Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by kaos_oblong »

Mamang555 wrote:Kalo berdasarkan nanya2 sih untuk cuci mobil cukup menjanjikan, tapi yang agak susah adalah nyari orang yang mau konsisten kerja di tempat kita

Apalagi kalo kita nerapin "SOP" tersendiri untuk nyuci. Misal awal2 nyuci harus di bilas sama air bersih dengan selang dulu baru kemudian di semprot steam (misal), dll dsb. Biasanya yang ada tukang cucinya males jalanin sop nya. Belum lagi kalo tempatnya rame sampe malem. Intinya jangan pelit2 ke karyawan kalo mau dia awet kerja di tempat kita.

Hal yang sama berlaku untuk laundry. Menjanjikan... tapi agak susah nyari pegawai yang mau kerja di tempat kita untuk waktu yang lama
itu dia om, makanya condong yang cuci otomatis, karyawan ga perlu banyak dan ga selalu basah2an.

apa sih pertimbangan pemilik mobil dalam memilih cuci steam manual atau cuci otomatis ?
cresentmoon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Wed Nov 18, 2015 15:55

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by cresentmoon »

Kalo sy gamau cuci di tmpt yg otomatis. Bikin baret body aja trus gabersih. Trus ngeri2 gtu masuk k mesin nyaa haha
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1377
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by kenop »

cresentmoon wrote:Kalo sy gamau cuci di tmpt yg otomatis. Bikin baret body aja trus gabersih. Trus ngeri2 gtu masuk k mesin nyaa haha
kepalang tanggung om,, tempat cucian yg masih pake sponge sm kanebo jg resiko swirls nya besar
teknik cuci nya jg bisa bikin geleng2 kepala, bs dari bawah naik ke atas, sponge jatoh cm celup2 ke ember lanjut lagi ke body :wkkk:

kalo mau yg bener2 aman ya ke tempat2 yang ada label nya premium wash
mereka pake washmitt, 2 bucket wash, keringin jg pake drying towel dan blower

klo masih carwash yg 30rebuan mah sama aja om bikin swirls nya sama yg full auto :mky_01:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by jivos »

Pagi om egi...

Ijin nangkring timba ilmu di tridnya.
Skelebat pengliatan....

*rate jasa di bengkel umum (jap's mainstream) akan selalu terbentur n di compare dg rate beres yg memang dah murah. Meski sdh non garansi mrk tetap prefer k beres. Agak engap disini utk lari bikin profith. Selalu rate jasa kita akan diadu dg beres.ambil profith dr part jg ngga mudah, prefer beli part sendiri mrk krn lbh murah n mudah nyarinya di sentra otomotif.

*Specialist mbl yurop/non maistream brand
Sy prefer kesini. Gap rate beres vs spesialis cukup tinggi. Om egi bs bandingkan masukin fd1 vs bmw e46 k beres. Marketnya disini mbl2 yg sdh hbs warranty beresnya. Kendala utama disini pegang 1mekanik top layernya...mekanik biasa2 ngga nampol narik mbl k bengkel. Sy biasa pegang minimal ex beres mekanik yg pernah terpilih baik training or contest min di tingk region luar. Bbrp diantaranya adl the winner contest. Cukup ampuh narik kepercayaan cust dg skill n reputasinya itu...cb perhatikan specialist pug, renault, bmw, atopun vwaudi. Keuntungan lain peganng mereka itu...prosentase analisa kesembuhan mbl jaman skrg yg dah serba electrical n modul cukup tinggi. Combo mainya disini jual part copotan, jd independent importir part, ato jualan mbl ....toh sdh punya bengkel sendiri buat benahin mbl yg dbeli. Xtra income ini diperlukan selain mengadalkan fee jasa perbaikan.

