Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by fizrmen »

Kent wrote:Hi all, saya juga pengguna FB 2.0
binggung ada juga yang sebut model Civic FB bagus, karena menurut saya model luarnya bisa dikatakan standard.
Harus dr sisi tertentu biar terlihat bagus depan nya, tp klo belakang ya sudah dari manapun ttp jelek.

sedikit share.
overall saya pakai untuk tempur harian FB 2.0 ini. sgt irit untuk mesin 2.0.
dalam kota (rute campuran) paling boros 9.8 km/ltr (JAKARTA).
kemudian sangat tahan banting, ketika premium 4500 da 6500 (saya ttp pakai premium).
tidak ada mengelitik sedikitpun, sekarang isi shell super saja beda nya hanya lebih ada tarikan.
pakai premium ya seperti bawa honda jazz lemot parah.

sangat practical, sekarang KM sudah 60rb.
Civic FB ini masih sangat memuaskan jika di gunakan untuk tempur, bandel, awet, luas interior (dimana tidak didapatkan dr kompetitor).
rencana dipakai terus hingga 2-3 thn lagi karena baru 2thn umur mobil nya.
tapi ngiler super lihat civic FC.
wah 2 tahun udh 60k? mobil perang bgt om... btw warna apa tuh FB 2.0 nya
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by aabx »

Kalau civic FD yang 1.8 FD1, 2.0 nya FD2
Civic FB 2.0 kodenya apa om? Cuma penasaran aja hehe. Selamat buat piaraan barunya om.

Kebetulan pernah TD juga nih FB 2.0 seken (rare nih hehe)
Impresi saya: masih kerasa sporty banget. Tarikan dari bawah udah galak, suspensi keras banget, mantab. Interiornya favorit ane, full black dan masih lumayan softpadnya.
Jujur ane tadinya gak tertarik karena tau mesinnya R20 bukan K series, abis TD jadi naksir berat ampe kebayang2. Sayangnya waktu itu lagi cari mobil buat family bukan buat saya. Mobil ini gak lolos di bantingannya yang kelewat keras buat ortu saya
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by aratha »

fizrmen wrote: whoa... FD2 2010? yg model pelenya dah rame? omfg :big_love: : :ungg: big_love: :big_love:
Iya om, 10 blade 5 baut. Kayaknya emang rejeki nie om, gak dinyana datengnya. Plus dia mau nunggu sampe tahun depan hehehe, tinggal nyari pembeli GE8 dulu nie.
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by egibaio »

Nice review as always om ChZ, dan setuju bgt sama poin poinnya :big_exellent:

Ini mobil kalau saya rasa2 drivetrainnya rasanya kayak FD yg dipoles lagi, dikiiit bgt. Transmisinya gak terlalu banyak hesitation mungkin karena rasio dirapatkan sedikit dan lebih hemat kalau pake ECON. Cuma ya memang ga ada leap yang jauh dari pendahulunya. Tapi it's still a civic, posisi nyetir enak, handling enak, meskipun stir memang sedikit lebih dull dr FD. Tapi FB sangat jauh dr bad car orang enak kok buat dipake wkwk, lebih nyaman dr FD pula.

Nah yg masalah memang interiornya, quality agak turun dan desain beberapa bits agak di tone down. Dari luar desain yg preFL saya memang kurang cocok, tp yang FL cakep kok dari depan. Cuma belakangnya gemes pgn ganti jd yg model US rasanya haha. Ada ga ya yg jual kitnya?

Kalo masalah kunci jelek saya rasa kunci honda yang non keyless start jelek semua tuh. Kunci FD saya patah dua duanya. Kunci GK5 baru lumayan tuh. Kalau dibanding kunci Mazda atau VW mah jauh lah kunci honda mah :mky_03:
Last edited by egibaio on Fri Jul 15, 2016 12:47, edited 1 time in total.
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by stevenanthony »

aabx wrote:Kalau civic FD yang 1.8 FD1, 2.0 nya FD2
Civic FB 2.0 kodenya apa om? Cuma penasaran aja hehe. Selamat buat piaraan barunya om.

