[static review] sx4 s-cross
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Jul 14, 2016 4:50
Re: [static review] sx4 s-cross
Untuk mesin aerio bukan nya susah klo ganti timing belt ya
Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: [static review] sx4 s-cross
Ini TBH turnoff nya cuma tampang. Interiornya jauh nicer than jazz.
Rearview mirror aja udah electrochrome macem Mercs, BMW, dkk.
Rearview mirror aja udah electrochrome macem Mercs, BMW, dkk.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16
Re: [static review] sx4 s-cross
M15A bukannya pake timing chain ya? As per below site:omgenit wrote:Untuk mesin aerio bukan nya susah klo ganti timing belt ya
Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
http://www.redlinegti.com/forum/viewtop ... 18&t=39244
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16
Re: [static review] sx4 s-cross
Ini jg: http://www.carrepairdata.com/service/re ... a/1490/75/indrari wrote:M15A bukannya pake timing chain ya? As per below site:omgenit wrote:Untuk mesin aerio bukan nya susah klo ganti timing belt ya
Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
http://www.redlinegti.com/forum/viewtop ... 18&t=39244
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16
Re: [static review] sx4 s-cross
Coba download brosurnya di website suzuki indo & confirmed automaticnya bukan CVT tapi tipe Geared-AT (torque conventer)vp920b wrote:Kalau buat saya malah M15A ini badak banget, jadi ga masalah lah teknologi kuno.
Kurang kenceng? Ganti piston ke M16A swift sport jadi kompresi 11:1.
Tapi saya tanya-tanya, katanya yang ini lebih nendang, apa mungkin 6speed auto ya?
Dari harga sih, ini fiturnya lengkap, ngalahin merek jepun lainnya.. Unless mazda 2 ya, tapi ga sebanding karena mazda 2 sempit sekali.
Yang penting adalah 6 speed auto, bukan CVT.. Saya benci sekali CVT, loss powernya kebanyakan..

http://www.suzuki.co.id/download/28540
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: [static review] sx4 s-cross
indrari wrote:M15A bukannya pake timing chain ya? As per below site:omgenit wrote:Untuk mesin aerio bukan nya susah klo ganti timing belt ya
Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
http://www.redlinegti.com/forum/viewtop ... 18&t=39244
anjay.. M15 pake timing chain ya ternyata.. bener2 keterlaluan nih sijuki, niat bener kasih part badak ke dalem mobil yang nggak masuk kasta mobil tempur..
btw masih penasaran sama 6AT di M15A.. semoga baik lah..

