Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mamang555 wrote:Kalo udah terbiasa make manual pastinya bakalan kagok untuk make matic kayak ane. Pengalaman pribadi pas minjem mobil matic punya temen kagoknya pas mau mundur. Tau2 kaki kiri refleks nginjek pedal kopling. Padahal disitu kagak ada apa2
Btw permisi dulu deh ke TS nya, mumpung lagi bahas matic2an ane sekalian numpang nanya aja gpp ya
Rencana mau ambil matic buat bini, ada beberapa yang ane mau tanya soale bini belom bisa bawa mobil:
1. Kalo pertama kali belajar mobil langsung bawa matic kira2 bahaya ga? Atau kudu belajar manual dulu? Dulu sih bini pernah belajar manual di kursus mobil deket rumah tapi rasanya udah hilang ta berbekas tuh tekniknya.
2. Apa aja yang kudu diperhatikan saat pemula belajar mobil dengan transmisi matic?
Segitu aja deh
Soal belajar mobil ini memang masih terjadi silang pendapat.
Ada yg bilang mesti belajar manual dulu ada yg bilang langsung matic gpp.
Ya kalo ke depannya bakal bawa matic terus, ane pikir gpp langsung belajar matic.
Sekedar info, di Jepang ada SIM Mobil khusus matic. Pemilik SIM ini ndak boleh bawa mobil manual. Kalo punya SIM mobil manual, boleh bawa matic
Kebetulan bini ane dah lumayan sering bawa motor, jadi FEEL di jalan memang sudah ada (atau at least ga dari nol banget lah). Ya memang sih motor sama mobil beda banget. Motor mah asal spion lewat beressss. Mobil banyak blindspotnya.
Mamang555 wrote:Kalo udah terbiasa make manual pastinya bakalan kagok untuk make matic kayak ane. Pengalaman pribadi pas minjem mobil matic punya temen kagoknya pas mau mundur. Tau2 kaki kiri refleks nginjek pedal kopling. Padahal disitu kagak ada apa2
Btw permisi dulu deh ke TS nya, mumpung lagi bahas matic2an ane sekalian numpang nanya aja gpp ya
Rencana mau ambil matic buat bini, ada beberapa yang ane mau tanya soale bini belom bisa bawa mobil:
1. Kalo pertama kali belajar mobil langsung bawa matic kira2 bahaya ga? Atau kudu belajar manual dulu? Dulu sih bini pernah belajar manual di kursus mobil deket rumah tapi rasanya udah hilang ta berbekas tuh tekniknya.
2. Apa aja yang kudu diperhatikan saat pemula belajar mobil dengan transmisi matic?
Segitu aja deh
Menurut ane lebih gampang matic.. Manual lebih ribet klo tanjakan, apalagi klo panikan bisa mundur..
Klo bisa sih lancarin manual dulu, biarpun ke depannya mobil matik trus. Soalnya klo suatu waktu kepepet bawa manual jadi bisa.
Contoh kasus temen ane : pas maen ke kota pacarnya, ga bawa mobil pribadi (naek travel). Dia cuma bisa bawa matik, mobil cewenya manual. Alhasil cewenya yg jadi supir kemana2
Klo manual udah lancar ga bakal lupa, bawa matic pun gampang.. Yg harus diperhatiin paling masukin gigi aja.. Biasa dari P pasti ke R dulu. Klo lupa ada aja yg suka nubruk belakang..
metro23 wrote:mau nanya nih om tante, biasanya saya pake mobil matik kaki kiri nginjak rem (pas ngerem aja) kaki kanan nginjak gas, nah cara itu betul gak ya ?soalnya kata temen saya itu salah, padahal saya udah terbiasa dgn cara saya tadi hehe kalo kaki kanan doang takutnya tiba2 harus rem mendadak kaki kanannya musti pindah dulu, udah gitu yg pedal remnya posisinya lebih nonjol ke depan
thanks
bahaya om......kalo misal kaki kiri injak rem trus scr gak sadar kaki kanan menginjak gas......
Saat braking hendaknya posisi pedal gas bebas........soal pedal rem lebih maju drpd pedal gas ya hampir semua mobil matic begitu om
yups... setubuh dgn om turbo...
sebaiknya gas & rem pake kaki kanan
kaki kiri nganggur aja, jegang di jok juga boleh kalo ga ngganggu.....
saran ane, kaki kiri jangan sampe terkontaminasi akibat penggunaan mobil transmisi matic
buat sekedar jaga2 kalo suatu saat kita harus mengendarai mobil transmisi manual, agar kaki kiri ga kehilangan feel kopling
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Bhanaspati wrote:yups... setubuh dgn om turbo...
sebaiknya gas & rem pake kaki kanan
kaki kiri nganggur aja, jegang di jok juga boleh kalo ga ngganggu.....
saran ane, kaki kiri jangan sampe terkontaminasi akibat penggunaan mobil transmisi matic
buat sekedar jaga2 kalo suatu saat kita harus mengendarai mobil transmisi manual, agar kaki kiri ga kehilangan feel kopling
Tetep ilang feel-nya mbah. Habis pake Miraz, sekalinya pake mobil manual, pas kena lampu merah mesin mati karena lupa injak kopling
artoodetoo wrote:
Tetep ilang feel-nya mbah. Habis pake Miraz, sekalinya pake mobil manual, pas kena lampu merah mesin mati karena lupa injak kopling
ane juga belum coba sih om.... lha ane sama sekali belum pernah pake matic sih....
madcat015 wrote:Setuju mbah Bhanas...
Ane kagok waktu nyetir Ipah manual.
Sering lupa ngopling...
Trus lupa urutan gear... mw maju malah gerakin tuas ke belakang, mw mundur malah tuas ke depan... alhasil... nyangkut di selokan...
ane juga pernah punya pengalaman mendebarkan om metket...
waktu itu ane bawa BMW 320 MT teman ane
ane ga ngeh kalo transmisi BMW itu terbalik dgn gigi mundur nya, hampir aja bokong BMW ane jedutin ke tembok pembatas kuburan
hadeehhh.... untung reflek injak rem & pastinya tidak lupa ane misuh2 didepan muka teman ane...
"kenapa lu ga bilangin ke gw.....???? sotoy...."
teman ane cuman ngakak.... sambil bilang.... "kan lumayan ntar gw bisa dapat bumper baru"
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
artoodetoo wrote:
Tetep ilang feel-nya mbah. Habis pake Miraz, sekalinya pake mobil manual, pas kena lampu merah mesin mati karena lupa injak kopling
ane juga belum coba sih om.... lha ane sama sekali belum pernah pake matic sih....
madcat015 wrote:Setuju mbah Bhanas...
Ane kagok waktu nyetir Ipah manual.
Sering lupa ngopling...
Trus lupa urutan gear... mw maju malah gerakin tuas ke belakang, mw mundur malah tuas ke depan... alhasil... nyangkut di selokan...
ane juga pernah punya pengalaman mendebarkan om metket...
waktu itu ane bawa BMW 320 MT teman ane
ane ga ngeh kalo transmisi BMW itu terbalik dgn gigi mundur nya, hampir aja bokong BMW ane jedutin ke tembok pembatas kuburan
hadeehhh.... untung reflek injak rem & pastinya tidak lupa ane misuh2 didepan muka teman ane...
"kenapa lu ga bilangin ke gw.....???? sotoy...."
teman ane cuman ngakak.... sambil bilang.... "kan lumayan ntar gw bisa dapat bumper baru"
Yah... yang pasti ada tarikan energi dari tembok itu ya mbah?
Nah, maksud nya terbalik apakah untuk gear R nya diletakkan di posisi paling kiri depan, mbah?
Memang kacau kalo itu, kadang ada beberapa mobil yang masih pakai gear transmisi dengan model "Dog leg" gitu... Mercedes ada beberapa...
Alhasil, program di otak kacau balau... bertaon2 nyetir gear 1 tempat nya di paling kiri depan... eh, sekarang jadi gear R...
y_anjasrana wrote:itulah knp ane pakainya manual aja. biar ga bingung naruh kaki. lgpl ane takut nanti betisnya gede sbelah..... kikikiikkk.....
sama aja om... pake manual, pas kena macet parah model gas rem gas rem, ndilalah pas pake mobil odong2 dgn pedal kopling berat
plus setelan yg nyentak ga enak....
waahh.... satu jam juga udah mati rasa tuh kaki kiri om, turun dari mobil jalan pincang & alhasil betis langsung gede sebelah
asudarsono wrote:Doggie style itu hak patennya di orang Jerman ya? Kok belum pernah nemu Jepang yg suka doggie. Belum pernah nemu, baik yg disensor maupun yg nggak
itu nya ga nyampe mungkin om
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
salah satu yg bkin model transmisi manual doq leg gt yah si mercedes 190 e cosworth...
tujuan nya katanya sehh utk racing purpose... shg perpindahan gigi antara 2-3.. 4-5 alias pas akselerasi itu bsa berlangsung cepat...
madcat015 wrote:
Bhanaspati wrote:
artoodetoo wrote:
Tetep ilang feel-nya mbah. Habis pake Miraz, sekalinya pake mobil manual, pas kena lampu merah mesin mati karena lupa injak kopling
ane juga belum coba sih om.... lha ane sama sekali belum pernah pake matic sih....
madcat015 wrote:Setuju mbah Bhanas...
Ane kagok waktu nyetir Ipah manual.
Sering lupa ngopling...
Trus lupa urutan gear... mw maju malah gerakin tuas ke belakang, mw mundur malah tuas ke depan... alhasil... nyangkut di selokan...
ane juga pernah punya pengalaman mendebarkan om metket...
waktu itu ane bawa BMW 320 MT teman ane
ane ga ngeh kalo transmisi BMW itu terbalik dgn gigi mundur nya, hampir aja bokong BMW ane jedutin ke tembok pembatas kuburan
hadeehhh.... untung reflek injak rem & pastinya tidak lupa ane misuh2 didepan muka teman ane...
"kenapa lu ga bilangin ke gw.....???? sotoy...."
teman ane cuman ngakak.... sambil bilang.... "kan lumayan ntar gw bisa dapat bumper baru"
Yah... yang pasti ada tarikan energi dari tembok itu ya mbah?
Nah, maksud nya terbalik apakah untuk gear R nya diletakkan di posisi paling kiri depan, mbah?
Memang kacau kalo itu, kadang ada beberapa mobil yang masih pakai gear transmisi dengan model "Dog leg" gitu... Mercedes ada beberapa...
Alhasil, program di otak kacau balau... bertaon2 nyetir gear 1 tempat nya di paling kiri depan... eh, sekarang jadi gear R...