Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15723
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by ChZ »

ween wrote:
Sebetulnya gear di buat kasar bertujuan mengakali kapasitas & tenaga mesin yang kecil supaya kuat nanjak & angkut beban berat, gan......
Hasilnya tarikan bawah & daya angkut kuat....tapi high speed meraung2.....

Kalau mau daya angkut & nanjak tetap kuat & high speed juga dapet, solusinya tenaga mesin harus digedein.....entah perbesar cc atau dgn force induction....
Harusnya menurut ane idealnya avanza pakai mesin 1500-1800cc n/a
Nganuuu ane ga komentarin soal gear ratio nya oom... ane ngomentarin soal transmisinya banyak selip... dan mated dengan karakter throttle-by-wire yang lemot... jd ni mobil kesannya ga kaya avanza yang dl...

Memang Avanza kan diciptakan buat medan tanjakan dan perkotaan saja... Jadi mungkin menurut Toyota gear ratio kasar cukup buat nyodok-nyodok di kota...

Tapi di yang terbaru ini... nyodok ga dpt... halus juga ga dpt krn rasionya tetep kasar...

Harusnya Avanza pake CVT....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Yonatanw »

ddyta27 wrote:kalo diperhatiin, avanza dari awal keluar sampai yang mesin baru kenapa gear rasionya kasar banget yah..

100km/jam udah diatas 4ribuan.. ga enak banget kalo di tol mesin meraung.. terutama yang manual :(
Yang bener om??
Xenia Xi tuwir ane 100km/jam di 3500 rpm gigi 5..
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by coklatMetalik »

Saya bbrp kali naik avanza all new 1,3, di tanjakan kadang terasa kurang tenaganya sampe hrs matiin AC. Di grand new ini gmn ya?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by nescafe »

DOHC wrote:ane dah perna TD yg manual nya om... dan masi sama kaya yg sblom nya, bahkan kayanya ga beda ama apanja gen 1... kl dalkot masi ok, tp kl buat sruntulan... ntuh rem nya kedodoran..
avanza yang dual vvti kurasa koplingnya jadi lebih berat bang dibanding saat pakai mesin yang lama dan rasionya giginya pun juga berubah semenjak generasi yang ada veloznya, jadi jauh lebih smooth. Bye bye rev happy :upss:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26964
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by DOHC »

nescafe wrote:
DOHC wrote:ane dah perna TD yg manual nya om... dan masi sama kaya yg sblom nya, bahkan kayanya ga beda ama apanja gen 1... kl dalkot masi ok, tp kl buat sruntulan... ntuh rem nya kedodoran..
avanza yang dual vvti kurasa koplingnya jadi lebih berat bang dibanding saat pakai mesin yang lama dan rasionya giginya pun juga berubah semenjak generasi yang ada veloznya, jadi jauh lebih smooth. Bye bye rev happy :upss:
kl ane sehh bandingin ama apanja ane dl om... feeling pedal nya sama....

ohh ya ya, ratio gigi nya emg ad beda dikit kayanya.... yg apanja ane dl lebi enak buat nyodok2 sruntulan... di dual vvt-i lebi mau kalem bawaan nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Hansen »

DOHC wrote:
nescafe wrote:
DOHC wrote:ane dah perna TD yg manual nya om... dan masi sama kaya yg sblom nya, bahkan kayanya ga beda ama apanja gen 1... kl dalkot masi ok, tp kl buat sruntulan... ntuh rem nya kedodoran..
avanza yang dual vvti kurasa koplingnya jadi lebih berat bang dibanding saat pakai mesin yang lama dan rasionya giginya pun juga berubah semenjak generasi yang ada veloznya, jadi jauh lebih smooth. Bye bye rev happy :upss:
kl ane sehh bandingin ama apanja ane dl om... feeling pedal nya sama....

ohh ya ya, ratio gigi nya emg ad beda dikit kayanya.... yg apanja ane dl lebi enak buat nyodok2 sruntulan... di dual vvt-i lebi mau kalem bawaan nya...
Baguslah, udah serasa ipah bensin berarti apanja dual vvti ini... :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26964
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by DOHC »

ga jg siong...

ipah bensin biar kalem tp ngisi terus kl d bejeg... kl apanja baru ini, rasanya kalem tp kosong kl d bejeg...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by kunaskun »

Pboyz97 wrote: Iya nih, kalo ABS memang lebih pakem karena lebih ga ngunci kalo rem mendadak oom, kayanya sih masih kabel kickdown, soalnya transmisinya masih 4AT Purba menurut saya, hanya saja lebih diperhalus rasio & pengoperan giginya.
ohh maksud saya lebih pakem ini feel-nya om bukan pakem jarak pengereman berkurang karena abs engaged ketika heavy breaking.
yang lama si sebetulnya ga jelek2 amat soal pengoperan gigi tapi purbanya itu :mky_03:
ChZ wrote:Good review, om...

Ane sangat heran dengan respon gas elektroniknya Toyota yang rata rata lemot.... Settingnya dibuat halus tapi kelewat "halus". Plus karakter transmisi AT nya yang banyak selip.

Improvement terbesar di model 1NR Dual VVT-i ini adalah karakter power yang lebih linear dari previous K3-VE.

Soal engineering Toyota sangat harus belajar dari lawan-lawannya.... Mobil Toyota selalu inferior di sisi engineering... Not to mention Toyota 86 which is actually a Subaru...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
ya namanya aja yoyota yang dibeli reliability dan resale value bukan driving experience :mky_03:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Pboyz97 »

snoepje wrote:Pernah coba jadi penumpang di kursi baris kedua nggak om ?

