Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exceed

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by Jerome »

Penikmat_Kopi wrote: Debatable kan bagi yg nggak terima kalau fortuner lebih unggul :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Keunggulan itu kan hanya diliat satu persatu, tapi harus secara akumulatif. Rumus sederhananya gini:
semua keunggulan - semua kekurangan = hasil.
Mungkin fortie punya 100 kekurangan, tapi mungkin juga punya 300 keunggulan. Sementara mungkin pesaingnya hanya punya 80 kekurangan, tapi juga hanya punya 100 keunggulan. Nah hasil akhirnya itu yg diitung.
Kecuali kalau pertanyaannya adalah: diantara fortie, PS dan TB.... mana yg spionnya paling bagus :wkkk:
Apakah yg beli fortuner nggak sekritis pembeli SUV saingannya, ya belum tentu juga. Bisa jadi justru lebih kritis.
Ukuran kritis itu apa? Apa "asal bukan Toy*ta" itu adalah kriteria dari "kritis"?

Ini sedikit analogi;
Daging unggas yg paling unggul adalah daging AYAM. Trus ada orang yg bilang, lebih unggul bebek, lebih unggul belibis, lebih unggul burung dara dll. Tapi fakta: orang makan daging ayam jauh lebih banyak drpd org makan daging unggas lain.
Apakah daging unggas lain nggak enak? Ya mungkin enak juga, tapi sejarah peradaban manusia dari jaman ke jaman sudah melakukan seleksi sehingga memunculkan kesimpulan bahwa daging ayam lah yg lebih unggul drpd daging unggas lain.
Ada segelintir orang yg mungkin bosan dengan daging ayam, kemudian memilih memakan daging unggas lain. Tapi fakta yg tidak bisa dibantah adalah sampai dengan detik ini daging ayam paling panyak diminati dibanding daging unggas lain.
Ini sekedar analogi, bukan main topicnya :big_peace:
Yg ane blg debatable itu kan kata “pasti” nya itu, bkn mslh siapa (merk/type) yg unggul disini

Spt gw blg byk faktor yg membuat org mengambil keputusan utk memilih suatu merk
Nah mslh nya seberapa pentingnya msg2 faktor tsb bg org dlm pemilihan suatu merk ? ini jg tergantung dr karakter konsumen di suatu Negara (kalo mo bicara mobil plg laku di negara tsb)

Contoh : dr faktor2 tsb (resale, brand, realibility, fitur, design, price dst) mayoritas org indo (biasanya) menempatkan faktor brand & resale diatas fitur, design
Krn gk mau pusing2 mikir, analisa (apalg test drive), dan cm ambil garis besarnya aja termasuk ikut suara terbanyak

Jadilah mobil yg punya brand & resale kuat lebih laku dibanding yg realibility, fitur, design nya lebih unggul

Contoh, ada majalah/lembaga yg membuat penilaian thdp suatu merk sbb :
mobil A :
Brand 5
Resale 4
Fitur 3
Design 2
Price 3
Total 17

Mobil B :
Brand 2
Resale 3
Fitur 5
Design 5
Price 3
Total 18

Dr nilai keseluruhan mobil B unggul, tp krn bg konsumen di suatu negara brand & resale itu lbh penting jdlah mobil A lebih laku
Tp mis. bg konsumen di negara lain, dimana fitur & design itu lbh penting mobil B bs lebih laku

ini logika ane loh ya... :big_peace:

So, mknya di forum ini jg klo ada TS yg nanya2 soal pemilihan mobil dibalikkin lg, TS mau nya yg apa ? faktor apa yg menentukan bg mereka ?

dan knp setiap ada yg (terkesan) menyinggung merk2 mapan lsg dianggep "gak terima" ? :ungg:
ini kan konteks nya blg ada bhw faktor lain yg bisa dipertimbangkan TS dlm menentukan pilihan,
bkn pro kontra thdp suatu merk
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by htannis »

