Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote:Knp dulu truck merk scania, man, daf, iveco ga dijual di indo? Padahal kan selevel dgn mercedes n volvo ya ....
---
Casenya sama kaya mobil2 eropa di Indonesia, terlalu canggih dan kualitas solar...
Generasi Jepangan terbaru yg udah pake CR pun masih susah diterima di Indo (mis. Hino Lohan FG240/FM285, Mits FJ series, Isusu Fxx, UD Truck Quester series, dsb)
Penjualan Merc dan Volvo pun tidak terlalu bagus, kec segemen spesial truk2 kategori 5/Prime mover/Heavy duty yg biasanya punya tenaga > 360HP, selain kecanggihan teknologi yg ada n kualitas solar, dukungan dari APM pun berpengaruh,
ya sama spt nasip marimutu manimaren ..... texmaco dah tewas
skrg dia (maksut sy sinivasan) beli sebagian (under nominee) force motors dan bikin (again ... under nominee) sales channeling agency di indo bareng halim kalla (pt haka motor)
Kebetulan di rumah saya (di daerah) masih banyak truk truk jadul (fuso kepala kuning,fuso kepala coklat atau biasa disebut goprak, hino ranger,dll ) dipake buat angkutan kayu jati langsung dari hutan ke TPK , kalo mercy L series, rata rata dibuat angkutan sembako di pasar ataupun ekspedisi jarak dekat..
Kalo bus ya masih banyak, seperti mitsubishi BM dan hino AK dipake buat bus bus AKDP (bumel)
Omnibus wrote:Knp dulu truck merk scania, man, daf, iveco ga dijual di indo? Padahal kan selevel dgn mercedes n volvo ya ....
---
Casenya sama kaya mobil2 eropa di Indonesia, terlalu canggih dan kualitas solar...
Generasi Jepangan terbaru yg udah pake CR pun masih susah diterima di Indo (mis. Hino Lohan FG240/FM285, Mits FJ series, Isusu Fxx, UD Truck Quester series, dsb)
Penjualan Merc dan Volvo pun tidak terlalu bagus, kec segemen spesial truk2 kategori 5/Prime mover/Heavy duty yg biasanya punya tenaga > 360HP, selain kecanggihan teknologi yg ada n kualitas solar, dukungan dari APM pun berpengaruh,
Punya siba yang ambil second dari UK aja standar emisinya diturunin (daf cf,volvo fh,fm,scania R 420 ) dari negara asal sudah euro 5, sampe sini dituruninn jadi euro 2 wkwk, teknisnya saya gak tau gimana (saya diberi info sama teman saya yang kerja di siba) soal spare part kalo sekarang sudah mulai banyak beredar di sini soalnya masing" merk sudah ada APMnya (iveco belum pernah denger ada APMnya meskipun sudah beberapa kali lihat di pantura/sekitaran priok )
wanaherang facility itu 1 1 nya di indo sbg official refurbishment center utk benz commercials
kalo liat suka ada iring iringan bus atau truck bobrok ksana nah itu mau total refurbishment
engine n trx n suspension swap package .... cabin replacement n body changeover (memanfaatkan stalled / unused capacity ex mb700/800 gmm yg udah pd pindah ke turkey india brazil zhonghua)
sampai 2013 di website dia ada requirement nya hrs ada stnk bpkb yg berlaku serta hrs driveable to wanaherang point
Toyota buaya masuk klasifikasi ga sih....
Kalau masuk, pas ane pulang kampung ane upload d sini...
Ane ada toyota buaya da / diesel tahun 1969, peninggalan papa sy, sampai sekarang masih jalan buat muatan batu kaolin d kab blitar...
Kalau yg tipe bensin udah jd rongsok d gudang, mau restorasi mahal d biaya..
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
pernahmiskin wrote:Toyota buaya masuk klasifikasi ga sih....
Kalau masuk, pas ane pulang kampung ane upload d sini...
Ane ada toyota buaya da / diesel tahun 1969, peninggalan papa sy, sampai sekarang masih jalan buat muatan batu kaolin d kab blitar...
Kalau yg tipe bensin udah jd rongsok d gudang, mau restorasi mahal d biaya..
Wow ditunggu upload fotonya om
Yg di gudang fotoin jg dong
pernahmiskin wrote:Toyota buaya masuk klasifikasi ga sih....
Kalau masuk, pas ane pulang kampung ane upload d sini...
Ane ada toyota buaya da / diesel tahun 1969, peninggalan papa sy, sampai sekarang masih jalan buat muatan batu kaolin d kab blitar...
Kalau yg tipe bensin udah jd rongsok d gudang, mau restorasi mahal d biaya..
Jelas masuk klasifikasi dong om...