Kebetulan pernah TD juga nih FB 2.0 seken (rare nih hehe)
Impresi saya: masih kerasa sporty banget. Tarikan dari bawah udah galak, suspensi keras banget, mantab. Interiornya favorit ane, full black dan masih lumayan softpadnya.
Jujur ane tadinya gak tertarik karena tau mesinnya R20 bukan K series, abis TD jadi naksir berat ampe kebayang2. Sayangnya waktu itu lagi cari mobil buat family bukan buat saya. Mobil ini gak lolos di bantingannya yang kelewat keras buat ortu saya
FB3 oom... CMIIW
2015 Honda HR-V E CVT
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by psiturism »

nice review mod :big_exellent:

sepertinya sih FB ini civic terakhir yg mempertahankan driving experience khas civic ya, karena di FC yaaa... begitulah :big_dunno:

campuran enjin note jazz + cvt menciptakan sensasi mengemudi khas... err.. corolla? :big_bored:

maap OOT :big_slap:
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

stevenanthony wrote:
apalagi jakarta... poldur setinggi2 nya plus pothole yang mirip tempat minum kerbau :mky_03:
Wkwkwkwk gak sempat ngukur sih tinggian ini apa FD... tapi rasanya FB lebih gak gampang mentok...
aratha wrote:
Iya om, gak disangka ada yang nawarin dan temen sendiri pula. kalo masalah racun gak usah khawatir om, saya penganut aliran JDM (Jarang Di Modif) :big_slap:
Di forum sebelah ada yang "gila" modif FD2 pakai head nya K24 kalau gak salah.... Tampangnya standar abis, tapi begitu dibejek bengisss.... Matic pula.

Saya kalo punya FD2 pasti jeroan engine udah kena sentuh, minimal naik stage 1 NA.... :big_biglaugh:
Kent wrote:Hi all, saya juga pengguna FB 2.0
binggung ada juga yang sebut model Civic FB bagus, karena menurut saya model luarnya bisa dikatakan standard.
Harus dr sisi tertentu biar terlihat bagus depan nya, tp klo belakang ya sudah dari manapun ttp jelek.

sedikit share.
overall saya pakai untuk tempur harian FB 2.0 ini. sgt irit untuk mesin 2.0.
dalam kota (rute campuran) paling boros 9.8 km/ltr (JAKARTA).
kemudian sangat tahan banting, ketika premium 4500 da 6500 (saya ttp pakai premium).
tidak ada mengelitik sedikitpun, sekarang isi shell super saja beda nya hanya lebih ada tarikan.
pakai premium ya seperti bawa honda jazz lemot parah.

sangat practical, sekarang KM sudah 60rb.
Civic FB ini masih sangat memuaskan jika di gunakan untuk tempur, bandel, awet, luas interior (dimana tidak didapatkan dr kompetitor).
rencana dipakai terus hingga 2-3 thn lagi karena baru 2thn umur mobil nya.
tapi ngiler super lihat civic FC.
Wkwkwkwk mungkin selera saya cukup aneh... Tapi saya paling impressed kalau liat FB dari samping sih. Keren sekali tarikan garis nya. Mungkin saya berpikir beberapa taun lagi mau upgrade bokong ke facelift USDM :big_biglaugh: bagasi nya bikinin sendiri dari fiber, lampunya impor dari US :big_biglaugh: bisa gak ya kira-kira

Nah iya kalau baca di forum sebelah juga FC nya berkisar 9 - 10 km/l.... Maka nya saya cukup sangsi ini kemarin mungkin filter udara nya kotor dan kena macet melulu musim mudik jadi drop ke 7.7 km/l .. plus kaki yang kadang kalap injek gas :big_biglaugh:

Sperpatnya juga murah meriah ya menurut saya oom... Saya kemarin ke BeRes nyari filter udara udah siap duit 300ribu di kantong cuma kepake separuh :big_biglaugh: gak pake ongkos jasa karena masang sendiri. Sampe mikir... rawat SX4 sama rawat Civic kok jatohnya sama aja :big_biglaugh:
brintanizer wrote:Sempet mau ganti civic FB3 menggantikan GE8 di rumah . Tp karena populasi seken nya sangat sedikit sampe sekarang masih mempertahankan GE8 di rumah

Anw .. Naksir ama Civic FBFL 2015 modullo
Wahahah saya malah kepengen grill nya yang facelift... ganteng sekali itu.
jar-jit-no wrote:
Oooh gitu ya chris..jadi untuk jdm sendiri apa udh gk ada civic ya? Atau civic ini jg yg dibawa ke jepun sono?
di Japan sudah gak jual Civic... sedan mereka tinggal Honda Grace (City kalau disini), Accord, Legend. Civic dianggap kelas tanggung kalau di Jepang. Dan kenyataannya memang gak laku sih di Jepang, jalan jalan di Jepang taun lalu cuma liat Civic FD hybrid 1x.... :big_slap:
aabx wrote:Kalau civic FD yang 1.8 FD1, 2.0 nya FD2
Civic FB 2.0 kodenya apa om? Cuma penasaran aja hehe. Selamat buat piaraan barunya om.

