PS Dakar or Santa Fe
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: PS Dakar or Santa Fe
Kalo ane sih buat barang rekomen PJS atau 42ner VNT krn konstruksi steel ladder umumnya lebih kuat utk bawa beban + kaki2 42ner dan PJS (Strada Triton) udah terbukti di jalan2 rusak di Indonesia, hasil pengamatan di lapangan.
Kalo Santa Fe itu preferensi utk Comfort / membawa penumpang alias orang, utk speed juga........kekuatan kaki2 masih belum ketahuan, yah mudah2-an aja bagus yach......
CMIIW
Another case :
Om Resale Value ini om SithLord bukan yah ? sorry kalo salah
Kalo Santa Fe itu preferensi utk Comfort / membawa penumpang alias orang, utk speed juga........kekuatan kaki2 masih belum ketahuan, yah mudah2-an aja bagus yach......
CMIIW
Another case :
Om Resale Value ini om SithLord bukan yah ? sorry kalo salah
* Bukan ajakan Beli *
Re: PS Dakar or Santa Fe
Mau prediksi resale value juga ngak bisa cuman lihat model mana yang populasinya lebih banyak. Tetap faktor utama yang akan kendalikan resale value adalah RATIO demand vs supplynya. Contoh lebih extreme, ada mobil tua, juga misalnya mobil classic yang sudah ngak di produksi lagi malah, namun resale valuenya malah jago, meskipun penggunanya sudah ngak terlalu banyak. Kenapa ?
Karena ratio demand vs supplynya tinggi ! Apalagi jika sudah ngak di produksi dan stok bekasnya sangat sedikit. Sebaliknya, model yang masih di produksi, meskipun yang pakai banyak, namun jika ternyata habis berapa tahun banyak pemiliknya jual karena bosan, atau pindah ke diesel, atau rasa agak boros, atau faktor lain, otomatis jumlah stok bekasnya jadi agak banyak di pasar mobkas.
Dan jika demandnya ngak spektakular banget, ya akibatnya calon pembelinya cenderung santai, pelan pelan cari, banding ama stok lain, nawarnya juga galak, karena dia tau di mana mana stok bekasnya banyak.
Sebaliknya, bisa jadi nanti jika stok bekasnya santa fe ini sangat langka, malah bisa jadi nunggu berapa hari, berapa minggu aja ngak ada barang, otomatis yang cari bekasnya lebih ngak berani cerewet, mau banding sana, sini, dan malah jadi rebutan nanti karena jika dia ngak beli stok yang muncul, ya siap nunggu lama lagi sebelum ada supply lagi muncul di pasar.
Dan asal ngak banyak penyakit, mana ada pemiliknya yang mau obral ? carnival dulu anjlok bukan karena merek korea, tapi karena banyak penyakit ! jika ngak, resale valuenya ngak mungkin anjlok dulu. Mutu sangat pengaruh resale value. Karena mutu jelek pasti ratio demand vs supplynya sangat rendah.
Yang penting, asal ngak ada banyak penyakit parah seperti carnival dulu, saya sih udah yakin resale value mobil korea sekarang juga sudah bagus, sudah saya lihat, nilai tucson model baru bekasnya, sportage baru bekasnya, picanto baru dll, rata rata harga jual bekasnya masuk akal kok.
Cuman orang yang dari awal sampai sekarang memang tetap prejudice ama mobil korea, memang mau bicara apapun ngak bakal akui hal ini, dan tetap akan pessimis ama mobil korea, meskipun fakta di luar negeri, pasar gede seperti eropa, amerika, china, penjualan hyundai dan kia sudah gede, dan tumbuh terus.
Malah berapa executif terkenal ex BMW, audi gituan aja belakangan pindah ke hyundai / kia. Dan ngak mungkin karena gaji doang, karena gaji mereka di BMW, audi ngak mungkin kecil, itu udah pasti mereka sudah tau mutu merek korea sekarang sudah seperti apa, dan arah merek korea kemana.
Jika mobil korea tetap jelek hari ini, ngak masuk akal orang seperti christopher chapman (designer BMW X5) mau pindah ke hyundai, ngak mungkin peter schreyer ex-audi mau pindah ke kia, sekarang jadi president kia malah. Belum thomas burkle ex BMW juga pindah ke hyundai duluan.
Jika kita jadi salah satu seperti mereka, udah hebat jadi orang penting di perusahaan keren seperti BMW, masa mau sih pindah ke hyundai / kia jika mereka memang masih jelek seperti 15 tahun lalu ?
Kecuali ada berapa alasan besar.
Karena ratio demand vs supplynya tinggi ! Apalagi jika sudah ngak di produksi dan stok bekasnya sangat sedikit. Sebaliknya, model yang masih di produksi, meskipun yang pakai banyak, namun jika ternyata habis berapa tahun banyak pemiliknya jual karena bosan, atau pindah ke diesel, atau rasa agak boros, atau faktor lain, otomatis jumlah stok bekasnya jadi agak banyak di pasar mobkas.
Dan jika demandnya ngak spektakular banget, ya akibatnya calon pembelinya cenderung santai, pelan pelan cari, banding ama stok lain, nawarnya juga galak, karena dia tau di mana mana stok bekasnya banyak.