Mau bikin reviewnya jg boleh, kyknya bakal jd review truk pertama di SM...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
imsus2c wrote:^^^
Yg saya lihat waktu masa kecil saya, buat angkut angkut genting sokka/kebumen
Start mesinnya (kalau ngga salah ingat) masih diengkol dari depan
Betul seperti yg om imsus2c katakan, tahun 80 an sepertinya masih ada beberapa yg berkeliaran di sekitar sokka, kebetulan saya kecil tinggal di gombong, mesinnya tipe diesel apa ya?? Apakah merek ford diesel juga??
Soalnya yg saya pernah dapat info dari beberapa mekanik katanya truk thames itu mesinnya pakai ford diesel 6200 cc
DA-110 (bonnet) petrol engined (1971-1973)
DA-115 (2d diesel engined) 1973-1985
sy ingat turning signal ada di kuping kiri kuping kanan (fender top installed) milik TLC FJ (petrol) dan BJ (diesel)
DA adalah prestasi TAM pertama urusan vehicle exporting yg blm bisa di samakan sampai skrg
sanggup semi knockdown export ke ostrali (firstworld market) dan nigeria (3rd world) secara bersamaan (1975-82)
rebrand dari DA truck itu nissandiesel-780 yg jadi modal awal united tractors (1975) ckd / production start up
counterfeit dari DA truck itu FAW ca141/142 trutama chassis, trx, 2d engine ....masuk indo (cbu) 1990-1992 (nafas trahir pt persero pantja niaga sblm dijual ke astra)
beda dgn DA/780 yg perkasa faw ca-141/142 punya drive shaft yg (kalo di pakai di indo yg cenderung overloaded) mudah patah ..... mirip long bamboo stick dibikin jadi prop/drive shaft
betul toyota dyna kluar pertama u20/40 CKD dgn tagline
punch ali ...... (1980-84) meski jualan kalah sama twinnie dia .... daihatsu delta krn delta sdh jadi second market leader sejak u10 series (1977) dgn sales volume yg tetap kalah jauh dari
benz L508D trutama sejak star motors menang tender offer ..... jakarta light wheeled public transportation project (jica-gtz 1975 metromini intra urban joint-project)
gantikan 1,500 units 1960-62 benz L319 ex asian games / ganefo
Nanti pas pulang kampung ke blitar, sy fotoin dan upload.....
Tp jangan d ketawain kondisinya ya....
Memprihatinkan....
Kalau review, sy kurang jago olah kata...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
pernahmiskin wrote:Nanti pas pulang kampung ke blitar, sy fotoin dan upload.....
Tp jangan d ketawain kondisinya ya....
Memprihatinkan....
Kalau review, sy kurang jago olah kata...
wah sayang udah ga jalan ya truknya, blitar banyak mobil niaga lawas yg hidup. ada kijang kotak pickup sama colt T200 yang pernah dibawa ke jakarta buat pameran siapa tau punya om bisa melengkapi
pernahmiskin wrote:Nanti pas pulang kampung ke blitar, sy fotoin dan upload.....
Tp jangan d ketawain kondisinya ya....
Memprihatinkan....
Kalau review, sy kurang jago olah kata...
wah sayang udah ga jalan ya truknya, blitar banyak mobil niaga lawas yg hidup. ada kijang kotak pickup sama colt T200 yang pernah dibawa ke jakarta buat pameran siapa tau punya om bisa melengkapi
Haha, liat avatar saya kan? Itu truk Volvo F-series ga tau seri yang mana umurnya lebih tua dari saya karena sudah dipakai dari tahun awal 80-an Sampai Hari ini masih dipakai dan di modif jadi lowbed, pengen sekali-kali nyoba cm sibuk terus mobilnya. Jadi inget pertama kali belajar nyetir pake Hino Ranger FF 2axle, udah tinggi badan saya Pas2an bangku ga bisa dimaju mundur, itu kopling beratnya bukan main. Yang gila itu torsinya, tanpa beban dari keadaan diam bisa jalan meski dari gigi 4.
GriffinMelet wrote:
Punya siba yang ambil second dari UK aja standar emisinya diturunin (daf cf,volvo fh,fm,scania R 420 ) dari negara asal sudah euro 5, sampe sini dituruninn jadi euro 2 wkwk, teknisnya saya gak tau gimana (saya diberi info sama teman saya yang kerja di siba) soal spare part kalo sekarang sudah mulai banyak beredar di sini soalnya masing" merk sudah ada APMnya (iveco belum pernah denger ada APMnya meskipun sudah beberapa kali lihat di pantura/sekitaran priok )
imsus2c wrote:Kalau truk, meski masih kecil tapi saya mengalami truk seperti gambar dibawah (foto ambil dari google) jalan hilir mudik.
Saya ingat betul, soalnya tetangga nenek saya punya lahan kosong yang dijadikan pool/gudang distributor genting (atap rumah) tanah press, dan buat angkut angkut genting nya mereka pakai truk ini.
