Selemot apa sih Honda Freed?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by htannis »

sintoni wrote:Wah, coba tanya om boku, pak.

Masta freed di SM. :drinking:

:glodak:
+1 nih :thanks:
b0ku wrote:
cakdul wrote:Selama siang khalayak ramai terutama para master... :big_childish:

butuh sedikit masukan nih,
rencananya saya mau nuker city car bini dengan Honda Freed bekas,
Kenapa yang dipilih Honda Freed?
Alasannya nih mobil tergolong ringkas, akomodasinya cukup baik, dan modelnya sangaaaaaaat suka :big_love:

Namun dari beberapa review dan banyak postingan member serayamotor, banyak yang bilang nih mobil tergolong lemot... :big_dunno:

Berhubung sama sekali belum pernah test drive nih mobil maka,
Pertanyaan saya :
[*] Selemot apa sih Honda Freed ini?
[*] Dibanding Brio satya apa, apakah honda freed masih lebih lemot?
[*] Masih value gak sih nih mobil untuk dibeli?

Terima kasih sebelumnya :big_deal:

:big_think: lemot buat std gw seh iyah tapi balik lagi pertanyaan tuh mobil minum apa???

kalo dulu gw minumin premium seh kayak ngelag mulu mesinnya berasa ngeden sekarang gw isi V power larinya lumayan pernah dapet 170kmh di jagorawi gak di gas pol yg hebat dari ni mobil power delivery maticnya loe isi org sampe 6-7 pun masih bisa nanjak dgn setengah gas dan gak ngeden......biarpun lemot juga yah kalo dibandingin sama matic2xnya avanza/terios doank mah larinya jauh lah kencengan ini :ngacir:

handlingnya nolong bgt terutama kalo di ganti ban yg bagusan..... :ngacir:
lah keburu nongol noh :ngacir:
anki baru juga lemot nih tanjakan tadi gua bawa isi 6 orang dewasa sama 5 anak mesin ngeden dah bejek pol padahal gak nanjak2 bener dan pake power mode, kayak bensin aja :frm_bang_head:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16683
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by ChZ »

Ada dua hal yang bikin Freed kerasa "lemot"
1. Bobot. In fact Freed ini 300kg lebih berat dari Honda Jazz GE8 Matic. Honda GE8 sekitar 1.050kg, Freed 1.3xx something kg. 300kg loh, itu kayak Honda Jazz diisi penuh 5 penumpang pria dewasa berbadan normal. Nah berapa bobot Freed kalau diisi penuh, i assume 6 orang incl. driver karena baris ketiganya cocoknya buat dua orang saja.... 6 x 60 = 360 kg... udah 1300-an kg ditambah 360 lagi... 1.660kg... lebih berat dari CR-V 2.4 standard yang cuma 1.5xx something kg. Dengan mesin yang torsinya lebih rendah 80Nm dan horsepower lebih rendah 50hp... Mau gak lemot gimana?

2. Gearing. Tipikal gearbox A/T Honda itu gak akan pindah ke gigi 1 kalau gak bener - bener butuh... Jadi mayoritas di dalem kota dia akan pakai gigi 2. Mau di modif seperti apapun, dengan gearing seperti ini akan tetep kerasa lemot akibat gearingnya... Freed temen saya sudah full exhaust, piggyback, air filter ganti aftermarket, geser limiter... Bensin Pertamax... Tetep kerasa lemot kalau gak dibejek...

Ada alasan kenapa Freed punya setup seperti ini, menurut saya karena Freed dikembangkan di Jepang yang jalannya relatif mulus, datar-datar aja, jarang tanjakan terjal, dan speed limit hanya 40 km/h dalam kota... Sehingga untuk ngejar ekonomis... gearbox nya akan selalu milih gigi tinggi. Gak akan bejek - bejekan di dalem kota. Makanya berbeda dengan Mobilio yang dikembangkan di Indonesia / negara berkembang... CVT Mobilio kerasa lebih agresif.

