Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
betul juga kata mbah e mitsubishi
honda tahun segitu jg masih jaman ny ababil lulus kuliah annn....wkwkkw sama lah kaya honda sekarang
*hormat pada lancer dan galant
honda tahun segitu jg masih jaman ny ababil lulus kuliah annn....wkwkkw sama lah kaya honda sekarang
*hormat pada lancer dan galant
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Idem.....maskopat wrote:tahun 80-90-an? hehehe... speed freak gak akan pilih honda...M90 wrote:Di era 80-an dan 90-an, Bokap ane pernah punya Honda Civic 3 generasi, Civic Excellent, Civic Wonder dan Grand Civic LX dan Civic Nouva. Di eranya, Civic tsb bisa dibilang memiliki mesin terbaik di kelasnya dan tentu saja handling khas honda yg nikmat diajak dansa di jalanan.
Di jaman itu juga Honda lagi jaya2nya di F1. Punya Honda rasanya bangga, mempunyai mobil Jepun yg "superior" dibanding Toyota, Mazda dll.
G pernah pke honda jadi g tw seperti apa honda indonesia taun 90an....
Makanya ane nanya mesin vtec legendaris bseries pernah masuk resmi engga?
Klw engga..... ya ga jauh beda dgn skrng..
Cmiiw

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
baru pertama kali pake hando (CRV RE 2012)
yg ane rasain sih kualitas interior lebih baik dibanding fortuner 2009 ane dulu
tapi bukan berarti kualitas interior fortie jelek lho yak
kalo hando2 lama belum pernah pake jadi ga bisa komen

yg ane rasain sih kualitas interior lebih baik dibanding fortuner 2009 ane dulu
tapi bukan berarti kualitas interior fortie jelek lho yak

kalo hando2 lama belum pernah pake jadi ga bisa komen

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
@ om billy
mesin B series cuma masuk di CRV gen 1 aja AFAIK
-------
sebagai kelahiran 90an awal, ane sih cuma bisa ngerasain gimana naik honda, belum bisa nyetir soalnya
saat ane kecil, di keluarga besar ane hampir semuanya pakai Honda. Bokap dulu pakai Prestige; kakek pakai Genio; om pakai Excellent, trus ganti Wonder, udh gitu ganti Prestige, ganti Genio, dan terakhir ganti Cielo.. Jadi saat itu ane banyak ngerasain line up Honda 80-90 awal.. Dengan interiornya pakai plasti empuk, dashboard yang simpel tapi nyaman dilihat.. Untuk prestige, yg ane inget banget itu Power Steeringnya yg sangat ringan untuk HPS, bahkan dengan kelingking kecil ane saat berusia 7 tahun juga bisa diputer
Untuk Prestige dan Cielo, ane ngerasanya itu mobil nyaman banget, hanya saja kaki-kakinya itu sering bunyi-bunyi meskipun udah bolak balik bengkel
saat itu, image mobil-mobil yg ane tau waktu masih kecil:
Toyota: Mobil keluarga (terutama Kijang
), utk sedannya sih Corolla ga ada matinya terutama Greco. Identik dengan nyaman..
Honda: Lumayan kencang dan irit, entah kenapa yg saya tangkap dulu sih iamge Honda cukup nyaman tetapi di bawah Toyota.. kalo sekarang kan identiknya dengan keras bantinganny
Mitsu: Kencang dan boros
sparepart mahal (om ane yang sering ganti mobil itu sempat punya Lancer SL, dan ini keluhannya
)
Mazda: Canggih, melebihi zamannya (speedo digital, suspensi adjustable), susah ngebenerinnya
BMW: Kenceng dan mahal. apalagi E36, kesannya sporty banget dan mobil impian anak kecil saat itu (termasuk ane
)
Mercedes: Mewah, mahal, dan nyaman. tapi ane sendiri baru ngerasain mercy saat om ane tuker Cielonya dgn W124, dan emang nyaman banget ternyata
ane sendiri waktu kecil kayanya termasuk petrolhead, apalagi deket dengan om ane yang dulu doyan ganti-ganti mobil.. kalo om ane mau cari mobil, pasti ane diajakin dan rasanya seneng bisa coba naik ke bermacam-macam mobil.. om ane itu dulu langganan TopGear dan Autocar, pasti ane bawa kabur ke rumah.. padahal itu masih SD
Akan tetapi.. saat ini di keluarga ane yang dulu semuanya fanboy Honda, sekarang justru udah pada ga pakai Honda.. Kecuali bokap masih piara Civic ES, itupun udah mau dijual karena dirasa ketuaan.. Rasanya sudah tidak berminat untuk memiliki Honda.. Padahal ane masih inget, dulu saat AvaNia pertama keluar, bokap sama om ane bilang "kalau Honda ngeluarin yg sekelas, boleh nih dibeli", tapi saat sekarang Honda ngeluarin Mobilio malah ga berminat dan kami merasa itu bukan Honda yang kami kenal lagi..
mesin B series cuma masuk di CRV gen 1 aja AFAIK
-------
sebagai kelahiran 90an awal, ane sih cuma bisa ngerasain gimana naik honda, belum bisa nyetir soalnya

