Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by DOHC »

di ipah bensin jadul ane... ga ngaruh ke FC sehh antara premium atau pertamax... dalkot tetep 1:7.. lurkot 1:10

tp yg ngaruh signifikan tenaga nya... kl nanjak cipularang fully loaded pake premium, musti gigi 1-2 doank, itu aj pas tanjakan panjang pasti tersenggal2 macam menit2 trakir video jav.... kl pertamax, shell super atau oplosan vpower cepeceng, ilang tuh ngos2an...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by amfibi »

DOHC wrote:di ipah bensin jadul ane... ga ngaruh ke FC sehh antara premium atau pertamax... dalkot tetep 1:7.. lurkot 1:10

tp yg ngaruh signifikan tenaga nya... kl nanjak cipularang fully loaded pake premium, musti gigi 1-2 doank, itu aj pas tanjakan panjang pasti tersenggal2 macam menit2 trakir video jav.... kl pertamax, shell super atau oplosan vpower cepeceng, ilang tuh ngos2an...
Pengalaman ane di ipah bensin at 07 dulu jg sama nih, bedanya di tenaga doang, FC sama aja...

Jadinya terusin pake premium aja mah :mky_03: :mky_03: :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by DOHC »

terusin pake premium, tp bersihin TB nya, kalo perlu di amplas dalem nya.... lmayan ngilangin efek ngos2an pas ditarik...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by Fiz »

btw, pertamina di beberapa spbu di jkt kan jual tuh bensin racing, kalo gak salah 1liternya 40k an (rada lupa)
itu RON berapa ya?
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 392
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by romi10 »

Fiz wrote:btw, pertamina di beberapa spbu di jkt kan jual tuh bensin racing, kalo gak salah 1liternya 40k an (rada lupa)
itu RON berapa ya?
Ron 100 om
User avatar
silverant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Mon Sep 16, 2013 6:54
Location: Jakarta

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by silverant »

Kebetulan kemarin baru ngetes nih... tapi bukan pertamax vs premium tapi shell super vs premium.

Pengukuran memang hanya perhitungan kasar ( karena meskipun rute sama namun berkebalikan, juga waktu perjalanan juga beda, tingkat kemacetan yg berbeda ). Jarak 495 km (jarak dari GPS), 499 (jarak dari google map), 490 km (jarak ordometer)

Mobil saya Honda new City 2006 VTEC matic.
Rute :
Bintaro - Toll lingkar luar - Pantura - Weleri - Sukerojo - Parakan (Temanggung).

Menggunakan shell super full tank dari Bintaro, sampai Parakan sisa sekitar 8 liter (Kapasitas tangki honda city 40 liter, sampai parakan diisi premium 200 rb hampir full tank -- berarti diisi 30 liter). Berarti Bintaro - Parakan habis sekitar 32 liter. Berangkat jam 4.30 pagi sampai Parakan jam 17.30 sore (total 13 jam dengan istirahat 3 kali).

Secara biaya, 32 liter x 8100 = 259.200

Pulang balik ke Jakarta, Jalan dari parakan jam 9.00 Pagi sampai Bintaro jam 22.00 (total 13 jam dengan istirahat 3 kali)
kira-kira habis sekitar 40 liter. berarti 40 x 6700 = 268.000



Tapi memang perjalanan Bintaro - Parakan dilakukan subuh, sehingga praktis Bintaro - Indramayu lancar tanpa macet -- di toll jalan 100 - 120 km/jam, pantura 80-100. Sedangkan saat kembali meski tidak macet tapi tidak bisa digeber terlalu kenceng (tol 60-90, pantura 60-90).

Barnagkali membantu :)


Terimakasih.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by sucahyo »

Kalau punya angka penunjuk irit. dicoba saja di jalankan di kecepatan yang sama lalu di reset AVGnya. tinggal dilihat angka yang ditunjukkan sesudah stabil berapa. Beda berapa persen akan langsung ketahuan

Mobil saya di tutup kelihatan tulisan ron92 tapi saya isi premium saja, toh walau pakai premium mobil tetap lebih irit dan bertenaga daripada yang diposting sama yang lain. Kalau sudah pakai penambah tenaga, justru sebaiknya pakai premium.

Bensin juga perlu disesuaikan dengan tuning / modifikasi.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by aspsilver »

prinsipnya bbm beroktan tinggi tidak membuat irit atau bertenaga.
itu adalah konsep yang SALAH

masalahnya di mesinnya.