Kebetulan pernah TD juga nih FB 2.0 seken (rare nih hehe)
Impresi saya: masih kerasa sporty banget. Tarikan dari bawah udah galak, suspensi keras banget, mantab. Interiornya favorit ane, full black dan masih lumayan softpadnya.
Jujur ane tadinya gak tertarik karena tau mesinnya R20 bukan K series, abis TD jadi naksir berat ampe kebayang2. Sayangnya waktu itu lagi cari mobil buat family bukan buat saya. Mobil ini gak lolos di bantingannya yang kelewat keras buat ortu saya
FD 1.8 = FD1, FD 2.0 = FD2
FB 1.8 = FB2, FB 2.0 = FB3

R series sebetulnya bukan mesin jelek, malah menurut saya economical engine yang performanya paling mumpuni dibanding NA eco engine pabrikan lain ya. Istilahnya, eco engine yang gak kerasa eco ... karena engine note waktu VTEC cam switching itu garang sekali... mobil kayak punya dua sisi berbeda.

Yang 2.0 keras karena pakai 17inch sepertinya ya oom... ban nya juga kayak nya Dunlop atau BS ya... lupa.
egibaio wrote:Nice review as always om ChZ, dan setuju bgt sama poin poinnya :big_exellent:

Ini mobil kalau saya rasa2 drivetrainnya rasanya kayak FD yg dipoles lagi, dikiiit bgt. Transmisinya gak terlalu banyak hesitation mungkin karena rasio dirapatkan sedikit dan lebih hemat kalau pake ECON. Cuma ya memang ga ada leap yang jauh dari pendahulunya. Tapi it's still a civic, posisi nyetir enak, handling enak, meskipun stir memang sedikit lebih dull dr FD. Tapi FB sangat jauh dr bad car orang enak kok buat dipake wkwk, lebih nyaman dr FD pula.

Nah yg masalah memang interiornya, quality agak turun dan desain beberapa bits agak di tone down. Dari luar desain yg preFL saya memang kurang cocok, tp yang FL cakep kok dari depan. Cuma belakangnya gemes pgn ganti jd yg model US rasanya haha. Ada ga ya yg jual kitnya?

Kalo masalah kunci jelek saya rasa kunci honda yang non keyless start jelek semua tuh. Kunci FD saya patah dua duanya. Kunci GK5 baru lumayan tuh. Kalau dibanding kunci Mazda atau VW mah jauh lah kunci honda mah :mky_03:
Hahaha iya oom, ngerasain juga ya kalau FB2 transmisinya lebih agresif dibanding FD1?

Mungkin ada yang punya spek brosur nya FD1 dan FB2... final gear nya berapa. Penasaran juga.

Saya pernah iseng coba mode ECON, entah kenapa gak berasa di pijekan gas nya kayak di CR-V RM. Di FB feeling injekan gas nya gak beda jauh pake ECON sama enggak... Gak tau sih kalau dibejek gimana wkwkwkwk. Kalo RM pakai ECON kerasa banget lemooootttt luar biasah...

Posisi nyetirnya sangat enak oom, all round visibility bagus, dasbor nya two layer tapi rendah jadi gak menghalangi penglihatan. Even di posisi duduk paling rendah pun visibilitas gak terganggu, mungkin postur tubuh saya yang emang tinggi :big_biglaugh: sampe bokap bilang, kok kalo habis elu bawa pasti posisi duduknya paling pendek setelannya.

Saya ada rencana kalau udah ada duit sendiri mau oprek pantatnya wkwkwkw mungkin lampu import sendiri, bagasi buatin dari fiber :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kunci yang sekarang kan keyless nya pada ngikut GK oom, HR-V, CR-V yang RM feslip pun mirip kuncinya GK. Iya ini kunci nya FB rasanya oblak sampe ngeri kalau starter, takut patah :e-wall:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

psiturism wrote:nice review mod :big_exellent:

sepertinya sih FB ini civic terakhir yg mempertahankan driving experience khas civic ya, karena di FC yaaa... begitulah :big_dunno:

campuran enjin note jazz + cvt menciptakan sensasi mengemudi khas... err.. corolla? :big_bored:

maap OOT :big_slap:
Hahahaha bukannya malah pada berpendapat kalau Civic FC bagus ya... Gak tau saya belom coba sih.

Kayak nya FC konsepnya lebih ke tourer ya oom... turbo + CVT bikin mobil bisa stay di powerband tanpa harus oper - oper. Menurut penuturan orang - orang feel nyetirnya jauh lebih santai di FC dibanding FD atau FB. Hahahaha.

Doain semoga bisa dapet test drive nya :e-wall: penasaran banget saya juga :big_cry:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by egibaio »

ChZ wrote:
Hahaha iya oom, ngerasain juga ya kalau FB2 transmisinya lebih agresif dibanding FD1?

Mungkin ada yang punya spek brosur nya FD1 dan FB2... final gear nya berapa. Penasaran juga.

Saya pernah iseng coba mode ECON, entah kenapa gak berasa di pijekan gas nya kayak di CR-V RM. Di FB feeling injekan gas nya gak beda jauh pake ECON sama enggak... Gak tau sih kalau dibejek gimana wkwkwkwk. Kalo RM pakai ECON kerasa banget lemooootttt luar biasah...