saat ane kecil, di keluarga besar ane hampir semuanya pakai Honda. Bokap dulu pakai Prestige; kakek pakai Genio; om pakai Excellent, trus ganti Wonder, udh gitu ganti Prestige, ganti Genio, dan terakhir ganti Cielo.. Jadi saat itu ane banyak ngerasain line up Honda 80-90 awal.. Dengan interiornya pakai plasti empuk, dashboard yang simpel tapi nyaman dilihat.. Untuk prestige, yg ane inget banget itu Power Steeringnya yg sangat ringan untuk HPS, bahkan dengan kelingking kecil ane saat berusia 7 tahun juga bisa diputer


saat itu, image mobil-mobil yg ane tau waktu masih kecil:
Toyota: Mobil keluarga (terutama Kijang

Honda: Lumayan kencang dan irit, entah kenapa yg saya tangkap dulu sih iamge Honda cukup nyaman tetapi di bawah Toyota.. kalo sekarang kan identiknya dengan keras bantinganny

Mitsu: Kencang dan boros


Mazda: Canggih, melebihi zamannya (speedo digital, suspensi adjustable), susah ngebenerinnya
BMW: Kenceng dan mahal. apalagi E36, kesannya sporty banget dan mobil impian anak kecil saat itu (termasuk ane

Mercedes: Mewah, mahal, dan nyaman. tapi ane sendiri baru ngerasain mercy saat om ane tuker Cielonya dgn W124, dan emang nyaman banget ternyata

ane sendiri waktu kecil kayanya termasuk petrolhead, apalagi deket dengan om ane yang dulu doyan ganti-ganti mobil.. kalo om ane mau cari mobil, pasti ane diajakin dan rasanya seneng bisa coba naik ke bermacam-macam mobil.. om ane itu dulu langganan TopGear dan Autocar, pasti ane bawa kabur ke rumah.. padahal itu masih SD

Akan tetapi.. saat ini di keluarga ane yang dulu semuanya fanboy Honda, sekarang justru udah pada ga pakai Honda.. Kecuali bokap masih piara Civic ES, itupun udah mau dijual karena dirasa ketuaan.. Rasanya sudah tidak berminat untuk memiliki Honda.. Padahal ane masih inget, dulu saat AvaNia pertama keluar, bokap sama om ane bilang "kalau Honda ngeluarin yg sekelas, boleh nih dibeli", tapi saat sekarang Honda ngeluarin Mobilio malah ga berminat dan kami merasa itu bukan Honda yang kami kenal lagi..
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
@Om azu
B20 yah? Non vtec ya hehe....
Bseries vtec tu sadis2 ...... b16b 1600 cc 185ps @8200 rpm.... extraordinary, karna mbl jaman skrng n.a jarang yg ouputnya kya gini
B20 yah? Non vtec ya hehe....
Bseries vtec tu sadis2 ...... b16b 1600 cc 185ps @8200 rpm.... extraordinary, karna mbl jaman skrng n.a jarang yg ouputnya kya gini
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
kayaknya Honda tahun 90an dulu ga masukin B series VTEC karena dulu salah satu yang dikenal orang-orang dari Honda adalah mesinnya yg irit.. kalau yg masuk B series kan agak susah dibilang irit.. malah jadi saingannya Mitsu yg imagenya kencang 

