saya pernah jln sejauh 1000km beberapa hari dgn fiesta sport 1.6 dct milik teman...
hal yang lucu, teman saya selalu ngeluh fiestanya sangat lemot....nanjak lemot... ngerawat mahal..terus ford tutup makin kumplit aja keluhan dia.. wut heppen ni..

kemudian kita roadtrip....pertama.. gw cek isi fuel apa.. diabilang selalu pertamax.. oks pas.. then gw notice, dia ga pernah bawa ni mbl lebih dari 4000rpm sekalipun lg nyusul kritis......... waduh.... ada mode enginebrake apa sport di tuas... g pernah dia pke, mode L juga ga pernah.. *gtw fungsinya apa* haha di usut2.. ni mbl blm pernah keluar kota alhasil dari 2012 km masih 14rb......
okeh gantian... gw bejek dri diam.... nyentak dikit terus... kosong.. rpm 3000 kosong... 4000.. kosong..... 5000... wait... nah nah... beuhhh.... seakan2 semua torsi yg hilang di low to mid di kumpul di atas semua langsung ngejambakkk sampai redline di 6000 kaki masih ogah ta angkat rpm naik terus sampai overrev.. bukan tenaga ngedrop.. ini makin tinggi terus.. hingga 6500 lebih baru dia shift, ..........
nah loh.. kuliah singkat... soal peak torque dan peak hp bla lba bla bla bla.... *tp g tega bil mblny*... nopee.. i think its built to rev.. its alright...
terus mode di tuas gb.. ntah brake atw sport.. yg pasti muncul ikon kya sepatu di cluster..... yg ini.. bikin mbl agresif sekali downshift.. ngejaga rpm di atas.... turunan, dia langsung downshift... untungnya terasa ada throttle blip jadi ga ngejedut.. hanya kaget saja suara rpm tiba-tiba naik... klw di mode normal DCTnya terasa ogah-ogahan main highrev (padahal perlu) dia masih mikir irit.. meski susah irit juga karna defaultnya dia shift di atas rpm 2000... ampir 3000... di mode ini jd girbok jadi nurut dan rev happy.... at least ini kompensasi ga dikasi shiftronic
bnyk yg ngeluh powershift first gen ini jerky ga nyaman bwat macet dll... selama roadtrip ini beragam kondisi jalan, rasanya ga pernah jerky sama sekali, bwat macet2an jg terasa normal. shifting saya bisa bilang.. its damn fast bwat upshift, downshift tdk terlalu.. jauh lebih cepat dri AT purba biasa.... mirip dgn skyactivdrive tp g ada delay lockup/slip sama sekali. meski masih jauh kalah cepat jika di banding VW.
oyah setelah di usut girbok mbl ini sudah baru di ganti beberapa minggu sblm FMI menyatakan mundur (well... bru belasa ribu uda ganti girbok... bravo.. eits bentar merk sblh ada yg bru beberapa rb uda ganti jg)
peredam juga impresive, ban bawaany continental mungkin ini yg ngebantu road noisenya demikian minim, meksi sudah bonyok2 dan dri baru blm pernah diganti... bantingan juga oke. yg pasti ga kagok dan cape d pke jarak jauh.
hal yg kurang gw suka... kita bawa ke.... candi cetho.. di mode D.. dia kya susah turun ke gigi 1.... harus di pindah ke L baru mau. dan tampaknya kondisi normal jg dia jalan di gigi 2.
mesin sangat peaky..... di bawah rpm 5000 memang payah... tipe2 orng yg g pernah narik mesin ke rpm tinggi pasti mudah bilang mbl ini ga ada tenaganya.... baru jika di isi pertamax turbo full rpm bawah tengahnya jadi kerasa torsinya err *lebih kerasa*. terutama setelah perjalanan pulang, dan mesinya sudah di *olahragain* mesin semakin terasa enteng..mesin makin kerasa bahagia.. aneh emang.. haha

akomondasi.. errmmmm nasty bwat 2nd row... bahkan untuk reclining seat pakai kenop putaran, bukan tuas .. ini mirip scirocco... ermmm meski quality verygood.. masih minim rattle...
refinemend baik.. dri sblmnya sya pke wildtrak, captiva, pindah ke kondom sport refinement nya tdk terasa jomplang... beda dgn citycar baru sya yang... ah sudah lah...
well ecoboobs pengganti type sport.. punya karakter sangat berbeda, low to mid kini jadi dasyat.. dan peaknya slightly better. jika bisa membuat anggota kabinet yg lain jd suka bentuknya.. dan masih dijual.. mungkin kemarin ambil yg ecoboobs wkwkwk