*Specialist aksesoris, oli, or velg racing n ban.
Yg ini boleh jg, cm ngga tau sy margin di mrk.
Sepintas liat enak saja terlihat....simple n bs cepat. Yg ban denger2 rd engap jg jualannya.
Last edited by jivos on Thu Oct 27, 2016 4:25, edited 1 time in total.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by Shonen »

yg bener2 premium wash di jkt aja sbenernya blom ada...sama aja mo pake washmitt 2 bucket wash jg yg nyuci abang2 yang asal kelar aja...blom ada yg bener2 premium wash....sbenernya ga perlu langsung loncat jd autodetailing...asal cuci clay wax skrg aja uda rame bgt...modal brp si di cas 250k kan mrnang banyak...saya perna ke salah satu bkl detailer ya punya nama lah...nyuci clay wax...krn bukan saya yg bawa supir ...pulang2 cuman dicuci doank dan g byr 250k ga di clay ga di wax...dan di bon ada ketulis g telpon dan g maki2 org detailernya di telpon...suru bawa dan g bilang ke supir g jgn bawa plg mblnya sbelom bersih itu dirt2 di bawah dan u know what sampe sono bsoknya mbl g itu cuman dicuci lg dan konyolnya lagi cs nya telpon bosnya apa spv nya suru clay dan anehnya ga alus...g ga ngerti prosdurnya gmn cuman g kecewa berat semenjak itu g blajar di youtube autodetail yg bener gmn mulai cuci clay sampe polish n compound...gedek asli yg di ig nya postingannya cuman mbl mwh abis clay wax dkk polish lah apa lah...toh modalnya murah bgt g beli clay mitt akhirnya dan sebiji mesin polish saking kesel dan g coba sendiri... damn ternyata ga susah dan selama ini g buang2 duit doank itu ngeclay mbl sgla macem dan ternyata caranya realy2 easy...sori ts jadi oot sekedar curhat...mbl g cuman rm butut taon tua...dan ga diperlakukan layaknya mbl laen yg mahal2 pdhl byr jg sama...g kasi tip lg ke tukangnya...kurang bae apa g coba...dan itu jadi kunjungan trakir g ke autodetailing..krn skrg uda bisa sendiri...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by marmut »

Shonen wrote:yg bener2 premium wash di jkt aja sbenernya blom ada...sama aja mo pake washmitt 2 bucket wash jg yg nyuci abang2 yang asal kelar aja...blom ada yg bener2 premium wash....sbenernya ga perlu langsung loncat jd autodetailing...asal cuci clay wax skrg aja uda rame bgt...modal brp si di cas 250k kan mrnang banyak...saya perna ke salah satu bkl detailer ya punya nama lah...nyuci clay wax...krn bukan saya yg bawa supir ...pulang2 cuman dicuci doank dan g byr 250k ga di clay ga di wax...dan di bon ada ketulis g telpon dan g maki2 org detailernya di telpon...suru bawa dan g bilang ke supir g jgn bawa plg mblnya sbelom bersih itu dirt2 di bawah dan u know what sampe sono bsoknya mbl g itu cuman dicuci lg dan konyolnya lagi cs nya telpon bosnya apa spv nya suru clay dan anehnya ga alus...g ga ngerti prosdurnya gmn cuman g kecewa berat semenjak itu g blajar di youtube autodetail yg bener gmn mulai cuci clay sampe polish n compound...gedek asli yg di ig nya postingannya cuman mbl mwh abis clay wax dkk polish lah apa lah...toh modalnya murah bgt g beli clay mitt akhirnya dan sebiji mesin polish saking kesel dan g coba sendiri... damn ternyata ga susah dan selama ini g buang2 duit doank itu ngeclay mbl sgla macem dan ternyata caranya realy2 easy...sori ts jadi oot sekedar curhat...mbl g cuman rm butut taon tua...dan ga diperlakukan layaknya mbl laen yg mahal2 pdhl byr jg sama...g kasi tip lg ke tukangnya...kurang bae apa g coba...dan itu jadi kunjungan trakir g ke autodetailing..krn skrg uda bisa sendiri...
selain tidak ada dana, saya nggak pernah percaya orang2 yg kerja di bengkel cuci. lebih puas nyuci sendiri dirumah, termasuk nyuci kolong mobil. dongkrak punya, jackstand ada, copot roda biar puas.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by marmut »

newrubble wrote:carwash yg blm ada di indo itu yg selfservice n pake coin (bisa beli coin di kantoor bengkel kalo ada yg dateng)

kalo di tempat sy ada di 7-11 vesturgata ga jauh dari ægisgata cross section ..... sy sering ksana kalo abis kena heavysnow n mobil kotor tdk karuan

kalo winter disini ga ada yg mau jadi kuli cuci meski bayaran naik empat x lipat
selfservice carwash in indonesia? are you kidding?
oom tau sendiri mental (mayoritas) orang sini.....
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by Shonen »

marmut wrote:selfservice carwash in indonesia? are you kidding?
oom tau sendiri mental (mayoritas) orang sini.....
sebenernya ada om... org2 apartemen atau rusun yg ga punya akses cuci mbl sendiri...klo punya rumah tapak si ngapain...tinggal semprot aja dr keran di luar kan banding bayar
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by daftar »

lebih enak kayaknya bengkel perawatan macam shop n drive gitu ya, ganti oli, fluida2, aki, lampu, atau bengkel aksesoris mobil audio, lampu, kaca film,
lebih bersih gitu enak lihatnya, juga gak perlu space yg besar karena ada mobil ngejongkrok macam bengkel servis karena nunggu sparepart atau susah benerin
:ngacir:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by newrubble »

ya disini cuci mobil dirumah itu dilarang

sy pernah ignoring n tetangga telf polisi n yg datang polisi plus city council member

sy di kasih tau kalo water for residential use u human n pet spec ..... wajip cuci di bengkel cuci

denda nya € 50
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by ChZ »

jivos wrote:Pagi om egi...

Ijin nangkring timba ilmu di tridnya.
Skelebat pengliatan....

*rate jasa di bengkel umum (jap's mainstream) akan selalu terbentur n di compare dg rate beres yg memang dah murah. Meski sdh non garansi mrk tetap prefer k beres. Agak engap disini utk lari bikin profith. Selalu rate jasa kita akan diadu dg beres.ambil profith dr part jg ngga mudah, prefer beli part sendiri mrk krn lbh murah n mudah nyarinya di sentra otomotif.

*Specialist mbl yurop/non maistream brand
Sy prefer kesini. Gap rate beres vs spesialis cukup tinggi. Om egi bs bandingkan masukin fd1 vs bmw e46 k beres. Marketnya disini mbl2 yg sdh hbs warranty beresnya. Kendala utama disini pegang 1mekanik top layernya...mekanik biasa2 ngga nampol narik mbl k bengkel. Sy biasa pegang minimal ex beres mekanik yg pernah terpilih baik training or contest min di tingk region luar. Bbrp diantaranya adl the winner contest. Cukup ampuh narik kepercayaan cust dg skill n reputasinya itu...cb perhatikan specialist pug, renault, bmw, atopun vwaudi. Keuntungan lain peganng mereka itu...prosentase analisa kesembuhan mbl jaman skrg yg dah serba electrical n modul cukup tinggi. Combo mainya disini jual part copotan, jd independent importir part, ato jualan mbl ....toh sdh punya bengkel sendiri buat benahin mbl yg dbeli. Xtra income ini diperlukan selain mengadalkan fee jasa perbaikan.

*Specialist aksesoris, oli, or velg racing n ban.
Yg ini boleh jg, cm ngga tau sy margin di mrk.
Sepintas liat enak saja terlihat....simple n bs cepat. Yg ban denger2 rd engap jg jualannya.
Betul oom... rate jasa klw mobil jepangan g terlalu beda... apalagi sekarang di bengkel resmi beli mobil baru udah dapet free macem-macem untuk servis... bisa extend warranty... dll.

Klw eropaan yah temen ane nyervis Mercedes di bengkel luar dan bengkel resmi harganya bisa beda banyak buanget... :mky_01:

Asesoris kalo jual kaca film dan punya rekanan ke salah satu APM/Dealer besar si enak... Ladang duit banget. Mobil baru pasang kf dan asesoris lain di tempat kita... Jualan wajib : kf, krum-kruman, jok kulit, cover stir... itu yang paling dicari user di Indonesia. Kebanyakan cari asesoris penunjang kenyamanan.

Kalo jual lampu HID gitu gitu agak kurang sih... audio butuh installer... ya bisa sih jualan speaker doank tapi ya masak jual doank gak bisa masang kan gak praktis :mky_01:

Velg/ban kayaknya sepi... tapi klw velg bukan barang habis pake... ban yang sulit... Harus punya koneksi ke komunitas anak muda yang hobi modifikasi. Harus up to date juga sama model velg.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by iwidiyanto »

kalau sy ngbrl sama yg punya bengkel partikelir deket pabrik sy kerja, dia bilng bengkel hanya karena hobby aja, kalau nyari duit bnyk mah jngn usaha bengkel
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by kaos_oblong »

iwidiyanto wrote:kalau sy ngbrl sama yg punya bengkel partikelir deket pabrik sy kerja, dia bilng bengkel hanya karena hobby aja, kalau nyari duit bnyk mah jngn usaha bengkel
boleh minta saran kalo mau nyari duit banyak saat ini yang prospektif usaha apa om ? :mky_01:
(serius nanya nih) :ungg:
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by Mamang555 »

kaos_oblong wrote:
itu dia om, makanya condong yang cuci otomatis, karyawan ga perlu banyak dan ga selalu basah2an.