2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: [static review] sx4 s-cross
Ini dari grafik torsinya, klo dilihat pada rpm bawah 1500-2000 sudah sangat tinggi > 100 Nm.
Beneran g ya grafiknya?
Apa yg sudah ngerasai aeiro emg torsi bawah enak?
Untuk mesin yg dipakai jazz dan yaris, apa jg mirip kayak gini?
Yg kasih grafik kayak gini selain suzuki, jarang lho.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33
Re: [static review] sx4 s-cross
hanya bisa berdoa agar laris sehingga rakyat indonesia tidak astra minded & prospek motor minded
whatever your flag..we share the same road..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: [static review] sx4 s-cross
Ane ex user baleno nextg yg pake M15 jg.arissety wrote:
Ini dari grafik torsinya, klo dilihat pada rpm bawah 1500-2000 sudah sangat tinggi > 100 Nm.
Beneran g ya grafiknya?
Apa yg sudah ngerasai aeiro emg torsi bawah enak?
Untuk mesin yg dipakai jazz dan yaris, apa jg mirip kayak gini?
Yg kasih grafik kayak gini selain suzuki, jarang lho.
Torsi bawahnya nggak enak. Ngempos. Taringnya baru keluar rpm 3000 ke atas. Wkt itu ane benahin pake cold air injection. Baru deh lumayan. Dalkot boros, 1:8-9 km/l.
Nah, kykna next gen sx4 ini rasio kompresinya dinaekkan agar torsi bawahnya naek. Minusnya ya kudu minum pertamax.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: [static review] sx4 s-cross
Masalahnya adalah para leader org2 astra sptnya customer approach.memphisraines wrote:hanya bisa berdoa agar laris sehingga rakyat indonesia tidak astra minded & prospek motor minded
Nah ini mulai ditiru sama HPM dng keluarnya si brio, mobilio, dan brv walau utk ngawalinnya kudu jaga perasaan ngejegal produknya sendiri kyk jazz, freed, sama hrv.
Nah indomobil khususnya suzuki harusnya jg begitu custumer approach. Dan tak lupa continues improvement. Sptnya biasanya tho, suzuki selalu ngeluarin poduk itu terus di suntik mati tnp ngeluarin penerusnya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: [static review] sx4 s-cross
Worthed banget mobil satu ini. 6sp AT with paddle shift, HID+DRL, cruise control, ada soft touch di bagian atas laci, auto rain sensor, HU monitor,dllsb. Ane tadi siang liat, appreciated ane sama mobil ini. Semoga suzuki maintain produk satu ini lebih baik, jangan kaya R3 yg spt kecambah disiram air panas hahahahahahaha
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [static review] sx4 s-cross
Sebagai ex-user SX4 2010, saya masih berpikir keras tentang design nya. Bener-bener satu hal yang bikin saya kecewa sama SX4 S-Cross.
Mungkin kalo ada mobil yang gak saya beli karena tampang, ini masuk list. Bentuknya creepy sekali, depan-samping-belakang kayak didesain 3 orang yang berbeda dan punya selera desain buruk.
Mesin, masih lebih kreatif Toyota (tumben) .... Setidaknya 1TR dan 2TR di Innova dan Fortuner baru berubah dari Single jadi Dual VVT-i. Ini cuma ganti girbok jadi 6 speed. Tuningan gak diubah sepertinya since spek sama persis dengan yang lama. Bisa jadi lebih irit karena pake 6-speed, tapi kalo bobotnya lebih berat dari yang lama... Ya tetep aja akselerasinya kedodoran.... wkwkwkwkw. Ngeri tuh yang lama, konsumsi nya lebih boros dari 1.800cc dalkot Surabaya.
Interior juga gak menarik sepenglihatan saya. Datar sekali. Malah kayak nya masih lebih bagus interior SX4 lama.
Gak tau deh, gak nemu hal menarik di SX4 S-Cross baru ini.
Mungkin kalo ada mobil yang gak saya beli karena tampang, ini masuk list. Bentuknya creepy sekali, depan-samping-belakang kayak didesain 3 orang yang berbeda dan punya selera desain buruk.
Mesin, masih lebih kreatif Toyota (tumben) .... Setidaknya 1TR dan 2TR di Innova dan Fortuner baru berubah dari Single jadi Dual VVT-i. Ini cuma ganti girbok jadi 6 speed. Tuningan gak diubah sepertinya since spek sama persis dengan yang lama. Bisa jadi lebih irit karena pake 6-speed, tapi kalo bobotnya lebih berat dari yang lama... Ya tetep aja akselerasinya kedodoran.... wkwkwkwkw. Ngeri tuh yang lama, konsumsi nya lebih boros dari 1.800cc dalkot Surabaya.
Interior juga gak menarik sepenglihatan saya. Datar sekali. Malah kayak nya masih lebih bagus interior SX4 lama.
Gak tau deh, gak nemu hal menarik di SX4 S-Cross baru ini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: [static review] sx4 s-cross
bener quy ane pake baenol nexG juga tahun lalu , ane bingung juga kok ini duit buat bensin abisnya sama kayak buat bmw 520 , ane pake 4 bulanan ane jual ganti ke e220
tapi ane suka joknya krn material kainnya yg nyaman kayak mobil2 jepang CBU terutama mirip jok kain subaru
tapi ane suka joknya krn material kainnya yg nyaman kayak mobil2 jepang CBU terutama mirip jok kain subaru
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Wed Aug 08, 2012 3:52
- Location: 2000, NSW
Re: [static review] sx4 s-cross
Eksterior okay, konservatif tp masih masuk di mata meskipun yg facelift lebih tajem. Sy udah sering liat mobil pre fl ini di jalanan sini, tidak stand out, tidak jelek dan jg tidak bagus. Interior jelas jauh lebih bagus daripada gen yg lama (material soft touch, hu, ac digital, steer+fitur2nya, starter button, 2nd row reclining(?), dll). Dapurpacu ya ok ga irit2 banget, engine tonenya enak klo revved up, pengalaman pake neobal m/t 7thn ya 1:10-11 dalkot jogja, tp seingat sy dulu cr-nya sama suzuki diturunin biar bisa nenggak premium ( powernya jadi 100 ga 109). Badak. Harga 246 worth it, kalau ada diskon 10-20jt jd makin worth it....bagus lah jadi ada opsi lain biar makin rame di kelas ini.


