Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Andrian wrote:Kejadian pas ambil mobil vios ex taxi di pool mau dibawa ke rumah. Posisi dari pool sudah nyala. Siangnya ane sholat jumat dulu. selesai sholat, ane stater.
"lho, kok ga bisa hidup? perasaan tadi gpp?" *utak atik ga jelas plus keringet dingin.
Ternyata, kopling kudu diinjek dulu baru bisa di stater.
Dasar ndeso...
Sebentar ini saya juga baru tau.
Mungkinkah itu alarm after market? Setahu saya gak ada loh mobil manual (apalagi "cuma" sekelas Vios) yg kudu injak kopling baru bisa distarter
Andrian wrote:Kejadian pas ambil mobil vios ex taxi di pool mau dibawa ke rumah. Posisi dari pool sudah nyala. Siangnya ane sholat jumat dulu. selesai sholat, ane stater.
"lho, kok ga bisa hidup? perasaan tadi gpp?" *utak atik ga jelas plus keringet dingin.
Ternyata, kopling kudu diinjek dulu baru bisa di stater.
Dasar ndeso...
Sebentar ini saya juga baru tau.
Mungkinkah itu alarm after market? Setahu saya gak ada loh mobil manual (apalagi "cuma" sekelas Vios) yg kudu injak kopling baru bisa distarter
Ada.. yaris MT juga begitu koq Pak Mod
Oalah, haha
Ternyata malah kejadian memalukannya saya alami di sini
Sip sip makasih dah infonya
Soalnya ada rencana meminang Vios (Vios lama sih, gen 2, itupun juga masih kudu nabung dulu)
Andrian wrote:Kejadian pas ambil mobil vios ex taxi di pool mau dibawa ke rumah. Posisi dari pool sudah nyala. Siangnya ane sholat jumat dulu. selesai sholat, ane stater.
"lho, kok ga bisa hidup? perasaan tadi gpp?" *utak atik ga jelas plus keringet dingin.
Ternyata, kopling kudu diinjek dulu baru bisa di stater.
Dasar ndeso...
Sebentar ini saya juga baru tau.
Mungkinkah itu alarm after market? Setahu saya gak ada loh mobil manual (apalagi "cuma" sekelas Vios) yg kudu injak kopling baru bisa distarter
Itu pios limo pas ane ambil dari pool masih polos ting-ting om robot. Belom ane tambahin apa2.
Ane telp ke salesnya ternyata emang itu proteksinya. jadi klo mau di stater, kudu teken kopling dulu. Logikanya sih, biar safety aja. Biar klo di stater pas gigi masuk, ga loncat (Ane sering pas parkir mobil, gear ane masukin).
Mamang555 wrote:Waktu bawa strada L200 punya kantor dan bingung itu ada tanda apa ya kelap kelip di dashboard koq ga mati2
Baru tau kalo itu indikator seat belt
Maklum ndeso dan dulu ga pernah make seatbelt...
wah samaan om tp sy pas naik ovlov S80 itu indikator kelap kelip n tiap bbrp detik bunyi², jd parno sendiri.
trus dulu baru² nya E39 528i, kaget begitu masuk trus tancepin kunci ehh tau2nya itu kursi n steer gerak2 sendiri, kayak cari settingan gitu.
maklumlah biasa naik kijang doyok angkutin sayur
530i yang begini.
Pas dibuka setir naik biar paha bisa lewat, colokin kunci setir balik posisi sebelumnya, matiin mobil setir naik biar bisa lewat.
keong wrote:Xtrail t31 juga, udah ditanyain mau isi berapa ama petugasnya ane masih panik nyari bukaan buat isi bensin, ternyata eh ternyata gak pake kunci, cuma tinggal dorong dan kondisi udh dibuka sama petugas spbu, gini nih kalo minjem mbl ga minta instruksi dulu.....
Ceritanya sama kek sya oom ahahaha..malah saya sampe turun dari mobil karna kepikiran "mungkin kalo si kunci boilnya dideketin ke tutup tanki si "pintunya" bisakebuka " ...dan taunya tetep aja gk bisa dan ternyata cukup di push aja sebelah kanan "pintunya" dalam keadaan boil gk ngunci dari dalem
kejadian pas pinjem ge8 ponakan mau isi bensin bingung nyari tuas, akhirnya operator spbu ngetok kaca sambil ngomong "pak, udah kebuka tutup bensinnya" pas keluar akhirnya ane bilang ini mobil pinjeman, tengsin abis
kia rio MT bingung gak bisa starter, taunya sama kaya vios diatas harus injek kopling dulu. giliran udah nyala bingung masukin gigi mundur
ha ha ha kocak juga yaaaa
ane juga ada pengalaman kocak, di mobil ane sendiri, kebetulan baru pertama kali ambil mobil matic, cerita nya mobil dah parkir, begitu mau copot kunci kontak kok ga bisa ya, ane coba paksa tetep ga bisa, ane langsung kesel dalam hati, "haadeeuuhh baru beli masak udah rusak begini" ternyata eh ternyata tuas transmisi nya masih di N belum ke P, awal nya ane ga percaya apa iya kudu ke P, pas di pindahin ke P bener aja baru bisa di copot kunci nya
bokap ane jg ada pengalaman kocak. pake mobil grand vitara yg baru, trus diparkir di garasi yg terbuka. trus bokap pergi pakai mobil lain. pas di jalan baru keinget kayanya mobil vitara itu mesinnya belum dimatiin. ga nyadar karena bunyi mesinnnya halus banget. akhirnya dr jauh neleponin satpam komplek supaya matiin mesin mobil. untung aja ga raib tuh mobil hehehehe
artoodetoo wrote:
Sebentar ini saya juga baru tau.
