Turboman wrote:billyd1773dz wrote:
suspensi full independen, monokok,light weight. itu juga bukan hal yg mudah di kerjakan via modifikasi.

Kalo basic design suspensi suatu mobil sih udah gak bisa dirubah2
Paling kita cuman bisa ganti shock / ganti per / ubah ketinggian / penambahan chassis Bar
Bahkan soal Rubber mounting di subframe apakah pake rubber mount / Baut lgs ke body juga nggak bisa kita ubah
Utk mobil monokok rubber mount di subframe suspensi ini sgt besar peranannya
kalau saya pribadi daripada monokok yg suspensi lgs baut ke body / semi subframe lgs baut ke body mending sy pilih ladder frame krn Road Noise insulation ladder frame udah kayak mobil2 mewah yg subframe nya Rubber isolated
Percobaan pasang peredam sampai 2 lembar di lantai dek CR-V teteuuppp gak nolong kalau pas lewat aspal kasar........wwrrrrrrrrrrrrr kerasa di kabin

betul.. monokok lebih rawan road noise.. wkwkw
pke miras sampe bingung ban halus gini tp road noisenya lebih berisik dari rocky yg pke ban MT... sekalipun di dek jg uda sya tambah peredam,memang berkurang tp tetep berisik...
meski lucunya di XJ country yang monokok,ban MT jg dgn lower+upper arm custom buatan bandung, bushing juga pke polyurethane lokal untuk tiap arm dan leafspring blkng dan tetep road noisenya lebih rendah dri rocky dan jauh lebih baik dri miras...

bawaan sound insulationnya uda baik
apalagi yg uda pke bushing hydromount ya...
sya kurang ngerti soal masang peredam baiknya seperti apa, sepertiny masang peredam berlembar2 di dek saja tidak cukup mungkin perlu di kolong atau fender juga. blm nemu resepnya bwat bikin miras sesenyap xj etc wkwkw
mbl2 monokok yg bawaanya uda baik seperti captiva imho road noisenya tetep sebanding atau better dri ipah/fortuner.
klw CRV RM sih.... imho sound insulationny memang bukan yg terbaik ya, ntah dimana saja titik hrs di tambah peredamnya...
klw ane pribadi......... y urutin priority wkwk bwat onroad sampai light oprut memang lebih enak fiss dan monokok karna handling,nyaman, ringan, low center of gravity,agile, GC di fiss jg bisa lebih tinggi dri rigid meski ga fix karna naik turun.
bwat disiksa dan oprut berat ya jelas ladder dan twin rigid axle wkwk
for suv keduany hrs 4x4/awd *maunya*