Last edited by siputKW on Mon Aug 15, 2016 3:37, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: [static review] sx4 s-cross
headlamp mobil ini besar banget ya.
setuju dengan bro chz. yang men-design mobil ini kek 3 orang yg punya style yg beda.
tapi kalau badak, plus tarikan bawah lebih responsif. dan harga kompetitif kek gini ya menurut saya

setuju dengan bro chz. yang men-design mobil ini kek 3 orang yg punya style yg beda.
tapi kalau badak, plus tarikan bawah lebih responsif. dan harga kompetitif kek gini ya menurut saya


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 636
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: [static review] sx4 s-cross
kemaren baru coba mbl ini di GIIAS (bukan td),model oke fitur oke cuma sayang sekali driving positionnya tinggi ga bgtu enak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: [static review] sx4 s-cross
Sempet lihat engine bay-nya. Lega banget, banyak ruang kosongnya. Mirip Escudo 1.6 
Jangan2x varian mesinnya cukup banyak nih.

Jangan2x varian mesinnya cukup banyak nih.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Jul 14, 2016 4:50
Re: RE: Re: [static review] sx4 s-cross
Ia om sory salah info timing chain ternyata...indrari wrote:Ini jg: http://www.carrepairdata.com/service/re ... a/1490/75/indrari wrote:M15A bukannya pake timing chain ya? As per below site:omgenit wrote:Untuk mesin aerio bukan nya susah klo ganti timing belt ya
Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
http://www.redlinegti.com/forum/viewtop ... 18&t=39244
Ada kenalan mekanik, katanya susah klo pasang timing chain mesin aerio
Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Tue Jan 05, 2016 2:51
Re: [static review] sx4 s-cross
Liat dr foto kedua, dashboardnya keliatan solid banget..


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: [static review] sx4 s-cross
Piston nya beda tuh dari yg dipake sx4 dan swift lamaDetik.Oto wrote:Meski Mesin Lama, Suzuki SX4 S-Cross Lebih Ngebut!
Tangerang - Suzuki SX4 S-Cross anyar resmi diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Namun yang menjadi catatan model terbaru Suzuki ini, masih menggunakan seri mesin yang sama seperti generasi sebelumnya.
Meski demikian Suzuki memastikan performa yang lebih dahsyat bakal diberikan Suzuki SX4 S-Cross ini. Seperti yang disampaikan CBU Product 4W PT SIS Head Group Endang Johari, di GIIAS 2016.
"Memang ini mesin lama, dengan mengusung seri mesin sama. Namun yang membedakan dari mesin lama itu terdapat pada horse powernya. Mesin ini memiliki peningkatan 9 daya kuda," ujar Endang.
Tapi apa yang membedakan mesin terbaru ini, dengan mesin generasi sebelumnya ya? "Perbedaan terdapat pada piston yang lebih besar. Bore stroke-nya masih sama. Dengan adanya perubahan pada piston, tenaga akan lebih besar," tambahnya.
Suzuki menawarkan S-Cross dengan dua pilihan transmisi yaitu manual dan otomatis. S-Cross transmisi manual dijual dengan harga Rp 256.900.000 dan transmisi otomatis Rp 259.900.000. Model ini dtargetkan bisa meraih pangsa pasar sebesar 10 persen di segmen medium SUV.

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: RE: Re: [static review] sx4 s-cross
Disini cuma aatuadityabp wrote:Sempet lihat engine bay-nya. Lega banget, banyak ruang kosongnya. Mirip Escudo 1.6
Jangan2x varian mesinnya cukup banyak nih.
Di india ada 2 turbodiesel
Di oz (dan eropa) ada bensin m16a
timing chain kan slow moving part, bisa 100-200rb km lebih baru perlu diganti... Ngga heran si kalau tidak mudah diakses. Lagian bisa sekalian bersih-bersih mesin kalau udah setua ituomgenit wrote:Ia om sory salah info timing chain ternyata...indrari wrote:Ini jg: http://www.carrepairdata.com/service/re ... a/1490/75/indrari wrote:
M15A bukannya pake timing chain ya? As per below site:
http://www.redlinegti.com/forum/viewtop ... 18&t=39244
Ada kenalan mekanik, katanya susah klo pasang timing chain mesin aerio
Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app

Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: [static review] sx4 s-cross