Posisi nyetirnya sangat enak oom, all round visibility bagus, dasbor nya two layer tapi rendah jadi gak menghalangi penglihatan. Even di posisi duduk paling rendah pun visibilitas gak terganggu, mungkin postur tubuh saya yang emang tinggi :big_biglaugh: sampe bokap bilang, kok kalo habis elu bawa pasti posisi duduknya paling pendek setelannya.

Saya ada rencana kalau udah ada duit sendiri mau oprek pantatnya wkwkwkw mungkin lampu import sendiri, bagasi buatin dari fiber :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kunci yang sekarang kan keyless nya pada ngikut GK oom, HR-V, CR-V yang RM feslip pun mirip kuncinya GK. Iya ini kunci nya FB rasanya oblak sampe ngeri kalau starter, takut patah :e-wall:
Iya oom saya ngerasa ini mobil lebih sedikit fenomena "lock-unlock" torque converter nya dibanding FD yg akhirnya bikin mobil kerasa agak hesitate buat overtake di speed rendah (buat nyalip angkot misalnya). Atau mungkin juga karena pemakaian ATF nya berubah ya? FB kan mintanya DW-1 meanwhile FD Z1 masih masuk. FD saya skrg pake DW-1 memang sedikit terobati hesitationnya tapi gak banyak :mky_01:

Betul om ECON nya kerasa pas. Cukup buat sekedar keep up sama traffic. Tapi kalau mau ngebut ya memang sebaiknya matiin aja hahaha.

Wkwkwk saya juga pake FD selalu posisi terendah kok om, nyaman bgt serasa selonjoran. Telescopic steeringnya jg jarak mainnya jauh jadi enak.

Coba om modif pantatnya. Kalau berhasil boleh juga FB3 seken trs modif ala ala Si di US :mky_03:
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by psiturism »

ChZ wrote:
psiturism wrote:nice review mod :big_exellent:

sepertinya sih FB ini civic terakhir yg mempertahankan driving experience khas civic ya, karena di FC yaaa... begitulah :big_dunno:

campuran enjin note jazz + cvt menciptakan sensasi mengemudi khas... err.. corolla? :big_bored:

maap OOT :big_slap:
Hahahaha bukannya malah pada berpendapat kalau Civic FC bagus ya... Gak tau saya belom coba sih.

Kayak nya FC konsepnya lebih ke tourer ya oom... turbo + CVT bikin mobil bisa stay di powerband tanpa harus oper - oper. Menurut penuturan orang - orang feel nyetirnya jauh lebih santai di FC dibanding FD atau FB. Hahahaha.

Doain semoga bisa dapet test drive nya :e-wall: penasaran banget saya juga :big_cry:
hahaha.. itu sih pendapat pribadi saya aja mod..

kemungkinan besar di FC honda lebih concern ke arah comfort, maka dia buatlah L15 turbo+CVT utk FC ini..

di semarang belom ada TD FC mod?
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by stevenanthony »

ChZ wrote:
stevenanthony wrote:
apalagi jakarta... poldur setinggi2 nya plus pothole yang mirip tempat minum kerbau :mky_03:
Wkwkwkwk gak sempat ngukur sih tinggian ini apa FD... tapi rasanya FB lebih gak gampang mentok...
fd kalau ga salah 150... fb 140... (autoevolution) fc 125 (autobild)
ChZ wrote:Kunci yang sekarang kan keyless nya pada ngikut GK oom, HR-V, CR-V yang RM feslip pun mirip kuncinya GK. Iya ini kunci nya FB rasanya oblak sampe ngeri kalau starter, takut patah :e-wall:
kunci city, civic fc juga... odisei rc1 juga kalo gak salah, yang prestis... :mky_03:
2015 Honda HR-V E CVT
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by Kent »

fizrmen wrote: wah 2 tahun udh 60k? mobil perang bgt om... btw warna apa tuh FB 2.0 nya
warna polished metal terakhir. indent nya lama 5 bulan untuk 2.0.
malah terakhir di kabarkan discontinued sehingga complain sana sini.
tp akhirnya diksh disc tambahan 2jt, sehingga solusi dari honda diberikan 2.0 warna polished metal yg di downgrade dari 2.0 limited.
jadi saya kebagian cruise control, tapi audio pake yang versi 2.0.
ChZ wrote:
Wkwkwkwk mungkin selera saya cukup aneh... Tapi saya paling impressed kalau liat FB dari samping sih. Keren sekali tarikan garis nya. Mungkin saya berpikir beberapa taun lagi mau upgrade bokong ke facelift USDM :big_biglaugh: bagasi nya bikinin sendiri dari fiber, lampunya impor dari US :big_biglaugh: bisa gak ya kira-kira

Nah iya kalau baca di forum sebelah juga FC nya berkisar 9 - 10 km/l.... Maka nya saya cukup sangsi ini kemarin mungkin filter udara nya kotor dan kena macet melulu musim mudik jadi drop ke 7.7 km/l .. plus kaki yang kadang kalap injek gas :big_biglaugh:

Sperpatnya juga murah meriah ya menurut saya oom... Saya kemarin ke BeRes nyari filter udara udah siap duit 300ribu di kantong cuma kepake separuh :big_biglaugh: gak pake ongkos jasa karena masang sendiri. Sampe mikir... rawat SX4 sama rawat Civic kok jatohnya sama aja :big_biglaugh:
saya juga full standard mobil nya, hanya pakai oli recommendation from Mr TurboMan, 0W20 Redline.
cobain deh, mantap bgt.
saya pakai sampai 15.000 km baru ganti. tapi filter tiap 7500 ganti.
filter honda murah 45 ribu masih kembalian.

ban 17inch saya pakai michellin pilot sport.
ban yang mantap sekali.

saya juga sedang dititip teman mobil teman CX5 GT facelift, itu mobil bertenaga mantap.
sudah 6bln pakai masih berasa sedan lebih enak. Tetap lbh nyaman bawa civic ini (krn milik sendiri bs kasar, plus lbh compact size nya)
mungkin Mazda 6 akan super mantap, tp terlalu bongsor untuk jakarta.


saya ingin sekali tuh facelift lampu belakang seperti http://www.slickmod.com/media/catalog/p ... signal.jpg
tapi sepertinya tidak cocok harness dan soket nya.
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by stevenanthony »

Kent wrote: saya ingin sekali tuh facelift lampu belakang seperti http://www.slickmod.com/media/catalog/p ... signal.jpg
tapi sepertinya tidak cocok harness dan soket nya.
bumper dan bagasinya juga ga cocok sepertinya om.. tapi kalo uda berhasil ganti semua, jelas jadi cantik banget... :big_okay:
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

egibaio wrote: Iya oom saya ngerasa ini mobil lebih sedikit fenomena "lock-unlock" torque converter nya dibanding FD yg akhirnya bikin mobil kerasa agak hesitate buat overtake di speed rendah (buat nyalip angkot misalnya). Atau mungkin juga karena pemakaian ATF nya berubah ya? FB kan mintanya DW-1 meanwhile FD Z1 masih masuk. FD saya skrg pake DW-1 memang sedikit terobati hesitationnya tapi gak banyak :mky_01:

Betul om ECON nya kerasa pas. Cukup buat sekedar keep up sama traffic. Tapi kalau mau ngebut ya memang sebaiknya matiin aja hahaha.

Wkwkwk saya juga pake FD selalu posisi terendah kok om, nyaman bgt serasa selonjoran. Telescopic steeringnya jg jarak mainnya jauh jadi enak.

Coba om modif pantatnya. Kalau berhasil boleh juga FB3 seken trs modif ala ala Si di US :mky_03:
Oh ya requirement ATF nya sudah beda ya oom... kukira sama plek sama FD1. Ya barangkali ini improvement yang gak keliatan sama mayoritas orang. Cuma orang yang mungkin udah pernah punya FD1 matic dan hapal karakternya yang bisa rasain bedanya.

Hahaha saya jadi pengen tau siapa yang selama ini in charge desain interior Honda... Jenius sekali. kursi belakang depan sama - sama enak, posisi nyetir selalu perfect even dibanding Mazda, kabin terasa luas padahal mobilnya compact. Gak heran selalu jadi all-rounder family car.

Toyota mau bikin kabin luas harus paling enggak korbanin bagasi kayak di Yaris bapao, mau dapet bagasi luas dan kabin luas harus panjangin dimensi jadi deh si Yaris lele. Nissan Suzuki enggak pernah berhasil bikin kabin luas even di kelas MPV kayak Livina dan Ertiga pun sempit nya amit amit. Mazda juga sempit dan joknya tegak.

Hahahaha dicoba ya oom... entar kalau saya udah ada duit sendiri :big_biglaugh:
psiturism wrote: hahaha.. itu sih pendapat pribadi saya aja mod..

kemungkinan besar di FC honda lebih concern ke arah comfort, maka dia buatlah L15 turbo+CVT utk FC ini..

di semarang belom ada TD FC mod?
Belum oom, di dealer kenalan saya sih fix gak ada... sulit dapet TD disana :big_cry: harus ke dealer pusat kayak nya, mana tempatnya jauh sekali. :big_slap:
stevenanthony wrote:
fd kalau ga salah 150... fb 140... (autoevolution) fc 125 (autobild)

kunci city, civic fc juga... odisei rc1 juga kalo gak salah, yang prestis... :mky_03:
Hmm berarti malah makin ceper ya... Biasanya sih HPM untuk spek indo ground clearance nya dinaikin dikit kayak di Freed. Asumsi saya 150mm kalau spek Indo. Kalau dibilang approach angle dan wheelbase kayak nya juga gak terlalu beda jauh FD dan FB, tapi FB lebih gak gampang mentok.
Kent wrote: saya juga full standard mobil nya, hanya pakai oli recommendation from Mr TurboMan, 0W20 Redline.
cobain deh, mantap bgt.
saya pakai sampai 15.000 km baru ganti. tapi filter tiap 7500 ganti.
filter honda murah 45 ribu masih kembalian.

ban 17inch saya pakai michellin pilot sport.
ban yang mantap sekali.

saya juga sedang dititip teman mobil teman CX5 GT facelift, itu mobil bertenaga mantap.
sudah 6bln pakai masih berasa sedan lebih enak. Tetap lbh nyaman bawa civic ini (krn milik sendiri bs kasar, plus lbh compact size nya)
mungkin Mazda 6 akan super mantap, tp terlalu bongsor untuk jakarta.


saya ingin sekali tuh facelift lampu belakang seperti http://www.slickmod.com/media/catalog/p ... signal.jpg
tapi sepertinya tidak cocok harness dan soket nya.
Hahahaha entar ganti oli berikutnya ya mungkin oom... punya saya terakhir sama pemilik lama nya dikasih FK Massimo 5-30. Baru jalan 1000KM. 0W-20 API SN kayak Honda yang Gold kah?

Mazda gak keluarin Mazda3 sih disini, jadi Civic pilihan paling sensibel. Ukuran pas, merek Honda jd gampang mau apa - apa.

Kalau liat gambar dudukan lampu sepertinya sama, tapi kabel kabelnya yang enggak tau.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by maastricht889 »

Wah ternyata sekarang dipake ko Chris toh civic e, dulu sempet di sir temenku koh gara2 velg+body kit modulo ne hahahhahaha. Kemarin aku papasan berarti ko pas di pemuda. Sering ketemu jg aku ko waktu sblm dijual hahahaha.
PandaBearZ
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sat Jan 02, 2016 15:40

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by PandaBearZ »

Civic FB ini harga bekasnya berapaan ya om?
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ternakblog »

Quorra wrote:Nice review bro, kebetulan saya tertarik ingin hunting mobkas karena selama ini selalu beli baru dan pake jangka waktu cukup lama sebelum ganti lagi. Terasa boring gitu" aja, pengen coba cari mobkas biar sering" ganti dan bisa nyoba banyak jenis mobil. Biasanya bro dapet mobil second tahun muda gitu dari user langsung atau keliling di showroom mobkas ? Thanks :)
Nambahin pertanyaan ini,kalo hunting mobkas di showrom gitu semua barang busuk kah?yang pertama kali ditengok itu kira2 apa ya biar ga ketipu tampilannya,tertarik juga hunting mobkas
Oh iya lagi,hbis beli itu lgsg dibalik nama ato dibiarin ae bro?kan itungane itu kita misal pake 2-3taon kmudian jual lagi,kalo dibalik nama nanti kehitung tangan kedua?
User avatar
shifter
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Apr 16, 2016 11:02

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by shifter »

Thx share reviewnya um.
Ane mungkin pembaca pertama kali pas kmrn malam nongol wkwkwk...cm br comment skrg.

Hbs bc FC di sblh, kyk ngga ada reason yg urge yah om dr user FB move ke FC1 turbo?
FC mirip2, .....performa pun msh bisa keep up fc sptnya.....ride/comfort ngga jauh2 kali yah..

Beli fc krn alasan model tbaru saja kah?
Driving purity.....
Is more engaging n entertaining to drive
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

erwinign wrote:Wah ternyata sekarang dipake ko Chris toh civic e, dulu sempet di sir temenku koh gara2 velg+body kit modulo ne hahahhahaha. Kemarin aku papasan berarti ko pas di pemuda. Sering ketemu jg aku ko waktu sblm dijual hahahaha.
Leh wkwkwkw iya mobil ini dulu modif an... yang pake anak UNIKA... velg bodykit audio lengkap deh... sampe udah deal harus nunggu 3 hari dulu buat nyetandarin mobilnya :big_slap:

Kemarin? Mungkin yang pake papa atau mama saya... :big_biglaugh: soalnya lagi di Sby bentar ngurus wisuda.
ternakblog wrote: Nambahin pertanyaan ini,kalo hunting mobkas di showrom gitu semua barang busuk kah?yang pertama kali ditengok itu kira2 apa ya biar ga ketipu tampilannya,tertarik juga hunting mobkas
Oh iya lagi,hbis beli itu lgsg dibalik nama ato dibiarin ae bro?kan itungane itu kita misal pake 2-3taon kmudian jual lagi,kalo dibalik nama nanti kehitung tangan kedua?
Enggak tentu busuk semua, showroom yang baik pasti ijinnkan calon pembeli buat at least ngetes mobilnya. Papa saya kalau beli mobil di showroom pasti nyoba dulu kok. HR-V 1.8 kemarin pun nyoba dulu baru deal.

Kalau mobil seken ya abaikan ada baret baret dikit menurut saya, nama nya mobil bekas pake bodinya gak bakal 100% mulus. Akan lebih bagus kalo ada referensi mobil tersebut dalam kondisi baru kayak apa. Minjem punya temen atau test drive punya dealer (in case kalau mobilnya masih produksi).

Buat orang awam mungkin kelima indera nya belom se peka mekanik yang udah puluhan tahun yaa... Kalo orang udah pengalaman biasa gak perlu bawa scanner udah tau dari suara mesinnya mobil ini normal atau enggak. Jadi kalau merasa awam, punya kenalan mekanik, atau mungkin ada teman yang khatam dengan mobil... Silahkan diajak.

Di banyak kasus sya malah jarang balik nama, Civic saya ini masih nama pemilik pertama (mobil TD dealer, masih atas nama dealer Honda) padahal sudah ganti pemilik ketiga. SX4 saya juga masih atas nama pemilik pertama.

Kalau gak mau repot pinjam pinjam KTP buat perpanjangan ya balik nama aja. Tergantung pribadi masing - masing ya oom.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by ChZ »

shifter wrote:Thx share reviewnya um.
Ane mungkin pembaca pertama kali pas kmrn malam nongol wkwkwk...cm br comment skrg.

Hbs bc FC di sblh, kyk ngga ada reason yg urge yah om dr user FB move ke FC1 turbo?
FC mirip2, .....performa pun msh bisa keep up fc sptnya.....ride/comfort ngga jauh2 kali yah..

Beli fc krn alasan model tbaru saja kah?
Kalo saya simply karena FC itu jauh segala - galanya dibanding FB ya oom... Dari desain, engine, teknologi, fitur, kualitas... Hahahaha...

Tapi saya kalau FC sama... nunggu seken nya aja... Karena bakalnya lebih drop dari FB :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
shifter
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Apr 16, 2016 11:02

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by shifter »

Iya ya om.
Meski gapny tdk besar2 amat dg pendahulunya

Si FC1 ini tetep .. A new ones ya...fm looks dept ampe enjin jeroan turbonya.

Sy liat2 janda nya versi yg ngga pk buntut aja um.. :big_grin:
Driving purity.....
Is more engaging n entertaining to drive
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by nyotnyet »

ternakblog wrote:
Quorra wrote:Nice review bro, kebetulan saya tertarik ingin hunting mobkas karena selama ini selalu beli baru dan pake jangka waktu cukup lama sebelum ganti lagi. Terasa boring gitu" aja, pengen coba cari mobkas biar sering" ganti dan bisa nyoba banyak jenis mobil. Biasanya bro dapet mobil second tahun muda gitu dari user langsung atau keliling di showroom mobkas ? Thanks :)
Nambahin pertanyaan ini,kalo hunting mobkas di showrom gitu semua barang busuk kah?yang pertama kali ditengok itu kira2 apa ya biar ga ketipu tampilannya,tertarik juga hunting mobkas
Oh iya lagi,hbis beli itu lgsg dibalik nama ato dibiarin ae bro?kan itungane itu kita misal pake 2-3taon kmudian jual lagi,kalo dibalik nama nanti kehitung tangan kedua?
Bantu jawab, liat aja perbandingan jarak tempuh ama kondisi mobilnya...misal jarak tempuh 15rb, kan ga mungkin jok kulitnya pecah2 atau hancur (contoh ekstrim), seperti yg chris bilang, baret2 wajar ya namanya mobil seken, lbh bagus kalo showroom brani bawa ke beres buat cek service record dll.

Kalo masalah balik nama, biasanya kalo bisa ditembak ya tembak aja sampe ga bisa ditembak lagi (diblokir), kalo ga salah pun nambah 200-300an bisa nembak yg blokiran..CMIIW

Soul Red zoom zoom
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by aratha »

ChZ wrote: Di forum sebelah ada yang "gila" modif FD2 pakai head nya K24 kalau gak salah.... Tampangnya standar abis, tapi begitu dibejek bengisss.... Matic pula.