Jadi Honda Freed ini cocoknya untuk typical soccermom... Mobil buat bini - bini anter anak... Menurut saya udah sesuai dengan maksud dan tujuannya oom beliin mobil buat bini... Yang penting asal diisi Pertamax aja gak akan kerasa lemot-lemot amat kok. L15 diisi Premium itu lemotnya parah sekali...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cakdul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Jan 24, 2015 15:19

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by cakdul »

[quote="ChAda dua hal yang bikin Freed kerasa "lemot"
1. Bobot. In fact Freed ini 300kg lebih berat dari Honda Jazz GE8 Matic. Honda GE8 sekitar 1.050kg, Freed 1.3xx something kg. 300kg loh, itu kayak Honda Jazz diisi penuh 5 penumpang pria dewasa berbadan normal. Nah berapa bobot Freed kalau diisi penuh, i assume 6 orang incl. driver karena baris ketiganya cocoknya buat dua orang saja.... 6 x 60 = 360 kg... udah 1300-an kg ditambah 360 lagi... 1.660kg... lebih berat dari CR-V 2.4 standard yang cuma 1.5xx something kg. Dengan mesin yang torsinya lebih rendah 80Nm dan horsepower lebih rendah 50hp... Mau gak lemot gimana?

2. Gearing. Tipikal gearbox A/T Honda itu gak akan pindah ke gigi 1 kalau gak bener - bener butuh... Jadi mayoritas di dalem kota dia akan pakai gigi 2. Mau di modif seperti apapun, dengan gearing seperti ini akan tetep kerasa lemot akibat gearingnya... Freed temen saya sudah full exhaust, piggyback, air filter ganti aftermarket, geser limiter... Bensin Pertamax... Tetep kerasa lemot kalau gak dibejek...

Ada alasan kenapa Freed punya setup seperti ini, menurut saya karena Freed dikembangkan di Jepang yang jalannya relatif mulus, datar-datar aja, jarang tanjakan terjal, dan speed limit hanya 40 km/h dalam kota... Sehingga untuk ngejar ekonomis... gearbox nya akan selalu milih gigi tinggi. Gak akan bejek - bejekan di dalem kota. Makanya berbeda dengan Mobilio yang dikembangkan di Indonesia / negara berkembang... CVT Mobilio kerasa lebih agresif.

Jadi Honda Freed ini cocoknya untuk typical soccermom... Mobil buat bini - bini anter anak... Menurut saya udah sesuai dengan maksud dan tujuannya oom beliin mobil buat bini... Yang penting asal diisi Pertamax aja gak akan kerasa lemot-lemot amat kok. L15 diisi Premium itu lemotnya parah sekali...[/quote]





Terima kasih para master dan senior atas masukannya
Dan mohon maaf tidak bisa merespon satu per satu

Saya membuka topik ini karena memang ingin masukan dari para senior dimari

Terus terang aja saya sangat suka dengan desain Honda Freed, kalo kata putra pertama saya nih mobil udah kayak baby alphard,,

Namun karena banyak yg memberi review bahwa tarikan mobil ini sedikit kurang kalau tidak mau dibilang lemot, maka saya beranikan diri membuat topik ini untuk meyakinkan saya

Memang benar rencananya nih mobil akan menggantikan peran city car bini, dan akan lebih sering bini yang make...

Tapi mengingat kodratnya sebagai mobil keluarga yang sewaktu waktu dipakai full loaded maka parameter akselerasi menjadi pertimbangan penting

Kenapa saya membandingkannya dengan brio?
Alasannya adalah karena saya sangat familiar dengan respon mesin brio Satya manual. Menurut saya akselerasi brio itu cukup ringan, baru masuk gerbang tol bejek gas dikit lirik jarum spido gak sadar udah di 130kpj... kebetulan saya tinggal di Semarang dimana tolnya belum seramai Jakarta,. Jadi gak butuh effort lebih untuk sampai di angka itu,