Entah apa nama tipenya truk ini, saya hanya ingat warna hitam dan hijau tua, merknya Ford
Setau saya ini truk aslinya dipake buat perang om
Setelah cari2 di Internet akhirnya ketemu...
Ini namanya truk CMP (Canadian Military Pattern)
Ada 2 pabrik yg bikin; Ford & Chevrolet...
Bisa jadi...
Kalau dibaca baca lagi di wiki, ada keterangan truk itu beredar di Indo juga, mungkin inventarisnya KNIL
Omnibus wrote:
imsus2c wrote:Jadi ingat masa kecil dulu
- Pernah naik bus kota tingkat Leyland
- Habis itu ngerasain bus tingkat ganti generasi pakai Volvo
- Entah kenapa semakin kesini, malah turun kasta, armada bus kota ganti bus Tata, bus tingkat sudah lenyap
#gambar bisa googling sendiri
Iya betul bgt om .... sy jg ngerasa sama
truck jg dr merc L series yg dulu bejibun .... trus turun kasta ke mitsu fuso kepala coklat .... skrg yg bnyk hino .... nanti mungkin tata kali
tractor head dulu paling bnyk volvo ..... skrg paling bnyk hino
apa mungkin krn hino ckd ya jd lbh murah? Dulu volvo tractor head n bus double decker itu cbu atau rakitan sini?
Yang saya ingat, habis pakai Tata, lumayan ada peningkatan.
Armada bus kota (Damri) pakai Mercy lagi.
Mungkin rakitan lokal/wanaherang, jadi lebih murah
sanfip77 wrote:
imsus2c wrote:^^^
Yg saya lihat waktu masa kecil saya, buat angkut angkut genting sokka/kebumen
Start mesinnya (kalau ngga salah ingat) masih diengkol dari depan
Betul seperti yg om imsus2c katakan, tahun 80 an sepertinya masih ada beberapa yg berkeliaran di sekitar sokka, kebetulan saya kecil tinggal di gombong, mesinnya tipe diesel apa ya?? Apakah merek ford diesel juga??
Soalnya yg saya pernah dapat info dari beberapa mekanik katanya truk thames itu mesinnya pakai ford diesel 6200 cc
Saya ngelihatnya di Semarang pak,
Nenek saya di Semarang.
Berarti lumayan juga daya jelajahnya untuk ukuran truk tua...
Bawa muatan genteng full, dari Sokka ke Semarang
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Sepertinya dulu banyak truk militer sisa perang yg diakuisisi warga sipil...
Saya pernah ngobrol sama supir saya (bukan supir pribadi sih, supir panggilan/tembak), skrg umurnya kira2 65 taun. Dulu dia pertama kali belajar nyetir ketika jd kernet truk di pabrik kecap. Dia angkut kecap keliling Jawa Barat pake "mobil power", yg katanya aslinya truk buat perang.....
Setelah browsing sana sini, sepertinya "mobil power" yg dimaksud adalah Dodge Power Wagon...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
volvo b7r masuk indo 1983 bersamaan dgn masuknya bus leyland atlantean an68 pd thn sama
di satu blog dibilang bhw body coachbuilt by alexander ..... sy baca barusan
yg benar adalah 2 2 nya (lbh dr 200 units .... sebagian operated by ppd n sebagian by damri) coachbuilt by pt amalgam jakarta (ada yg masih ingat tyt kf40/50 by amalgam?)
usaha patungan keluarga loebis (java motors) dan affan bersaudara (ex indokaya nissan motors) ...... inilah ongkos tutup mulut dari firaun jawa spy affan cs tdk lg menuntut marubeni corp.dlm sengketa marubeni (backed up by indo central bank) bs indokaya ..... garagara indokaya overquota on datsun sena manufacturing @ purwakarta plant
volvo b7r masuk indo 1983 bersamaan dgn masuknya bus leyland atlantean an68 pd thn sama
di satu blog dibilang bhw body coachbuilt by alexander ..... sy baca barusan
yg benar adalah 2 2 nya (lbh dr 200 units .... sebagian operated by ppd n sebagian by damri) coachbuilt by pt amalgam jakarta (ada yg masih ingat tyt kf40/50 by amalgam?)
usaha patungan keluarga loebis (java motors) dan affan bersaudara (ex indokaya nissan motors) ...... inilah ongkos tutup mulut dari firaun jawa spy affan cs tdk lg menuntut marubeni corp.dlm sengketa marubeni (backed up by indo central bank) bs indokaya ..... garagara indokaya overquota on datsun sena manufacturing @ purwakarta plant
Amalgam. Karoseri yg bikin Kijang Aurora...
Skrg sdh gak terdengar, sudah bubar ya??
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82