apa sih pertimbangan pemilik mobil dalam memilih cuci steam manual atau cuci otomatis ?
Biasanya sih cuci otomatis kalo lagi diburu dengan waktu
Contoh : malem2 mo kondangan, mobil kotor dan blm sempet nyuci sementara waktu mepet, akhirnya mlipir ke cuci mobil otomatis yg sejalan

Kalo yang manula mah pas lagi santai aja

Saya sih ada langganan cuci mobil kelas 25 ribuan deket rumah. Lumayan bersih lah nyucinya dan ga terlalu ngasal
Kadang malah di lama2in kalo pas lagi agak kosong
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1377
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by kenop »

Mamang555 wrote:
kaos_oblong wrote:
itu dia om, makanya condong yang cuci otomatis, karyawan ga perlu banyak dan ga selalu basah2an.

apa sih pertimbangan pemilik mobil dalam memilih cuci steam manual atau cuci otomatis ?
Biasanya sih cuci otomatis kalo lagi diburu dengan waktu
Contoh : malem2 mo kondangan, mobil kotor dan blm sempet nyuci sementara waktu mepet, akhirnya mlipir ke cuci mobil otomatis yg sejalan

Kalo yang manula mah pas lagi santai aja

Saya sih ada langganan cuci mobil kelas 25 ribuan deket rumah. Lumayan bersih lah nyucinya dan ga terlalu ngasal
Kadang malah di lama2in kalo pas lagi agak kosong
yg cucian biasa (1 mobil parkir dan dipegang 1-2 orang) itu klo lg santai bener nya lebih enak sih om dan lebih bersih ketimbang yg semi auto yg pake antrian, lgsg jalan lagi

kadang yg bagian ngeringin nya masih penuh tp uda dihajar terus dari depan, yg ada asal2an keringin dan vacuum nya


cm emang di jakarta kadang yg semi auto lebih menarik, seperti om blg kyk mau buru2 ke tempat lain dan mobil mau bersih, 15 menit uda kelar siap jalan lagi :mky_08:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by jivos »

ChZ wrote: Betul oom... rate jasa klw mobil jepangan g terlalu beda... apalagi sekarang di bengkel resmi beli mobil baru udah dapet free macem-macem untuk servis... bisa extend warranty... dll.

Klw eropaan yah temen ane nyervis Mercedes di bengkel luar dan bengkel resmi harganya bisa beda banyak buanget... :mky_01:

Asesoris kalo jual kaca film dan punya rekanan ke salah satu APM/Dealer besar si enak... Ladang duit banget. Mobil baru pasang kf dan asesoris lain di tempat kita... Jualan wajib : kf, krum-kruman, jok kulit, cover stir... itu yang paling dicari user di Indonesia. Kebanyakan cari asesoris penunjang kenyamanan.

Kalo jual lampu HID gitu gitu agak kurang sih... audio butuh installer... ya bisa sih jualan speaker doank tapi ya masak jual doank gak bisa masang kan gak praktis :mky_01:

Velg/ban kayaknya sepi... tapi klw velg bukan barang habis pake... ban yang sulit... Harus punya koneksi ke komunitas anak muda yang hobi modifikasi. Harus up to date juga sama model velg.
Iya om....melihat kendala di ketergantungan pd mekanik handal itu yg agak merepotkan, apalagi klo kita ngga ada background disitu.
Konsep "mind ur own bizniss" susah di terapkan.
Lbh enak mainin yg bisa di pegang sendiri....spt jualan aksesoris mbl ...simple...cepat kelar...minim complaint....dan yg utama bisa di copycat dg buka outlet lg di tmpt lain. Di ujung perjananan nanti...hsl lbh terlihat...baik biz nya sendiri atopun asset property diatas biz itu berdiri.
Oh ya....narik tagihan bengkel jg bikin pusing, meski mblnya banyak atopun level pejabat skalipun, sy liat sendiri minta pembayaran tagihan bengkel vw caravelle k ex mentri...ampe brantem sm bodyguardnya...weleh gini amat yak

