Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

farhan shidiq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Mar 13, 2013 11:02

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by farhan shidiq »

Freed, lumayan underpowered. tapi terbilang cukup untuk pemakaian sehari-hari :mky_01:

gan, kebetulan wktu itu bokap ane pernah ditawarin sejenis barang apalah gitu bwt ningkatin pewr freed.. katanya g bikin boros dan bukan pula piggyback, tp kalo g salah agak makan listrik.. ane bingung itu apaan, ada yang tau? :big_childish:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by hariy »

billyd1773dz wrote:ababilnya sangat ga ngerti mobil bearti manas2in STI :big_chicken:


klw salah manas2in sleeper nah loh.. :mky_03: :mky_03:
lha kalo malem, jangankan ababil, saya saja ngga jelas dari samping itu STi (2008 kalo ngga salah), ato yaris baru........nah ! kalo sampe salah & kalah, maluuuuuu......huehuehue.. :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by ChZ »

hariy wrote:
lha kalo malem, jangankan ababil, saya saja ngga jelas dari samping itu STi (2008 kalo ngga salah), ato yaris baru........nah ! kalo sampe salah & kalah, maluuuuuu......huehuehue.. :big_grin:
ahh hatchback ababil...pake R3 KW8 juga cukup kok buat manas-manasin.... :mky_03:

*colek pengguna R3 KW8 dimari yg sering melakukan jogging* :ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by WongZo »

farhan shidiq wrote:Freed, lumayan underpowered. tapi terbilang cukup untuk pemakaian sehari-hari :mky_01:

gan, kebetulan wktu itu bokap ane pernah ditawarin sejenis barang apalah gitu bwt ningkatin pewr freed.. katanya g bikin boros dan bukan pula piggyback, tp kalo g salah agak makan listrik.. ane bingung itu apaan, ada yang tau? :big_childish:
Ganti filter udara aj om sma CAI jg mayan, TC kah atau apa gtw dah :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by ChZ »

farhan shidiq wrote:Freed, lumayan underpowered. tapi terbilang cukup untuk pemakaian sehari-hari :mky_01:

gan, kebetulan wktu itu bokap ane pernah ditawarin sejenis barang apalah gitu bwt ningkatin pewr freed.. katanya g bikin boros dan bukan pula piggyback, tp kalo g salah agak makan listrik.. ane bingung itu apaan, ada yang tau? :big_childish:
XCS Hurricane?

itu mah buat menstabilkan arus listrik doang oom....

mobil baru ngga perlu... kalopun ngefek sugesti doang kali... kalo mobil tua baru ngefek.... :big_slap:

udeh.. nambah power mah pake piggy, exhaust, filter aftermarket, dll... bukan pake volt stabilizer gituan :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by hariy »

ChZ wrote:
hariy wrote:
lha kalo malem, jangankan ababil, saya saja ngga jelas dari samping itu STi (2008 kalo ngga salah), ato yaris baru........nah ! kalo sampe salah & kalah, maluuuuuu......huehuehue.. :big_grin:
ahh hatchback ababil...pake R3 KW8 juga cukup kok buat manas-manasin.... :mky_03:

*colek pengguna R3 KW8 dimari yg sering melakukan jogging* :ngacir: :ngacir:

huehuehue....itu driver R3 kw8 kakinya sudah setelan lambo, om....jadi ngga peduli nyupir mobil apapun, pedal to the floor...... :ngacir: :ngacir:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by JESKONENG »

WongZo wrote:Klw mnurut ane:
Ipah Bengsin (Harusnya pke mesin 2.4 lah, >150HP ma >220Nm)
Luxio (Harusnya pke 1.8 lah, >120HP ma >170Nm)
Rushter (Harusnya pke 1.8 jg >120HP ma >180Nm)
Serena C24 (Harusnya 2.4 >150HP ma >210Nm)
Yg cukup" aj:
CRV 2.4 AT
PJS Dakar (Klw transmisinya dibenerin :big_exellent: )
Avanza S
Galant Hiu M/T (Dalkot only jgn di toll :big_grin: )
Udh ah, gapernah nyoba lg :big_peace:
Serena C24 bobotnya 1580kg dan menurut bro Wongzo harusnya 2400 cc : 150hp/210nm. Kalok gitu Pug 306 sy saat ini sudah jauh lebih baik lagi ya, dng bobot 1150kg : 2000cc, 155hp/207nm.