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Owh.. iritnya yah....azu wrote:kayaknya Honda tahun 90an dulu ga masukin B series VTEC karena dulu salah satu yang dikenal orang-orang dari Honda adalah mesinnya yg irit.. kalau yg masuk B series kan agak susah dibilang irit.. malah jadi saingannya Mitsu yg imagenya kencang
Jadi yg d omongin suhu2 d atas yg missing d honda skrng memang bukan performa ..
Karna dari awal tahun 90an yg populer dimasukin disini memang bukan mesin honda yg legendaris kencengny....
Mitsu juga bukan yg mivec rivalny bseries vtec yg masuk..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
itu sih yang image Honda yg saya dapet dulu dari pendapat orang-orang di sekitar 
apa mungkin image Honda dulu yg lain adalah salah melangkah lebih cepat dibanding pesaing utamanya (toyota) dulu?
Honda lebih dulu pakai VTEC (Ferio 1996, Cielo 1996), sedangkan Toyota sendiri pakai VVT-i utk model lokalnya setau saya di Camry 2003 sedangkan Corolla baru di Altis 2005..
Di Maestro, Honda pertama di kelasnya pakai reflektor kristal, AC digital(?).. Toyota pakai reflektor kristal pertama di ANC 1999:D
utk EFI, baik Honda dan Toyota didahului sama Mazda dan Nissan seinget ane..
cuma pendapat ane yang cuma bocah pada saat 90an dulu
Oiya ada yg ane inget lagi.. Body Honda pasti kalah kekuatannya, utamanya terhadap karat.. Umumnya Honda mudah sekali karatan.. dari mobil-mobil Honda yg dulu pernah ada di keluarga besar saya, yang tidak keropos hanya Genio kakek yg memang mobil asli Bandung.. utk yg lainnya pada keropos semua, apalahi Prestige bokap yg mutasi dari Jakarta.. itu mobil prah bgt dah keroposnya, bahkan inget pernah ngelewatin banjir sampai sendal saya mengapung karena air masuk dari lubang keroposan di lantai

apa mungkin image Honda dulu yg lain adalah salah melangkah lebih cepat dibanding pesaing utamanya (toyota) dulu?

Honda lebih dulu pakai VTEC (Ferio 1996, Cielo 1996), sedangkan Toyota sendiri pakai VVT-i utk model lokalnya setau saya di Camry 2003 sedangkan Corolla baru di Altis 2005..
Di Maestro, Honda pertama di kelasnya pakai reflektor kristal, AC digital(?).. Toyota pakai reflektor kristal pertama di ANC 1999:D
utk EFI, baik Honda dan Toyota didahului sama Mazda dan Nissan seinget ane..
cuma pendapat ane yang cuma bocah pada saat 90an dulu

Oiya ada yg ane inget lagi.. Body Honda pasti kalah kekuatannya, utamanya terhadap karat.. Umumnya Honda mudah sekali karatan.. dari mobil-mobil Honda yg dulu pernah ada di keluarga besar saya, yang tidak keropos hanya Genio kakek yg memang mobil asli Bandung.. utk yg lainnya pada keropos semua, apalahi Prestige bokap yg mutasi dari Jakarta.. itu mobil prah bgt dah keroposnya, bahkan inget pernah ngelewatin banjir sampai sendal saya mengapung karena air masuk dari lubang keroposan di lantai

