ChZ wrote:DOHC wrote:
as a whole package sehh berasa banget ini mobil overprice nya... minim soft pad, dan seinget ane RM yg perna ane liat2 di showroom jg build quality nya emg rada kurang konsisten dan cheapo... sperti petuah master adjaya yg blg ini quality nya sperti step back dbanding RE... plus diperparah dgn sunat sana sini...
tapii... utk poin peace of mind, kayanya emg RM ini masi raja nya... kaki2, enjin, tranny yg plg krusial utk pasar indo, ud bener2 proven robust... yahh at least dibanding ama kompetitor nya macam CX5 atau T32 yg masi tanda tanya... apalagi utk urusan kaki2...
Ehehehe peace of mind terutama urusan spare parts... Ya pertama orang bilang emang RM overprice... tapi begitu udah amsiong kayak ane kemaren claim shock... Baru bersyukur mobil ini mereknya Honda bukan Mazda atau Nissan... shock yang notabene barang slow moving, kemaren dateng gak sampe seminggu dari waktu claim. Walaupun prosedur claim nya dibuat ribet sama policy HPM...
Blom lagi harga spare partsnya juga paling murah dibanding kompetitor, service murah meriah... Servis 20ribu kmaren cuma habis sejuta lebih dikit di BeRes

heran, miara mobil 400juta sama murahnya ama mobil 200juta-an...
Jangan salah, sebelum ada oknum yang menuduh ane ngebela RM karena punya (krn di forum sebelah pernah ada yang bilang ane gak konsisten dulu ngebela Mazda skrg ngebela Honda), ane mengakui mobil ini inferior di segala sisi dibanding ekstril atau CX-5... bahkan dibanding prev gen CR-V aja kalah bagus buildnya... kebetulan CR-V RE masih ada walaupun udah bukan saya yang makek... Tapi kalo mau dipake sampe amsiong, mungkin CR-V sangat-sangat saya sarankan... puas terus pake CR-V dari generasi awal sampe sekarang...
Bukan puas karena mobilnya perfect... puas karena serba gampang mobilnya gak minta aneh - aneh... termasuk bensin mau pake jelek sampe bensin bagus juga tetep asik asik aja.
actually biaya servis T31 juga ga mahal om, ya masih sama lah antara rentang ratusan ribu sampe sejutaan. pernah nyentuh 2 juta pas servis besar di KM 40k dan 80k, tapi saya lupa perinciannya apa saja. pernah jg kena recall steering rack, ga pake ribet lgsg diganti.
tapi memang saya akui, setelah menginjak usia 6 thn lebih, ya penyakit2 khas T31 diatas 5-6 thn mulai muncul. ya menurut saya wajar, namanya juga mobil perang sehari2.. bokap pake mobil jg kadang seradak seruduk, klo saya yg pake ga usah ditanya lagi

harga partsnya sendiri masih terbilang wajar ya buat saya, masih masuk akal buat mobil sekelas ini
tapi, kalo ditannya, apa bisa mobil ini tahan sampai 10 thn sama saya, saya agak ragu buat jawan "iya". karena bokap kalo pake mobil bisa sampe 10 thn, dan dulu pake altis 10 thn masih nyaman2 saja itu mobil pdhl cyllinder headnya sudah dibubut gara2 radiator bocor. yaa, kalo utk pemakaian jangka wkt 10 thn, saya masih megang CRV dibanding xtrail, meskipun saya pengguna xtrail. tapi, kalo utk dipake hanya sampai garansi habis lalu jual, ya merem lah ambil cx5