Secara "weight to power ratio", Pug 306 th 1999 milik saya adalah 1150 : 155 = 7.4 masih lebih baik dibandingkan VW Golf TSI 1.4 Twincharger keluaran 2014 yg adalah 1391 : 148 = 9.4 < semakin kecil angka hasil bagi bobot kendaraan dengan besaran output power mesin, artinya semakin tinggi performa mobil >
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by WongZo »

JESKONENG wrote:
WongZo wrote:Klw mnurut ane:
Ipah Bengsin (Harusnya pke mesin 2.4 lah, >150HP ma >220Nm)
Luxio (Harusnya pke 1.8 lah, >120HP ma >170Nm)
Rushter (Harusnya pke 1.8 jg >120HP ma >180Nm)
Serena C24 (Harusnya 2.4 >150HP ma >210Nm)
Yg cukup" aj:
CRV 2.4 AT
PJS Dakar (Klw transmisinya dibenerin :big_exellent: )
Avanza S
Galant Hiu M/T (Dalkot only jgn di toll :big_grin: )
Udh ah, gapernah nyoba lg :big_peace:
Serena C24 bobotnya 1580kg dan menurut bro Wongzo harusnya 2400 cc : 150hp/210nm. Kalok gitu Pug 306 sy saat ini sudah jauh lebih baik lagi ya, dng bobot 1150kg : 2000cc, 155hp/207nm.

Secara "weight to power ratio", Pug 306 th 1999 milik saya adalah 1150 : 155 = 7.4 masih lebih baik dibandingkan VW Golf TSI 1.4 Twincharger keluaran 2014 yg adalah 1391 : 148 = 9.4 < semakin kecil angka hasil bagi bobot kendaraan dengan besaran output power mesin, artinya semakin tinggi performa mobil >
Hmm mnrut ane yg agak sering bwa ipah bensin (plng cmn 5 km per mnggu sih) kynya klw 155HP kynya ckup, kn C24 jg bobotnya krng lebih jdi mnurut ane ckup :mky_01: . Pug 306 om kn udh modifan, ya bwt bernyali muda kn msh oke lah psti :big_grin: .
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by amfibi »

Ipah bensin 2.7 baru joss... :mky_03:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by evolution21 »

Um jeskoneng pug nya torsi nya brapa? Penasaran dengan hasil dyno nya
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by JESKONENG »

evolution21 wrote:Um jeskoneng pug nya torsi nya brapa? Penasaran dengan hasil dyno nya
207nm om... kan grafik hasil dyno sudah dimuat di thread pug 306

Peak Power :

Image


Peak Torque :

Image
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by ricz »

Yg underpower : jazz gd3 idsi vtec, alphard, prado 2.7
Yg pas : ipah diesel, ipah bensin non euro, crv, civic, jazz, yaris, mazda2, land cruiser 200

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by WongZo »

amfibi wrote:Ipah bensin 2.7 baru joss... :mky_03:
FC sma pajeknya juga jos :mky_01:
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 510
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by glendotan »

ricz wrote:Yg underpower : jazz gd3 idsi vtec, alphard, prado 2.7
Yg pas : ipah diesel, ipah bensin non euro, crv, civic, jazz, yaris, mazda2, land cruiser 200
Kalo ane kebalik om.. jazz gd3 vtec mt itu pas... kalo mazda 2 at itu yg underpowered. Gak tau kalo yg mt
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by hariy »

kalo 2nd gerobag saya si apansa lawas 1.3 sih, antara kapasitas mesin dan bodi mobil sudah pas.....
pas jarum spido nyentuh 130kpj, pas pula suara mesin meraung2, pas juga bodi mobil gliyang-gliyung (terombang-ambing), pas saat itu pula saya angkat pedal gas karena sudah ngeri...ini subyektip saya looo....
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by NYoman »

Great, itu jawaban yg saya inginkan.. Memang pada dasarnya seperti yg pernah sy bilang di kusem kapan hari enginer meet the designer yg terjadi biasanya design yang indah bisa berubah karena 2 alasan, 1 karena design tidak memenuhi kelayakan secara struktur, 2 bentuk yang terlalu sulit untuk di implementasikan krn untu mass production harus mudah di buat.. Sama halnya dengan engine, biasanya sudah di siapkan misal 2.0 turbo/NA oleh enginer tapi di jadikan 1.5/1.8L untuk mengambil keuntungan lebih serta msh banyaknya orang yg protes terhadap mesin boros.. (kenceng jgn minta irit) tetapi tetap bisa menggerak kan mobil dengan layak..

Nah satu lagi, kebanyakan orang terutama di Indonesia sering sekali mengeluhkan mobil yg underpower terutama yang di jual di Indonesia.. Ada alasan nya karena pada doyan ngebut tapi dengan mobil yang salah, salah? ya salah ngebut dengan mobil MPV/hatchback yang proper untuk mobil santai/bawa keluarga untuk harian, sangat tidak relevan sebetulnya. Kalau yang kita bicarakan masalah sport-super-hyper car nah baru kita bisa bicara underpower/overpower, karena kancahnya sudah betul, powaaaaaaah~~~
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by billyd1773dz »

klw saya yg penting bisa ngikutin flow jalan dengan mudah,saat nanjak g ngeden, nyusul tidak membahayakan, dan tidak memerlukan rev up dan downshift berlebihan neriakin mobil setiap butuh tenaga.

mw mpv atau hatch untuk keluarga sekalipun, klw hal ini tidak terpenuhi imho jadi underpowered cape dipakenya klw dikit2 harus downshift neriakin mesin,setiap nyusul harus dijalan yg pajang lurus dan kosong,malah berbahaya karna tidak ada reserved power jika sedang nyusul tiba-tiba ada yg ngagokin dan g mungkin d rem. klw seperti itu tentu jd underpowered tujuan irit aman dan relax driving juga tidak tercapai..



beda klw ngejar topspeed, accel secepat mungkin itu ranahnya di toys car memang cri kesenangan yang even more over power is better. sometimes bwat yg senang challenge even dangerous makin seneng and pumping adrenaline,rational thinking d pinggirin dulu, lets the child play....

imho aja sih.
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by madcat015 »

Setuju dengan pendapat bro billy dan bro Nyoman...

Tergantung mobil nya apa dulu... dan karakter pemiliknya...

Mw ngebut? silahkan bejek pedal gas mobil sedan atau roadster atau supercar..., jangan ngebut pake MPV atau drift pake SUV... bukan peruntukannya...

Hanya orang yang cukup gila aja untuk melakukan stunt dengan mobil2 seperti itu... :off_no:


Fast car doesn't mean a good car, slow car doesn't mean a crap one. :ungg:
It depends on who you are as the buyer and owner... and most importantly, as a responsible driver.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by bivanos88 »

glendotan wrote:
ricz wrote:Yg underpower : jazz gd3 idsi vtec, alphard, prado 2.7
Yg pas : ipah diesel, ipah bensin non euro, crv, civic, jazz, yaris, mazda2, land cruiser 200
Kalo ane kebalik om.. jazz gd3 vtec mt itu pas... kalo mazda 2 at itu yg underpowered. Gak tau kalo yg mt
mobil pas macet-macetan gas di towel dikit dah loncat-loncat kok dibilang underpower sih.. :mky_03:
User avatar
sukribo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
Location: Surabaya

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by sukribo »

madcat015 wrote:
Mw ngebut? silahkan bejek pedal gas mobil sedan atau roadster atau supercar..., jangan ngebut pake MPV atau drift pake SUV... bukan peruntukannya..
:mky_03: :mky_03: :mky_03:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by artoodetoo »

HAHAHAHAHAHA :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Keduluan om Sunjegrag deh
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by walid_007 »

Entah mengapa mobil yang secara segalanya boyo , malah menyenangkan utk di bejek rata lantai, krn bisa terus menerus

Sedangkan mobil yang "cukup" atau kasarannya dibawah 10sec utk 0-100, malah biasa aja, krn sebentar doang tu pedal nempel karpet

*berdasarkan jalan di indonesia , bahkan asumsi jalan toll karena toll sekarang rame
engine roaring!
User avatar
kariage
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Sun Mar 17, 2013 2:42
Location: PT. Honnyara

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by kariage »

artoodetoo wrote:HAHAHAHAHAHA :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Keduluan om Sunjegrag deh
lebih tepatnya Sukriwul om :mrgreen:

silahkan dilanjut acara pem"bully"annya

:ngacir:
Image
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by htannis »

madcat015 wrote:Setuju dengan pendapat bro billy dan bro Nyoman...

Tergantung mobil nya apa dulu... dan karakter pemiliknya...

Mw ngebut? silahkan bejek pedal gas mobil sedan atau roadster atau supercar..., jangan ngebut pake MPV atau drift pake SUV... bukan peruntukannya...

Hanya orang yang cukup gila aja untuk melakukan stunt dengan mobil2 seperti itu... :off_no:


Fast car doesn't mean a good car, slow car doesn't mean a crap one. :ungg:
It depends on who you are as the buyer and owner... and most importantly, as a responsible driver.
feeling ane gak enak :ngacir: :ngacir: :ngacir:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by amfibi »

sukribo wrote:
madcat015 wrote:
Mw ngebut? silahkan bejek pedal gas mobil sedan atau roadster atau supercar..., jangan ngebut pake MPV atau drift pake SUV... bukan peruntukannya..
:mky_03: :mky_03: :mky_03:
JLEB :mky_03:

Image