Last edited by azu on Tue Jan 28, 2014 14:13, edited 1 time in total.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Pernah baca entah di mana, kemungkinan di SM ini juga.
Toyota memang relatif kurang agresif dalam menerapkan teknologi2 terbaru karena menunggu teknologi tsb proven terlebih dahulu. Setelah mantap, barulah dia pakai. Itu karena memang tujuannya lebih ke reliabilitas.
Jadinya wajar kalau relatif lebih banyak melihat Toyota tua di jalanan ketimbang Honda misalnya.
CMIIW cwie mie miauw miauw
Toyota memang relatif kurang agresif dalam menerapkan teknologi2 terbaru karena menunggu teknologi tsb proven terlebih dahulu. Setelah mantap, barulah dia pakai. Itu karena memang tujuannya lebih ke reliabilitas.
Jadinya wajar kalau relatif lebih banyak melihat Toyota tua di jalanan ketimbang Honda misalnya.
CMIIW cwie mie miauw miauw
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Akhirnya..... lappie dan keyboard...
Waktunya curcol...
Trit ini memang menggelitik... bukan bokong yang digelitik, tapi nalar dan akal sehat...
Jujur, ane dulu suka sekali sama Honda sejak ane dapat SX8GM MT dengan D15series enjin yang ajib. Pertama kali nyetir ni boil: "Beuh! Ini mobil bagus..." *wajar, mobil paling mewah yang pernah ane setir taon 2003 dulu cuman TAFT...*
Di jamannya, bentuk SX8GM bener2 cakep, long nose, low body profile, dan bokong yang elegan. Benar2 terlihat desain 3-box dari sebuah sedan...
Kualitas interior baik, meski pakai hard plastik tetapi hard plastik berkualitas dengan kontur yang lembut dan penampilan yang elegan, dan durable... tahan lama... Door trim nya yang bisa bikin mobil 400jt jaman skr malu... Di bagian atas diberi busa empuk berwarna hitam dengan fabrik beludru halus hingga sandaran. ga ada plastik terlihat sama sekali di bagian atas...
Tetapi yang jadi kekuatan SX8, adalah D15 enjin nya. Teman ane mengoprek D15B1 nya hingga 135hp, tanpa turbo... Ane ganti ECU Mugen, suspensi Mugen, dan pasang turbo di D15A1. Sprint 0-100 dalam 8 detik, transmisi kewalahan. Rencana ganti punya Integra 6sp MT, tapi ga pernah dapat barang. SX8 temen ane dapat 0-100 dalam bracket 6-7 detik, berkat diet ketat dan exhaust system ajib.
D15 series, enjin terakhir yang menggunakan besi cor untuk membuat blok nya, brutal karena dapat digeber melewati redline dan mesin nya tidak akan mengeluh. VTEC power benar2 terasa... raungan nya bikin ketagihan.
Chassis benar2 dikembangkan untuk sedan, bukan turunan. Memang parah kelengkapan nya jika dibandingkan sedan sekarang yang penuh gimmick elektronik. SX8GM hanya punya mesin, transmisi, suspensi, rem, dan steering. Benar2 spartan tanpa ABS, EBD, MID, atau apapun.
Nah, SX8 ini merupakan sedan compact terakhir Honda yang menggunakan Full Independent Suspension System di ban belakang. Saat kehancuran dimulai dengan munculnya City Aria yang berbagi chassis dengan Jazz GD, suspensi FIS dihilangkan, diganti dengan torsion beam yang lebih murah...
For the sake of cost? bah!
For the sake of profit, that is...
Sejak Jazz GD rilis, ane hanya melirik Civic FD1 dan Accord CM5, juga CP2. Sudah, ane ga pernah melirik line up lainnya.... setidaknya, sedan2 tersebut masih layak ane sebut dengan sedan Honda. Sporty, good looking, dan cukup fun to drive.
Entahlah, sekarang ane semakin apatis melihat line up Honda yang berkembang. Memang tuntutan untuk mengais kue di segmen gemuk 150-200jt an, tetapi built quality dan soul Honda telah hilang.
Ane telah mencoba Brio DD, CRV RM, Accord CR2, dan CRZ... hambar... ane sampai bingung..., mulai dari bentuk, kualitas material, dan pengalaman mengemudi sebuah Honda yang identik dengan "irit dan kencang".
Kemanakah semua jiwa mobil Honda, kemanakah fun to drive Honda, kemanakah raungan VTEC yang menyenangkan itu?
I am a big fan of Honda, but my next car, definitely wont be a Honda.
*maaf atas curcol ane... post ane hanya pendapat pribadi ane semata...*
Waktunya curcol...

Trit ini memang menggelitik... bukan bokong yang digelitik, tapi nalar dan akal sehat...
Jujur, ane dulu suka sekali sama Honda sejak ane dapat SX8GM MT dengan D15series enjin yang ajib. Pertama kali nyetir ni boil: "Beuh! Ini mobil bagus..." *wajar, mobil paling mewah yang pernah ane setir taon 2003 dulu cuman TAFT...*

Di jamannya, bentuk SX8GM bener2 cakep, long nose, low body profile, dan bokong yang elegan. Benar2 terlihat desain 3-box dari sebuah sedan...

Kualitas interior baik, meski pakai hard plastik tetapi hard plastik berkualitas dengan kontur yang lembut dan penampilan yang elegan, dan durable... tahan lama... Door trim nya yang bisa bikin mobil 400jt jaman skr malu... Di bagian atas diberi busa empuk berwarna hitam dengan fabrik beludru halus hingga sandaran. ga ada plastik terlihat sama sekali di bagian atas...

Tetapi yang jadi kekuatan SX8, adalah D15 enjin nya. Teman ane mengoprek D15B1 nya hingga 135hp, tanpa turbo... Ane ganti ECU Mugen, suspensi Mugen, dan pasang turbo di D15A1. Sprint 0-100 dalam 8 detik, transmisi kewalahan. Rencana ganti punya Integra 6sp MT, tapi ga pernah dapat barang. SX8 temen ane dapat 0-100 dalam bracket 6-7 detik, berkat diet ketat dan exhaust system ajib.

