungkin masalah selera dan belum terbiasa aja. Karena bentuk wagon mmg tidak seindah sedan. Nanggung juga bentuknya spt suv / mpv tapi kok pendek. Tapi kalau bicara value for money, di LN biasanya wagon lebih mahal dari sedan (krn materialnya juga perlu lbh banyak).calonjenazah wrote: Mon Jan 01, 2018 17:09 Kenapa ya jenis estate/wagon kurang diminati ? padahal harga juga jauh lebih murah daripada versi sedannya kalo sudah masuk indo seperti mazda 6 yg beda hampir 100jutaan. Semoga ATPM di indo bisa lebih melestarikan model ini ga melulu mesti dari IU, bosen juga liat pameran mobil maennya pada di lmpv semua.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Kalo dari sudut pandang saya ya, station wagon ini agak tanggung. Panjang mirip MPV tapi kapasitas hanya 5 penumpang. Sedangkan di Indo yang laku 7 penumpang. Jadi daripada 5 penumpang ya lebih baik 7 penumpang, lebih value for money.
Ini yang dikatakan salah satu saudara saya mengenai Baleno vs Ertiga.
Ini yang dikatakan salah satu saudara saya mengenai Baleno vs Ertiga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
yes, karena bikin station wagon jadi 7 seat itu gamudah secara desain. ada keterbatasan pada tinggi body, jd kalo dipaksain bisa2 headroom sempit, atau legroom ke bawah gacukup.liemivan86 wrote: Tue Jan 02, 2018 0:53 Kalo dari sudut pandang saya ya, station wagon ini agak tanggung. Panjang mirip MPV tapi kapasitas hanya 5 penumpang. Sedangkan di Indo yang laku 7 penumpang. Jadi daripada 5 penumpang ya lebih baik 7 penumpang, lebih value for money.
Ini yang dikatakan salah satu saudara saya mengenai Baleno vs Ertiga.
padahal market sini mikir, ya kalo gede segitu mah harus muat 7 hehe.
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
plus satu lagi masalah utama dimari: ground clearance.alvin23 wrote: Tue Jan 02, 2018 1:49yes, karena bikin station wagon jadi 7 seat itu gamudah secara desain. ada keterbatasan pada tinggi body, jd kalo dipaksain bisa2 headroom sempit, atau legroom ke bawah gacukup.liemivan86 wrote: Tue Jan 02, 2018 0:53 Kalo dari sudut pandang saya ya, station wagon ini agak tanggung. Panjang mirip MPV tapi kapasitas hanya 5 penumpang. Sedangkan di Indo yang laku 7 penumpang. Jadi daripada 5 penumpang ya lebih baik 7 penumpang, lebih value for money.
Ini yang dikatakan salah satu saudara saya mengenai Baleno vs Ertiga.
padahal market sini mikir, ya kalo gede segitu mah harus muat 7 hehe.
ga lucu kan kalo liat station wagon dengan GC tinggi? pasti cukring pisan.
bisa bertujuh, tapi ga bisa jalan keluar kota dengan tenang, ya... rasanya bikin gak worth the money.
even Honda pun bertaubat setelah bertahun2 membuat Odyssey RB series...

The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Pameran mobil di Indo akan mengarah menjadi National LMPV & middle MPV - SUV show ?
Sebenarnya estate/wagon bukan untuk menyasar pasar MPV tetap ini pasarnya sedan, seenggaknya bisa jadi alternatif untuk yg memang ingin merasakan sedan tapi budget tidak mampu karena sedan di indo udah kelewat mahal, kebijakan pajak yg aneh disini juga bisa di manfaatkan buat pabrikan untuk masukin model estate, karena dianggap berkapasitas 7 penumpang dan lebih dari 4 pintu jadi lebih murah, padahal cost produksinya mungkin sedikit lebih mahal ketimbang versi sedannya (nambah kaca,pintu,atap dll). Tinggal edukasi ke konsumen sedannya aja dikencengin tentang estate, mungkin bisa naikin gairah pasar sedan&estate hehe.
Untuk kapasitas sih sebenarnya beberapa estate itu bisa 5+2(anak anak) tapi sepertinya ini opsi dari pabrikan saya kurang paham, seperti yg pernah saya lihat di estate benz TE milik teman saya s210 & s202 bagian row ketiga bisa untuk 2 seat anak anak hadap ke belakang tapi ya mengorbankan sebagian kapasitas bagasi. Tinggal pasang roof box di atas estate seperti audi di foto bawah ini IMHO jadi lebih estetik. Dan ini basis pure sedan tetep jauh lebih nyaman dibanding MPV/SUV.

Ground clearence juga ga bisa dibandingin sama MPV/SUV estate ini kan basis sedan, pasarnya sedan tetep ada dan beda referensi dengan orang yg ingin beli MPV/SUV hehe. Kalau menurut selera saya sih beberapa sedan versi estatenya jauh lebih menarik ketimbang sedannya ini subyektif, yg paling cakep ya benz CLS estate hahaha
Untuk kapasitas sih sebenarnya beberapa estate itu bisa 5+2(anak anak) tapi sepertinya ini opsi dari pabrikan saya kurang paham, seperti yg pernah saya lihat di estate benz TE milik teman saya s210 & s202 bagian row ketiga bisa untuk 2 seat anak anak hadap ke belakang tapi ya mengorbankan sebagian kapasitas bagasi. Tinggal pasang roof box di atas estate seperti audi di foto bawah ini IMHO jadi lebih estetik. Dan ini basis pure sedan tetep jauh lebih nyaman dibanding MPV/SUV.

Ground clearence juga ga bisa dibandingin sama MPV/SUV estate ini kan basis sedan, pasarnya sedan tetep ada dan beda referensi dengan orang yg ingin beli MPV/SUV hehe. Kalau menurut selera saya sih beberapa sedan versi estatenya jauh lebih menarik ketimbang sedannya ini subyektif, yg paling cakep ya benz CLS estate hahaha