Sebaliknya, bisa jadi nanti jika stok bekasnya santa fe ini sangat langka, malah bisa jadi nunggu berapa hari, berapa minggu aja ngak ada barang, otomatis yang cari bekasnya lebih ngak berani cerewet, mau banding sana, sini, dan malah jadi rebutan nanti karena jika dia ngak beli stok yang muncul, ya siap nunggu lama lagi sebelum ada supply lagi muncul di pasar.
Dan asal ngak banyak penyakit, mana ada pemiliknya yang mau obral ? carnival dulu anjlok bukan karena merek korea, tapi karena banyak penyakit ! jika ngak, resale valuenya ngak mungkin anjlok dulu. Mutu sangat pengaruh resale value. Karena mutu jelek pasti ratio demand vs supplynya sangat rendah.
Yang penting, asal ngak ada banyak penyakit parah seperti carnival dulu, saya sih udah yakin resale value mobil korea sekarang juga sudah bagus, sudah saya lihat, nilai tucson model baru bekasnya, sportage baru bekasnya, picanto baru dll, rata rata harga jual bekasnya masuk akal kok.
Cuman orang yang dari awal sampai sekarang memang tetap prejudice ama mobil korea, memang mau bicara apapun ngak bakal akui hal ini, dan tetap akan pessimis ama mobil korea, meskipun fakta di luar negeri, pasar gede seperti eropa, amerika, china, penjualan hyundai dan kia sudah gede, dan tumbuh terus.
Malah berapa executif terkenal ex BMW, audi gituan aja belakangan pindah ke hyundai / kia. Dan ngak mungkin karena gaji doang, karena gaji mereka di BMW, audi ngak mungkin kecil, itu udah pasti mereka sudah tau mutu merek korea sekarang sudah seperti apa, dan arah merek korea kemana.
Jika mobil korea tetap jelek hari ini, ngak masuk akal orang seperti christopher chapman (designer BMW X5) mau pindah ke hyundai, ngak mungkin peter schreyer ex-audi mau pindah ke kia, sekarang jadi president kia malah. Belum thomas burkle ex BMW juga pindah ke hyundai duluan.
Jika kita jadi salah satu seperti mereka, udah hebat jadi orang penting di perusahaan keren seperti BMW, masa mau sih pindah ke hyundai / kia jika mereka memang masih jelek seperti 15 tahun lalu ?
Kecuali ada berapa alasan besar.
Re: PS Dakar or Santa Fe
Jika kondisi jalannya seperti di daerah pertambangan, bisa jadi chassis ladder frame lebih cocok, namun jika dalam kota, sudah lebih dari cukup kok kaki kaki SUV monocoque. Asal ngak overloaded. Asal ingat aja, rata rata mobil lux mayoritas monocoque. Emang ada mobil class luxury yang ladder frame ?
Jelas di dalam kota, ride and handling monocoque lebih nyaman.
Toh buktinya daya angkut max santa fe 654 kg, vs fortuner vnt 570 kg. Jika sering bawa beban 500 kg, memang 22nya cukup, namun jelas karena sisa allowance santa fe masih lebih besar, otomatis margin of safetynya lebih OK.
Pula jika suatu hari bawa 7 orang gede @ 80 kg, udah 560 kg. fortuner udah sisa allowance untuk barang cuman 10 kg. pjs dakar dan santa fe masih ada sisa kemampuan 80 kg lebih. Lagi, margin of safetynya lebih tinggi.
Belum masalah 4 speed vs 5 / 6 speed, padahal kita bicara keluar duit udah 400 jutaan. chevy spin aja 6 speed.
Jelas di dalam kota, ride and handling monocoque lebih nyaman.
Toh buktinya daya angkut max santa fe 654 kg, vs fortuner vnt 570 kg. Jika sering bawa beban 500 kg, memang 22nya cukup, namun jelas karena sisa allowance santa fe masih lebih besar, otomatis margin of safetynya lebih OK.
Pula jika suatu hari bawa 7 orang gede @ 80 kg, udah 560 kg. fortuner udah sisa allowance untuk barang cuman 10 kg. pjs dakar dan santa fe masih ada sisa kemampuan 80 kg lebih. Lagi, margin of safetynya lebih tinggi.
Belum masalah 4 speed vs 5 / 6 speed, padahal kita bicara keluar duit udah 400 jutaan. chevy spin aja 6 speed.
Turboman wrote:Kalo ane sih buat barang rekomen PJS atau 42ner VNT krn konstruksi steel ladder umumnya lebih kuat utk bawa beban + kaki2 42ner dan PJS (Strada Triton) udah terbukti di jalan2 rusak di Indonesia, hasil pengamatan di lapangan.
Kalo Santa Fe itu preferensi utk Comfort / membawa penumpang alias orang, utk speed juga........kekuatan kaki2 masih belum ketahuan, yah mudah2-an aja bagus yach......