Saya kalo punya FD2 pasti jeroan engine udah kena sentuh, minimal naik stage 1 NA.... :big_biglaugh:
Saya sudah renta om, dulu waktu masih ceria sih jor2an banget bikin Wonder (yang akhirnya nyangsang di pohon) dan RX3 (yang akhirnya disita bokap)
Jadi dah poison proof sekarang ini, kecuali buat exterior (spoiler n bodykit) :big_slap:

Ow iya, dah ada review buat FN belum ya di seraya?
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by aabx »

ChZ wrote:
aabx wrote:Kalau civic FD yang 1.8 FD1, 2.0 nya FD2
Civic FB 2.0 kodenya apa om? Cuma penasaran aja hehe. Selamat buat piaraan barunya om.

Kebetulan pernah TD juga nih FB 2.0 seken (rare nih hehe)
Impresi saya: masih kerasa sporty banget. Tarikan dari bawah udah galak, suspensi keras banget, mantab. Interiornya favorit ane, full black dan masih lumayan softpadnya.
Jujur ane tadinya gak tertarik karena tau mesinnya R20 bukan K series, abis TD jadi naksir berat ampe kebayang2. Sayangnya waktu itu lagi cari mobil buat family bukan buat saya. Mobil ini gak lolos di bantingannya yang kelewat keras buat ortu saya
FD 1.8 = FD1, FD 2.0 = FD2
FB 1.8 = FB2, FB 2.0 = FB3

R series sebetulnya bukan mesin jelek, malah menurut saya economical engine yang performanya paling mumpuni dibanding NA eco engine pabrikan lain ya. Istilahnya, eco engine yang gak kerasa eco ... karena engine note waktu VTEC cam switching itu garang sekali... mobil kayak punya dua sisi berbeda.

Yang 2.0 keras karena pakai 17inch sepertinya ya oom... ban nya juga kayak nya Dunlop atau BS ya... lupa.
Thanks infonya

Setuju om, R series menurut rekan2 ane yang ahli honda adalah lanjutan dari D series (mobil harian yang selalu jadi project ane juga D17 hehe). Sebagai pengguna D series jadi selalu punya mimpi (re: penasaran) swap ke K, maksud ane sih FB3 ini buat ane cuma masalah psikologis doang hehe karena penasaran banget sama K

Yang kemarin ane TD padahal bannya Michelin Pilot Sport om, which is menurut review2 dari luar kalau ban ini masih terlalu nyaman buat dibilang sport hehe
Quorra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Jan 11, 2011 5:39

Re: Living with 2012 Honda Civic FB2 Automatic : Is it Really That Bad?

Post by Quorra »

ChZ wrote:
Quorra wrote:Nice review bro, kebetulan saya tertarik ingin hunting mobkas karena selama ini selalu beli baru dan pake jangka waktu cukup lama sebelum ganti lagi. Terasa boring gitu" aja, pengen coba cari mobkas biar sering" ganti dan bisa nyoba banyak jenis mobil. Biasanya bro dapet mobil second tahun muda gitu dari user langsung atau keliling di showroom mobkas ? Thanks :)
Hahahaha kalau beli mobkas enak nya bebas dari depresiasi tangan pertama... depresiasi tangan pertama itu gila dalem banget... Maka nya orangtua saya juarang banget beli mobil baru. Plus kelebihannya mau ganti mobil tiap taun nambahnya gak banyak... tapi upgrade kelasnya bisa banyak banget.

Misal mau upgrade dari Civic ke Accord kalau kondisi bekas nambah nya mentok 50 juta. Baru mau upgrade dari Civic ke Accord 150juta sendiri :e-wall:

Tapi kerugiannya, opsi di pasaran sedikit. Karena kalau mau ganti mobil tiap 2-3 taun sekali, otomatis harus beli mobil yang likuid alias gampang dijual lagi, dalam kasus ini cari mobil yang brand nya "pasaran". Beruntung kalau di kota besar brand Mazda gitu2 sudah bukan merek "aneh" lagi.

Saya random oom, gak tentu. Papa saya sih hobi browsing situs jual beli dan liat koran. Jangan keburu jiper liat harga di situs jual beli mahal mahal, biasanya mereka memang buka tinggi, terutama showroom. Pinter pinter kita nawar aja. Tentunya harus teliti meriksa mobilnya biar dapet yang sreg di hati.
Nah itu yang saya pikirkan juga bro, kalo bekas mau upgrade level ga terlalu nombok banyak. Kalo baru nambahnya ampun belum lagi kalo masih umur jagung uda bosen terpaksa ditahan pake dulu karena depresiasinya ga nguatin dan ga rela dijual masian :D

Selama pengalaman bro maen" mobkas (jual dan ganti) apa engga rugi banyak bro pas dijual lagi ? Saya sih pribadi ga berharap untung karena emang ga tujuan cari untung cuman at least kalo bisa draw biar ga nombok ato tekor banyak pas pengen ganti lagi apa memungkinkan ? Thanks :)