Mesin akan optimal apabila menggunakan BBM sesuai spesifikasinya.
rasio kompresi memang salah satu indikatornya tapi bukan satu2nya.

paling baik adalah sesuaikan sama rekomendasi pabrik, ada di buku petunjuk atau di tutup tangki bensin.

nah mobil sekarang ada yang namanya knock sensor, ini yang akan menyesuaikan jenis bbm yang dipakai. mesin lama, th 90-an kebawah, tidak ada otomatisnya, harus diatur pakai lampu kedip2, kalo yang suka kebengkel tau deh lampu apa.

waktu mobil diberikan bbm yang sesuai rekomendasi, maka dia akan berjalan optimal, tenaga paling besar dengan bbm paling irit.
waktu diberikan bbm dibawah rekomendasi maka akan berkurang tenaganya dengan konsumsi bbm yang lebih boros, tapi berbedaan ini bisa dirasakan bisa juga tidak. perbedaan ini berkisar antara 5-15%.

rekomendasi pabrikan ada minimum, dan recommended, misalnya minimum 92, recommended 95.
nah yang gini, misalnya dikasi 98, gak ada gunanya, mesin tidak bisa naik lagi performanya.

lihat deh di you tube, ada video test nya oleh FIFTH Gear

perbedaan utama antara Premium dan bensin mahal lainnya (pertamax, Shell, Total) bukan di oktannya, tapi di aditifnya,

Premium tidak ada aditif, maka di pasaran bilang dia bensin kotor dsb.

sedangkan bbm mahal pakai aditif, yang menurut claim, bisa ikut membersihkan kerak di ruang bakar, dsb.

perbedaan, antara Pertamax/Plus, Shell Super/ V power, Total Performance 92/95, di campuran aditif mereka,
sama2 pesen nasi goreng, tapi
kalo premium nasi goreng , nasi doang.

pertamax dkk, pake tambahan ada bakso sosis, dsb.

nah tiap restoran kan punya racikan nasi goreng yang berbeda, makanya rasanya juga berbeda, walaupun sama2 nasi goreng.

di Indonesia kita cuma ada 3 SPBU, 3 restoran aja,
bandingkan di USA atau Eropa, ada puluhan merek SPBU, harganya lain2, walaupun barang yang dijual ya itu2 aja.

jadi kalo ada yang merasa pake BBM mahal lebih irit bertenaga dan lain orang bilang tidak,

sama kayak nasi goreng tadi, makan yang standar aja enak koq, yang mahalan rasanya sama aja. hehehe.

tapi kalo menurut saya, saat ini beda harga BBM antara Premium dan yang Mahal, kan cuma 1400, artinya 10 liter beda 14rb, 30 liter beda 42 ribu, gak beda banyak lah, boleh dicoba, anda suka, lanjut, tidak suka, balik premium.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by sucahyo »

aspsilver wrote:Premium tidak ada aditif, maka di pasaran bilang dia bensin kotor dsb.
Kalau di Indonesia, premium adalah pertamax + aditif pengurang tenaga. Bukti:
http://www.republika.co.id/berita/koran ... ngaku-rugi
"Selama ini, kilang lebih banyak mengolah RON 88 yang merupakan pencampuran RON 92 dan Naphtha."

jadi premium itu pertamax ditambahi aditif. Ibaratnya kalau pertamax itu nasi, maka premium itu nasi jagung.

Untuk soal membersihkan kerak, sekalipun sudah pakai bensin paling bersih sekalipun, servis setiap 10ribu km kok masih saja dipaksa untuk pakai carbon clean? Jadi rasanya itu hanya mitos saja.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by aspsilver »

sucahyo wrote: Untuk soal membersihkan kerak, sekalipun sudah pakai bensin paling bersih sekalipun, servis setiap 10ribu km kok masih saja dipaksa untuk pakai carbon clean? Jadi rasanya itu hanya mitos saja.
bukan mitos pak. tapi kan memang tidak ada aditif yang bisa bersihkan kerak 100% kan.
makanya perlu tambahan pembersihan.

tapi kalo 10 ribu rasanya sih terlalu singkat, saya rasa 20-30rb sekali cukup
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by DOHC »

perihal bensin bergizi ada aditif dan premium ga ad... kayanya benar ada nya dehh...

di mobil santa fe nya mods meneer imsus, perna diposting oleh beliau di marih beberapa bulan lalu waktu top overhaul... bersih bener tuh klep, enjin head... scara ybs pengguna setia bensin bergizi selalu...