Di GN Veloz ini, karet balon yang nempel di pintu baris kedua kan nggak ada,
pengaruh kekedapannya signifikan nggak ya om, kalo jadi penumpangnya ?
Pernah oom, Sepertinya signifkan oom kalo dibandingin sama yg lama, soalnya karet bagian pintu depan kayanya lebi bagus daripada yg lama + peredam di kap mesin yg diimprove daripada yg lama. walaupun di pintu baris ke2 gaada karet balonnya
ddyta27 wrote:kalo diperhatiin, avanza dari awal keluar sampai yang mesin baru kenapa gear rasionya kasar banget yah..

100km/jam udah diatas 4ribuan.. ga enak banget kalo di tol mesin meraung.. terutama yang manual :(
Wahh kayanya yang baru ini lebih halus deh oom rasio gearnya daripada yg lama (udah pernah naik yg manual juga0), suara mesinnya pun juga lebih halus daripada yg lama, kalo rute tol sih belom pernah nyoba oom, tapi kalo yg lama emang ga enak kalo ditol, mesin ngeraung pas 100km/jam kaya kehabisan nafas gitu di RPM tinggi mesinnya.
YK16 wrote:Ralat dikit ya mengenai Head Unit nya

HU veloz 1.3 beda sama punya nya 1.3 G

Trus fitur auto lock Sudah tersedia
Oh iya, makasih om atas koreksinya, kalo fitur auto lock emang udah tersedia di tipe 1.3 Veloz ini, btw apakah di tipe 1.3 E&G udah ada fitur autolocknya juga oom?
ChZ wrote:Good review, om...

Ane sangat heran dengan respon gas elektroniknya Toyota yang rata rata lemot.... Settingnya dibuat halus tapi kelewat "halus". Plus karakter transmisi AT nya yang banyak selip.

Improvement terbesar di model 1NR Dual VVT-i ini adalah karakter power yang lebih linear dari previous K3-VE.

Soal engineering Toyota sangat harus belajar dari lawan-lawannya.... Mobil Toyota selalu inferior di sisi engineering... Not to mention Toyota 86 which is actually a Subaru...

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Makasih oom chz, emang respon gasnya toyota rata2 lemot menurut saya (pengalaman piara yaris bakpao & naik rush 2010 om saya), terus kalo di GN Avanza ini setting gasnya emang sengaja dibuat halus, tapi kelewat halus sehingga tarikannya belet diputaran bawah (lebih belet daripada yg lama)serta transmisi 4ATnya emang masih kerasa gugup & lagnya, tapi jauh lebih mendingan daripada yg lama menurut saya, tapi bagusnya ya di 1NR nya ini, karakter powernya lebih linear daripada K3VE lawas, dimana 1NR putaran atasnya lebih berisi daripada K3VE yang kehabisan nafas di RPM tinggi. Kalo toyota emang kalah dari sisi engineeringnya daripada lawan2nya, sehingga terkenal sebagai mobil dengan fitur & model yg biasa2 aja, serta rasa nyetirnya yg plain & boring, tapi kan orang beli toyota rata2 buat mobil perang & mobil yg bakal dipake buat waktu lama (kalo perlu sampe rusak) :wkkk: , karena perawatannya murah meriah & ASSnya tersebar dimana2.
Xous wrote:Klo mau enak jgn lupa matikan eco mode. Yg baru ini kmrn sy cb bw lbh hening seh, suspensi hantam lubang ud enak, jlebnya mantap. Tp y gitu AT girbok purba plus eco mode yg lsg ON. Buat rasa berkendaranya hambar amat
Cara matiinnya gimana ya om? kalo soal keheningan emang lebih hening daripada yg lama, terus suspensi jg lebih empuk & buka tutupnya lebih mantep, ga kaleng kaya gen sebelumnya, kalo 4 AT purbanya sih emang jadi minusnya GN Veloz ini oom, soalnya masih agak ngeden gitu diputaran tengah, yg membuat tenaga kaya ketahan gitu sehingga rasaa berkendaranya jadi agak boring gitu oom.
coklatMetalik wrote:Saya bbrp kali naik avanza all new 1,3, di tanjakan kadang terasa kurang tenaganya sampe hrs matiin AC. Di grand new ini gmn ya?
Wahh kurang tau oom, soalnya belom pernah nyoba sampe tanjakan, tapi mestinya lebih baik kalo yg MT (gatau kalo yg AT gimana) soalnya tenaga putaran tengah-atasnya lebih ngisi tenaganya daripada yg lama.
nescafe wrote:
DOHC wrote:ane dah perna TD yg manual nya om... dan masi sama kaya yg sblom nya, bahkan kayanya ga beda ama apanja gen 1... kl dalkot masi ok, tp kl buat sruntulan... ntuh rem nya kedodoran..
avanza yang dual vvti kurasa koplingnya jadi lebih berat bang dibanding saat pakai mesin yang lama dan rasionya giginya pun juga berubah semenjak generasi yang ada veloznya, jadi jauh lebih smooth. Bye bye rev happy :upss:
Iya nih oom, yg baru ini jauh lebih smooth transmisinya daripada yg lama walaupun masih ada lagnya dikit pada maticnya, kalo soal kopling belom pernah nyoba yg manual oom, soalnya baru jadi penumpang aja kalo yg MTnya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Pboyz97 »

kunaskun wrote: ohh maksud saya lebih pakem ini feel-nya om bukan pakem jarak pengereman berkurang karena abs engaged ketika heavy breaking.
yang lama si sebetulnya ga jelek2 amat soal pengoperan gigi tapi purbanya itu :mky_03:
Iya sih, transmisi purbanya itu, kerasa ketinggalan jaman daripada lawan2nya , kalo pengereman emang lebih pakem oom daripada yg lama.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
fuchu92
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by fuchu92 »

