Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
mobil sy kayaknya masuk golongan mobil simple ya, bin jadul ... SOHC 8V ... tapi menurut sy cukup menyenangkan, karna spareparts mudah, bengkelnya buanyak (spesialis Pug non-beres), dan paling penting : kentjaaaang ..... mencapai 200 kpj mudah dan gak pake lama2 ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
ssadiiisss.....JESKONENG wrote:mobil sy kayaknya masuk golongan mobil simple ya, bin jadul ... SOHC 8V ... tapi menurut sy cukup menyenangkan, karna spareparts mudah, bengkelnya buanyak (spesialis Pug non-beres), dan paling penting : kentjaaaang ..... mencapai 200 kpj mudah dan gak pake lama2 ....
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
kalok gak salah seri terakhir drag nasional adalah di bulan Nopember ini ... kalok memang jadi teman2 pug banyak yg mau ikutan sambil gathering akhir taun, sambil mencoba performa mobil masing2 ... target sy kalok bisa 17 detik kecil, syukur2 lolos ke 16 detik ....VanzMatic wrote:ssadiiisss.....JESKONENG wrote:mobil sy kayaknya masuk golongan mobil simple ya, bin jadul ... SOHC 8V ... tapi menurut sy cukup menyenangkan, karna spareparts mudah, bengkelnya buanyak (spesialis Pug non-beres), dan paling penting : kentjaaaang ..... mencapai 200 kpj mudah dan gak pake lama2 ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Setuju dgn om Turbo.
Cuman selama ini pake mobil simple ya karena adanya hanya itu...
Tapi memang nyaman pake mobil seperti itu, cuma tinggal isi bensin & ganti oli aja selalu siap kemana pun pergi. Perawatan rutin gak neko2. Hijet 1000, Kijang 4K, semua simple, dari pertama beli sampe dijual gak pernah rusak berat. Mogok waktu banjir, trnyata cuma tutup distributornya retak. Dikeringin bentar udah jalan, harga parts jg murah. Soluna walau injeksi tp tetep simple, bandel & gak nyusahin sampe dipercaya perusahaan taksi utk armadanya. Sekarang juga pake mobil jadul yg simple, walau injeksi, tp gak pake protokol tertentu utk copot aki. Pompa bensin koit, walau merk amrik tp ganti pake denso jalan lagi. Minumnya doang yang gak ketulungan...
Cuman selama ini pake mobil simple ya karena adanya hanya itu...

Tapi memang nyaman pake mobil seperti itu, cuma tinggal isi bensin & ganti oli aja selalu siap kemana pun pergi. Perawatan rutin gak neko2. Hijet 1000, Kijang 4K, semua simple, dari pertama beli sampe dijual gak pernah rusak berat. Mogok waktu banjir, trnyata cuma tutup distributornya retak. Dikeringin bentar udah jalan, harga parts jg murah. Soluna walau injeksi tp tetep simple, bandel & gak nyusahin sampe dipercaya perusahaan taksi utk armadanya. Sekarang juga pake mobil jadul yg simple, walau injeksi, tp gak pake protokol tertentu utk copot aki. Pompa bensin koit, walau merk amrik tp ganti pake denso jalan lagi. Minumnya doang yang gak ketulungan...

Hasil pake minyak urut om?JESKONENG wrote:mobil sy kayaknya masuk golongan mobil simple ya, bin jadul ... SOHC 8V ... tapi menurut sy cukup menyenangkan, karna spareparts mudah, bengkelnya buanyak (spesialis Pug non-beres), dan paling penting : kentjaaaang ..... mencapai 200 kpj mudah dan gak pake lama2 ....
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
mobil simple...
mungkin rocky gw masuk kli yah....... turbo diesel indirect injectio jadul.. tampa komputer tampa pengapian simple..
maunya sampai kapan juga di garasi harus tetep punya mbl dgn mesin kaya gini, trutama untuk tujuan adventure.... well tenaga memang d banding mbl modern uda cuma sekedar cukup,fc juga g irit2 amet.... apalagi soal getaran n comfort hehe
tp klw uda adventure.. enakan pke mbl ginian.... kemungkinan rusak minim bnngt.. d cemplungin di sungai asal intake ke ketutup g bakal mati, oli campur air juga jalan terus.... sparepart banyak yg jual betulinya gampang, kalau bawa serep juga komponennya g banyak,
di banding mbl bensin or diesel yg pke komputer, ampir pasti harus bawa sensor2 komplit, uda tua sering keluar masuk lumpur wiringnya getas korslet melebar deh kmana-mana masalahnya.
sekarang d indonesia yg masih produksi diesel simple gini tinggal triton GLX n panther kli yah.....
skrg engga ada yg bikin diesel simple tapi ngacir kya 1HD-T vx80 hehehe
atw rocky/rugger DL62 juga uda cukup sih.. mungkin masalah d regulasi emisi yg jadi beban berat bwat mesin2 beginian.