Mungkin saya tergolong driver agresif, ketika sedang serius mengemudi hampir jarang ada mobil yang menyalip. Bukan ugal ugalan loh ya, sulit menjelaskannya tapi saya melakukan itu secara alami bahkan bini yg duduk disebelah jadi terbiasa dengan karakter mengemudi seperti itu,

Sekali lagi terima kasih atas masukannya, mungkin saya harus mencari unit tes supaya bisa merasakannya langsung
cakdul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Jan 24, 2015 15:19

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by cakdul »

Terima kasih para master dan senior atas masukannya
Dan mohon maaf tidak bisa merespon satu per satu

Saya membuka topik ini karena memang ingin masukan dari para senior dimari

Terus terang aja saya sangat suka dengan desain Honda Freed, kalo kata putra pertama saya nih mobil udah kayak baby alphard,,

Namun karena banyak yg memberi review bahwa tarikan mobil ini sedikit kurang kalau tidak mau dibilang lemot, maka saya beranikan diri membuat topik ini untuk meyakinkan saya

Memang benar rencananya nih mobil akan menggantikan peran city car bini, dan akan lebih sering bini yang make...

Tapi mengingat kodratnya sebagai mobil keluarga yang sewaktu waktu dipakai full loaded maka parameter akselerasi menjadi pertimbangan penting

Kenapa saya membandingkannya dengan brio?
Alasannya adalah karena saya sangat familiar dengan respon mesin brio Satya manual. Menurut saya akselerasi brio itu cukup ringan, baru masuk gerbang tol bejek gas dikit lirik jarum spido gak sadar udah di 130kpj... kebetulan saya tinggal di Semarang dimana tolnya belum seramai Jakarta,. Jadi gak butuh effort lebih untuk sampai di angka itu,

Mungkin saya tergolong driver agresif, ketika sedang serius mengemudi hampir jarang ada mobil yang menyalip. Bukan ugal ugalan loh ya, sulit menjelaskannya tapi saya melakukan itu secara alami bahkan bini yg duduk disebelah jadi terbiasa dengan karakter mengemudi seperti itu,

Sekali lagi terima kasih atas masukannya, mungkin saya harus mencari unit tes supaya bisa merasakannya langsung
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by artoodetoo »

Kalau memang suka dan mau tes drive, saran saya carilah unit yang sehat atau jika memungkinkan carilah Freed milik teman/saudara.
Pada beberapa kasus, dealer terkadang menyediakan unit tes drive yang tidak prima, sehingga calon pembeli tidak makin mantap malahan kecewa.
Contohnya dialami oleh salah satu pakar review di sini yang tes drive Mirage, dapat unit Mirage yang hancur lebur, check engine nyala, alhasil penilaiannya jadi bias. Meskipun itu bisa juga menunjukkan betapa hebatnya Mirage, disiksa sampai check engine nyala juga tetap jalan.

.............................. :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
don1234
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Feb 09, 2016 2:03

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by don1234 »

Kalo kenyamanan sih menang freed, bagi penumpang yg duduk di kursi belakang brio bisa mabok tuh, kurang nyaman aja.
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by elraedrew »

saya hari harian bawa innova diesel dengan dastek,, tapi harian menggunakan map medium
nah mengenai freed
untuk bawah saya rasa tidak lemot2 amat.
yg terasa lemot itu pada saat speed 80 keatas.. itu gas diinjek tapi speed ga mau naik

jadI kalau bawaannya sering dibawah 80(alias dalkot) go for freed aja om.. modelnya kan da sreg juga,,
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by diesel mania »

Buat luar kota emang agak lemot sih, kita musti sering2 mainin tombol o/d kalo mau nyalip2 ato nanjak. Cuma suspensinya tergolong nyaman untuk kelas honda 1500cc.
Diesel in my head
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by vulvy8858 »

cakdul wrote:Selama siang khalayak ramai terutama para master... :big_childish:

butuh sedikit masukan nih,
rencananya saya mau nuker city car bini dengan Honda Freed bekas,
Kenapa yang dipilih Honda Freed?
Alasannya nih mobil tergolong ringkas, akomodasinya cukup baik, dan modelnya sangaaaaaaat suka :big_love:

Namun dari beberapa review dan banyak postingan member serayamotor, banyak yang bilang nih mobil tergolong lemot... :big_dunno:

Berhubung sama sekali belum pernah test drive nih mobil maka,
Pertanyaan saya :
[*] Selemot apa sih Honda Freed ini?
[*] Dibanding Brio satya apa, apakah honda freed masih lebih lemot?
[*] Masih value gak sih nih mobil untuk dibeli?