Hmmm.... Ok juga

Last edited by arfs on Tue Aug 16, 2016 4:08, edited 1 time in total.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [static review] sx4 s-cross
Yang dulu bagus, didesain sama orang itali, yang ini yaaa kayaknya didesain orang India. Gak ada taste nya sama sekali....PRBS wrote:headlamp mobil ini besar banget ya.
setuju dengan bro chz. yang men-design mobil ini kek 3 orang yg punya style yg beda.
tapi kalau badak, plus tarikan bawah lebih responsif. dan harga kompetitif kek gini ya menurut saya![]()

Hahahaha Suzuki bisa aja ngelesnya... iya 109hp, yang lama juga 109hp yang versi CBU.... lol.arfs wrote:Piston nya beda tuh dari yg dipake sx4 dan swift lamaDetik.Oto wrote:Meski Mesin Lama, Suzuki SX4 S-Cross Lebih Ngebut!
Tangerang - Suzuki SX4 S-Cross anyar resmi diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Namun yang menjadi catatan model terbaru Suzuki ini, masih menggunakan seri mesin yang sama seperti generasi sebelumnya.
Meski demikian Suzuki memastikan performa yang lebih dahsyat bakal diberikan Suzuki SX4 S-Cross ini. Seperti yang disampaikan CBU Product 4W PT SIS Head Group Endang Johari, di GIIAS 2016.
"Memang ini mesin lama, dengan mengusung seri mesin sama. Namun yang membedakan dari mesin lama itu terdapat pada horse powernya. Mesin ini memiliki peningkatan 9 daya kuda," ujar Endang.
Tapi apa yang membedakan mesin terbaru ini, dengan mesin generasi sebelumnya ya? "Perbedaan terdapat pada piston yang lebih besar. Bore stroke-nya masih sama. Dengan adanya perubahan pada piston, tenaga akan lebih besar," tambahnya.
Suzuki menawarkan S-Cross dengan dua pilihan transmisi yaitu manual dan otomatis. S-Cross transmisi manual dijual dengan harga Rp 256.900.000 dan transmisi otomatis Rp 259.900.000. Model ini dtargetkan bisa meraih pangsa pasar sebesar 10 persen di segmen medium SUV.

Yang lucu "piston lebih besar" tapi "ukuran bore x stroke sama" .... Ini cemana sih maksudnya


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: [static review] sx4 s-cross
Asbun tuh memang orang nya hahaha.ChZ wrote: Hahahaha Suzuki bisa aja ngelesnya... iya 109hp, yang lama juga 109hp yang versi CBU.... lol.dibalikin ke settingan lama itu. CR setau saya juga naik.
Yang lucu "piston lebih besar" tapi "ukuran bore x stroke sama" .... Ini cemana sih maksudnyaasal ngomong coating sama material yang diubah masih lebih make sense....
Mesin udah 16 tahun kepake. Kompetitor lain nya udah mulai pake dual VVT ini masih single VVT.

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: [static review] sx4 s-cross
Masuk akal sih Chris.ChZ wrote:Sebagai ex-user SX4 2010, saya masih berpikir keras tentang design nya. Bener-bener satu hal yang bikin saya kecewa sama SX4 S-Cross.
Mungkin kalo ada mobil yang gak saya beli karena tampang, ini masuk list. Bentuknya creepy sekali, depan-samping-belakang kayak didesain 3 orang yang berbeda dan punya selera desain buruk.
Mesin, masih lebih kreatif Toyota (tumben) .... Setidaknya 1TR dan 2TR di Innova dan Fortuner baru berubah dari Single jadi Dual VVT-i. Ini cuma ganti girbok jadi 6 speed. Tuningan gak diubah sepertinya since spek sama persis dengan yang lama. Bisa jadi lebih irit karena pake 6-speed, tapi kalo bobotnya lebih berat dari yang lama... Ya tetep aja akselerasinya kedodoran.... wkwkwkwkw. Ngeri tuh yang lama, konsumsi nya lebih boros dari 1.800cc dalkot Surabaya.
Interior juga gak menarik sepenglihatan saya. Datar sekali. Malah kayak nya masih lebih bagus interior SX4 lama.
Gak tau deh, gak nemu hal menarik di SX4 S-Cross baru ini.
Model e ga suka juga. Biasa kalo model jelek ya kasi mekanikal yang bagus kek, eh malah dikasi mesin Suip lama.
Interior juga kok rasanya centre console mirip OS juga.