Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
anrico17 wrote:Yang model S pernah masuk pas mampir ke negara asalnya...
That middle touchscreen... Some however I want that on every new car made... It's looks cool while being very functional
Dalemnya lebar, luas, tapi gk tralu mewah mewah amat... Smuanya keliatan simple
Oya, dibagasi kursinya muat buat orang dibawah 165cm, tested sma sodara...
Sekaya apapun gw mikir 4 kali beli ni mobil... Kalo motornya rusak berabe urusannya, ground clearance pendek + jalan jelek = batrenya takut kenapa napa... OTA update gk tau nyampe ato gk.... Dan, banjir...
setuju om... middle screen + clusternya futuristik sekali. imho klw middlenya dibikin curve tidak flat harusnya lebih super lagi.. wkwkw
klw mau yg GC tinggi ada tesla model X. yg menarik disini, desain kaca windscreen depanya nyambung sampai bagian tengah, menurut elon musk ini ala helicopter cockpit.. wkwk
imho tampa elektrik motor dan issue2 ramah lingkungan.. tesla sendiri uda mobil yg sangat baik dan punya differensiasi sendiri.
gokil lagi ada eagle wing... wkwkwk katanya engselnya bisa nyesuain dgn space sekitar saat akan terbuka. jadi bisa buka tutup di tempat sempit.
oyah soal banjir..... mobil listrik kan sebenernya gak perlu AIR INTAKE.... mungkin tetep perlu untuk breather axle dll.., tp tidak mandatori seperti internal combustion. bahkan kapal selam saja pke motor listrik. seharusnya, dgn sealing vital electronic part yang baik... electric car bisa ga kalah dari internal combustion dalam nyebrang banjir. memang urusanya dgn listrik ribuan volt ya, bgtu ada yg short... bubar wkwk
cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Biaya maintenance terbesar dr mobil listrik adalah soal batere nya
Batere kalo udah 3 tahun lebi pasti menurun kinerja nya, kayak gadget lah, dan harga batere utk mobil listrik / hybrid najubileh mahalnya, konon sekali ganti batere seharga mobil seken / Ninja 250 cc or more
Nah jadi sebelum memutuskan utk beli better cek dulu harga batere nya brp, juga garansi batere brp lama
Lalu bagaimana juga ketersediaan parts2 lain spt :
- Inverter
- Board control unit
Ini juga barang2 yg bisa saja rusak, dan harga gak murah, apalagi jika modelnya spesifik
Namanya barang2 elektronik pasti ada umurnya
Dan gimana juga policy pabrikannya dlm memproduksi dan menyediakan parts2 tsb
Jangan sampe kayak TV Samsung, parts hanya diproduksi 5 tahun after se uah model diskontinu, after that, yg rusak after 6 tahun yah wassalam......
Turboman wrote:Biaya maintenance terbesar dr mobil listrik adalah soal batere nya
Batere kalo udah 3 tahun lebi pasti menurun kinerja nya, kayak gadget lah, dan harga batere utk mobil listrik najubileh mahalnya, konon sekali ganti batere seharga mobil seken / Ninja 250 cc or more
Nah jadi sebelum memutuskan utk beli better cek dulu harga batere nya brp
Lalu bagaimana juga ketersediaan parts2 lain spt :
- Inverter
- Board control unit
Ini juga barang2 yg bisa saja rusak, dan harga gak murah, apalagi jika modelnya spesifik
Namanya barang2 elektronik pasti ada umurnya
Dan gimana juga policy pabrikannya dlm memproduksi dan menyediakan parts2 tsb
Jangan sampe kayak TV Samsung, parts hanya diproduksi 5 tahun after se uah model diskontinu, after that, yg rusak after 6 tahun yah wassalam......