Halo SMers nubi baru gabung, daridulu silent reader mulu, mau coba ripiew dikit GNV 1.5 M/T 6 bulan odo uda 8000km an aja :big_dunno:
Alesan ane ambil GNV 1.5 M/T :
1. Boil mau dibuat perang n nyokap mau yg realible tahan banting, soalnya dibuat angkut" barang juga, dan akhirnya jatuh ke rwd :mky_01:
2. Nyokap ga suka matic, dan ane kira setelah dulu baca" di forum ga cocok dgn transmisi matic purbakalanya :mky_01:
3. cc n temen wa uda pada banyak yg pake er3 :mky_03: jd mau beda sendiri walau mobil sepuluh juta umat, and tobat karena er3 gajelas habis facelit, plus si muka joker itu ga cocok terlalu silau
4. Ga cocok ama muka mobilio walaupun yg rs, belakang oke depan terlalu ndlosor ke bawah, bukan lio yg 2017 yang menurut ane cakep :big_slap:
5. Ga cocok ama muka GNA, agak susah dicerna designnya

So yg gw suka:
1. Mesin alusss, kabin juga lebih hening dibanding ANA rentalan saudara :mky_01: , kapnya juga uda ada peredam
2. Gak boros" amat, nyetir dalkot bisa dapet 1:12/13 nyetir ga ugal"an (kota Malang) even kadang bisa 1:14 kalo pas lumayan sepi, bensin pake pert turbo, paling parah harian kalo kena macet di MID dapet 1:10-11 an itupun juga biasa ane agak geber
3. HU touchscreen dengan speaker yg so so kalo pake usb, tp ane selalu pake bt hp biar bisa diakalin pake apps, suara jd oke
4. Suspensi lebih ok dibanding ANA
5. Desain Exterior ok, ada proji, pelg twotone (ga bagus" amat si), sporti ke outlander"an grillnya, walau g mirip" amat :mky_03: (dulu sempet mikir mau ambil otlender seken)
6. Lumayan lengkap ABS walau non EBD, Immobilizer, Isofix, headrest ada 3 dan ada fitur" yg dulu pas ane mau beli ga disebutin di brosur ex : autocutoff lampu (sering kelupaan matiin lampu), seatbelt warning (which agak mengganggu :mky_01: ), autolock 25km/h sayang auto unlocknya cuma ada waktu mesin dimatiin.
7. Koplingnya ringan, pindah persneling juga halus
8. Design spidonya lumayan cantik
9. Mid - High rpm nya yahut
10. Penempatan + sudut kamera belakang yang tinggi dan lebar walau g ada guiding line nya, dibandingin kamera mundur ama PJS cici gw di rumah, masih lebih enak liat kamera mundur GNV.

Yg gw g suka :
1. Bolot on low RPM even with manual, walau lebih baik dari maticnya :mky_01:
2. Kualitas suara speaker baris kedua, kalo dicoba setel belakang aja, keliatan itu spiker ga proper sama sekali suaranya :big_dunno: beda ama speaker yg di depan
3. Uda bagus proji, tapi g diimbangi dengan kualitas lampu, lampu bawaan pabrik payah
4. Baris 3 agak sempit, handrest terlalu ke bawah
5. Masih banyak plastik" murahan terutama konsol tengah
6. Tombol AC masih knop" jadul, no autoac + heater, malah ada defogger kaca belakang yg jarang banget kepake / malah ga pernah dipake :mky_05:
7. No GPS, HU ga support play video dari usb
8. Suspensi walau lebih baik tapi masih ada gejala mantul sedikit walau ga separah gen sebelumnya
9. No Retractable spion

Sekian ripiew unek" dari nubie selama pake 6 bulan, kalo dibilang puas, ya puas sih, so far bawa avanza masih nyaman, walau banyak boil keluar taun ini yg bikin sakit ati :big_cry: (lirik lio fl) :mky_06:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Pboyz97 »

fuchu92 wrote:Halo SMers nubi baru gabung, daridulu silent reader mulu, mau coba ripiew dikit GNV 1.5 M/T 6 bulan odo uda 8000km an aja :big_dunno:
Alesan ane ambil GNV 1.5 M/T :
1. Boil mau dibuat perang n nyokap mau yg realible tahan banting, soalnya dibuat angkut" barang juga, dan akhirnya jatuh ke rwd :mky_01:
2. Nyokap ga suka matic, dan ane kira setelah dulu baca" di forum ga cocok dgn transmisi matic purbakalanya :mky_01:
3. cc n temen wa uda pada banyak yg pake er3 :mky_03: jd mau beda sendiri walau mobil sepuluh juta umat, and tobat karena er3 gajelas habis facelit, plus si muka joker itu ga cocok terlalu silau
4. Ga cocok ama muka mobilio walaupun yg rs, belakang oke depan terlalu ndlosor ke bawah, bukan lio yg 2017 yang menurut ane cakep :big_slap:
5. Ga cocok ama muka GNA, agak susah dicerna designnya