mungkin rocky gw masuk kli yah....... turbo diesel indirect injectio jadul.. tampa komputer tampa pengapian simple..
maunya sampai kapan juga di garasi harus tetep punya mbl dgn mesin kaya gini, trutama untuk tujuan adventure.... well tenaga memang d banding mbl modern uda cuma sekedar cukup,fc juga g irit2 amet.... apalagi soal getaran n comfort hehe

tp klw uda adventure.. enakan pke mbl ginian.... kemungkinan rusak minim bnngt.. d cemplungin di sungai asal intake ke ketutup g bakal mati, oli campur air juga jalan terus.... sparepart banyak yg jual betulinya gampang, kalau bawa serep juga komponennya g banyak,
di banding mbl bensin or diesel yg pke komputer, ampir pasti harus bawa sensor2 komplit, uda tua sering keluar masuk lumpur wiringnya getas korslet melebar deh kmana-mana masalahnya.
sekarang d indonesia yg masih produksi diesel simple gini tinggal triton GLX n panther kli yah.....
skrg engga ada yg bikin diesel simple tapi ngacir kya 1HD-T vx80 hehehe


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Beneerrr, masbro...billyd1773dz wrote:mobil simple...
mungkin rocky gw masuk kli yah....... turbo diesel indirect injectio jadul.. tampa komputer tampa pengapian simple..
maunya sampai kapan juga di garasi harus tetep punya mbl dgn mesin kaya gini, trutama untuk tujuan adventure.... well tenaga memang d banding mbl modern uda cuma sekedar cukup,fc juga g irit2 amet.... apalagi soal getaran n comfort hehe
tp klw uda adventure.. enakan pke mbl ginian.... kemungkinan rusak minim bnngt.. d cemplungin di sungai asal intake ke ketutup g bakal mati, oli campur air juga jalan terus.... sparepart banyak yg jual betulinya gampang, kalau bawa serep juga komponennya g banyak,
di banding mbl bensin or diesel yg pke komputer, ampir pasti harus bawa sensor2 komplit, uda tua sering keluar masuk lumpur wiringnya getas korslet melebar deh kmana-mana masalahnya.
sekarang d indonesia yg masih produksi diesel simple gini tinggal triton GLX n panther kli yah.....
skrg engga ada yg bikin diesel simple tapi ngacir kya 1HD-T vx80 heheheatw rocky/rugger DL62 juga uda cukup sih.. mungkin masalah d regulasi emisi yg jadi beban berat bwat mesin2 beginian.
Mobdin ayah juga pernah Taft GT 4x4 90-an awal.
Geter? Beyond your imagination...
Kasar? Above all else.
No hard feeling, tapi my best suggestion, jangan bawa istri Anda yg hamil tua naik mobil ini, apalagi kalau tinggal di lokasi pedalaman seperti siteplant dlsb.
Tapi saat itu, dibanding hardtop diesel, interior Taft GT bener2 breakthrough diantara hardtop dan CJ7 KW alias CJ7 Diesel. Modern (di jamannya), dan terkesan maskulin minimalis dengan sedikit sentuhan fashion pada handle pintu dalam.
Pulang dari Samarinda ke Bontang, pasti sisi bonnet depan sudah penuh lumpur kalau musim hujan kayak sekarang pada jaman itu. Lampu lampu kadang dibiarin tertutup lumpur kalau jalan siang.
Kaca jendela supir pasti sudah kena juga cipratan mud dari roda depan.
Windshield depan sudah coklat semua dengan bekas sapuan dua wiper.
Bentuknya persis seperti gambar, cuman bedanya dulu yang jatah kami adlh warna putih. Velg juga putih.


Interior (comot dari warna lain)




Under da cup....eh.....hood....