yep pak bos
halangan terbesar dalam pengembangan EV adalah storage untuk energynya
sampai saat inipun, teknologi baterai belum bisa dibilang advance karena masih menjadi titik terlemah
dan sistem transport EV ini butuh dukungan public policy yang kuat dari pemerintah seperti menyediakan colokan listrik untuk charging setiap xxkm, pajak yang rendah untuk emisi rendah, subsidi untuk pembeliannya, dsb
selama harga jual bbm masih seharga sebotol air mineral A****, nubi rasa transport dengan EV akan masih panjang jalannya untuk bisa menjadi murah dan tersedia di mana mana
Ni mobil kalo ganti batre pasti mahal sih.... Pernah denger review TG soal Nissan Leaf, itu batre cm 20++kwh ganti batre aja £7500, CMIIW, Tesla kan hampir 4x nya itu... Kalo soal inverter ane bru tau, thx om turbo
EV ini kayaknya memang cocok di eropa/US yang umur mobil ga ada 10 tahun udah dibuang
btw tesla bentuknya masih seperti mobil mesin umumnya ya, modelnya sedan juga selalu fullsized bahkan terkesan sportcar, mungkin juga ini yang jadi bikin Tesla sukses,
padahal kalo melihat mobil2 konsep listrik dari pabrikan jaman dulu kan mobil listrik itu bentuknya kompak & kecil (saya sendiri lebih suka yang model begini karena kesan irit & green energy-nya dapat, juga lebih futuristik) lagipila kenapa harus dikasih moncong depan & belakang yang panjang kayak mobil konvensional kalo ga ada isinya (EV dalam bayangan saya 5 tahun lalu, compact car)
kalo carmaker lain mau menyaingi tesla, mungkin jangan head to head bikin model yang sama, bikin EVs city car / compact car saja seperti di konsep, biar lebih variatif
anrico17 wrote:Ni mobil kalo ganti batre pasti mahal sih.... Pernah denger review TG soal Nissan Leaf, itu batre cm 20++kwh ganti batre aja £7500, CMIIW, Tesla kan hampir 4x nya itu... Kalo soal inverter ane bru tau, thx om turbo
Benar
Jadi yg sudah tergila gila sampe ngeces ces ces ama mobil listrik & hybrid, better cek dulu deh harga batere dan lifetime nya
Tujuan mau hemat BBM tapi sekali ganti batere lgs Nyonyor ya bohwat atuh.......kekekekekekek
Inverter di mesin2 dgn electro motor modern hampir semua pake, kalo electro motor tanpa inverter sekali jalan lgs ngejedut / menghentak kasar.....dan berhentinya lgs stop mendadak, kayak AC window zaman dulu yg begitu jalan lgs lampu2 di rumah pada ngejet
Karena karakter elektro motor = Torsi gede lgs keluar begitu motor mulai bergerak dr posisi diam, inverter berguna agar dia bisa start dgn halus dan akselerasi bertahap, juga utk speed control dan saat stop juga dia bisa deselerasi halus.
Sistem yg lebih sederhana (manual) dengan RheoStat.....jadi ibarat potensiometer aja........tapi ya ini operasi secara manual yah....heheheheh
daftar wrote:EV ini kayaknya memang cocok di eropa/US yang umur mobil ga ada 10 tahun udah dibuang
Setuju
peralatan elektronik ada umurnya
di mobil2 konvensional pun komponen elektronik yg biasanya rusak duluan, sementara komponen mekanikal / mesin / transmisi / powertrain masih pada bagus
kalo mobil2 vintage bisa bertahan puluhan tahun krn semua full mekanikal
Atau mesin listrik yg awet yg sgt sederhana, motor / switch / sekring, electro motor jebol bisa digulung, atau dengan RheoStat, atau yg pake inverter universal, inverter jebol tinggal ganti mau pake FUJI / LG / Toshiba, dll
kalau khawatir batere sebenernya solusinya udah canggih, setiap pabrikan macem prius kasi warranty 10 years. yep 10 years. pertanyaannya dalam 10 tahun kenapa2 ga tuh? kalau ane dulu sempet baca di usa si ga tu, emang drop performance, tapi batere lama dilepas terus jual lagi ternyata ada harganya alias barang bekas berharga, mirip aki prinsipnya.
mikirin komponen? hehehe.. full mekanik macem kunci aja bisa jebol apalagi gituan. kalau mau mikirin ginian terus ya stay on honda cub karbu aja
yang pasti ginian di indo ga akan bisa awet kaya innova atau avanza karena panas dan humid, musuh semua komponen elektrik, aki aja cepet tewas apalagi high tech ginian
sebenernya cocoknya emang kei car kalau bicara ramah lingkungan, asik kan tuh 660cc + turbo seukuran hatchback. dalkot irit, luar kota masih kuatlah nanjak. sayang prinsip bawa sekampung masih berlaku di sini makanya ga jalan juga.