CMIIW
Another case :
Om Resale Value ini om SithLord bukan yah ? sorry kalo salah
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: PS Dakar or Santa Fe
ada sih.... LC200 dan LX570...Resale Value wrote:Jika kondisi jalannya seperti di daerah pertambangan, bisa jadi chassis ladder frame lebih cocok, namun jika dalam kota, sudah lebih dari cukup kok kaki kaki SUV monocoque. Asal ngak overloaded. Asal ingat aja, rata rata mobil lux mayoritas monocoque. Emang ada mobil class luxury yang ladder frame ?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Mon Dec 10, 2012 9:19
Re: PS Dakar or Santa Fe
buat rute sehari2 mobil ini bukan untuk daerah tambang gitu kok, cuma jabodetabek aja sama keluar kota sesekali.
buat barang bawaan juga bukan barang "kasar" kyk pompa atau yg lain tapi alat2 bokap dari bahan metal yg emang cukup berat, biasanya kalo pake panther baris ketiga lipet full barang, baris kedua isi lumayan, samping driver cuma kertas2 dokumen gitu.
mungkin kalo dari comfort, ride&handling, sama konsumsi bahan bakar ada yg bisa kasih gambaran
buat barang bawaan juga bukan barang "kasar" kyk pompa atau yg lain tapi alat2 bokap dari bahan metal yg emang cukup berat, biasanya kalo pake panther baris ketiga lipet full barang, baris kedua isi lumayan, samping driver cuma kertas2 dokumen gitu.
mungkin kalo dari comfort, ride&handling, sama konsumsi bahan bakar ada yg bisa kasih gambaran
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: PS Dakar or Santa Fe
boleh tahu perkiraan berat barang yang diangkut? kalo sampe 500kg lebih dan ditaruh di belakang, ane sih lebih milih RWD.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Mon Dec 10, 2012 9:19
Re: PS Dakar or Santa Fe
menurut ane ga sampe, mungkin ada 300an kg max 400 kgmaskopat wrote:boleh tahu perkiraan berat barang yang diangkut? kalo sampe 500kg lebih dan ditaruh di belakang, ane sih lebih milih RWD.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1054
- Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16
Re: PS Dakar or Santa Fe
GT sih itu jaminan buat hari Tua, Harganya second Tetap Kuat buat 5-10 tahun kedepan ....htannis wrote:Buset nih geng OOT kemari semuay_anjasrana wrote:tumben unta item keluar dari sarangnya......
Waduh malah Dicap Gank OOT
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
Re: PS Dakar or Santa Fe
Test drive aja. Dan test lamaan tiap candidate. Tol, jalan keriting dll. Ketahuan kok. Bicara panjang lebar tapi ngak test drive juga susah.
Dari segi spec aja, jika ccnya sama dan tipe mesin sama (diesel atau bensin) biasanya 6 speed lebih irit banding 5, apalagi 4 speed. Terus lihat spec mesin, cc makin kecil, namun jika torsi dan powernya gede, biasanya lebih irit. Juga tarikan enteng saat bawa banyak barang. Belum perbandingan power / torsi vs bobot kendaraannya.
Masalah fwd atau rwd, toh ngak mungkin fwd bawa banyak barang depan mobilnya nanti akan naik dan ban depan hilang traksi. Masih bisa jalan kok. Toh merek lain termasuk toyota honda sendiri juga banyak kok model mereka yang fwd, ngak masalah juga kan ? Toh bobot mesin juga udah berat untuk tekan depan ke jalan. Jika fwd ngak bagus, kenapa model lux toyota honda aja mayoritas adalah fwd ? alphard ? crv ? camry ? rx270 dll juga fwd. Apakah mereka bawa barang agak banyak dikit nanti juga masalah ?
Juga mayoritas mobil lux merek apapun kan pakai chassis monocoque untuk comfort dan ride and handling. chassis ladder frame mayoritas di pakai double cabin untuk kerja di lingkungan pertambangan gituan. Ada alasannya. Dari sini aja udah ketahuan, pakai dalam kota, monocoque lebih enak.
Masalah resale value, udah saya jelaskan banyak. Terima, setuju atau ngak terserah. Cuman saya mau ingatkan, jika sudah mampu beli mobil harga +- 400 jutaan, seharusnya kondisi duitnya ngak pas pasan banget kan ? Ingat, hidup cuman sekali. Belilah model yang benar di rasakan paling enak, paling di sukai, supaya puas pakainya. Apalagi katanya mau pakai lama.
Di atas belum tentu jual mobil. Di bawah apalagi.
Dari segi spec aja, jika ccnya sama dan tipe mesin sama (diesel atau bensin) biasanya 6 speed lebih irit banding 5, apalagi 4 speed. Terus lihat spec mesin, cc makin kecil, namun jika torsi dan powernya gede, biasanya lebih irit. Juga tarikan enteng saat bawa banyak barang. Belum perbandingan power / torsi vs bobot kendaraannya.
Masalah fwd atau rwd, toh ngak mungkin fwd bawa banyak barang depan mobilnya nanti akan naik dan ban depan hilang traksi. Masih bisa jalan kok. Toh merek lain termasuk toyota honda sendiri juga banyak kok model mereka yang fwd, ngak masalah juga kan ? Toh bobot mesin juga udah berat untuk tekan depan ke jalan. Jika fwd ngak bagus, kenapa model lux toyota honda aja mayoritas adalah fwd ? alphard ? crv ? camry ? rx270 dll juga fwd. Apakah mereka bawa barang agak banyak dikit nanti juga masalah ?
Juga mayoritas mobil lux merek apapun kan pakai chassis monocoque untuk comfort dan ride and handling. chassis ladder frame mayoritas di pakai double cabin untuk kerja di lingkungan pertambangan gituan. Ada alasannya. Dari sini aja udah ketahuan, pakai dalam kota, monocoque lebih enak.