Nice...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
mungkin pendapat saya mengenai "mobil simple & sederhana" agak berbeda, menurut saya mobil yang beredar saat ini (mobil baru) masuk kategori simpel dan sederhana. karena (menurut saya) mobil jaman sekarang sudah tidak perlu lagi penyetelan ulang secara berkala seperti stel klep, stel celah platina, stel baut CO control dan stel baut idle pada karburator, dan setelan-setelan lainnya yang membuat pusing pemilik kendaraan.
nggak perlu sering ke bengkel, nggak perlu mekanik, hanya pergi ke dealer untuk pilih jenis dan warna kendaraan, bayar, isi bensin, jalan.... dan (again) menurut pendapat saya, mayoritas mobil jaman sekarang dibuat untuk memanjakan pemilik yang tidak mau pusing. jadi dibuatlah kendaraan dengan konsep "maintenance free" alias tinggal pakai.
pada saatnya nanti apabila mulai terjadi kendala atau ada kerusakan, biaya perbaikannya pun bikin si pemilik jadi malas untuk memperbaiki dan ujung-ujungnya menjual 1 unit dan back to dealer again buat memilih kendaraan yang baru, bayar, isi bensin, jalan... begitu seterusnya.
pilih, bayar, pakai, jual, tanpa ada biaya perawatan. simpel dan sederhana.
nggak perlu sering ke bengkel, nggak perlu mekanik, hanya pergi ke dealer untuk pilih jenis dan warna kendaraan, bayar, isi bensin, jalan.... dan (again) menurut pendapat saya, mayoritas mobil jaman sekarang dibuat untuk memanjakan pemilik yang tidak mau pusing. jadi dibuatlah kendaraan dengan konsep "maintenance free" alias tinggal pakai.
pada saatnya nanti apabila mulai terjadi kendala atau ada kerusakan, biaya perbaikannya pun bikin si pemilik jadi malas untuk memperbaiki dan ujung-ujungnya menjual 1 unit dan back to dealer again buat memilih kendaraan yang baru, bayar, isi bensin, jalan... begitu seterusnya.
pilih, bayar, pakai, jual, tanpa ada biaya perawatan. simpel dan sederhana.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
setuju dengan om marmut. kalo ada apa2 tinggal pasang tool engine scanner di bengkel, cari mana sensor /komponen yang rusak.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
ada kemungkinan "pemilik mobil jaman sekarang" tidak akan melakukan hal itu, kalaupun ada yang melakukan hanya sedikit jumlahnya. sejauh pengamatan saya, yang termasuk golongan tanda kutip itu biasanya buru-buru menjual mobilnya dan membeli lagi yang baru karena tidak mau pusing.ilhami wrote:. kalo ada apa2 tinggal pasang tool engine scanner di bengkel, cari mana sensor /komponen yang rusak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
mobil simple memang peace of mind , avanza ane masih awet" aja walaupun servis sering telat , paling" ganti ban , servis , isi bensin , dah ngacir
kaki" pun awet , seminggu sekali duri-dumai 75 km , jalan ancur parah , tetap di makan
ente tau sendirilah jalan di riau bijimane
kaki" pun awet , seminggu sekali duri-dumai 75 km , jalan ancur parah , tetap di makan

ente tau sendirilah jalan di riau bijimane

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Ada ga ya kira2 mobil yang menurut rekan2 cukup kompleks tapi tetap tahan pakai?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Land Cruiser 200 kali ya?
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
kenyataan di lapangan apalagi mobil tua, scanner hanya nunjukin sensor mana yg bermasalah.ilhami wrote:setuju dengan om marmut. kalo ada apa2 tinggal pasang tool engine scanner di bengkel, cari mana sensor /komponen yang rusak.
masalahnya...... yg bermasalah itu unit sensornya, soketnya, atau kabel sepanjang kabel body misal dri ecu sampai sensor itu..... scanner ga nunjukin hal ini.
klw unit sensornya aja gampang tinggal ganti...
soketnya yang rusak.............. uda pusing, jarang yg jual soketnya... apalagi kabel ada yg getas dan putus di tengah harus di cari di urut satu2...
saya sering kaya gini, offroad dgn jeep XJ n YJ yang uda tergolong canggih kemana-mana bawa scanner. sparepart kaya sensor2 sih wajib di bawa. wkwkwk