So yg gw suka:
1. Mesin alusss, kabin juga lebih hening dibanding ANA rentalan saudara :mky_01: , kapnya juga uda ada peredam
2. Gak boros" amat, nyetir dalkot bisa dapet 1:12/13 nyetir ga ugal"an (kota Malang) even kadang bisa 1:14 kalo pas lumayan sepi, bensin pake pert turbo, paling parah harian kalo kena macet di MID dapet 1:10-11 an itupun juga biasa ane agak geber
3. HU touchscreen dengan speaker yg so so kalo pake usb, tp ane selalu pake bt hp biar bisa diakalin pake apps, suara jd oke
4. Suspensi lebih ok dibanding ANA
5. Desain Exterior ok, ada proji, pelg twotone (ga bagus" amat si), sporti ke outlander"an grillnya, walau g mirip" amat :mky_03: (dulu sempet mikir mau ambil otlender seken)
6. Lumayan lengkap ABS walau non EBD, Immobilizer, Isofix, headrest ada 3 dan ada fitur" yg dulu pas ane mau beli ga disebutin di brosur ex : autocutoff lampu (sering kelupaan matiin lampu), seatbelt warning (which agak mengganggu :mky_01: ), autolock 25km/h sayang auto unlocknya cuma ada waktu mesin dimatiin.
7. Koplingnya ringan, pindah persneling juga halus
8. Design spidonya lumayan cantik
9. Mid - High rpm nya yahut
10. Penempatan + sudut kamera belakang yang tinggi dan lebar walau g ada guiding line nya, dibandingin kamera mundur ama PJS cici gw di rumah, masih lebih enak liat kamera mundur GNV.

Yg gw g suka :
1. Bolot on low RPM even with manual, walau lebih baik dari maticnya :mky_01:
2. Kualitas suara speaker baris kedua, kalo dicoba setel belakang aja, keliatan itu spiker ga proper sama sekali suaranya :big_dunno: beda ama speaker yg di depan
3. Uda bagus proji, tapi g diimbangi dengan kualitas lampu, lampu bawaan pabrik payah
4. Baris 3 agak sempit, handrest terlalu ke bawah
5. Masih banyak plastik" murahan terutama konsol tengah
6. Tombol AC masih knop" jadul, no autoac + heater, malah ada defogger kaca belakang yg jarang banget kepake / malah ga pernah dipake :mky_05:
7. No GPS, HU ga support play video dari usb
8. Suspensi walau lebih baik tapi masih ada gejala mantul sedikit walau ga separah gen sebelumnya
9. No Retractable spion

Sekian ripiew unek" dari nubie selama pake 6 bulan, kalo dibilang puas, ya puas sih, so far bawa avanza masih nyaman, walau banyak boil keluar taun ini yg bikin sakit ati :big_cry: (lirik lio fl) :mky_06:
Nice review om, kalo bawa avanza sih emang nyaman , tapi buat orang yang ga gengsi sama image mobil 10jt umat hahaha :big_biglaugh: , istilahnya cukupan lah, kalo mau yang lebih nyaman masih ada Ertiga & ANGL diatasnya avanza, tapi masih lebih nyaman dari lio kok ini avanza menurut saya.

Btw lio FL boleh juga, apalagi udah ada VSC , HSA nya walaupun cuma buat tipe RS CVT doang, moga2 aja avanza bisa ikutan pasang VSC & HSA juga walaupun cuma buat tipe 1.5 Veloznya aja, kalo soal plastik murah emang iya sih, tapi kualitas pengerjaannya masih lebih baik dibanding lio FL oom, dimana BQnya masih sama aja kaya yang lama (pas liat review autonetmagz di youtube)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
fuchu92
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by fuchu92 »

Pboyz97 wrote: Mon Jan 16, 2017 15:19 Nice review om, kalo bawa avanza sih emang nyaman , tapi buat orang yang ga gengsi sama image mobil 10jt umat hahaha :big_biglaugh: , istilahnya cukupan lah, kalo mau yang lebih nyaman masih ada Ertiga & ANGL diatasnya avanza, tapi masih lebih nyaman dari lio kok ini avanza menurut saya.

Btw lio FL boleh juga, apalagi udah ada VSC , HSA nya walaupun cuma buat tipe RS CVT doang, moga2 aja avanza bisa ikutan pasang VSC & HSA juga walaupun cuma buat tipe 1.5 Veloznya aja, kalo soal plastik murah emang iya sih, tapi kualitas pengerjaannya masih lebih baik dibanding lio FL oom, dimana BQnya masih sama aja kaya yang lama (pas liat review autonetmagz di youtube)
Ohya kelupaan nih, buat mobil seukuran gini, yg daridulu gw suka dari avanza, radius putar yg kecil :mky_02:
Juga suara mesin dual ppti ini lebih alus kalo lg idle tanpa ac dibanding gen sebelumnya
Iya bener, asal ga gengsi aja, bawa avanza masih nyaman kok, terutama buat generasi terbaru ini,
Mau dibuat senyaman apapun, harga mobil segini + sasis semi ladder pula, agak susah kalo mau minta senyaman monokok :mky_05:. kalo dibuat senyaman monokok pendapatan sales ntar kepotong donk :big_biglaugh:

Iya sih ngeliat FI reviewnya nya autonet kayanya emank BQnya g ada perubahan drastis, cuma nambah tebel kursi, yang ntah itu nambah semana tebelnya :big_dunno:, kap mesin masih blepotan, cuma ac digitalnya itu yg sayang g ada di toyota, coba ada uda tambah cantik aja avanza ini. yg g gw suka dari mobilio cuma panjangnya aja, lebih proporsional avanza sih menurut gw
VSC nih yang perlu banget di avanza, biar g limbung abis, ntah kenapa kok selalu toyota paling telat ngasi" vitur kaya gini
btw ngeliat strateginya ngeluarin heykers dan venturer, kemungkinan besar kayanya bakal diluncurin veloz tigre deh ini, semoga +VSC HSA ikutan masuk :mky_02: bukan cuma bodykit dan krum" an yg gajelas :mky_05:
tinggal nunggu aja kalo g ada vsc hsa, bakal digasak g ama lio fl + xm concept ntar
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Pboyz97 »

fuchu92 wrote: Wed Jan 18, 2017 13:32
Ohya kelupaan nih, buat mobil seukuran gini, yg daridulu gw suka dari avanza, radius putar yg kecil :mky_02:
Juga suara mesin dual ppti ini lebih alus kalo lg idle tanpa ac dibanding gen sebelumnya
Iya bener, asal ga gengsi aja, bawa avanza masih nyaman kok, terutama buat generasi terbaru ini,
Mau dibuat senyaman apapun, harga mobil segini + sasis semi ladder pula, agak susah kalo mau minta senyaman monokok :mky_05:. kalo dibuat senyaman monokok pendapatan sales ntar kepotong donk :big_biglaugh:

Iya sih ngeliat FI reviewnya nya autonet kayanya emank BQnya g ada perubahan drastis, cuma nambah tebel kursi, yang ntah itu nambah semana tebelnya :big_dunno:, kap mesin masih blepotan, cuma ac digitalnya itu yg sayang g ada di toyota, coba ada uda tambah cantik aja avanza ini. yg g gw suka dari mobilio cuma panjangnya aja, lebih proporsional avanza sih menurut gw
VSC nih yang perlu banget di avanza, biar g limbung abis, ntah kenapa kok selalu toyota paling telat ngasi" vitur kaya gini
btw ngeliat strateginya ngeluarin heykers dan venturer, kemungkinan besar kayanya bakal diluncurin veloz tigre deh ini, semoga +VSC HSA ikutan masuk :mky_02: bukan cuma bodykit dan krum" an yg gajelas :mky_05:
tinggal nunggu aja kalo g ada vsc hsa, bakal digasak g ama lio fl + xm concept ntar
Iya sih, asal ga mentingin gengsi nyaman2 aja kok avanza ini menurut gw, kalo semi ladder emang cocoknya buat lukot daripada dalkot, sedangkan kalo pemakaian dalkot, monokok lebih cocok (semua punya plus minusnya masing2 lah, tinggal disesuain sama kebutuhan aja).

Yaa emang AC digitalnya itu jadi point plusnya mobilio dibanding apanja, apalagi fitur VSCnya ini jadi pukulan telak buat MPV Sejuta umat ini, semoga segera dikasih deh VSCnya (min di tipe 1.5 Veloznya, tapi jangan pelit kaya lio yang dikasihnya cuma di varian CVT doang :big_slap: ) Terus kalo BQ emang ga ada perubahan nih, padahal harganya udah 200jt loh :big_slap: , saya udah liat displaynya yang tipe E MT & saya cukup kaget melihat engine baynya masih belepotan , udah gitu ada bekas dempulannya pula kaya yang lama duh!! :frm_bang_head: . Btw bagusdeh kalo veloz tigre bakal meluncur, biar ada tipe yang bergaya ke crossover2an gitu hehehe & tentu saja semoga VSC &HSAnya dimasukkin ke tipe ini, masa kalah sama mobilio RS FL fitur safetynya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
fuchu92
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by fuchu92 »

Pboyz97 wrote: Thu Jan 19, 2017 14:53 Iya sih, asal ga mentingin gengsi nyaman2 aja kok avanza ini menurut gw, kalo semi ladder emang cocoknya buat lukot daripada dalkot, sedangkan kalo pemakaian dalkot, monokok lebih cocok (semua punya plus minusnya masing2 lah, tinggal disesuain sama kebutuhan aja).

Yaa emang AC digitalnya itu jadi point plusnya mobilio dibanding apanja, apalagi fitur VSCnya ini jadi pukulan telak buat MPV Sejuta umat ini, semoga segera dikasih deh VSCnya (min di tipe 1.5 Veloznya, tapi jangan pelit kaya lio yang dikasihnya cuma di varian CVT doang :big_slap: ) Terus kalo BQ emang ga ada perubahan nih, padahal harganya udah 200jt loh :big_slap: , saya udah liat displaynya yang tipe E MT & saya cukup kaget melihat engine baynya masih belepotan , udah gitu ada bekas dempulannya pula kaya yang lama duh!! :frm_bang_head: . Btw bagusdeh kalo veloz tigre bakal meluncur, biar ada tipe yang bergaya ke crossover2an gitu hehehe & tentu saja semoga VSC &HSAnya dimasukkin ke tipe ini, masa kalah sama mobilio RS FL fitur safetynya.
Gw inget dulu pertama keluar spek flnya gna/gnv kaya ngeliat toyota uda tobat aja, mau ngasi fitur abs hampir di semua lini gna
Nah tapi yg nanggung banget kenapa ebd nya g dipasang sekalian :frm_bang_head:
Ngasi spek setengah" dibanding lio prefl aja masi lebih lengkap lio rs
Yg disayangkan fnishingnya lio payah dan kynya masih tetep di fl barunya, yg rs cvt uda nyentuh 243 jt kan y, ntah kalo di kota malang ane bakal mepet" 250 keknya :big_dunno:

Sebenrnya si kalo mau ngejar harga nyamain si lio rs, bisa kok fitur" lio ada di veloz
Anggep aja lio rs 243 potong diskon 10 ntar kalo uda jalan bbrp bulan, skrg gnv 1.5 at 234 kepotong diskon 15 bisa jadi 219, soalnya si T seneng ngasi start harg tinggi trus mainin diskon bisa sampe 20
Jd gap kedua mobil ini sekitar 15 jutaan

nah harepan gw sih, dengan gap segitu g usa pake tigre" an dgn bodykit dan krum"an yg g jelas
Tp benahin veloz skrg, lengkapin abs ebd ba, vsc paling g, hsa g terlalu pentig juga, toh yg beli veloz ini kbynkn cari manualnya
matic nya diubah cvt? Hell no! g cocok buat macem avanza :weekk:, ganti ke 6AT aja gpp :mky_03: walau keknya g bakal brubah sampai ada gen baru
Disknya kasi la ventilated, dan ac ganti digital autoclimate, benahi suspensi biar lebih nyaman lg, tambah led drl bar di headlamp toh desain veloz ini enak kok dipandang,
Uda itu aja cukup kok, yg lain tetep masih ok, rwd dan sasis semi ladder masi acceptable,
mala buat gw yg saat ini sangat butuh mobil" ky gini, maklum baru lulus n mobilnya emank ditarget buat kerja bantu nyokap, kalo uda berkeluarga kali nyari mobil yg lebih kalem :mky_03:
Harga? 230-240 kynya masi rasional kalo fitur lengkap toh seharga lio rs
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Turboman »

Review yg bagus

Review yang berimbang, ada Pro & Con nya

Berhubung waktu Okt 2016 dan minggu lalu ane ke Bali sewa Vanza matic 2015, ane tambahin dikit

1. Matic nya agak kurang responsip, kalo kita pindahkan tuas dr D ke 3 or sebaliknya dia kadang gak lgs respon, ada delay dikit....wkwkwkw

2. Bagian bawah jok (bagian horizontal - yang menyangga paha) agak keras

3. Kalo duduk dgn punggung benar2 nempel di jok, itu tulang rangka jok bagian bawah (bagian vertikal jok) kerasa di belakang pinggang kita

4. Sensor parkir agak kelewat sensitip

Dgn jok spt ini, kalo jalan dekat2 aja sih oke, tapi kalo road trip ala F 272 dgn mobil ini sih enggak banget dah......wakakkakaka

Perpindahan gigi matic-nya sih oke, juga saat parkir dr R lgs ke P dan waktu mau jalan juga nggak ada Bletak spt Tukang kue putu

Dengan kondisi Bali yg banyak jalan kecil, pake Vanza matic si benar2 enak saat lewatin jalan kecil......kecuali saat lewat tol Benoa dimana angin gede.......ya better nggak lebih dr 100 kpj


* Bukan ajakan Beli *
fuchu92
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by fuchu92 »

Turboman wrote: Fri Jan 20, 2017 1:37 Review yg bagus

Review yang berimbang, ada Pro & Con nya

Berhubung waktu Okt 2016 dan minggu lalu ane ke Bali sewa Vanza matic 2015, ane tambahin dikit

1. Matic nya agak kurang responsip, kalo kita pindahkan tuas dr D ke 3 or sebaliknya dia kadang gak lgs respon, ada delay dikit....wkwkwkw

2. Bagian bawah jok (bagian horizontal - yang menyangga paha) agak keras

3. Kalo duduk dgn punggung benar2 nempel di jok, itu tulang rangka jok bagian bawah (bagian vertikal jok) kerasa di belakang pinggang kita

4. Sensor parkir agak kelewat sensitip

Dgn jok spt ini, kalo jalan dekat2 aja sih oke, tapi kalo road trip ala F 272 dgn mobil ini sih enggak banget dah......wakakkakaka

Perpindahan gigi matic-nya sih oke, juga saat parkir dr R lgs ke P dan waktu mau jalan juga nggak ada Bletak spt Tukang kue putu

Dengan kondisi Bali yg banyak jalan kecil, pake Vanza matic si benar2 enak saat lewatin jalan kecil......kecuali saat lewat tol Benoa dimana angin gede.......ya better nggak lebih dr 100 kpj
Iya om turbo, delaynya hampir sedetik :ngacir:
Kalo jok yg horizontal g kerasa si, yg iya yang vertikal, kalo duduk agak miring, apa gegara ditopang lemak ane di punggung y jadi kerasa empuk :mky_03:

Kalo sensor parkir ane g ada problem, yg iya sensor alarm, yg ntah kadang g ada angin bunyi" sndiri
Kalo bletak ky si inopa ndak pernah si, tapi dulu awal" pernah bunyi jeduk beberapa kali, skrg uda ilang
Hooh pemakaian agak lama di avanza kalo g biasa bisa pegel :angel:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Turboman »

fuchu92 wrote:
Turboman wrote: Fri Jan 20, 2017 1:37 Review yg bagus

Review yang berimbang, ada Pro & Con nya

Berhubung waktu Okt 2016 dan minggu lalu ane ke Bali sewa Vanza matic 2015, ane tambahin dikit

1. Matic nya agak kurang responsip, kalo kita pindahkan tuas dr D ke 3 or sebaliknya dia kadang gak lgs respon, ada delay dikit....wkwkwkw

2. Bagian bawah jok (bagian horizontal - yang menyangga paha) agak keras

3. Kalo duduk dgn punggung benar2 nempel di jok, itu tulang rangka jok bagian bawah (bagian vertikal jok) kerasa di belakang pinggang kita

4. Sensor parkir agak kelewat sensitip

Dgn jok spt ini, kalo jalan dekat2 aja sih oke, tapi kalo road trip ala F 272 dgn mobil ini sih enggak banget dah......wakakkakaka

Perpindahan gigi matic-nya sih oke, juga saat parkir dr R lgs ke P dan waktu mau jalan juga nggak ada Bletak spt Tukang kue putu

Dengan kondisi Bali yg banyak jalan kecil, pake Vanza matic si benar2 enak saat lewatin jalan kecil......kecuali saat lewat tol Benoa dimana angin gede.......ya better nggak lebih dr 100 kpj
Iya om turbo, delaynya hampir sedetik :ngacir:
Kalo jok yg horizontal g kerasa si, yg iya yang vertikal, kalo duduk agak miring, apa gegara ditopang lemak ane di punggung y jadi kerasa empuk :mky_03:

Kalo sensor parkir ane g ada problem, yg iya sensor alarm, yg ntah kadang g ada angin bunyi" sndiri
Kalo bletak ky si inopa ndak pernah si, tapi dulu awal" pernah bunyi jeduk beberapa kali, skrg uda ilang
Hooh pemakaian agak lama di avanza kalo g biasa bisa pegel :angel:
Nah kalo milik sendiri en pake sendiri sih boleh coba pasang ground cable, juga ke matic unit

ATF bisa ganti yg bagusan misal pake Dexron III semi synth atau yg multi std semi synth
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15723
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by ChZ »

fuchu92 wrote: Wed Jan 18, 2017 13:32 Iya sih ngeliat FI reviewnya nya autonet kayanya emank BQnya g ada perubahan drastis, cuma nambah tebel kursi, yang ntah itu nambah semana tebelnya :big_dunno:, kap mesin masih blepotan, cuma ac digitalnya itu yg sayang g ada di toyota, coba ada uda tambah cantik aja avanza ini. yg g gw suka dari mobilio cuma panjangnya aja, lebih proporsional avanza sih menurut gw
VSC nih yang perlu banget di avanza, biar g limbung abis, ntah kenapa kok selalu toyota paling telat ngasi" vitur kaya gini
btw ngeliat strateginya ngeluarin heykers dan venturer, kemungkinan besar kayanya bakal diluncurin veloz tigre deh ini, semoga +VSC HSA ikutan masuk :mky_02: bukan cuma bodykit dan krum" an yg gajelas :mky_05:
tinggal nunggu aja kalo g ada vsc hsa, bakal digasak g ama lio fl + xm concept ntar
Anu... cuma mau meluruskan...

VSC ga bikin mobil ga limbung om... Yang bikin mobil limbung itu titik gravitasi/center of gravity... titik berat deh bahasa normalnya... Ketinggian akan bikin mobil limbung... Spring rate dan travel suspensi terlalu panjang juga bikin mobil limbung...

VSC Cuma bikin mobil lebih "terkontrol" aja... Hehe... Main di koreksi setir dan individual braking... Mereduksi Over/Understeer... Di mobil seperti Lio sih paling cuma sederhana gini aja... ga sampe yang parameternya banyak banget macem BMW...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by Pboyz97 »

Turboman wrote: Fri Jan 20, 2017 1:37 Review yg bagus

Review yang berimbang, ada Pro & Con nya

Berhubung waktu Okt 2016 dan minggu lalu ane ke Bali sewa Vanza matic 2015, ane tambahin dikit

1. Matic nya agak kurang responsip, kalo kita pindahkan tuas dr D ke 3 or sebaliknya dia kadang gak lgs respon, ada delay dikit....wkwkwkw

2. Bagian bawah jok (bagian horizontal - yang menyangga paha) agak keras

3. Kalo duduk dgn punggung benar2 nempel di jok, itu tulang rangka jok bagian bawah (bagian vertikal jok) kerasa di belakang pinggang kita

4. Sensor parkir agak kelewat sensitip

Dgn jok spt ini, kalo jalan dekat2 aja sih oke, tapi kalo road trip ala F 272 dgn mobil ini sih enggak banget dah......wakakkakaka

Perpindahan gigi matic-nya sih oke, juga saat parkir dr R lgs ke P dan waktu mau jalan juga nggak ada Bletak spt Tukang kue putu

Dengan kondisi Bali yg banyak jalan kecil, pake Vanza matic si benar2 enak saat lewatin jalan kecil......kecuali saat lewat tol Benoa dimana angin gede.......ya better nggak lebih dr 100 kpj
Thankyou om turbo , kalo maticnya emang kurang responsif oom, sebenernya sih perpindahan giginya cukup halus, tapi kehalang di 4ATnya yang kelihatan gugup kalo pindah gigi. Wahh kalo buat roadtrip kayanya masih oke buat saya, tapi ya jangan berharap nyaman aja hahaha :big_biglaugh: , tapi bagusnya durabilitynya udah teruji, jadinya kalo mau Lewat jalan rusak & tanjakan ga masalah buat mobil ini.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
fuchu92
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by fuchu92 »

ChZ wrote: Fri Jan 20, 2017 6:40 Anu... cuma mau meluruskan...

VSC ga bikin mobil ga limbung om... Yang bikin mobil limbung itu titik gravitasi/center of gravity... titik berat deh bahasa normalnya... Ketinggian akan bikin mobil limbung... Spring rate dan travel suspensi terlalu panjang juga bikin mobil limbung...

VSC Cuma bikin mobil lebih "terkontrol" aja... Hehe... Main di koreksi setir dan individual braking... Mereduksi Over/Understeer... Di mobil seperti Lio sih paling cuma sederhana gini aja... ga sampe yang parameternya banyak banget macem BMW...
Makasi bro Chz uda meluruskan, iya gw taunya inti vsc cuma untuk meminimalisir mobil biar g terguling :ngacir: , ternyata ada kelebihan lain untuk mencegah over/understeer juga y

Btw om, lio kan terkenal paling stabil di kelasnya
Apa vsc nya jadi sia" donk? :big_think:

Secara gw liat mobil sasis ladder frame or semi ladder ky di avanza ini yg paling sangat butuh vsc, karena potensi terguling lebih tinggi kalo lg manuver tiba" pas cruising di kecepatan tinggi :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15723
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by ChZ »

fuchu92 wrote: Fri Jan 20, 2017 10:04 Makasi bro Chz uda meluruskan, iya gw taunya inti vsc cuma untuk meminimalisir mobil biar g terguling :ngacir: , ternyata ada kelebihan lain untuk mencegah over/understeer juga y

Btw om, lio kan terkenal paling stabil di kelasnya
Apa vsc nya jadi sia" donk? :big_think:

Secara gw liat mobil sasis ladder frame or semi ladder ky di avanza ini yg paling sangat butuh vsc, karena potensi terguling lebih tinggi kalo lg manuver tiba" pas cruising di kecepatan tinggi :big_think:
Yang biasa diiklanin malah fungsi mencegah over/understeer... wkwkwkwk... karena waktu belok pasti roda bagian dalem butuh direm... Sementara pake kaki biasa g bakal mungkin melakukan individual braking... VSC tugasnya untuk mengkoreksi arah dengan individual braking.