Masalah resale value, udah saya jelaskan banyak. Terima, setuju atau ngak terserah. Cuman saya mau ingatkan, jika sudah mampu beli mobil harga +- 400 jutaan, seharusnya kondisi duitnya ngak pas pasan banget kan ? Ingat, hidup cuman sekali. Belilah model yang benar di rasakan paling enak, paling di sukai, supaya puas pakainya. Apalagi katanya mau pakai lama.
Di atas belum tentu jual mobil. Di bawah apalagi.
dante193 wrote:buat rute sehari2 mobil ini bukan untuk daerah tambang gitu kok, cuma jabodetabek aja sama keluar kota sesekali.
buat barang bawaan juga bukan barang "kasar" kyk pompa atau yg lain tapi alat2 bokap dari bahan metal yg emang cukup berat, biasanya kalo pake panther baris ketiga lipet full barang, baris kedua isi lumayan, samping driver cuma kertas2 dokumen gitu.
mungkin kalo dari comfort, ride&handling, sama konsumsi bahan bakar ada yg bisa kasih gambaran
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: PS Dakar or Santa Fe
iya dan faktanya resale value dakar lebih bagus karena ratio demand vs supply dakar lebih bagus dibanding santa fe. Terlepas apapun faktor yg mempengaruhi demandnya apakah krn mbl jepang minded, apakah krn pola pikir yg lain atau faktor apapun.Resale Value wrote:Mau prediksi resale value juga ngak bisa cuman lihat model mana yang populasinya lebih banyak. Tetap faktor utama yang akan kendalikan resale value adalah RATIO demand vs supplynya.
konteksnya beda om. Yg diomongin kan mobil yg diproduksi massal ya ngadunya sama produksi massal. Barang limited atau buruan kolektor ya ngadunya sama yg sejenis itu, misal dodge tahun 60 diadu sama chevy di thn yg sama dg type sama. Tapi kalau nekat mau disambungin ya bisa aja, tapi jadinya gini: resale value santa fee akan bagus banget nanti 100 tahun ke depan ketika sudah jadi barang antik, harganya akan lebih mahal dibandingkan dg dakar yg diproduksi massal di tahun 2113 (seratus th kemudian)Contoh lebih extreme, ada mobil tua, juga misalnya mobil classic yang sudah ngak di produksi lagi malah, namun resale valuenya malah jago, meskipun penggunanya sudah ngak terlalu banyak.
ya ndak masalah, lha wong yg beli mobkasnya juga banyak, artinya walopun supplynya byk, demandnya juga tinggiKenapa ?
Karena ratio demand vs supplynya tinggi ! Apalagi jika sudah ngak di produksi dan stok bekasnya sangat sedikit. Sebaliknya, model yang masih di produksi, meskipun yang pakai banyak, namun jika ternyata habis berapa tahun banyak pemiliknya jual karena bosan, atau pindah ke diesel, atau rasa agak boros, atau faktor lain, otomatis jumlah stok bekasnya jadi agak banyak di pasar mobkas.
sama dg diatas, mau banyak di pasaran juga ga ngaruh, selama peminatnya masih tinggi kan. Penjual mobkasnya juga bisa bilang "gue tunggu aja yg berani harga lebih tinggi, yg mau banyak kok"Dan jika demandnya ngak spektakular banget, ya akibatnya calon pembelinya cenderung santai, pelan pelan cari, banding ama stok lain, nawarnya juga galak, karena dia tau di mana mana stok bekasnya banyak.
belum tentu juga, biar kata supply nya dikit tapi demandnnya juga dikit mau apa? Nggak akan rebutan juga, mau rebutan sama siapa, nggak ada saingannya buat rebutan kokSebaliknya, bisa jadi nanti jika stok bekasnya santa fe ini sangat langka, malah bisa jadi nunggu berapa hari, berapa minggu aja ngak ada barang, otomatis yang cari bekasnya lebih ngak berani cerewet, mau banding sana, sini, dan malah jadi rebutan nanti karena jika dia ngak beli stok yang muncul, ya siap nunggu lama lagi sebelum ada supply lagi muncul di pasar.
ya harus epel tu epel juga. Kalau mobil korea penyakitan coba diadu sama mobil jepang penyakitan, yg setara gitu lho, mana yg lebih tidak laku. Jangan diadu dg mobil jepang yg sehat, lalu "penyakitan" dijadikan alasan nggak laku. Sebaliknya mobil korea sehat ya diadu dg mobil jepang yg sehat yg sehat dan setara, misal bandingkan kia picanto dg nissan march atau honda brio.Dan asal ngak banyak penyakit, mana ada pemiliknya yang mau obral ? carnival dulu anjlok bukan karena merek korea, tapi karena banyak penyakit ! jika ngak, resale valuenya ngak mungkin anjlok dulu. Mutu sangat pengaruh resale value. Karena mutu jelek pasti ratio demand vs supplynya sangat rendah.