Mungkinkah itu alarm after market? Setahu saya gak ada loh mobil manual (apalagi "cuma" sekelas Vios) yg kudu injak kopling baru bisa distarter
Ada.. yaris MT juga begitu koq Pak Mod
Oalah, haha
Ternyata malah kejadian memalukannya saya alami di sini
Sip sip makasih dah infonya
Soalnya ada rencana meminang Vios (Vios lama sih, gen 2, itupun juga masih kudu nabung dulu)
Miras MT 2015 jg gitu pak mod..
Saya pertama minang miras jg bingung kok ga bisa distarter sampe telp salesnya nanya masa dinamo start / aki rusak pada hari itu jg dibawa pulang.. Eh ternyata gara2 kopling jg.. Soalnya yg bawa pulang bukan saya
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
Pake HRV, sudah yg start stop jadi kunci selalu dikantong. Pas mau parkir paralel bingung mindahin porsneling ke N. Kalo mobil mati porsnelingnya nggak bisa gerak. Pake Vios dulu ada tombol shift lock jadi gampang. Sudah gitu buku manual di tinggal di rumah. Mana tukang parkir nungguin.
Terpaksa cari digoogle. Ternyata pake kunci manual yg ada di remote untuk aktifkan shift locknya..
Biasanya waktu pake boil eropa suka ketuker tuas sein sama wiper karena posisi kebalik.
Trus masukin gigi mundur S2000 temen juga gitu. Tarik tuas gearshift ga bisa, diteken bisa ternyata di posisi gigi 1 arahnya.
Pernah bantuin tukang parkir dan satpam apartemen karena ada outlander yg masuk P ga pada bisa netralin, posisi ngehalangin mobil lain yg mau keluar, yg punya mobil lagi mandi jd cuma dikasih kunci doang si satpam.
Pertama kali pake matik pas matiin mesin kunci ga bisa dicabut ternyata masih N,di pindah P akhirnya bisa..
Pake new yaris,dikasih kunci cuma kotak aja,nyari colokan ga ketemu,baru inget kalo tinggal pencet tombol aja buat nyalain,
Dl pernah diminta tolong supirin mbl CRV 2008 calon kakak ipar.. Uda dg pede blg bisa nyetir mbl matic.. Eh pas mau jalan, bingung cari handbrake.. Setengah jam ubek2 itu mobil, ga ketemu juga.. Akhirnya nyerah, nelpon calon kakak ipar tanyaposisi handbrake.. Ternyata pake sistem footbrake malu
Abis itu br inget, sblmnya prnh nyetir freeed temen dg sistem footbrake juga.. Telat ingetnya
michmichael wrote:Kalau saya kejadian yang memalukan adalah waktu pertama kali ambil hrv dari dealer langsung mampir ke spbu isi bensin. Setelah selesai dan mau jalan gabisa ngelepas electronic parking brakenya.
Bingung gabisa ngelepas karena biasa bawa ertiga yang pake otot sendiri parking brakenya.
Kalau pengalaman yang lain gimana nih? Share ya. Trims!
bukannya epb hrv klo digas uda auto release ya?Ane beberapa kali nyetir hrv pacar ane tinggal bejek bas lngsng release electronic parking breaknya
michmichael wrote:Kalau saya kejadian yang memalukan adalah waktu pertama kali ambil hrv dari dealer langsung mampir ke spbu isi bensin. Setelah selesai dan mau jalan gabisa ngelepas electronic parking brakenya.
Bingung gabisa ngelepas karena biasa bawa ertiga yang pake otot sendiri parking brakenya.
Kalau pengalaman yang lain gimana nih? Share ya. Trims!
bukannya epb hrv klo digas uda auto release ya?Ane beberapa kali nyetir hrv pacar ane tinggal bejek bas lngsng release electronic parking breaknya
brakehold itu om..
epb mah harus dipencet kebawah buat releasenya..