D15 series, enjin terakhir yang menggunakan besi cor untuk membuat blok nya, brutal karena dapat digeber melewati redline dan mesin nya tidak akan mengeluh. VTEC power benar2 terasa... raungan nya bikin ketagihan.
Chassis benar2 dikembangkan untuk sedan, bukan turunan. Memang parah kelengkapan nya jika dibandingkan sedan sekarang yang penuh gimmick elektronik. SX8GM hanya punya mesin, transmisi, suspensi, rem, dan steering. Benar2 spartan tanpa ABS, EBD, MID, atau apapun.
Nah, SX8 ini merupakan sedan compact terakhir Honda yang menggunakan Full Independent Suspension System di ban belakang. Saat kehancuran dimulai dengan munculnya City Aria yang berbagi chassis dengan Jazz GD, suspensi FIS dihilangkan, diganti dengan torsion beam yang lebih murah...
For the sake of cost? bah!

For the sake of profit, that is...
Sejak Jazz GD rilis, ane hanya melirik Civic FD1 dan Accord CM5, juga CP2. Sudah, ane ga pernah melirik line up lainnya.... setidaknya, sedan2 tersebut masih layak ane sebut dengan sedan Honda. Sporty, good looking, dan cukup fun to drive.
Entahlah, sekarang ane semakin apatis melihat line up Honda yang berkembang. Memang tuntutan untuk mengais kue di segmen gemuk 150-200jt an, tetapi built quality dan soul Honda telah hilang.
Ane telah mencoba Brio DD, CRV RM, Accord CR2, dan CRZ... hambar... ane sampai bingung..., mulai dari bentuk, kualitas material, dan pengalaman mengemudi sebuah Honda yang identik dengan "irit dan kencang".
Kemanakah semua jiwa mobil Honda, kemanakah fun to drive Honda, kemanakah raungan VTEC yang menyenangkan itu?

I am a big fan of Honda, but my next car, definitely wont be a Honda.

*maaf atas curcol ane... post ane hanya pendapat pribadi ane semata...*

Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Neubie coba berpendapat sikit tentang Honda yah suhu hehehehe...
Awal neubie kenal Honda yaitu Maestro dan Grand Civic, di kisaran tahun 97an. Enak yah, terlebih Maestro. Interiornya berkelas banget. Flippable AC panel, ambient temp yang akurat. Kebetulan koko neubie suka kasih kesempatan neubie buat gantiin gigi Maestro pas jalan. Duh enak dan presisi, jauh sama Kijang kotak yang jauh travelnya dan keras. Grand civic hanya sebagai penumpang manis di belakang...
Ke era noughties, neubie sempet duduk di all new Type Z di showroomnya. Sales nya cuma senyum lihat bocah 9 taun berpur pura lgi nyetir di dalam Type Z. Dan tetap, saya masih merasakan feelnya Maestro disana... Di saat itu juga, koko saya ada rejeki untuk pinang CRV first gen, dan saya jatuh hati sama respon mesin yang ga ndut ndutan, dan tombol kipas yang gradual sekali
Fast forward ke 2005...ada coba CRV 2.4 facelift...puas sama audionya yang surround...tenaganya yang beuh buas...sering kesentak di bangku belakang
2008..sohib ada yang pinang 1st gen Jazz RS..sangat advanced di kelasnya. Flappy paddle...fully featured...harga yang masuk akal. Juga Civic FD yang simply...best car in my eyes....at that time
Sesudah itu...2009 ongoing...hancur....DOHC diganti SOHC. Softpad ganti ember. Panel gap diganti jurang. Harga mahal diganti err....sangat mahal. Not to forget...target audience berubah.
Contoh? Krum kruman Jazz baru tersedia di 2010an...dan ga cuma Jazz saja. More evidence...gaya modifikasi yang...sorry...hella stanced? Dont get me wrong...it looked...sick! Sick as your leg bitten by a tiger.
Thats why...mostly yang saya kenal sebagai Honda lovers...had moved. Mazda, VW, dan Toyota.... Toyota man! Toyota lebih pintar menjaring kenalan saya daripada Honda...atau memang, Honda sudah ga concern kepada 'kami'...absolutely no SARA here...just a bloke who wished, Honda is trading its chunk of chrome into something like...softpad interior? Double camshaft instead of.... Taffeta White paintjob? Better designer than... Jonfis' mansion refurbishment?