Yang penting, asal ngak ada banyak penyakit parah seperti carnival dulu, saya sih udah yakin resale value mobil korea sekarang juga sudah bagus, sudah saya lihat, nilai tucson model baru bekasnya, sportage baru bekasnya, picanto baru dll, rata rata harga jual bekasnya masuk akal kok.
ya kan kita omongin faktanya di Indonesia. Apapun alasannya faktor minded terhadap produk tertentu masih merupakan variable yg significant dalam pergerakan demand, yg itu berpengaruh thd resale valueCuman orang yang dari awal sampai sekarang memang tetap prejudice ama mobil korea, memang mau bicara apapun ngak bakal akui hal ini, dan tetap akan pessimis ama mobil korea, meskipun fakta di luar negeri, pasar gede seperti eropa, amerika, china, penjualan hyundai dan kia sudah gede, dan tumbuh terus.
ya gaji-lah yg nomor satu, apa lagi? Masak idealisme hahahaha. Ini kan dunia nyata, bukan ranah filsafat.Malah berapa executif terkenal ex BMW, audi gituan aja belakangan pindah ke hyundai / kia. Dan ngak mungkin karena gaji doang, karena gaji mereka di BMW, audi ngak mungkin kecil, itu udah pasti mereka sudah tau mutu merek korea sekarang sudah seperti apa, dan arah merek korea kemana.
Jika mobil korea tetap jelek hari ini, ngak masuk akal orang seperti christopher chapman (designer BMW X5) mau pindah ke hyundai, ngak mungkin peter schreyer ex-audi mau pindah ke kia, sekarang jadi president kia malah. Belum thomas burkle ex BMW juga pindah ke hyundai duluan.
bisa jadi sebaliknya, mereka bukan pindah karena melihat mobil korea sudah bagus, tapi dihire dan digaji lebih tinggi, untuk membuat bagus mobil koreaJika kita jadi salah satu seperti mereka, udah hebat jadi orang penting di perusahaan keren seperti BMW, masa mau sih pindah ke hyundai / kia jika mereka memang masih jelek seperti 15 tahun lalu ?
Misalnya nikah dengan orang korea?Kecuali ada berapa alasan besar.
Ini gue bukan bilang mobil korea jelek lho ya, byk mobil korea bagus kok. Tapi ini bicara dalam konteks resale value
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: PS Dakar or Santa Fe
TS kan pilihannya santa fe atau dakar. Kalau soal kebutuhan angkut2, dari data yg disajikan itu berarti kesimpulannya dakar lebih OK dari santa fe kanResale Value wrote:Masalah kemampuan kuli, jangan hanggap remeh santa fe ini. Ya jika TS maunya bawa barang banyak di lingkungan pertambangan atau jalan hancur banget tiap hari, mending beli double cap aja. Beli suv ginian agak mubazir. Sayang sebenernya.
Tapi jika maksudnya adalah sering bawa barang banyak, tapi mainnya toh di dalam kota dimana kondisi jalan bagus, meskipun ya tau sendiri kondisi jalan di kota kota Indonesia banding negara maju, menurut saya, justru harus tau masing masing calon mobil daya angkut maximumnya berapa kg sebelum overload. Seperti orang beli truck, pasti cari tau dulu daya angkut maximumnya berapa (max payload). Mana bisa cuman lihat tampang doang bisa tau siapa lebih jago kuli ?
Untuk ini, saya langsung sajikan infonya, mendasarkan formula Maximum payload (daya angkut max) = Gross vehicle weight - kerb weight. Baru bisa ketahuan SUV mana yang daya angkut barang dan atau penumpang lebih jago.
mitsu pajero sport dakar :
gross vehicle weight = 2600 kg
curb weight = 1935 kg
daya angkut max = 2600 - 1935 = 665 kg
http://www.ktb.co.id/pajerosport/specification.html
fortuner diesel vnt :
gross vehicle weight = 2380 kg
curb weight = 1810 kg
Daya angkut max = 2380 - 1810 = 570 kg
http://www.toyota.astra.co.id/product/? ... l=Fortuner
hyundai new santa fe crd :
gross vehicle weight = 2550 kg
curb weight = 1896 kg
daya angkut max = 2550 - 1896 = 654 kg
http://www.hyundai.co.uk/new-cars/new-g ... n-santa-fe
Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Jelas daya angkut max pajero sport dakar no.1 (665 kg), santa fe no. 2 (654 kg), fortuner vnt no.3 (570 kg)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: PS Dakar or Santa Fe
Membahas perkembangan dan persepsi mobil korea.. Coba kita baca artikel berita menarik ini, untuk sekedar menambah pengetahuan kita
http://english.chosun.com/site/data/htm ... 01253.html
http://english.chosun.com/site/data/htm ... 01253.html
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: PS Dakar or Santa Fe
Gimana yaaa....ehehehedante193 wrote:Permisi suhu2 SM semua, newbie numpang nanya, bokap pengen ganti mobil buat gantiin panther grand touring 05 dia. Pilihannya sampe saat ini ada PS dakar sama Santa Fe. Sebenernya ga ada kriteria khusus buat mobilnya, kedua mobil itu udah diliat langsung dan test drive sebentar tapi beliau malah makin bingung mau pilih yg mana, mungkin lebih ke overall lebih baik mobil mana diantara dua itu. Mobil akan dipakai lumayan lama >5 tahun, weekdays dipake kerja sendiri + barang2 yg cukup banyak. Mungkin dari suhu2 atau pemakai mobil di atas bisa kasih saran buat bokap ane.
Thank you semua!!
Re: PS Dakar or Santa Fe
Resale value santa fe baru kan belum bisa di ketahui, karena baru keluar, namun setidaknya saudaranya tucson sudah lumayan bagus resale valuenya. Dan ingat, tucson itu bensin, dan 2 baris. santa fe itu masuk di category favourite, 3 baris + diesel yang bagus.