Henry Kurniawan wrote:
TPT Tesla yg dimasukin Prestige:
Model S 85 P Sedan 5998cc PT. Globalindo Permata.:
Tesla 6000 cc?
Ini justifikasinya gimana ya para makhluk jenius itu bikinnya?
Memang hebat Indonesia dalam urusan naikin pajak...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Henry Kurniawan wrote:
TPT Tesla yg dimasukin Prestige:
Model S 85 P Sedan 5998cc PT. Globalindo Permata.:
Tesla 6000 cc?
Ini justifikasinya gimana ya para makhluk jenius itu bikinnya?
Mungkin dari power output, motor listrik nya produce horsepower sebesar mobil 6000cc
Sama kyk Rx-8 diangep setara mesin 2600cc pdhal cuma 1300cc sry ott
bgmn cara yg penting bayar sebanyak mgkn ... urusan pintu di bongkar maling atau apapun kerugian ..
urus sj sendiri
tapi kalo sampe tdk mau bayar ... resiko ya spt pintu mobil di bongkar maling
sehingga bayar / tdk bayar ... tetap sj terasa (ruginya) spt pintu mobil di bongkar maling (anggap sj beli tiga mobil ... di curi maling dua n di sisa satu)
krn mmg harga super luxury car yg disini setara € 250,000 di indo jadi € 1,000,000 after import duty n multitax paid ...
Mitsu i-MiEV yang dimasukin sama KTB. Cek info pkb berdasarkan B 1160 TKU.
Pajak 13 jeti / tahun karena NJKB kena 654 jeti. Mesin dihitung 660cc
Yg membuat EV bisa laris di beberapa negara adalah insentif dari govt dengan cara diskon, tidak ada harga OTR, gratis bayar PKB, gratis tol, gratis parkir.
Selama Indo govt memilih untuk alokasi subsidi ke mobil murah yang hijau dan bahan bakar busuk, kubur dalam2 deh impian punya EV di Indo.
Kalau EV menguasai market share, berapa banyak pengurangan konsumsi bbm? Oil exporter countries pasti menunda kl efeknya besar. Bayangan saya di masa depan battery akan diisi dgn power source dr renewable energy, bisa solar panel, water (bukan lagi potential energy tp sea current), wind, nuclear. Battery jg akan murah kl sdh mass-pro. Cuma ... Sering kali perubahan tech tdk berjalan evolutionary but revolutionary. Waktu video betamax vs vhs, vhs menang sbntr trus ganti vcd, dvd. Evolusi ke bluray vs HD dvd, menang sbntr trus ganti ke streaming media / cloud bahkan solid state drive seakan2 terlupakan. Sy msh ingat betul 3G vs CDMA-EVDO .. bubar jalan cdma nya yg ktnya dulu akan jd gsm killer. Bentar lg yg baru coba jualan internet fiber optic umurnya cuma sebentar. Saya pakai modem 4G beli kartu kuning cepat dan murmer, ga bakal tengok lg itu wired connection. Nah gitu juga EV ... Is it the next big thing? Only time will tell.
govt indo akan jadi salah1 front row countries rejecting mass product EV n water energized vehicles... at least accepting with tariff barrier yg lbh massive drpd detik ini
bayangkan fossil fuel / mineral oil tdk laku ... indo akan makin miskin
mgkn resto akan byk menu dari batu ... ada rendang batu ... semur batu ... gudek batu ... pepes batu
zoo collections akan abis dimakan org org.indo ... tikus got akan jadi endangered animal di indo krn di makan org org indo
Ha ha ha denger2 tikus got itu bizarre food yg rasanya kaya babi hutan, makanya tukang baso sering difitnah basonya campuran babi padahal tikus got.. Kl tikus putih katanya ga edible.
Menurut saya yang belum siap di Indonesia adalah kesiapan listriknya.
Sepanjang listrik masih didapat dari PLTD, sulit untuk dapat kelayakan dari sisi ekonomi.