jivos wrote:
*Specialist mbl yurop/non maistream brand
Sy prefer kesini. Gap rate beres vs spesialis cukup tinggi. Om egi bs bandingkan masukin fd1 vs bmw e46 k beres. Marketnya disini mbl2 yg sdh hbs warranty beresnya. Kendala utama disini pegang 1mekanik top layernya...mekanik biasa2 ngga nampol narik mbl k bengkel. Sy biasa pegang minimal ex beres mekanik yg pernah terpilih baik training or contest min di tingk region luar. Bbrp diantaranya adl the winner contest. Cukup ampuh narik kepercayaan cust dg skill n reputasinya itu...cb perhatikan specialist pug, renault, bmw, atopun vwaudi. Keuntungan lain peganng mereka itu...prosentase analisa kesembuhan mbl jaman skrg yg dah serba electrical n modul cukup tinggi. Combo mainya disini jual part copotan, jd independent importir part, ato jualan mbl ....toh sdh punya bengkel sendiri buat benahin mbl yg dbeli. Xtra income ini diperlukan selain mengadalkan fee jasa perbaikan.
*Specialist aksesoris, oli, or velg racing n ban.
Yg ini boleh jg, cm ngga tau sy margin di mrk.
Sepintas liat enak saja terlihat....simple n bs cepat. Yg ban denger2 rd engap jg jualannya.
setuju sama om jivos,
sedikit sharing
ada gap yang lumayan utk mobil eropa antara bengkel spesialis sm bengkel resmi utk harganya, dan ada plus minusnya juga,
bengkel resmi biasanya hati tenang, mereka selalu update soal teknologi dll, cuma liat tagihan suka pusing
bengkel spesialis unggul di harga yang jauh lebih miring, pengerjaan yang tidak kalah, cuma sering tidak update, mereka sangat ahli soal di mobil eropa umur 15 tahun keatas, tapi kalau utk mobil eropa yang baru selesai masa garansi, (umur mobil 4-10 tahun) mereka seringnya coba2 dan tidak begitu mengerti soal update teknologi di mobil umur segini.
pengalaman pribadi dari ngobrol sm bengkel spesialis bmw langganan saya, yang bikin saya ketawa, masa dia blg suruh hindarin bmw2 tahun muda yang mesin turbo karena susah ngebetulinnya (saya ketawa soalnya ini mobil kan future customer bengkel dia, kok malah suruh dihindarin bukannya dia pelajarin baik2)
kayanya pasaran mobil eropa umur 4-10 tahun itu cukup gemuk, teknologinya sudah canggih, tapi bengkel spesialis masih raba2 utk pengerjaannya
belum nemu bengkel spesialis tapi gaya pengerjaan bengkel resmi utk mobil eropa haha
ada 1 bengkel yg ok di mgk, biasa handle exotic car, pengerjaan mantap, dan di supervise langsung sm ownernya, pak carmen, cuma ya jauh banget dari rumah saya, dan belum handle semua bagian mobil, baru di mesin, electrical dan kaki2 sedikit aja, gak terima kures transmisi dll, haha, lagi bingung 3-4 taun lagi kalau mau kures transmisi mini cooper dimana ya