Kalo di luar ada moose test untuk ngetes bodyroll dan stability control... Beberapa VSC punya roll sensor dan bisa secara otomatis mengurangi power mesin jika mendeteksi excessive roll...

Sebetulnya untuk road car dengan power ngepas begini asal yang nyetir ga ugal-ugalan juga ga bakal kebalik... Cuma tetep nice to have dan se-stabil apapun mobil pasti butuh... Cuma entah kapan pakenya... Hanya bersifat preventif. Di movement berbelok sebuah mobil wheel slippage (oversteer/understeer) akan selalu ada... Makin tinggi speednya selip makin besar... Disitu peran VSC.

Istilahnya begini... Stability itu bergantung pada hardware (engineering chassis dan suspensi mobil)... VSC itu software pendukungnya. Mencegah driver melakukan hal "bodoh" semacem nikung di atas 100 kph pake MPV...

CMIIW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
fuchu92
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by fuchu92 »

ChZ wrote: Fri Jan 20, 2017 14:57 Yang biasa diiklanin malah fungsi mencegah over/understeer... wkwkwkwk... karena waktu belok pasti roda bagian dalem butuh direm... Sementara pake kaki biasa g bakal mungkin melakukan individual braking... VSC tugasnya untuk mengkoreksi arah dengan individual braking.

Kalo di luar ada moose test untuk ngetes bodyroll dan stability control... Beberapa VSC punya roll sensor dan bisa secara otomatis mengurangi power mesin jika mendeteksi excessive roll...

Sebetulnya untuk road car dengan power ngepas begini asal yang nyetir ga ugal-ugalan juga ga bakal kebalik... Cuma tetep nice to have dan se-stabil apapun mobil pasti butuh... Cuma entah kapan pakenya... Hanya bersifat preventif. Di movement berbelok sebuah mobil wheel slippage (oversteer/understeer) akan selalu ada... Makin tinggi speednya selip makin besar... Disitu peran VSC.

Istilahnya begini... Stability itu bergantung pada hardware (engineering chassis dan suspensi mobil)... VSC itu software pendukungnya. Mencegah driver melakukan hal "bodoh" semacem nikung di atas 100 kph pake MPV...

CMIIW.
Nice explanation bro Chz :big_exellent:
Dikarenakan di indo fitur vsc masi blm standar, jd bnyak konsumen pada belum tau jg akhirnya y :ngacir: , iklan mobil yang ada vsc di indo blm ada kan :big_biglaugh:
Boro" dijelasin, paling cuma nongol mobil a punya vsc :frm_bang_head:
So in other words, likely abs dan vsc itu sama y, fitur yg g bakal tau kepake kapan, tp pas lagi kepepet, scara tak disadar bisa jd life saver :glodak:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15723
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by ChZ »

fuchu92 wrote: Fri Jan 20, 2017 16:00 Nice explanation bro Chz :big_exellent:
Dikarenakan di indo fitur vsc masi blm standar, jd bnyak konsumen pada belum tau jg akhirnya y :ngacir: , iklan mobil yang ada vsc di indo blm ada kan :big_biglaugh:
Boro" dijelasin, paling cuma nongol mobil a punya vsc :frm_bang_head:
So in other words, likely abs dan vsc itu sama y, fitur yg g bakal tau kepake kapan, tp pas lagi kepepet, scara tak disadar bisa jd life saver :glodak:
Karena di Indon fitur semacem TRC dan VSC itu belom mandatory (wajib)... Jangankan dua itu deh, airbag ABS aja blom semua ngasih :frm_bang_head:

Yep... VSC adalah "pengembangan" lebih lanjut dari ABS... Istilahnya kalo di PC mereka itu kayak "antivirus"... software pendukung...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Short Test Drive & Review - Toyota Grand New Veloz 1.3 Automatic 2015

Post by b8099ok »

ChZ wrote: Sat Jan 21, 2017 3:03
fuchu92 wrote: Fri Jan 20, 2017 16:00 Nice explanation bro Chz :big_exellent:
Dikarenakan di indo fitur vsc masi blm standar, jd bnyak konsumen pada belum tau jg akhirnya y :ngacir: , iklan mobil yang ada vsc di indo blm ada kan :big_biglaugh:
Boro" dijelasin, paling cuma nongol mobil a punya vsc :frm_bang_head:
So in other words, likely abs dan vsc itu sama y, fitur yg g bakal tau kepake kapan, tp pas lagi kepepet, scara tak disadar bisa jd life saver :glodak:
Karena di Indon fitur semacem TRC dan VSC itu belom mandatory (wajib)... Jangankan dua itu deh, airbag ABS aja blom semua ngasih :frm_bang_head:

Yep... VSC adalah "pengembangan" lebih lanjut dari ABS... Istilahnya kalo di PC mereka itu kayak "antivirus"... software pendukung...
ABS -> EBD -> BA -> VSC -> FRD :big_childish:
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat: