Iya monokok om, selain pemasangan rollcage , reinforced body monokok biasanya dengan menambah jumlah titik las di sambungan plat.jivos wrote:Tidak mesti sama/mendekati spec wrc car si om.
Ingin menambah daya jelajah saloon/hatch di berbagai type surface jalan saja, diajak lari luar kota (unpredictible road) juga tdk terlalu was2.
Wrc car konstruksi chasis bkn monokok ya?
Klo liat2 list masspro spt subaru sti, minicooper bukan ladder klo ngga slh.
Pemasangan rollcage (utk reinforce chasis) ato turbo installment di based yg msh NA, utk awam spt kita tentu sdh agak extreme mod.
Diliat aja om, yg biasanya rusak apa aja kalo hajar jalan jelek.
Paling velg peyang ( diatasi dengan ganti velg kuat dan ban lebih tebel).
Kaki2 cepet rusak (biasanya mobil rally ganti bushing dan mounting dengan bahan polyurethane atau pillowBall. Tierod balljoint ya sering diganti aja.
Lampu terang buat liat lubang2 supaya lebih keliatan.
Suspensi paling ditinggiin dari standard, rally asphalt wrc ga bisa dijadiiin acuan, soalnya jalanan yg dipake mulus2. Asphalt di Indo lebih mirip medan gravel

Utk dek pelindung karter mesin dan arm2 bisa bikin pake plat stainless5 mm tp buat harian sih bikin buat pelindung mesin aja.
Shock breaker kalo ada aftermarket yg murah bisa aja. Utk mobil2 rally grup N, shock biasanya pake spek rendah merk MCA suspension harganya sekitaran 9000 Aus$ atau reiger suspension 10.000- 15000 £. Utk spek WRC tentunya lebih mahal lagi.