

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Mazda3 yg masuk klw yg cc 2000 ya g cm kalah brand image tapi jg kalah engine meskipun fitur royal... 155ps/200Nm n.a compared to 174ps/220Nm turbo. kecuali Mazda brani hajar masukin yang 2.5 187ps/250Nm ... bru honda kalah set. Itupun bwat family kya nya Civic masih lebih masuk. Orang menghindari Mazda2/CX3/CX5 juga krn kurang proper bwat family car.mobilover wrote: Thu Jun 08, 2017 7:44 Kl dr gosip2 yg beredar, harga mazda 3 gak bakal beda jauh sama CX-3. Berarti kisaran harganya sekitar 440-460 juta juga. Harganya bakal head to head sama civic hatchaback. Yang akan menarik itu di pertarungan fiturnya karena Mazda 3 pasti masuk yg fiturnya lengkap. Tinggal brand image vs fitur2 melimpah siapa yg lbh menjual di indonesia. Feeling ane sih ttp brand image yg menang. Tapi customer di segmen hatchback premium ini kan khusus, rata2 melek teknologi dan mau dapat yg terbaik dgn budget yg sama. We will see how market responds
A200 dan 1-series kayaknya sudah 600-700 malah um...Mamang555 wrote: Thu Jun 08, 2017 7:32Mazda 3 kan belum dimasukan resmi kesini om jivosjivos wrote: Thu Jun 08, 2017 7:29 Paparin harga otr competitor ni HB dong..
Cakep euih...sec susah/ngga banyak HB car model yg bentuknya msh proporsional n good looking dilihat.
Tambahin List otr hrg di class ini...
Civic HB
Mazda 3
Golf Tsi
BMW 116i
Merc A200
Kalo Focus Ecoboost 1.5 turbo terakhir di 440 jt (1.5 tahun silam)
BMW, Merc dan Golf kayaknya sudah 550 jt keatas deh cmiiw
Berarti utk ksaran hrg utk klas ini memang segituan ya...utk premium euro....edited masih hrs tambah banyak lagi....he he br bc posting om diatasChZ wrote: Thu Jun 08, 2017 7:43
Mpord pokus ekobus kalo dijual skrg juga mungkin 460an kali yahh...
Tapi non sunated version...![]()
Setuju kalau model civic HB lbh fresh sehingga lbh menarik utk kaum muda. Mnrt gw sih pembeli mobil hatchback premium kemungkinan besar itu eksekutif muda atau anak kuliahan yg berduit. Untuk akomodasi row 2 mgkn bukan kebutuhan yg utama. Model, Mesin, Merek, Fitur, dan Harga akan jadi penentu utama. Mesin Mazda 2000 cc vs 1500 cc turbo Honda mmg secara kertas Honda lbh unggul. Tp kl utk keasikan berkendara, ane rasa akan beda-beda tipis saat di jalan. Kl baca di review luar, Mazda 3 pun banyak disukai sama org luar karena karakter fun to drivenya yg rata2 dicari sama peminat hatchback medium segment.ChZ wrote: Thu Jun 08, 2017 7:52Mazda3 yg masuk klw yg cc 2000 ya g cm kalah brand image tapi jg kalah engine meskipun fitur royal... 155ps/200Nm n.a compared to 174ps/220Nm turbo. kecuali Mazda brani hajar masukin yang 2.5 187ps/250Nm ... bru honda kalah set. Itupun bwat family kya nya Civic masih lebih masuk. Orang menghindari Mazda2/CX3/CX5 juga krn kurang proper bwat family car.mobilover wrote: Thu Jun 08, 2017 7:44 Kl dr gosip2 yg beredar, harga mazda 3 gak bakal beda jauh sama CX-3. Berarti kisaran harganya sekitar 440-460 juta juga. Harganya bakal head to head sama civic hatchaback. Yang akan menarik itu di pertarungan fiturnya karena Mazda 3 pasti masuk yg fiturnya lengkap. Tinggal brand image vs fitur2 melimpah siapa yg lbh menjual di indonesia. Feeling ane sih ttp brand image yg menang. Tapi customer di segmen hatchback premium ini kan khusus, rata2 melek teknologi dan mau dapat yg terbaik dgn budget yg sama. We will see how market responds
Civic karakternya lebih ke GT Car buat santai yang sya rasain di versi sedannya, Mazda lebih ke sporty bwat meliuk-liuk... transmisi lebih agresif dan tenaga lebih linear karena n.a . Tinggal pembelinya cari yang mana... tp sedikit banyak brand image Honda pasti akan lebih berpengaruh... apalagi modelnya Civic lebih fresh... Mazda3 more like larger Mazda2 bagi orang banyak... anak muda pun rasanya akan lebih tertarik modelnya Civic.
G cm di atas kertas um... di aspal pun kalau ngomong akselerasi angka - angka tersebut nggak bohong... Civic Turbo CVT versi luar 7.0 secs , Mazda3 7.9 secs... versi Indo CIvic sedan 7.7 secs let's assume Mazda3 8.3 - 8.5 secs...mobilover wrote: Thu Jun 08, 2017 8:04
Setuju kalau model civic HB lbh fresh sehingga lbh menarik utk kaum muda. Mnrt gw sih pembeli mobil hatchback premium kemungkinan besar itu eksekutif muda atau anak kuliahan yg berduit. Untuk akomodasi row 2 mgkn bukan kebutuhan yg utama. Model, Mesin, Merek, Fitur, dan Harga akan jadi penentu utama. Mesin Mazda 2000 cc vs 1500 cc turbo Honda mmg secara kertas Honda lbh unggul. Tp kl utk keasikan berkendara, ane rasa akan beda-beda tipis saat di jalan. Kl baca di review luar, Mazda 3 pun banyak disukai sama org luar karena karakter fun to drivenya yg rata2 dicari sama peminat hatchback medium segment.
Prediksi ane : Enggak.adrevolution wrote: Thu Jun 08, 2017 8:15 imho ane lbh suka bentuknya sedan sih, bukannya jelek yg hatch tp masalah preferensi aja, dr semua generasi civic selalu lbh suka sedannya. bagusnya civic hatch selalu ada penggemarnya tersendiri dibanding versi sedan, gak tau yg ini animonya gimana.
yang menarik, ini kan civic hatch pertama yg masuk indo secara resmi sejak civic estilo, penasaran 5-10 tahun lg resale valuenya bakal gila kayak civic-civic hatch pendahulunya gak yah![]()
Pertanyaan sm dg sy dulu ...andyez86 wrote: Thu Jun 08, 2017 8:01 mending kasih 2 trim aja....M/T sama A/T CVT drpd 2 2 nya cvt....turbo klo dikasi cvt rasanya gmnaaa gt
Yg 2.5 bukannya di luar cuma di Mazda3Speed om? Turbo keknya yah...? Yg 3speed lama pk turbo.BrianK3 wrote: Thu Jun 08, 2017 7:55 Mazda 3 versi 2.5 nggak masuk sini kan, perbedaan performa engine yang 2.0 lumayan signifikan ie. 155 hp @ 6000 rpm, 150 lb-ft @ 4000 rpm vs 180 hp @ 5500 rpm, 177 lb-ft @ 1900 rpm di Civic HB.
Nah krn itu bro, karakternya beda satuny lbh kalem krn CVT. Satunya lbh agresif dgn 6 spd torque converter. Biarpun secara akselerasi 0-100 km 1500 Turbo lbh unggul, pas dibawa di jalanan hal itu akan gak terlalu signifikan karena kesenangan nyetir itu ada di banyak faktor seperti mesin, akurasi steering, kenikmatan bejekan lgs responsif, suspensi, dll. Untuk tau perbedaan pengalaman berkendaranya harus coba Test Drive dulu masing2.ChZ wrote: Thu Jun 08, 2017 8:12G cm di atas kertas um... di aspal pun kalau ngomong akselerasi angka - angka tersebut nggak bohong... Civic Turbo CVT versi luar 7.0 secs , Mazda3 7.9 secs... versi Indo CIvic sedan 7.7 secs let's assume Mazda3 8.3 - 8.5 secs...mobilover wrote: Thu Jun 08, 2017 8:04
Setuju kalau model civic HB lbh fresh sehingga lbh menarik utk kaum muda. Mnrt gw sih pembeli mobil hatchback premium kemungkinan besar itu eksekutif muda atau anak kuliahan yg berduit. Untuk akomodasi row 2 mgkn bukan kebutuhan yg utama. Model, Mesin, Merek, Fitur, dan Harga akan jadi penentu utama. Mesin Mazda 2000 cc vs 1500 cc turbo Honda mmg secara kertas Honda lbh unggul. Tp kl utk keasikan berkendara, ane rasa akan beda-beda tipis saat di jalan. Kl baca di review luar, Mazda 3 pun banyak disukai sama org luar karena karakter fun to drivenya yg rata2 dicari sama peminat hatchback medium segment.
Tapi "feel" yang dirasakan pasti berbeda... di Mazda bs jadi lebih terasa fun karena feel "punch" nya berkat transmisi agresif... di Honda mungkin lebih kalem karena CVT walaupun in fact faster... as i said karakternya lebih ke GT Car.
Mazda3 mmg banyak dipuji ... tapi di sini kayaknya akan sedikit yang appreciate... karena
1. Modelnya Mazda dari 2 sampe CX-9 ya sama-sama aja semua... Ini yang somehow bikin Mazda3 kurang eye catching...
2. Merek
3. Kenyamanan? Bisa jadi.
4. Di Indonesia brp banyak yang cari fun factor dr sebuah mobil...?
Sama aja ma Jazz vs Mazda2... Pada akhirnya Jazz yang lebih laku ... Walau dikata Mazda2 lebih changgih dan segmennya anak muda. Simply krn semua kelebihan Mazda2 doesn't fit untuk mayoritas pembeli... dan brand factor... gak sepenuhnya salah koq beli mobil krn brand...
Kalo begitu cerita nya di thai sama tax bracket nya, ya wajar harga disana beda dikit antara hatchback dengan sedan.ChZ wrote: Thu Jun 08, 2017 7:23Harga OTR yang dipasarkan kan sebenarnya sudah kena BBN, jadi tinggal harga di faktur nya berapa... sulit judging dari harga OTR saja... margin gede y bisa jadi karena setau sya untuk civic skrg honda stocknya gak banyak. Blom ngitung diskon juga kaniwansiagian wrote: Thu Jun 08, 2017 7:05
Yup PpnBM (pajak penjualan barang mewah) untuk sedan 30%, dan hatchback masuk kategori mpv pajak nya PpnBM 10%.
yang kita ga tau di thailand skema perpajakannya, apakah malah lebih tinggi hatchback.
Sekarang tinggal nunggu mazda 3 aja masuk ke indonesia, berapa disini di jual nya.
Di thai cuma dibedain passenger cars dan non-passenger... Honda Jazz ma City aja sama harganya.
Passenger Cars:
Hybrid, fuel cell and electric vehicles: 10% (11.2%)
Cars < 1300cc gasoline powered, approved under the eco-car program: 17% (20.9%)
Cars powered by motorcycles engines < 250cc: 5% (5.3%)
Cars powered by NGV: 20% (25.6%)
E20 Compatible Cars < 2000cc and < 220HP: 25% (34.5%)
E20 Compatible Cars < 2500cc and < 220HP: 30% (44.8%)
E20 Compatible Cars < 3000cc and < 220HP: 35% (56.9%)
E20 Compatible Cars > 3000cc OR >= 220HP: 50% (111.1%)
Other Cars < 2000cc and < 220HP: 30% (44.8%)
Other Cars < 2500cc and < 220HP: 35% (56.9%)
Other Cars < 3000cc and < 220HP: 40% (71.4%)
Other Cars > 3000cc OR >= 220HP: 50% (111.1%)
Notes:
Hybrid, Fuel cell and electric vehicles have no limits on HP.
Different tax brackets have been defined for Hybrids < 3000c and 3000cc+, but at present both share the same tax rate.
A tax bracket for diesel powered eco-cars < 1300cc has been defined, but no tax rate has been applied to it yet.
Vehicles used as offical ambulances are excise tax exempt.
Nah yg jadi menarik jg karena skrg civic type R pun 5 door hatch, makanya ada kecurigaan RV nya nahan. Bener juga sih paling kayak FD kecenderungannya, terlebih harganya juga udah diatas 400jt. Jadi makin menarik liat pergerakan RV nya haha.ChZ wrote: Thu Jun 08, 2017 8:18Prediksi ane : Enggak.adrevolution wrote: Thu Jun 08, 2017 8:15 imho ane lbh suka bentuknya sedan sih, bukannya jelek yg hatch tp masalah preferensi aja, dr semua generasi civic selalu lbh suka sedannya. bagusnya civic hatch selalu ada penggemarnya tersendiri dibanding versi sedan, gak tau yg ini animonya gimana.
yang menarik, ini kan civic hatch pertama yg masuk indo secara resmi sejak civic estilo, penasaran 5-10 tahun lg resale valuenya bakal gila kayak civic-civic hatch pendahulunya gak yah![]()
![]()
Karena ini five-door hatch... Civic hatchback jadul jadi long-lasting dan classic karena format 3-door hatchback.
Mungkin akan jadi seperti Civic FD... Karena versi hatch gampang dimiripkan dengan Type-R. Tinggal pasang tiang jemuran
Sepertinya agak susah om kalau melihat sienta aja jualannya mati-matian. Tiap ada pameran pasti isinya sienta di tempat toyotayudhisuwandono wrote: Thu Jun 08, 2017 11:15 ternyata betul kata org honda bbrp bulan yll saat tanya freed bakal ada gak? belum ada kabar pak.
yg keluar tahun in civic hathback pak? awalny kagak percaya, tp akhirny mangaku juga.
jadi.. freed kapan freed?
Yep G-vectoring yg skrg udah ada di CX-3 dan soon CX-5. G-vectoring klw liat video presentasinya bukan cuma ngurangin over/understeer, tapi buanyak... sesuai filosofi jinba-ittai nya.mobilover wrote: Thu Jun 08, 2017 8:43
Nah krn itu bro, karakternya beda satuny lbh kalem krn CVT. Satunya lbh agresif dgn 6 spd torque converter. Biarpun secara akselerasi 0-100 km 1500 Turbo lbh unggul, pas dibawa di jalanan hal itu akan gak terlalu signifikan karena kesenangan nyetir itu ada di banyak faktor seperti mesin, akurasi steering, kenikmatan bejekan lgs responsif, suspensi, dll. Untuk tau perbedaan pengalaman berkendaranya harus coba Test Drive dulu masing2.
Additional info, Mazda ud implementasi fitur baru namanya G-vector yang membantu meredam understeering dan oversteering di tikungan tajam. Jd utk nikung tajam sambil ngebut jg lbh nikmat.
Jazz vs Mazda 2 itu faktor utamanya ada di Merek ( peace of mind ) dan akomodasi. Kebanyakan pembeli Jazz itu antara anak kuliahan atau karyawan baru kerja atau baru nikah. Banyak juga cewe yg pake Jazz. Jadi faktor peace of mind dan akomodazi menjadi penting. Kalau untuk hatchback medium yg notabene udah sama harganya dengan SUV medium, calon pembelinya berubah menjadi driving enthusiast. Calon pembeli awam pasti larinya ke CRV atau CX5 dgn budget segitu.
Sekali lagi faktor brand di indonesia sgt besar pengaruhnya. Jadi ga aneh kl Civic HB laku karena faktor merek. But we will see
Ya bisa jadi HPM set margin lebih gede di hatchback atau malah ternyata dari dulu margin nya sedan nggak gede... Banyak faktor lah.iwansiagian wrote: Thu Jun 08, 2017 9:04
Kalo begitu cerita nya di thai sama tax bracket nya, ya wajar harga disana beda dikit antara hatchback dengan sedan.
Kalo disini beda tax bracket Ppn barang mewah nya 20%
Kalo Masalah pajak penjualan barang mewah sih ga banyak faktor ya. Hanya satu kali dikenakan yaitu saat penyerahan dari produsen kalo produksi dan harga Invoice fob kalo import.ChZ wrote:Yep G-vectoring yg skrg udah ada di CX-3 dan soon CX-5. G-vectoring klw liat video presentasinya bukan cuma ngurangin over/understeer, tapi buanyak... sesuai filosofi jinba-ittai nya.mobilover wrote: Thu Jun 08, 2017 8:43
Nah krn itu bro, karakternya beda satuny lbh kalem krn CVT. Satunya lbh agresif dgn 6 spd torque converter. Biarpun secara akselerasi 0-100 km 1500 Turbo lbh unggul, pas dibawa di jalanan hal itu akan gak terlalu signifikan karena kesenangan nyetir itu ada di banyak faktor seperti mesin, akurasi steering, kenikmatan bejekan lgs responsif, suspensi, dll. Untuk tau perbedaan pengalaman berkendaranya harus coba Test Drive dulu masing2.
Additional info, Mazda ud implementasi fitur baru namanya G-vector yang membantu meredam understeering dan oversteering di tikungan tajam. Jd utk nikung tajam sambil ngebut jg lbh nikmat.
Jazz vs Mazda 2 itu faktor utamanya ada di Merek ( peace of mind ) dan akomodasi. Kebanyakan pembeli Jazz itu antara anak kuliahan atau karyawan baru kerja atau baru nikah. Banyak juga cewe yg pake Jazz. Jadi faktor peace of mind dan akomodazi menjadi penting. Kalau untuk hatchback medium yg notabene udah sama harganya dengan SUV medium, calon pembelinya berubah menjadi driving enthusiast. Calon pembeli awam pasti larinya ke CRV atau CX5 dgn budget segitu.
Sekali lagi faktor brand di indonesia sgt besar pengaruhnya. Jadi ga aneh kl Civic HB laku karena faktor merek. But we will see
Kalo sudah pernah bawa Civic Turbo sedan pasti tau koq karakter mobilnya memang bukan buat having fun... Mungkin kalo buat having fun Honda fokusnya ke pengembangan Type-R dan sports lineup lainnya.
Level jazz/Mazda2 skrg orang pun larinya ke HRV... hahaha... Ya gmn lagi mobil selevel mazda biasanya cukup laris di kota besar tapi di daerah keok ... Beli mobil mikirin brand g salah kok... walaupun klw 100% beli karena brand sya kurang setuju... tapi salah satu pertimbangan biasanya brand... brand mempengaruhi hal - hal lain seperti kemudahan cari spare parts dan servis ketika dibutuhkan...
Plus branding dari nama "Civic" itu sendiri yg udah kuat, sama kuatnya dengan brand name "Corolla"... Sedangkan brand name "Mazda3" aja masih kalah pamor ama Lancer. Orang masih tau Lancer, Mazda3 cm segelintir yang tau...
Sama kya branding name "Kijang" di Innova... y tetep laku soalnya ada nama "Kijang" yang sudah di branding dari jaman 70an...
Ya bisa jadi HPM set margin lebih gede di hatchback atau malah ternyata dari dulu margin nya sedan nggak gede... Banyak faktor lah.iwansiagian wrote: Thu Jun 08, 2017 9:04
Kalo begitu cerita nya di thai sama tax bracket nya, ya wajar harga disana beda dikit antara hatchback dengan sedan.
Kalo disini beda tax bracket Ppn barang mewah nya 20%
Toh klw ga butuh fitur - fitur di tipe E yang tipe S uda cukup mnurut saya... tapi prediksi sya mayoritas akan ambil E... sama seperti dulu Accord CR2 VTi walau lbh murah 50jt tetep orang ambil VTiL...
Safety nya cuma airbag doang nih om? [emoji28]Indra97 wrote:Civic Hatchback Turbo Drive [cencored]
Tipe:
E CVT
S CVT
Warna:
Crystal Black Pearl
Lunar Silver Metallic
Modern Steel Metallic
White Orchid Pearl
Sonic Gray Pearl
Rallye Red
(warna metallic dan pearl lebih mahal daripada warna merah)
Velg 17″ (sama seperti Civic sedan)
PxLxT 4,501 x 2,075 x 1,421
Type S CVT
– Projector hallogen headlamp
– auto off light
– Smart entry
– Shark fin
– Manual seat adjuster
– Oil life
– 7 inch audio Kenwood mirroring, 2 tweeter 4 speaker
– 2 airbag
– Remote engine starter
– kursi baris 2 bisa dilipat 60:40 seperti sedan
– Parking camera
– Auto AC
Type E CVT
– Full LED Headlamp + DRL + auto off lamp, full LED fog lamp
– auto light, auto wiper, auto off light
– Smart entry
– Shark fin
– Oil life
– 7 inch audio Kenwood mirroring, 4 tweeter 4 speaker
– 6 airbag
– 8 mode power seat (driver), 4 mode power seat depan kiri
– Remote engine starter
– kursi baris 2 bisa dilipat 60:40 seperti sedan
– Multiview parking camera
– Auto AC
Sumber: http://infohondadepok.com/new-civic-hatchback-turbo/
Launching besok di main atrium mall taman anggrek mulai pukul 18.30 - 21.00 WIB, kemungkinan sekalian pameran sampai hari minggu