kl ane yg pecinta mati premium busuk, ad beberapa kali ane post foto busi ipah, livina, apanja ane yg pemakaian 4000-5000 km aj ud super item berkerak tuh busi... bahkan kl diintip dari lobang busi, kerak karbon nya merata menutupi kepala piston..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by ChZ »

aspsilver wrote: nah mobil sekarang ada yang namanya knock sensor, ini yang akan menyesuaikan jenis bbm yang dipakai. mesin lama, th 90-an kebawah, tidak ada otomatisnya, harus diatur pakai lampu kedip2, kalo yang suka kebengkel tau deh lampu apa.

waktu mobil diberikan bbm yang sesuai rekomendasi, maka dia akan berjalan optimal, tenaga paling besar dengan bbm paling irit.
waktu diberikan bbm dibawah rekomendasi maka akan berkurang tenaganya dengan konsumsi bbm yang lebih boros, tapi berbedaan ini bisa dirasakan bisa juga tidak. perbedaan ini berkisar antara 5-15%.
nambahin informasi : yang lampu kedip2 itu namanya timing light oom... buat ngatur timing pengapiannya berapa derajat sebelom TMA. Ya kalau yang djadoel perlu pake timing light, yang baru udah ada knock sensor buat mundurin waktu pengapian.

pengalaman di SX4, dulu waktu kebiasa pake premium seminggu dipake keliling terus sih biasanya udah di bawah 1/2, pake perta dipake keliling terus masih 1/2 pas atau bahkan lebih. Pernah diitung bedanya cukup lumayan lah, premium 8.5 km/l, pertamax 9.2 km/l, pertamax plus malah 8.7 km/l.

Kondisi bawa selalu sama, ketemu jalan kosong bejek :ngacir: bedanya yahh kalo kickdown yang pertamaxplus nyaris gak ada delay, pertamax delay dikit, premium delay nya paling asoy.... lama banget. :big_slap:

masalahnya kalo pake pertamaxplus saking gak ada delay dikit-dikit bejek, mungkin ini yang menyumbang kenapa lebih boros dari pertamax 92 :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Lenov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Feb 21, 2015 13:59

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by Lenov »

Pengalaman saya sih fc hampir sama, tapi tenaga lebih enak pake pertamax. Mumpung harga pertamax lg di bawah 10rb, saya lebih pilih pertamax
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by DOHC »

ChZ wrote:
nambahin informasi : yang lampu kedip2 itu namanya timing light oom... buat ngatur timing pengapiannya berapa derajat sebelom TMA. Ya kalau yang djadoel perlu pake timing light, yang baru udah ada knock sensor buat mundurin waktu pengapian.

haa.. timing light... jadi inget sala satu barang dagangan bokap ane ini... walaupun kepake cuman buat mobil jadul, tp tuh barang pasti ad aj yg bli kata bokap ane... sbulan pasti ada 3-4 batang laku... :mky_01: :mky_01:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
semesta
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Fri Dec 13, 2013 8:10

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by semesta »

jadi g bener ya kalau harus cabut aki buat reset, supaya pake pertamax lebih efektif kalau sebelumnya udah pake premium?
Lenov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Feb 21, 2015 13:59

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by Lenov »

semesta wrote:jadi g bener ya kalau harus cabut aki buat reset, supaya pake pertamax lebih efektif kalau sebelumnya udah pake premium?
Pertanyaan penting nih, saya juga mau mau tahu jawabannya. yang pernah saya baca kalau gak salah harus reset ECU-nya bukan cabut aki...
:big_bored:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by sucahyo »

semesta wrote:jadi g bener ya kalau harus cabut aki buat reset, supaya pake pertamax lebih efektif kalau sebelumnya udah pake premium?
Kalau sudah pernah pakai premium, mesin tetap akan kasar walau berikutnya diberi pertamax. sebaiknya jangan cabut aki, tidak pengaruh dan bisa malah merusak setingan yang benar.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by DOHC »

cabut aki sebnernya ga terlalu perlu koq... ecu mobil2 skrg rata2 uda pinter... bsa self learning sendiri... oktan bagus, otomatis pengapian bsa dimajuin sendiri... cuman yahh ga bsa instant efek nya... musti dikasi waktu buat learning dulu... at least itu yg ane rasain waktu di livina ama ge8 ane dl...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
tzalie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: Tue Sep 04, 2007 12:12

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by tzalie »

hematnya mungkin ke perawatan mesin jd lbh awet
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by sucahyo »