Logika aja santa fe yang lebih unggul banding tucson, harga barunya juga masuk akal, pasti lebih kuat lagi resale valuenya.
pajero sport juga lumayan kok resale valuenya. Nah, bicara resale value toyota fortuner, amati dulu pasar sebelum selalu silau ama slogan image toyota, nama besar toyota :
fortuner 2.7 glux. Tahun 2010 barunya 420 juta lebih. Bekasnya yang tahun 2010 sekarang ?
300 juta
http://mobil.tokobagus.com/toyota/toyot ... 30039.html
Baru pakai 2 tahun lebih udah hilang 120 juta lebih. Atau rata rata tiap tahun hilang 60 juta.
yang diesel biasanya lebih bagus, tapi banding ama pajero sport gimana ?
fortuner diesel at 2010. Barunya dulu 374 juta. Sekarang bekasnya :
305 juta
http://mobil.tokobagus.com/toyota/toyot ... 37762.html
Pakai 2 tahun lebih rugi 69 juta, seperti saya bilang, diesel resale value lebih kuat banding bensin, tapi tetap rugi. Ngak ada namanya untung.
coba pajero exceed AT 2010. Dulu barunya 376 juta. Bekasnya sekarang
315 juta
http://mobil.tokobagus.com/mitsubishi/m ... 07085.html
Rugi 61 juta
Ya terserah TS mau yang mana, namun jangan coba coba lari ke fortuner bensin. resale valuenya cukup jatuh. Baru 2 tahun udah hilang 120 juta lebih !
Dan jika ngak mau santa fe, mending pajero sport deh, karena terbukti resale value pajero sport malah lebih kuat banding fortuner diesel, meskipun ngak beda jauh.
Namun fiturnya beda lumayan, terutama mesinnya pajero dakar masih lebih kuat banding fortuner vnt, dakar udah 5 speed, fortuner masih seperti avanza 4 speed.
Plus daya angkut max pajero 665 kg, vs fortuner yang 570 kg. Beda 95 kg, lumayan. Dengan harga yang mirip dan resale value pajero yang lebih unggul dikit malah.
Tapi santa fe coba dulu deh test drive sebelum ambil pajero dakar.
Logika aja santa fe yang lebih unggul banding tucson, harga barunya juga masuk akal, pasti lebih kuat lagi resale valuenya.
pajero sport juga lumayan kok resale valuenya. Nah, bicara resale value toyota fortuner, amati dulu pasar sebelum selalu silau ama slogan image toyota, nama besar toyota :
fortuner 2.7 glux. Tahun 2010 barunya 420 juta lebih. Bekasnya yang tahun 2010 sekarang ?
300 juta
http://mobil.tokobagus.com/toyota/toyot ... 30039.html
Baru pakai 2 tahun lebih udah hilang 120 juta lebih. Atau rata rata tiap tahun hilang 60 juta.
yang diesel biasanya lebih bagus, tapi banding ama pajero sport gimana ?
fortuner diesel at 2010. Barunya dulu 374 juta. Sekarang bekasnya :
305 juta
http://mobil.tokobagus.com/toyota/toyot ... 37762.html
Pakai 2 tahun lebih rugi 69 juta, seperti saya bilang, diesel resale value lebih kuat banding bensin, tapi tetap rugi. Ngak ada namanya untung.
coba pajero exceed AT 2010. Dulu barunya 376 juta. Bekasnya sekarang
315 juta
http://mobil.tokobagus.com/mitsubishi/m ... 07085.html
Rugi 61 juta
Ya terserah TS mau yang mana, namun jangan coba coba lari ke fortuner bensin. resale valuenya cukup jatuh. Baru 2 tahun udah hilang 120 juta lebih !
Dan jika ngak mau santa fe, mending pajero sport deh, karena terbukti resale value pajero sport malah lebih kuat banding fortuner diesel, meskipun ngak beda jauh.
Namun fiturnya beda lumayan, terutama mesinnya pajero dakar masih lebih kuat banding fortuner vnt, dakar udah 5 speed, fortuner masih seperti avanza 4 speed.
Plus daya angkut max pajero 665 kg, vs fortuner yang 570 kg. Beda 95 kg, lumayan. Dengan harga yang mirip dan resale value pajero yang lebih unggul dikit malah.
Tapi santa fe coba dulu deh test drive sebelum ambil pajero dakar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: PS Dakar or Santa Fe
Jadi kesimpulannya bagusan mana nih?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: PS Dakar or Santa Fe
Unta item apaan?y_anjasrana wrote:tumben unta item keluar dari sarangnya......
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12276
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: PS Dakar or Santa Fe
Dedengkot Panther Mania & DIY, om Unta_item...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 335
- Joined: Sun Jun 30, 2013 7:00
- Location: Sin City
Re: PS Dakar or Santa Fe
bokapnya TS dlu pakenya panther, kalo mau ganti keknya cocoknya PS lebih tangguh juga pake ladder frame yg uda kebukti kuat apalagi sering buat angkut2 barang
mitsu juga ASS nya kan lumayan CMIIW dibanding hyundai, beres nya juga lebih gmpg dicari ,harga jual PS skrg pun paling tinggi di segmen SUV
mitsu juga ASS nya kan lumayan CMIIW dibanding hyundai, beres nya juga lebih gmpg dicari ,harga jual PS skrg pun paling tinggi di segmen SUV
Re: PS Dakar or Santa Fe
Update situasi nilai jual kembali Santa Fe vs PS vs fortuner diesel :
fortuner diesel AT 2010. Dulu barunya 375 jt. Nilainya sekarang :
295 juta
Pakai 3 tahun, rugi 80 juta. Turun 21.3 %
http://mobil.tokobagus.com/toyota/toyot ... 51546.html
” LANCAR JAYA MOTOR ”
WTC MAngga Dua Lt.7 Blok B16-B17 Jakarta Pusat.
--------------
PJS Exceed AT 2010. Dulu barunya 376 jt
295 jt
Sama dengan fortuner kasusnya
http://mobil.tokobagus.com/mitsubishi/p ... 16134.html
Rapih Motor
Bursa Otomotif Sunter (BOS) blok C3 no.9
-------------
Santa Fe diesel 2013. Dulu barunya +- 455 juta
425 jt
Rugi 30 jt, turun 6.6 % tahun pertama (mobkas usia berapa bulan pasar tetap hitungnya udah 1 tahun)
" G AUTO --- BANTEN (Showroom Mobil Second) "
Bursa Mobil Summarecon Blok. A No. 32, Jl. Raya Serpong KM 8 No. 8A, Serpong, Tangerang-Banten
-------------
Sebagai perbandingan, kita juga lihat fortuner dan PJS Dakar bekas tahun 2013
fortuner VNT AT 2013. Dulu barunya 430 juta.
385 jt
Tahun pertama rugi 45 jt, turun 10.5 %
http://www.mobil123.com/dijual-mobil-be ... ju9hdLDC8A
AUTO ZONE
Butik Mobil WTC Mangga Dua Lt.3
------------
PJS Dakar AT 2013. Dulu barunya 441 jt
381 jt
Tahun pertama rugi 60 jt, 13.6 %
http://www.mobil123.com/dijual-mobil-be ... ju-kdLDC8A
AG MOBILINDO
WTC Mangga Dua Lt. 7 & 8 E no. 15
fortuner diesel AT 2010. Dulu barunya 375 jt. Nilainya sekarang :
295 juta
Pakai 3 tahun, rugi 80 juta. Turun 21.3 %
http://mobil.tokobagus.com/toyota/toyot ... 51546.html
” LANCAR JAYA MOTOR ”
WTC MAngga Dua Lt.7 Blok B16-B17 Jakarta Pusat.
--------------
PJS Exceed AT 2010. Dulu barunya 376 jt
295 jt
Sama dengan fortuner kasusnya
http://mobil.tokobagus.com/mitsubishi/p ... 16134.html
Rapih Motor
Bursa Otomotif Sunter (BOS) blok C3 no.9
-------------
Santa Fe diesel 2013. Dulu barunya +- 455 juta
425 jt
Rugi 30 jt, turun 6.6 % tahun pertama (mobkas usia berapa bulan pasar tetap hitungnya udah 1 tahun)
" G AUTO --- BANTEN (Showroom Mobil Second) "
Bursa Mobil Summarecon Blok. A No. 32, Jl. Raya Serpong KM 8 No. 8A, Serpong, Tangerang-Banten
-------------
Sebagai perbandingan, kita juga lihat fortuner dan PJS Dakar bekas tahun 2013
fortuner VNT AT 2013. Dulu barunya 430 juta.
385 jt
Tahun pertama rugi 45 jt, turun 10.5 %
http://www.mobil123.com/dijual-mobil-be ... ju9hdLDC8A
AUTO ZONE
Butik Mobil WTC Mangga Dua Lt.3
------------
PJS Dakar AT 2013. Dulu barunya 441 jt
381 jt
Tahun pertama rugi 60 jt, 13.6 %
http://www.mobil123.com/dijual-mobil-be ... ju-kdLDC8A
AG MOBILINDO
WTC Mangga Dua Lt. 7 & 8 E no. 15
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: PS Dakar or Santa Fe
Coba kita bahas Dakar Limited 4X4 VS Shanti 4X4. Barangkali ada yang baru lihat di IIMS sampe minat beli.
Tak tungguin nih.
Tak tungguin nih.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: PS Dakar or Santa Fe
Numpang komen yah..Resale Value wrote:Update situasi nilai jual kembali Santa Fe vs PS vs fortuner diesel :
fortuner diesel AT 2010. Dulu barunya 375 jt. Nilainya sekarang :
295 juta
Pakai 3 tahun, rugi 80 juta. Turun 21.3 %
http://mobil.tokobagus.com/toyota/toyot ... 51546.html
” LANCAR JAYA MOTOR ”
WTC MAngga Dua Lt.7 Blok B16-B17 Jakarta Pusat.
