VanzMatic wrote:...Cek itu Panther karoserian dulu, Colt T120ss yang masih memberi kesempatan luas dikaroseri. L300 Adiputro sekarang buagus banget...Elf karoseri New armada maupun Adiputro... Canter karoserian...
Semua itu bukti nyata, kita punya kemampuan desain ciamik, walaupun masih mengekor desain chassis utama....
dulu itu semua bergantung satu nama. . .alm pak haji tony lesmana. smua clients dia adalah kelompok local coach builder besar. .. adiputro, alexander, superiorcoach (skrg mayasari qq mayasari bakti), amalgam (kel loebis n lubis qq java motors, national motor) yg skrg restu ibu (bluebird group n ziegler), abc magelang, roda, new armada, bumi palapa, mayapada (skrg food industry n finance) ...tdk heran skrg ahliwaris dia (selain dua anak nya itu yg sgt terkenal) jadi infamous rich
ada mmg satu nama lagi bang ronny dotulong yg sempat bikin sendiri usaha coach builder dgn nama erde dgn platform chevy luv mk.2 tapi clients cuma sedikit n yg group kecil kecil.
ttg knp masih pakai chasis original dulu sblm dia mati sy pernah tanya lsg ke pak tony n dia jwb empat perkara... fabriek jual front cab, chasis n engine dlm satu paket tdk bisa di kurangi, kalo salah satu di kurangi maka fabriek garantie hilang, tanpa salah satu dari tiga itu maka tdk bole pasang emblem n logo brand, u mobil dgn local body kepolisian mensyaratkan engine n chasis wajip asli kalo yg lain bole ubah
krn itu alm senang saat thn 95 adiputro kerjasama neoplan bikin full sized bus, monocoque chassis, air suspension. .. N saat dia mati mrk yg besar besar ini sdg minta tolong dia bikin design u proyek bus nasional. tanya sama michael lesmana dimana alm simpan 1:1 clay model nya. besar itu n tdk mgkn di simpan di bawah pohon atau di basement rumah dia