Terima kasih sebelumnya :big_deal:
1. pernah bawa iprit dalam kondisi baru 2000 km, punya temen, isi 6 orang, isi premium, compare ke apansa metik yang 1500cc sesama isi 6 orang dan isi premium sih dari aksel saya pegang apansa 1500cc. far far worse than the can. buat overtaking mesti digeser dulu ke D3 dan tendang gas. kalok posisi cuma isi 2-3 orang pun sementara ini saya masi pegang apansa 1500cc kalo buat tenaga dan akselerasi. pas tanjakan panjang dengan sama sama pakek D3, IMHO masi enakan apansa juga tenaganya :big_childish: :big_childish: apa karena diisi premium yak. L15 minta petromak sik, oktan 92 minimal.

2. saya pakek Brio 1200 metik, karena iprit juga ga ada menual, saya compare metik to metik. Brio 1.2 metik akselnya sangat parah, IMHO Freed masi lebih enak dari aksel maupun pumping 100 kpj up. bawa brio isi 2 orang tenaganya kayak bawa iprit isi 6 orang.

3. IMHO, masih worthed. selama ente dapet mobil bekas, bukan bekas mobil. hondul2 yang agak2 tuwir butuh perhatian lebih di cooling system, A/C, sama kaki2. mesin ama tranny sih aman yak.

minus paling besar si iprit menurut gua cuma boros buat rute dalam kota dan lemot kalo dirawat kayak rawat apansa.

boros disini saya compare ke apansa 1500, buat dalkot macet parah si iprit agak susah dapet 1:8, apansa 1500 easily get 1:8. kombinasi rata2 1:11-12, sama kayak apansa, tapi apansa lebi enteng akselnya. buat highway cruising, mubil ini juwara, kalok kaki ente sabar sih 1:15 will be easily reached, apansa dapet 1:13-14 aja uda bagus banget.

iprit butuh binsin oktan tinggi dan olie encer, kalok dikasi prima xp dan primium kayak apansa mah bengek doi, terlalu kental olie nyah dan oktan nyah terlalu rendah.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Feb 06, 2016 4:04

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by armancho »

Promtheus wrote:
armancho wrote:ya bener ga lemot lemot amat. kalau di tanjakan masih lebih lemot ipah bensin at


Sent from my iPhone using Tapatalk
Masa sih om innova bensin at segitu parahnya.. logikanya kan cc lebih gede, penggerak belakang, hp jg lebih gede... Innovanya diisi bensin apa om emangnya? :big_think:

ipahnya bensin ron 88 aja om. sama kayak freed ane. tapi saya kira ipah bensin at lemot gara gara pakai unit AT-nya ipah solar, karena aku liat perbandingan rasio sama persis. tapi torsi ipah solar kan gede.
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by yudhisuwandono »

nunggu sienta aja om,, bulan depan nongol,,,,
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1704
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Selemot apa sih Honda Freed?

Post by lemonadelovers »

Ipah bensin (sebelum ANKI) at boyo n boros menurut saya krna setingan maticnya aneh. Terlalu cepat pindah gigi, tiap 2000rpm pindah persis kayak yg diesel padahal yg bensin torsi puncak d 5000-an rpm klo diesel d 2000-an rpm. Jalan d kec 40km/h keatas ud masuk gear 4/ akhir.
Solusinya kec dbwh 80km/h tuas taroh d 3 aja, diatas 80km/h baru pindah ke D
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C