Itu counter opini bagi carpeople ..yg pikiran pertama di kepalanya selalu pingin buka bengkel.
=========

Klo punya background electrical bagus....bs cb buka jasa ecu/module repaired
Rate hrg tinggi...n si cust dg sgt senang hati setor duit k kita drpd hrs tebus puluhan juta buat ecu/modul baru. Yg bongkar ecu jg biasanya pihak bengkel....kita tinggal trima unit ecu nya saja buat di repaired. Cost tempat jg ngga butuh2 amat. Modal dikit...duit cepat ni disini.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
Sparklinggraphite
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jan 25, 2016 18:07

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by Sparklinggraphite »

jivos wrote: *Specialist mbl yurop/non maistream brand
Sy prefer kesini. Gap rate beres vs spesialis cukup tinggi. Om egi bs bandingkan masukin fd1 vs bmw e46 k beres. Marketnya disini mbl2 yg sdh hbs warranty beresnya. Kendala utama disini pegang 1mekanik top layernya...mekanik biasa2 ngga nampol narik mbl k bengkel. Sy biasa pegang minimal ex beres mekanik yg pernah terpilih baik training or contest min di tingk region luar. Bbrp diantaranya adl the winner contest. Cukup ampuh narik kepercayaan cust dg skill n reputasinya itu...cb perhatikan specialist pug, renault, bmw, atopun vwaudi. Keuntungan lain peganng mereka itu...prosentase analisa kesembuhan mbl jaman skrg yg dah serba electrical n modul cukup tinggi. Combo mainya disini jual part copotan, jd independent importir part, ato jualan mbl ....toh sdh punya bengkel sendiri buat benahin mbl yg dbeli. Xtra income ini diperlukan selain mengadalkan fee jasa perbaikan.

*Specialist aksesoris, oli, or velg racing n ban.
Yg ini boleh jg, cm ngga tau sy margin di mrk.
Sepintas liat enak saja terlihat....simple n bs cepat. Yg ban denger2 rd engap jg jualannya.
setuju sama om jivos,
sedikit sharing
ada gap yang lumayan utk mobil eropa antara bengkel spesialis sm bengkel resmi utk harganya, dan ada plus minusnya juga,
bengkel resmi biasanya hati tenang, mereka selalu update soal teknologi dll, cuma liat tagihan suka pusing
bengkel spesialis unggul di harga yang jauh lebih miring, pengerjaan yang tidak kalah, cuma sering tidak update, mereka sangat ahli soal di mobil eropa umur 15 tahun keatas, tapi kalau utk mobil eropa yang baru selesai masa garansi, (umur mobil 4-10 tahun) mereka seringnya coba2 dan tidak begitu mengerti soal update teknologi di mobil umur segini.
pengalaman pribadi dari ngobrol sm bengkel spesialis bmw langganan saya, yang bikin saya ketawa, masa dia blg suruh hindarin bmw2 tahun muda yang mesin turbo karena susah ngebetulinnya (saya ketawa soalnya ini mobil kan future customer bengkel dia, kok malah suruh dihindarin bukannya dia pelajarin baik2)

kayanya pasaran mobil eropa umur 4-10 tahun itu cukup gemuk, teknologinya sudah canggih, tapi bengkel spesialis masih raba2 utk pengerjaannya

belum nemu bengkel spesialis tapi gaya pengerjaan bengkel resmi utk mobil eropa haha
ada 1 bengkel yg ok di mgk, biasa handle exotic car, pengerjaan mantap, dan di supervise langsung sm ownernya, pak carmen, cuma ya jauh banget dari rumah saya, dan belum handle semua bagian mobil, baru di mesin, electrical dan kaki2 sedikit aja, gak terima kures transmisi dll, haha, lagi bingung 3-4 taun lagi kalau mau kures transmisi mini cooper dimana ya
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by jivos »

Sparklinggraphite wrote:
belum nemu bengkel spesialis tapi gaya pengerjaan bengkel resmi utk mobil eropa haha
ada 1 bengkel yg ok di mgk, biasa handle exotic car, pengerjaan mantap.........cut.....gak terima kures transmisi dll, haha, lagi bingung 3-4 taun lagi kalau mau kures transmisi mini cooper dimana ya
Sore om...
Klo mw cb liat bengkel spesialis europe dg konnsep mantap model beres, om bisa coba tuh bengkel autoservice di cempaka putih. Mbl2 cbu masuk sini umumnya....ratenya cukup murah, sekedar gambaran diagnostic, cek2 electrical di kerjaan dr pagi ampe sore...cuma di charge 150rb. Pas benerin mbl ada lihat jg bbrp minicoopers lagi overhaul mesin n transmisi.
Sec tempat, SOP working order, tools + electrical pic nya, plus type mbl2 non mainstream yg masuk cukup rekomen di coba.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by walid_007 »

Klo sy lebih memilih auto detailing,,, sekalian saat ini kan lagi pada suka coting....

Satu mobil bisa di cas min 5 juta- 8 juta (terhantung layer) coting ny

Yg punya wang kadang mau sj beli wax 5 juta... diaplikasi pake tangan (telapak tangan langsung yaa)

Enak urusan ma org2 sprt ini sj....

jgn urusan ma modif ato audio.. tar keluar bon 30 jt 50 jt bayar paling setengah... setengahnya amal kita..

Ngapain buka bengkel urusin wang kecil2.. dah murah(kerja disini kan bukan itungan jam) masih aja dipikir.....
engine roaring!
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by egibaio »

Waah rame juga ternyata responnya, terima kasih om om sarannya. Untuk tempat cuci yang purely tempat cuci sih saya malah belum kepikiran karena nampaknya cuan cukup tipis dan potensi penyelewengan oleh pegawai cukup besar. Nah workshop kecil-kecilan saya kepikiran karena saya mau perawatan mobil di sekitar rumah saya di batununggal bandung kok belum nemu yang sreg aja skrg. Kepikirannya emang lebih condong untuk euro car seperti yang om sparklinggraphite bilang di mgk ada yang pelan2 dr urusan sepele dulu sampe nantinya bisa handle case yang sulit juga macem overhaul tranny.

Kenapa saya berani buka buat euro car? Karena mobil saya yg sekarang itu pegangan montir tunas kerjanya rapi dibanding indie bmw workshop yang udah saya kunjungi, udah kenal cukup baik kemarin dia ngerjain oil separator, VCG, dan selang power steering. Kalau bisa saya tarik dengan beberapa insentif dengan jadi kabeng atau bahkan kasih dia saham secuil saya yakin dia mau. Sebenernya saya buka bengkel ini selain bisnis lebih2 ke nyari temen satu hobby (konsumen saya nantinya) sekalian cari penghasilan tambahan tentunya.

Bengkel fusion yang dibilang om setsuka kayaknya menarik juga, nanti saya kunjungin ah sekali2. Siapa tau dapet inspirasi. Kalau body repair, waduh ngga dulu deh.

Nah pertanyaan saya selanjutnya, mending buka buat euro apa universal aja ya?

Soal kuliner juga kebetulan saya punya beberapa kenalan yg resourceful. Ada juragan sayuran, juragan daging, konsultan interior. Makanya cukup menarik juga tinggal cari lokasi ini tricky banget dan malah kayaknya modal bisa lebih dari buka bengkel.
Sparklinggraphite
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jan 25, 2016 18:07

Re: Bisnis bengkel, masih oke kah untuk dijalani?

Post by Sparklinggraphite »

jivos wrote:
Sparklinggraphite wrote:
belum nemu bengkel spesialis tapi gaya pengerjaan bengkel resmi utk mobil eropa haha
ada 1 bengkel yg ok di mgk, biasa handle exotic car, pengerjaan mantap.........cut.....gak terima kures transmisi dll, haha, lagi bingung 3-4 taun lagi kalau mau kures transmisi mini cooper dimana ya
Sore om...
Klo mw cb liat bengkel spesialis europe dg konnsep mantap model beres, om bisa coba tuh bengkel autoservice di cempaka putih. Mbl2 cbu masuk sini umumnya....ratenya cukup murah, sekedar gambaran diagnostic, cek2 electrical di kerjaan dr pagi ampe sore...cuma di charge 150rb. Pas benerin mbl ada lihat jg bbrp minicoopers lagi overhaul mesin n transmisi.
Sec tempat, SOP working order, tools + electrical pic nya, plus type mbl2 non mainstream yg masuk cukup rekomen di coba.
thanks om jivos infonya, boleh juga buat dicoba nih, tetep jauh dari rumah saya, tapi kalau liat webnya cukup meyakinkan hehehe