Awal neubie kenal Honda yaitu Maestro dan Grand Civic, di kisaran tahun 97an. Enak yah, terlebih Maestro. Interiornya berkelas banget. Flippable AC panel, ambient temp yang akurat. Kebetulan koko neubie suka kasih kesempatan neubie buat gantiin gigi Maestro pas jalan. Duh enak dan presisi, jauh sama Kijang kotak yang jauh travelnya dan keras. Grand civic hanya sebagai penumpang manis di belakang...
Ke era noughties, neubie sempet duduk di all new Type Z di showroomnya. Sales nya cuma senyum lihat bocah 9 taun berpur pura lgi nyetir di dalam Type Z. Dan tetap, saya masih merasakan feelnya Maestro disana... Di saat itu juga, koko saya ada rejeki untuk pinang CRV first gen, dan saya jatuh hati sama respon mesin yang ga ndut ndutan, dan tombol kipas yang gradual sekali

Fast forward ke 2005...ada coba CRV 2.4 facelift...puas sama audionya yang surround...tenaganya yang beuh buas...sering kesentak di bangku belakang

2008..sohib ada yang pinang 1st gen Jazz RS..sangat advanced di kelasnya. Flappy paddle...fully featured...harga yang masuk akal. Juga Civic FD yang simply...best car in my eyes....at that time
Sesudah itu...2009 ongoing...hancur....DOHC diganti SOHC. Softpad ganti ember. Panel gap diganti jurang. Harga mahal diganti err....sangat mahal. Not to forget...target audience berubah.
Contoh? Krum kruman Jazz baru tersedia di 2010an...dan ga cuma Jazz saja. More evidence...gaya modifikasi yang...sorry...hella stanced? Dont get me wrong...it looked...sick! Sick as your leg bitten by a tiger.
Thats why...mostly yang saya kenal sebagai Honda lovers...had moved. Mazda, VW, dan Toyota.... Toyota man! Toyota lebih pintar menjaring kenalan saya daripada Honda...atau memang, Honda sudah ga concern kepada 'kami'...absolutely no SARA here...just a bloke who wished, Honda is trading its chunk of chrome into something like...softpad interior? Double camshaft instead of.... Taffeta White paintjob? Better designer than... Jonfis' mansion refurbishment?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Seumur-umur, punya honda juga 1 (Ody RA)
Itupun juga semi-dinas, alias buat kantor
Punya 1 ini, yang ada ribet dan manja terus...., sekarang lagi pusing mikiri gearbox-nya yg jebol
Mau kenyamanan, ternyata ada sodara se-garasi yg lebih nyaman
Mau fun-to-drive, sodara segarasi juga ada yg lebih enak, terutama buat luar kota
Irit juga engga...
Sorry, berhubung yg bener2 pelihara cuma 1 itu, ya mungkin kesannya terlalu subjektif
Tapi minimal udah ngerasain sendiri H tegak
Itupun juga semi-dinas, alias buat kantor
Punya 1 ini, yang ada ribet dan manja terus...., sekarang lagi pusing mikiri gearbox-nya yg jebol

Mau kenyamanan, ternyata ada sodara se-garasi yg lebih nyaman
Mau fun-to-drive, sodara segarasi juga ada yg lebih enak, terutama buat luar kota
Irit juga engga...
Sorry, berhubung yg bener2 pelihara cuma 1 itu, ya mungkin kesannya terlalu subjektif
Tapi minimal udah ngerasain sendiri H tegak

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Oddy 2000an yah om?imsus2c wrote:Seumur-umur, punya honda juga 1 (Ody RA)
Itupun juga semi-dinas, alias buat kantor
Punya 1 ini, yang ada ribet dan manja terus...., sekarang lagi pusing mikiri gearbox-nya yg jebol![]()
Mau kenyamanan, ternyata ada sodara se-garasi yg lebih nyaman
Mau fun-to-drive, sodara segarasi juga ada yg lebih enak, terutama buat luar kota
Irit juga engga...
Sorry, berhubung yg bener2 pelihara cuma 1 itu, ya mungkin kesannya terlalu subjektif
Tapi minimal udah ngerasain sendiri H tegak