--------------
PJS Exceed AT 2010. Dulu barunya 376 jt
295 jt
Sama dengan fortuner kasusnya
http://mobil.tokobagus.com/mitsubishi/p ... 16134.html
Rapih Motor
Bursa Otomotif Sunter (BOS) blok C3 no.9
-------------
Santa Fe diesel 2013. Dulu barunya +- 455 juta
425 jt
Rugi 30 jt, turun 6.6 % tahun pertama (mobkas usia berapa bulan pasar tetap hitungnya udah 1 tahun)
" G AUTO --- BANTEN (Showroom Mobil Second) "
Bursa Mobil Summarecon Blok. A No. 32, Jl. Raya Serpong KM 8 No. 8A, Serpong, Tangerang-Banten
-------------
Sebagai perbandingan, kita juga lihat fortuner dan PJS Dakar bekas tahun 2013
fortuner VNT AT 2013. Dulu barunya 430 juta.
385 jt
Tahun pertama rugi 45 jt, turun 10.5 %
http://www.mobil123.com/dijual-mobil-be ... ju9hdLDC8A
AUTO ZONE
Butik Mobil WTC Mangga Dua Lt.3
------------
PJS Dakar AT 2013. Dulu barunya 441 jt
381 jt
Tahun pertama rugi 60 jt, 13.6 %
http://www.mobil123.com/dijual-mobil-be ... ju-kdLDC8A
AG MOBILINDO
WTC Mangga Dua Lt. 7 & 8 E no. 15
1. Fortie Diesel AT 2012. Baru 375 harga list, dulu sempet nanya tahun 2010. ada diskon sampai hargai di 367an. Dan itu belom VNT yah, masih fortie boyo..
-Biasanya harga mobil baru pas udah keluar dealer bisa turun 30-40jt. Jadi 367jt-30jt=337jt. Itu harga taun pertama.
-Sisanya dari 330jtan ke 297jt itu = 33jt, 2 tahun. Berarti nyusutnya 16.5jt setahun. Masih worth it, apalagi ini fortuner 2010 masih belom VNT, otomatis harganya "sedikit" lebih rendah.
2. Sama kasusnya utk exceed 2010, saat itu masih 4 speed kl ga salah, dan jok belom bisa ditinggiin. Harga 376 belom diskon saat belo baru. Karena diskon2 dealer yg gede2 mempengaruhi harga jual secondnya juga. Dan utk pajero sport maupun fortuner, yg udah kena imbas diskon pun, harga jualnya menurut saya masih menyenangkan.
3. Dakar AT 2013, baru 441jt, tp diskonnya kan gedea2n..sampe tembus 30jt...so, harga baru saat 2013 adalah 441-30=411jt.
- Penyusutan asumsi saya, mobil keluar dealer langsung depresiasi 30jtan, jadi 411-30jt=381jt..cocok kan?
4. VNT 2013 yg agan bilang harga 430jt itu yg TRD, sedangkan yg diiklan itu non TRD, alias harganya 406jt, itu jg diskon 5jt skrg, jadi 401jt....
- Penyusutan asumsi saya, mobil keluar dealer langsung depresiasi 30jtan, jadi 406-30jt=376jt..dia jual 385..weh..malah lebih tinggi..
Dan menurut saya harga2 yg dipasang di iklan online dll juga kan masih nego, dia pasang 385, bisa jadi deal di 380an...cmiiw yah..
Jadi intinya menurut saya, gimanapun si PS maupun Fortie masih megang di pasaran, maupun mobil second harganya juga masih relatif "terjaga".
Saya bukan fanboy, saya cuma orang yg berusaha membenci merk toyota atau honda krn overpriced & pelit bgt ama fitur, dengan asumsi "dikasih fitur segitu, udah laku kok? kalo nanti penjualan mulai turun, kasih fitur dikit2, plus fl ringan N naikin harga". Pingin saya rasanya. Tp pada akhirnya saya harus mengakui kalau 2 merk ini udah "megang" indonesia..
Contoh, saya punya avanza E Matic tahun 2013. Saya beli cash 157jt harga list, dikasi diskon jadi 150jt nett..sekarang saya lihat di iklan internet, ada jual tipe G (avanza lama) tahun 2010 Manual buka harga 127jt..berarti kalo saya jual avanza E Matic tahun '13 bisa diatas itu dong? bisa lah di 130an...weleh...ini cm 20 jt kurang? sadiss. Pemahaman "begitu mobil keluar dealer langsung depresiasi" sepertinya kurang berlaku di segmen ini yah.
Kalau Santa Fe, barunya 460jt, lalu jual second 2013 dgn harga 425jt, sebagai calon pembeli mobil, saya dihadapkan pada pilihan "dgn harga yg sama, mending beli mobil 'korea' second atau beli Pajero Sport DAKAR Baru yah?". Saya rasa mayoritas orang akan memilih opsi ke 2.
Memang mungkin harga Santa Fe 2013 yg anda lihat 425, tp apa ada yg beli dgn harga segitu?
Pajero Dakar 2013 berani bermain di harga second 385jtan, krn emang rentang harga segitu masuk area harga mobil yg "kastanya" atau "segmennya" beda, misal crv2000cc, cx5 2000cc. Kenapa dakar 2013 ga berani dipasang di harga second 400jtan? krn akan head 2 head sama Fortuner non trd, atau bahkan adik kandungnya sendiri, alias exceed...wich is balik lagi, mending orang beli mobil baru dgn harga yg sama..
mungkin begitu analisa awam saya...mohon koreksi kalau salah...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: PS Dakar or Santa Fe
om, udah di banned itu si resale value
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6015
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: PS Dakar or Santa Fe
Koq muncul lg ya om, siapa yg manggil nech?htannis wrote:om, udah di banned itu si resale value
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today