Pas baru bisa bawa mobil, mau buka tutup tanki bensin suzuki katana, masih model colok kunci ke tanki bensin, ga bisa dibuka krn keras banget, yg bisa buka cuma bokap, karena ptugas spbu juga sering nyerah
Dulu waktu nyokap baru bisa nyetir, gw suka main2in setir mobil, belok2in pas mobil mati (maklum bocah 5th) terus kan setir kekunci kalo dibelokin pas mati, pas nyokap mau brgkt ngantor dia ga bisa nyalain mobil, udah smp nelponin bokap tetep ga bs nyala, akhirnya ga ngantor nunggu bokap pulang, pas pulang taunya nyalainnya tgl goyangin setir aja dikit sambil puter kunci hahaha, mobilnya katana yg sama
Ada lagi waktu baru ambil cooper s belom lama, abis ditinggal sebulan kerja, yg make bokap, pas pulang mau bawa coopernya, sewot sendiri kenapa kaca spion jadi ijo, mikirnya bokap gw nempelin stiker2an di spion, udah sebel sendiri krn bokap ngasih aksesoris ga penting (bokap suka nambah asesoris di mobil tanpa nanya2) taunya abis jalan spionnya bening lagi, ternyata itu auto dimming side mirrornya jalan, jadi ketawa sendiri
Sparklinggraphite wrote:Pas baru bisa bawa mobil, mau buka tutup tanki bensin suzuki katana, masih model colok kunci ke tanki bensin, ga bisa dibuka krn keras banget, yg bisa buka cuma bokap, karena ptugas spbu juga sering nyerah
Dulu waktu nyokap baru bisa nyetir, gw suka main2in setir mobil, belok2in pas mobil mati (maklum bocah 5th) terus kan setir kekunci kalo dibelokin pas mati, pas nyokap mau brgkt ngantor dia ga bisa nyalain mobil, udah smp nelponin bokap tetep ga bs nyala, akhirnya ga ngantor nunggu bokap pulang, pas pulang taunya nyalainnya tgl goyangin setir aja dikit sambil puter kunci hahaha, mobilnya katana yg sama
Ada lagi waktu baru ambil cooper s belom lama, abis ditinggal sebulan kerja, yg make bokap, pas pulang mau bawa coopernya, sewot sendiri kenapa kaca spion jadi ijo, mikirnya bokap gw nempelin stiker2an di spion, udah sebel sendiri krn bokap ngasih aksesoris ga penting (bokap suka nambah asesoris di mobil tanpa nanya2) taunya abis jalan spionnya bening lagi, ternyata itu auto dimming side mirrornya jalan, jadi ketawa sendiri
ooo.. auto dimming itu warnanya ijo to om? ane kira gelap doang. belum pernah lihat langsung soalnya
pertama bawa bingung mau masukin gigi1 ud ampe telpon temen segala tetep gak bisa, saking frustasi coba teken paddle kanan kiri bareng2x *emangnya maen game
eh gak taunya simple injek rem dulu baru teken paddle yg + baru masuk gigi1
Awal2 punya RM, matic pertama ane, pas di lamer stop agak lama, posisi gear di N, begitu ijo dg sigap mindahin gear ke depan, alhasil begitu digas mobilnya mundur, seketika langsung injek rem. Untung jarak mobil dibelakang ane cukup aman n doi nglakson2. Diliatin motor2 sebelah ane, diliatin asongan...
Waktu itu mau bawa APV punya sepupu dan kebetulan spionnya dalam posisi tertutup/kelipet.
Saya coba untuk buka koq susah minta ampun sampe keringetan. Ehh taunya udah auto retract/auto folding mirror
Kaget juga APV ada fitur ginian (kayanya tipe lux/tinggi deh APV nya.. soale bangku tengah kapten seat)
Tahun lalu pas liburan ke bali 5 hari, saya sewa livina matic. Pas mau nyolok MP3 player ke HU, saya bingung kok gak ada colokan AUXnya. Sial Akhirnya 5 hari keliling bali gak pake nyalain MP3 player, pdhal udah bela2xin diinget2x jgn sampe lupa bawa, eh kagak bisa dipake. Nah, pas sehari sblm pulang, abis checkin hotel, saya beres2xin deh barang2x yg tercecer di mobil. Iseng saya buka glovebox, intip ke dalam siapa tau ada barang ketinggalan, dan... saya lihat jauh dibelakang ada colokan AUX ! Damn...
ndstar wrote:Awal2 punya RM, matic pertama ane, pas di lamer stop agak lama, posisi gear di N, begitu ijo dg sigap mindahin gear ke depan, alhasil begitu digas mobilnya mundur, seketika langsung injek rem. Untung jarak mobil dibelakang ane cukup aman n doi nglakson2. Diliatin motor2 sebelah ane, diliatin asongan...
Nah, mirip dgn saya pas pertama kali pake matic (Jazz lama). Pas waktu itu lampu merahnya agak lama. Posisi persneling saya pindah ke N+tarik rem tangan. Selama lampu merah saya mewanti2x diri saya, awas kalo lampu dah ijo jgn main dorong itu tuas persneling. Ini matik bukan manual. Eh, gak taunya pas lampu ijo, saya reflek langsung genggam tuas persneling + kaki kiri "injak" kopling, siap masukin gigi 1! Untung langsung sadar, alhasil gak jadi deh dorong tuas persneling mentok ke depan.
Akhirnya mobil jalan setelah kaki kanan injek rem, tangan kiri dorong tuas ke D+lepas rem tangan trus kaki kanan lepas rem pindah ke gas sementara kaki kiri tetap "injak" kopling