MPV yang nyaman oom...sayang kaki kakinya...dan ac nya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Kisah pilu sang mod kucing kepada Jonfismadcat015 wrote:Akhirnya..... lappie dan keyboard...
Waktunya curcol...![]()
Trit ini memang menggelitik... bukan bokong yang digelitik, tapi nalar dan akal sehat...
Jujur, ane dulu suka sekali sama Honda sejak ane dapat SX8GM MT dengan D15series enjin yang ajib. Pertama kali nyetir ni boil: "Beuh! Ini mobil bagus..." *wajar, mobil paling mewah yang pernah ane setir taon 2003 dulu cuman TAFT...*
Di jamannya, bentuk SX8GM bener2 cakep, long nose, low body profile, dan bokong yang elegan. Benar2 terlihat desain 3-box dari sebuah sedan...![]()
Kualitas interior baik, meski pakai hard plastik tetapi hard plastik berkualitas dengan kontur yang lembut dan penampilan yang elegan, dan durable... tahan lama... Door trim nya yang bisa bikin mobil 400jt jaman skr malu... Di bagian atas diberi busa empuk berwarna hitam dengan fabrik beludru halus hingga sandaran. ga ada plastik terlihat sama sekali di bagian atas...![]()
Tetapi yang jadi kekuatan SX8, adalah D15 enjin nya. Teman ane mengoprek D15B1 nya hingga 135hp, tanpa turbo... Ane ganti ECU Mugen, suspensi Mugen, dan pasang turbo di D15A1. Sprint 0-100 dalam 8 detik, transmisi kewalahan. Rencana ganti punya Integra 6sp MT, tapi ga pernah dapat barang. SX8 temen ane dapat 0-100 dalam bracket 6-7 detik, berkat diet ketat dan exhaust system ajib.![]()
D15 series, enjin terakhir yang menggunakan besi cor untuk membuat blok nya, brutal karena dapat digeber melewati redline dan mesin nya tidak akan mengeluh. VTEC power benar2 terasa... raungan nya bikin ketagihan.
Chassis benar2 dikembangkan untuk sedan, bukan turunan. Memang parah kelengkapan nya jika dibandingkan sedan sekarang yang penuh gimmick elektronik. SX8GM hanya punya mesin, transmisi, suspensi, rem, dan steering. Benar2 spartan tanpa ABS, EBD, MID, atau apapun.
Nah, SX8 ini merupakan sedan compact terakhir Honda yang menggunakan Full Independent Suspension System di ban belakang. Saat kehancuran dimulai dengan munculnya City Aria yang berbagi chassis dengan Jazz GD, suspensi FIS dihilangkan, diganti dengan torsion beam yang lebih murah...
For the sake of cost? bah!![]()
For the sake of profit, that is...
Sejak Jazz GD rilis, ane hanya melirik Civic FD1 dan Accord CM5, juga CP2. Sudah, ane ga pernah melirik line up lainnya.... setidaknya, sedan2 tersebut masih layak ane sebut dengan sedan Honda. Sporty, good looking, dan cukup fun to drive.
Entahlah, sekarang ane semakin apatis melihat line up Honda yang berkembang. Memang tuntutan untuk mengais kue di segmen gemuk 150-200jt an, tetapi built quality dan soul Honda telah hilang.
Ane telah mencoba Brio DD, CRV RM, Accord CR2, dan CRZ... hambar... ane sampai bingung..., mulai dari bentuk, kualitas material, dan pengalaman mengemudi sebuah Honda yang identik dengan "irit dan kencang".
Kemanakah semua jiwa mobil Honda, kemanakah fun to drive Honda, kemanakah raungan VTEC yang menyenangkan itu?![]()
I am a big fan of Honda, but my next car, definitely wont be a Honda.![]()
*maaf atas curcol ane... post ane hanya pendapat pribadi ane semata...*

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Jadi penasaran sama mobil2 Hando jaman dulu yang pake engine B series atau D series. Kalo dipake di jalanan macet sekarang mubazir nggak ya tuh mesin ajib...
Hando sekarang sepertinya udah belok arah, dari strength perform ke efisiensi, dari eksklusifitas ke market volume oriented "meski salesnya masih rada arogan sih" hehehe... Hando masih belum pengalaman buat mobil merakyat, Dan entahlah itu suatu langkah tepat dan berani atau justru blunder...
Hando sekarang sepertinya udah belok arah, dari strength perform ke efisiensi, dari eksklusifitas ke market volume oriented "meski salesnya masih rada arogan sih" hehehe... Hando masih belum pengalaman buat mobil merakyat, Dan entahlah itu suatu langkah tepat dan berani atau justru blunder...
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
D15 d city sx8 vtec g sih? Std outputny brp?
Jadi memang bseries vtec g pernah masuk resmi y?
Jadi memang bseries vtec g pernah masuk resmi y?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
maskopat wrote:tahun 80-90-an? hehehe... speed freak gak akan pilih honda...M90 wrote:Di era 80-an dan 90-an, Bokap ane pernah punya Honda Civic 3 generasi, Civic Excellent, Civic Wonder dan Grand Civic LX dan Civic Nouva. Di eranya, Civic tsb bisa dibilang memiliki mesin terbaik di kelasnya dan tentu saja handling khas honda yg nikmat diajak dansa di jalanan.
Di jaman itu juga Honda lagi jaya2nya di F1. Punya Honda rasanya bangga, mempunyai mobil Jepun yg "superior" dibanding Toyota, Mazda dll.