-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
setuju om............VanzMatic wrote:Beneerrr, masbro...billyd1773dz wrote:mobil simple...
mungkin rocky gw masuk kli yah....... turbo diesel indirect injectio jadul.. tampa komputer tampa pengapian simple..
maunya sampai kapan juga di garasi harus tetep punya mbl dgn mesin kaya gini, trutama untuk tujuan adventure.... well tenaga memang d banding mbl modern uda cuma sekedar cukup,fc juga g irit2 amet.... apalagi soal getaran n comfort hehe
tp klw uda adventure.. enakan pke mbl ginian.... kemungkinan rusak minim bnngt.. d cemplungin di sungai asal intake ke ketutup g bakal mati, oli campur air juga jalan terus.... sparepart banyak yg jual betulinya gampang, kalau bawa serep juga komponennya g banyak,
di banding mbl bensin or diesel yg pke komputer, ampir pasti harus bawa sensor2 komplit, uda tua sering keluar masuk lumpur wiringnya getas korslet melebar deh kmana-mana masalahnya.
sekarang d indonesia yg masih produksi diesel simple gini tinggal triton GLX n panther kli yah.....
skrg engga ada yg bikin diesel simple tapi ngacir kya 1HD-T vx80 heheheatw rocky/rugger DL62 juga uda cukup sih.. mungkin masalah d regulasi emisi yg jadi beban berat bwat mesin2 beginian.
Mobdin ayah juga pernah Taft GT 4x4 90-an awal.
Geter? Beyond your imagination...
Kasar? Above all else.
No hard feeling, tapi my best suggestion, jangan bawa istri Anda yg hamil tua naik mobil ini, apalagi kalau tinggal di lokasi pedalaman seperti siteplant dlsb.
Tapi saat itu, dibanding hardtop diesel, interior Taft GT bener2 breakthrough diantara hardtop dan CJ7 KW alias CJ7 Diesel. Modern (di jamannya), dan terkesan maskulin minimalis dengan sedikit sentuhan fashion pada handle pintu dalam.
Pulang dari Samarinda ke Bontang, pasti sisi bonnet depan sudah penuh lumpur kalau musim hujan kayak sekarang pada jaman itu. Lampu lampu kadang dibiarin tertutup lumpur kalau jalan siang.
Kaca jendela supir pasti sudah kena juga cipratan mud dari roda depan.
Windshield depan sudah coklat semua dengan bekas sapuan dua wiper.
Bentuknya persis seperti gambar, cuman bedanya dulu yang jatah kami adlh warna putih. Velg juga putih.
Interior (comot dari warna lain)
Under da cup....eh.....hood....![]()
Nice...
mobil tempur ultimate nih.... apalagi yg rigid kaki2nya jg bandel.....
klw dulu DL62 nya masuk..... sampai skrng juga g malu-maluin lari nya hehehe

diesel jadul gini yg minim elektrik, tp tetep pakai bwat injectornya...... dan sekalipun relatif simple masih bisa aja tuh mogok g bisa start karna soketnya kotor, atau kabel nya putus d gigitin tikus..... ngurutin nya jg gampang karna kabelnya dikit... darurat d bypass jg bisa jalan.
klw yg kompleks dgn ECU dan kabel yg sangat banyak.... pusing tuh.....

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
jaman dulu untuk berpindah orang jalan kaki menempuh jarak yang jauh..
lalu ada kuda... sebagian orang kolot akan bilang, ngapain pake kuda, kalo kudanya mati gimana? kalo pas jalan di daerah yang gak ada rumput gimana? repot ah...
lalu manusia menciptakan mesin motor bakar. ta daa jadi lah mobil.
lagi2 si kolot akan bilang, repot cari bensinnya. kalo rusak gak bisa benerin. kalo kuda bisa dikasih makan. sakit kasih ramuan obat..
oke sekarang si mobil makin canggih, dilengkapi injeksi.
lagi2 si kolot akan bilang, montirnya belum banyak. benerinnya repot kalo rusak.
terakhir mobil lebih canggih seiring perkembangan elektronik. dah pake variabel katup, transmisi diatur ecu, pokoknya semua diatur ecu...
lagi2 si kolot akan bilang........
.............
lalu ada kuda... sebagian orang kolot akan bilang, ngapain pake kuda, kalo kudanya mati gimana? kalo pas jalan di daerah yang gak ada rumput gimana? repot ah...
lalu manusia menciptakan mesin motor bakar. ta daa jadi lah mobil.
lagi2 si kolot akan bilang, repot cari bensinnya. kalo rusak gak bisa benerin. kalo kuda bisa dikasih makan. sakit kasih ramuan obat..
oke sekarang si mobil makin canggih, dilengkapi injeksi.
lagi2 si kolot akan bilang, montirnya belum banyak. benerinnya repot kalo rusak.
terakhir mobil lebih canggih seiring perkembangan elektronik. dah pake variabel katup, transmisi diatur ecu, pokoknya semua diatur ecu...
lagi2 si kolot akan bilang........
.............

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
mobil saya saat ini, rasanya cukup simpel & sederhanya. inline 4, injeksi mekanis (belum EFI), tidak ada baut setelan klep, sistem pengapian sudah tidak menggunakan jasa platina+kondensor lagi walaupun masih mengandalkan distributor untuk membagi setrum dari ignition coil ke masing-masing busi yang tertanam.
benda elektronik canggih yang ada hanyalah knocking sensor di blok mesin, speed sensor di rear axle yang tersambung ke speedometer, antena belakang yang dilengkapi dinamo, dan electronic control unit untuk membantu sistem pengapian yang isi PCBnya masih bisa dibeli di pinggiran pasar senen. minim fitur elektronik tapi sudah cukup memenuhi apa yang saya butuhkan dari sebuah kendaraan.
untuk reparasi, menurut saya cukup mudah dan tidak ada kesulitan berarti. sedari saya meminang mobil ini (akhir 2008), yang tidak saya kerjakan sendiri adalah, saat memasang ban ke velg-nya (plus wheel alignment&balancing).
sebagian pemilik mobil seperti saya pun berhasil ditakut-takuti oleh manusia kardus yang mengaku-aku sebagai mekanik, dibilang fuel distributornya gampang rusak lah, nggak ada barangnya lah.... setelah saya bongkar dan pelajari, fuel distributor tidak bisa rusak kecuali dengan sengaja dirusak.
saat pertama kali membongkar cylinder head-pun saya dibuat tercengang, hanya 1,5 jam saja (saya bandingkan dengan mesin 5 dan 7k yang memakan waktu tidak kurang dari 3 jam hanya untuk membongkar cyl. head). betul-betul tidak seperti yang kebanyakan orang bayangkan bahwa mobil eropa amatlah sulit dan rumit.
tidak bisa dipungkiri populasi mobil saya minim sekali beberapa tahun belakangan. mungkin karena kebanyakan orang berhasil dibodohi oleh salesman kelaparan yang berkata bahwa merk mobil yang saya gunakan hobi jajan, rewel, dan spare partnya mahal.
faktanya, justru diri saya sendirilah yang rewel dan hobi jajan, bukan mobilnya.
masalah spare part mahal, coba dipikir sejenak dan dibuat perbandingan, mana yang lebih mahal antara membeli spare part di toko, atau membuat sendiri dirumah spare part yang dibutuhkan?
terlalu mahalkah 250ribu rupiah untuk sebuah ball joint original? kalau 200ribu rupiah untuk kanvas rem masih kurang murah, silahkan buka pintu dan tempelkan kaki anda ke aspal buat menghentikan laju kendaraan.
kalau bicara masalah kenyamanan, hmmm..... 28 jam jakarta-surabaya (karena macet dan jalur purwodadi-cepu-babat yang rusak *mungkin lebih tepatnya seperti sungai yang dikeringkan airnya*) tidak sedikitpun saya rasakan sakit atau pegel di pundak, paha dan pantat. yang ada hanya ngantuk.
lain orang lain pendapat. dan pendapat saya, mobil yang saya gunakan saat ini amatlah simpel & sederhana. bahkan teramat sederhana....

benda elektronik canggih yang ada hanyalah knocking sensor di blok mesin, speed sensor di rear axle yang tersambung ke speedometer, antena belakang yang dilengkapi dinamo, dan electronic control unit untuk membantu sistem pengapian yang isi PCBnya masih bisa dibeli di pinggiran pasar senen. minim fitur elektronik tapi sudah cukup memenuhi apa yang saya butuhkan dari sebuah kendaraan.
untuk reparasi, menurut saya cukup mudah dan tidak ada kesulitan berarti. sedari saya meminang mobil ini (akhir 2008), yang tidak saya kerjakan sendiri adalah, saat memasang ban ke velg-nya (plus wheel alignment&balancing).
sebagian pemilik mobil seperti saya pun berhasil ditakut-takuti oleh manusia kardus yang mengaku-aku sebagai mekanik, dibilang fuel distributornya gampang rusak lah, nggak ada barangnya lah.... setelah saya bongkar dan pelajari, fuel distributor tidak bisa rusak kecuali dengan sengaja dirusak.
saat pertama kali membongkar cylinder head-pun saya dibuat tercengang, hanya 1,5 jam saja (saya bandingkan dengan mesin 5 dan 7k yang memakan waktu tidak kurang dari 3 jam hanya untuk membongkar cyl. head). betul-betul tidak seperti yang kebanyakan orang bayangkan bahwa mobil eropa amatlah sulit dan rumit.
tidak bisa dipungkiri populasi mobil saya minim sekali beberapa tahun belakangan. mungkin karena kebanyakan orang berhasil dibodohi oleh salesman kelaparan yang berkata bahwa merk mobil yang saya gunakan hobi jajan, rewel, dan spare partnya mahal.
faktanya, justru diri saya sendirilah yang rewel dan hobi jajan, bukan mobilnya.
masalah spare part mahal, coba dipikir sejenak dan dibuat perbandingan, mana yang lebih mahal antara membeli spare part di toko, atau membuat sendiri dirumah spare part yang dibutuhkan?
terlalu mahalkah 250ribu rupiah untuk sebuah ball joint original? kalau 200ribu rupiah untuk kanvas rem masih kurang murah, silahkan buka pintu dan tempelkan kaki anda ke aspal buat menghentikan laju kendaraan.
kalau bicara masalah kenyamanan, hmmm..... 28 jam jakarta-surabaya (karena macet dan jalur purwodadi-cepu-babat yang rusak *mungkin lebih tepatnya seperti sungai yang dikeringkan airnya*) tidak sedikitpun saya rasakan sakit atau pegel di pundak, paha dan pantat. yang ada hanya ngantuk.
lain orang lain pendapat. dan pendapat saya, mobil yang saya gunakan saat ini amatlah simpel & sederhana. bahkan teramat sederhana....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
volvo ya om marmut ,marmut wrote:mobil saya saat ini, rasanya cukup simpel & sederhanya. inline 4, injeksi mekanis (belum EFI), tidak ada baut setelan klep, sistem pengapian sudah tidak menggunakan jasa platina+kondensor lagi walaupun masih mengandalkan distributor untuk membagi setrum dari ignition coil ke masing-masing busi yang tertanam.
benda elektronik canggih yang ada hanyalah knocking sensor di blok mesin, speed sensor di rear axle yang tersambung ke speedometer, antena belakang yang dilengkapi dinamo, dan electronic control unit untuk membantu sistem pengapian yang isi PCBnya masih bisa dibeli di pinggiran pasar senen. minim fitur elektronik tapi sudah cukup memenuhi apa yang saya butuhkan dari sebuah kendaraan.
untuk reparasi, menurut saya cukup mudah dan tidak ada kesulitan berarti. sedari saya meminang mobil ini (akhir 2008), yang tidak saya kerjakan sendiri adalah, saat memasang ban ke velg-nya (plus wheel alignment&balancing).
sebagian pemilik mobil seperti saya pun berhasil ditakut-takuti oleh manusia kardus yang mengaku-aku sebagai mekanik, dibilang fuel distributornya gampang rusak lah, nggak ada barangnya lah.... setelah saya bongkar dan pelajari, fuel distributor tidak bisa rusak kecuali dengan sengaja dirusak.
saat pertama kali membongkar cylinder head-pun saya dibuat tercengang, hanya 1,5 jam saja (saya bandingkan dengan mesin 5 dan 7k yang memakan waktu tidak kurang dari 3 jam hanya untuk membongkar cyl. head). betul-betul tidak seperti yang kebanyakan orang bayangkan bahwa mobil eropa amatlah sulit dan rumit.
tidak bisa dipungkiri populasi mobil saya minim sekali beberapa tahun belakangan. mungkin karena kebanyakan orang berhasil dibodohi oleh salesman kelaparan yang berkata bahwa merk mobil yang saya gunakan hobi jajan, rewel, dan spare partnya mahal.
faktanya, justru diri saya sendirilah yang rewel dan hobi jajan, bukan mobilnya.
masalah spare part mahal, coba dipikir sejenak dan dibuat perbandingan, mana yang lebih mahal antara membeli spare part di toko, atau membuat sendiri dirumah spare part yang dibutuhkan?
terlalu mahalkah 250ribu rupiah untuk sebuah ball joint original? kalau 200ribu rupiah untuk kanvas rem masih kurang murah, silahkan buka pintu dan tempelkan kaki anda ke aspal buat menghentikan laju kendaraan.
kalau bicara masalah kenyamanan, hmmm..... 28 jam jakarta-surabaya (karena macet dan jalur purwodadi-cepu-babat yang rusak *mungkin lebih tepatnya seperti sungai yang dikeringkan airnya*) tidak sedikitpun saya rasakan sakit atau pegel di pundak, paha dan pantat. yang ada hanya ngantuk.
lain orang lain pendapat. dan pendapat saya, mobil yang saya gunakan saat ini amatlah simpel & sederhana. bahkan teramat sederhana....


btw , om pake volvo tipe apa ??

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
@marmut :
Yuk mari di share URL / Blog tips tips DIY mobil Volvo.....sebut saja merek dan type-nya, ga usah disembunyikan om.
Tips tips perawatan ekonomis / DIY disertai foto foto dengan petunjuk tentunya akan sangat menarik
Mobil nyaman kelas premium dengan biaya perawatan ekonomis tentunya akan sangat menarik bagi hobbyist
Monggo segera di share......saya juga ingin melihatnya

Yuk mari di share URL / Blog tips tips DIY mobil Volvo.....sebut saja merek dan type-nya, ga usah disembunyikan om.
Tips tips perawatan ekonomis / DIY disertai foto foto dengan petunjuk tentunya akan sangat menarik
Mobil nyaman kelas premium dengan biaya perawatan ekonomis tentunya akan sangat menarik bagi hobbyist
Monggo segera di share......saya juga ingin melihatnya

* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
kayaknya ini salah kamar deh om......maskopat wrote:jaman dulu untuk berpindah orang jalan kaki menempuh jarak yang jauh..
lalu ada kuda... sebagian orang kolot akan bilang, ngapain pake kuda, kalo kudanya mati gimana? kalo pas jalan di daerah yang gak ada rumput gimana? repot ah...
lalu manusia menciptakan mesin motor bakar. ta daa jadi lah mobil.
lagi2 si kolot akan bilang, repot cari bensinnya. kalo rusak gak bisa benerin. kalo kuda bisa dikasih makan. sakit kasih ramuan obat..
oke sekarang si mobil makin canggih, dilengkapi injeksi.
lagi2 si kolot akan bilang, montirnya belum banyak. benerinnya repot kalo rusak.
terakhir mobil lebih canggih seiring perkembangan elektronik. dah pake variabel katup, transmisi diatur ecu, pokoknya semua diatur ecu...
lagi2 si kolot akan bilang........
.............
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Aaa yaaaa...Ɓƹ†űĹº°˚Ɓƹ†űĹº°˚Ɓƹ†űĹº°˚ ...eh iya ga ya?uwkwkwkwricz wrote:Land Cruiser 200 kali ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
selain karna pake minyak urut, juga sebagai hasil engine swap, ganti injector dan FPR dan remap ECU... Remap ECU jadul juga gampang, tinggal ganti eprom std dng eprom yg sudah diisi program baru. Kalok ECU masakini sangat rumit dan berbeda hardware-nya, hanya bisa dipasangi piggyback atau stand alone ECU replacement ....dream_theater wrote:Setuju dgn om Turbo.
Cuman selama ini pake mobil simple ya karena adanya hanya itu...![]()
Tapi memang nyaman pake mobil seperti itu, cuma tinggal isi bensin & ganti oli aja selalu siap kemana pun pergi. Perawatan rutin gak neko2. Hijet 1000, Kijang 4K, semua simple, dari pertama beli sampe dijual gak pernah rusak berat. Mogok waktu banjir, trnyata cuma tutup distributornya retak. Dikeringin bentar udah jalan, harga parts jg murah. Soluna walau injeksi tp tetep simple, bandel & gak nyusahin sampe dipercaya perusahaan taksi utk armadanya. Sekarang juga pake mobil jadul yg simple, walau injeksi, tp gak pake protokol tertentu utk copot aki. Pompa bensin koit, walau merk amrik tp ganti pake denso jalan lagi. Minumnya doang yang gak ketulungan...
Hasil pake minyak urut om?JESKONENG wrote:mobil sy kayaknya masuk golongan mobil simple ya, bin jadul ... SOHC 8V ... tapi menurut sy cukup menyenangkan, karna spareparts mudah, bengkelnya buanyak (spesialis Pug non-beres), dan paling penting : kentjaaaang ..... mencapai 200 kpj mudah dan gak pake lama2 ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
s80 pilihan yang baik, ada yang sudah dilengkapi turbo tipe jinak. lumayan buat menambah sedikit tenaga. saya pernah nyoba ikut duduk disetirin yang punya, waktu itu mobil baru saja diantar oleh dealer, kabin bener-bener senyap. maknyus tenan.....grandis_GT wrote:volvo ya om marmut ,, ane suka banget , rencana besok kalo udah kerja mau minang s80 bekas , tapi ane di luar jawa , gmana ya spare partnya , kalo di jawa mah , enak
![]()
btw , om pake volvo tipe apa ??
untuk mobil bekas, mohon diperhatikan betul-betul kondisinya supaya tidak menyesal kemudian. mulai dari tampilan secara keseluruhan, interior, ruang mesin, kondisi mesin, bagasi, dan jangan malas buat tiduran di kolong buat memeriksa kondisi chassis apakah ada keropos atau tidak dan diperhatikan juga apakah ada bekas benturan pada dek bawah atau chassis.
masalah spare part bisa minta dikirim lewat paket kok. nggak perlu khawatir.
btw saya pake 740 GL tahun 89.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
@ Turboman,
untuk bikin blog sendiri saya masih malu oom, masih amatiran dan ilmu saya masih cetek. lagipun setiap ada perbaikan DIY hampir nggak pernah saya dokumentasikan, jadi belum ada yang bisa di share. hehehe.....
mungkin kalau ada yang bertanya dan kebetulan saya bisa bantu, ya saya usahakan untuk membantu.
untuk bikin blog sendiri saya masih malu oom, masih amatiran dan ilmu saya masih cetek. lagipun setiap ada perbaikan DIY hampir nggak pernah saya dokumentasikan, jadi belum ada yang bisa di share. hehehe.....
mungkin kalau ada yang bertanya dan kebetulan saya bisa bantu, ya saya usahakan untuk membantu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Mantan mod yg lama ngga aktif & ngga online, pak Penyuturbo, seingat saya (dari baca2 tulisannya), juga pelihara volvo, tapi lupa seri berapa
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Penggemar mobil simple dan sederhana, diskusi yuk
Mbl kya subaru hingga yg terbaru dan beberapa mitsubishi bahkan bisa d remap via OBD port loh... Toolsnya opensource portcablenya jg tergolong murah... Komunitas tuner luas dan terbukaJESKONENG wrote:selain karna pake minyak urut, juga sebagai hasil engine swap, ganti injector dan FPR dan remap ECU... Remap ECU jadul juga gampang, tinggal ganti eprom std dng eprom yg sudah diisi program baru. Kalok ECU masakini sangat rumit dan berbeda hardware-nya, hanya bisa dipasangi piggyback atau stand alone ECU replacement ....dream_theater wrote:Setuju dgn om Turbo.
Cuman selama ini pake mobil simple ya karena adanya hanya itu...![]()
Tapi memang nyaman pake mobil seperti itu, cuma tinggal isi bensin & ganti oli aja selalu siap kemana pun pergi. Perawatan rutin gak neko2. Hijet 1000, Kijang 4K, semua simple, dari pertama beli sampe dijual gak pernah rusak berat. Mogok waktu banjir, trnyata cuma tutup distributornya retak. Dikeringin bentar udah jalan, harga parts jg murah. Soluna walau injeksi tp tetep simple, bandel & gak nyusahin sampe dipercaya perusahaan taksi utk armadanya. Sekarang juga pake mobil jadul yg simple, walau injeksi, tp gak pake protokol tertentu utk copot aki. Pompa bensin koit, walau merk amrik tp ganti pake denso jalan lagi. Minumnya doang yang gak ketulungan...
Hasil pake minyak urut om?JESKONENG wrote:mobil sy kayaknya masuk golongan mobil simple ya, bin jadul ... SOHC 8V ... tapi menurut sy cukup menyenangkan, karna spareparts mudah, bengkelnya buanyak (spesialis Pug non-beres), dan paling penting : kentjaaaang ..... mencapai 200 kpj mudah dan gak pake lama2 ....
Rom nya bisa d program ulang, bisa d bikin ada map selektor kya piggyback. switch nya pakai tombol cruise control. Subaru yg g ada si drive bisa d install, throttlemap dbw bisa d edit jd g perlu tc lagi...
Semua dprogram via obd port, tampa ngebuka ecu,buka eprom atw nyabut ecu dri mbl... Wkwkwk
Ngiler bacanya, ngobrol2 k yg bikinnya ecu mirage 3a92 confirm bisa juga... Cuma def nya blm ada karna mbl baru.. Yaa wait n see dlu..
Mereka lebih suka pke ini d banding piggy atau standalone karna murah dan lebih akurat pke ecu aslinya
Cmiiw baru *katanya*