Kalau mau irit, mobil LCGC saja. 1:20 itu gampang. 1:25 bisa. 1:35 memungkinkan.
aspsilver wrote:bukan mitos pak. tapi kan memang tidak ada aditif yang bisa bersihkan kerak 100% kan.
makanya perlu tambahan pembersihan.

tapi kalo 10 ribu rasanya sih terlalu singkat, saya rasa 20-30rb sekali cukup
untuk jarak mungkin bisa dilihat sendiri. Untuk kebersihan, saya pernah coba yamalube carbon clean. Wah walau terasa napas makin panjang, selama pakai itu tenaganya berkurang. Bau juga seperti minyak tanah, resiko bikin seal bocor. Jadi saya akan menghindari bensin yang dikatakan bisa membersihkan mesin.
adai
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Fri Jul 31, 2009 13:49

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by adai »

mau nanya dong

mobil saya avanza dari premium sempet isi 2x ke kerang super, balik isi premium lagi kok jadi kaya ndut2an ya
apa ada yg pernah pengalaman kaya gini?
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by dogar »

Saya juga pernah punya pertanyaan yg sama, dan belum lama melakukan eksperimen pribadi. Yaris matic 2010 yg sejak beli pake premium, saya kosongin tangki trus isi full pertamax (mumpung lagi murah cuman 8000 perak/l), pake seminggu sampe kosong lalu isi full lagi.
Rute selama seminggu sama persis dgn waktu pake premium dgn kondisi traffic yg relatif sama, error margin minim lah.
Hasilnya: fc dan performance ternyata sama aja, ngga ada bedanya kayak waktu pake premium.
Akhirnya ya balik lagi aja ke premium, lebih murah tapi hasilnya sama dgn pertamax.

http://economy.okezone.com/read/2014/12 ... ertamax-92
User avatar
omsafety
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Tue May 03, 2011 3:14

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by omsafety »

Report pemakaian :

1. R3 ori GX MT 1.4L 14' : Pertamax 100rb (12 ltr) untuk 2 hari pemakaian , rute Bekasi - Lippo - Bintaro Sektor 9 - PP , kurleb 150 an km / day . AVG read di MID rata2 21-24 km/ltr, fluktuatif tergantung kondisi lalin.

2. All New Xenia D+ MT 1.0L 14' : Premium 100rb (14.9 ltr) , tidak cukup 2 hari pemakaian, rute sama dengan di atas

Rute kombinasi lancar - merayap - stuck (yg sering lewat JORR pasti tau lah macet nya kayak apa)

Asumsi saya kenapa Xenia lebih boros karena mesin cc kecil harus bejeg gas biar lari sehingga FC nya jelek . Akan tetapi pernah pake AVG AT 1.3L 10' selama 5thn pake premium FC dalkot dikisaran 1 : 9 km/ltr, terbaik kalo ke Jateng bisa tembus 1 : 11 km/ltr
semesta
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Fri Dec 13, 2013 8:10

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by semesta »

wah r3 bisa sehemat itu ya? Padahal mesin cc nya g terlalu beda sama avanza/xenia ya..?
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Minta Testimoni : Benarkah Pake Pertamax Lebih Hemat?

Post by djia »

Ertiga tentu lebih hemat daripada xenia krn ertiga pake penggerak depan yg lebih efisien utk penyaluran tenaga dari mesin ke roda penggerak. Selain itu kliatannya bentuk depannya kliatan agak lebih aerodinamis (tpi ga tau juga seh ini bener pengaruh apa gak). Trus mungkin juga ada improvement di mesin/non mesin utk penghematan fc. Tapi kalo memang avg dalkot bisa >20 km/l itu mantep banget.

Xenia 1000cc ga lebih hemat dari yg 1300cc krn di 1000cc lebih sering bejek gas utk dpt tenaga. Plusnya 1000cc ini cuma lebih terjangkau harga unit barunya.

Xenia/avanza matic lebih boros krn maticnya dudul, ga linier di perpindahan gigi 1 ke 2 n butuh realtime fueltime consumption tinggi di gigi 1. Kalo utk stop go lebih boros, tpi utk luar kota lancar pengalaman ane habisnya mirip dengan yg manual krn udah stabil masuk gigi >1 yg lebih smooth. Di veloz 1500cc at ane luar kota masih dpt >14 km/l (MID), mirip sama ex avanza 1300 mt ane, tpi klo full dalam kota paling dpt skitar 9 km/l, bagus2nya 10.x km/l.
Semua pake premium tanpa aditif apa2.

Ini ane lagi mulai nyoba pake pertamax.