-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Begitulah bro iming... ane skr ga merasa seantusias dulu saat melihat Ahond baru di showroom..., kecuali para sales konter dengan sapaan yg menggetarkan iman.
"Selamat pagi koko madcat..."
"Morning sweethearts..." *sambil tebar senyum*
BTT...
Meski ane nyetir Mazda, tp old hondas ttp sanggup bikin ane menoleh... CityZ, Accord VTIL 1999, Civic Wonder, Prelude, S2K, Estillo, CM3/5, FD1/2, CRV RD1, dan sodara segenerasinya.
They are such beautiful cars... old hondas never die, they're just getting faster and more priceless.
@bro billy: D15B1 di 110-115hp... sementara D15A1 di 105-108hp...
"Selamat pagi koko madcat..."

"Morning sweethearts..." *sambil tebar senyum*

BTT...
Meski ane nyetir Mazda, tp old hondas ttp sanggup bikin ane menoleh... CityZ, Accord VTIL 1999, Civic Wonder, Prelude, S2K, Estillo, CM3/5, FD1/2, CRV RD1, dan sodara segenerasinya.
They are such beautiful cars... old hondas never die, they're just getting faster and more priceless.

@bro billy: D15B1 di 110-115hp... sementara D15A1 di 105-108hp...
Last edited by artoodetoo on Tue Jan 28, 2014 15:15, edited 1 time in total.
Reason: kalo menulis emoticon, jangan lupa diakhiri tanda : ya :ngacir:
Reason: kalo menulis emoticon, jangan lupa diakhiri tanda : ya :ngacir:
Obey the mahakitteh. 

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
^^
bukan D15B 3stage vtec yah? yg 130ps @7000rpm....

bukan D15B 3stage vtec yah? yg 130ps @7000rpm....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 578
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Biar panas...
Di segmen sekelas ada gak toyota yg lebih enak disetir dibanding honda??
Jaman dulu atau skrg...
Tariiikk...
Di segmen sekelas ada gak toyota yg lebih enak disetir dibanding honda??
Jaman dulu atau skrg...
Tariiikk...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Corolla GTihitutbaw wrote:Biar panas...
Di segmen sekelas ada gak toyota yg lebih enak disetir dibanding honda??
Jaman dulu atau skrg...
Tariiikk...
*kata om Kopat sih*

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
Ahond jaman skrg irit yak...? 
Koq Jazz GE tmn gw cmn mentok 1:7 doank?

Koq Jazz GE tmn gw cmn mentok 1:7 doank?
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
@bro billy: kayaknya bukan yg 3-stage VTEC... tapi 115hp dengan bobot 990kg... beghh... ga heran sedan ahond jago ngibrit... 
@om hitut: ada... Toyota MarkX...
Salah satu medium saloon paling menyenangkan yg ane pernah setir dari jajaran kaleng Jepun.
@moot droid: errr... mungkin baru kali ini di SM yak, ada momoot edit postingan momoot yg lain...

@om hitut: ada... Toyota MarkX...
Salah satu medium saloon paling menyenangkan yg ane pernah setir dari jajaran kaleng Jepun.

@moot droid: errr... mungkin baru kali ini di SM yak, ada momoot edit postingan momoot yg lain...

Obey the mahakitteh. 

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
tergantung jalanricz wrote:Ahond jaman skrg irit yak...?
Koq Jazz GE tmn gw cmn mentok 1:7 doank?



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa
sy sempat pake Jazz Vtec 2005 sejak baru selama 3 taun (oprek abis2an), dan ternyata Pug 306 th 99 yg sy pake skarang ini, jauh lebih nyaman dan kentjang ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999