Jerome wrote:
Penikmat_Kopi wrote: Debatable kan bagi yg nggak terima kalau fortuner lebih unggul :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Keunggulan itu kan hanya diliat satu persatu, tapi harus secara akumulatif. Rumus sederhananya gini:
semua keunggulan - semua kekurangan = hasil.
Mungkin fortie punya 100 kekurangan, tapi mungkin juga punya 300 keunggulan. Sementara mungkin pesaingnya hanya punya 80 kekurangan, tapi juga hanya punya 100 keunggulan. Nah hasil akhirnya itu yg diitung.
Kecuali kalau pertanyaannya adalah: diantara fortie, PS dan TB.... mana yg spionnya paling bagus :wkkk:
Apakah yg beli fortuner nggak sekritis pembeli SUV saingannya, ya belum tentu juga. Bisa jadi justru lebih kritis.
Ukuran kritis itu apa? Apa "asal bukan Toy*ta" itu adalah kriteria dari "kritis"?

Ini sedikit analogi;
Daging unggas yg paling unggul adalah daging AYAM. Trus ada orang yg bilang, lebih unggul bebek, lebih unggul belibis, lebih unggul burung dara dll. Tapi fakta: orang makan daging ayam jauh lebih banyak drpd org makan daging unggas lain.
Apakah daging unggas lain nggak enak? Ya mungkin enak juga, tapi sejarah peradaban manusia dari jaman ke jaman sudah melakukan seleksi sehingga memunculkan kesimpulan bahwa daging ayam lah yg lebih unggul drpd daging unggas lain.
Ada segelintir orang yg mungkin bosan dengan daging ayam, kemudian memilih memakan daging unggas lain. Tapi fakta yg tidak bisa dibantah adalah sampai dengan detik ini daging ayam paling panyak diminati dibanding daging unggas lain.
Ini sekedar analogi, bukan main topicnya :big_peace:
Yg ane blg debatable itu kan kata “pasti” nya itu, bkn mslh siapa (merk/type) yg unggul disini

Spt gw blg byk faktor yg membuat org mengambil keputusan utk memilih suatu merk
Nah mslh nya seberapa pentingnya msg2 faktor tsb bg org dlm pemilihan suatu merk ? ini jg tergantung dr karakter konsumen di suatu Negara (kalo mo bicara mobil plg laku di negara tsb)

Contoh : dr faktor2 tsb (resale, brand, realibility, fitur, design, price dst) mayoritas org indo (biasanya) menempatkan faktor brand & resale diatas fitur, design
Krn gk mau pusing2 mikir, analisa (apalg test drive), dan cm ambil garis besarnya aja termasuk ikut suara terbanyak

Jadilah mobil yg punya brand & resale kuat lebih laku dibanding yg realibility, fitur, design nya lebih unggul

Contoh, ada majalah/lembaga yg membuat penilaian thdp suatu merk sbb :
mobil A :
Brand 5
Resale 4
Fitur 3
Design 2
Price 3
Total 17

Mobil B :
Brand 2
Resale 3
Fitur 5
Design 5
Price 3
Total 18

Dr nilai keseluruhan mobil B unggul, tp krn bg konsumen di suatu negara brand & resale itu lbh penting jdlah mobil A lebih laku
Tp mis. bg konsumen di negara lain, dimana fitur & design itu lbh penting mobil B bs lebih laku

ini logika ane loh ya... :big_peace:

So, mknya di forum ini jg klo ada TS yg nanya2 soal pemilihan mobil dibalikkin lg, TS mau nya yg apa ? faktor apa yg menentukan bg mereka ?

dan knp setiap ada yg (terkesan) menyinggung merk2 mapan lsg dianggep "gak terima" ? :ungg:
ini kan konteks nya blg ada bhw faktor lain yg bisa dipertimbangkan TS dlm menentukan pilihan,
bkn pro kontra thdp suatu merk
Nah itu dia bro, sebenarnya balik lagi kriteria TS, dan lebih baik testdrive aja satu persatu, karena itu preferensi tiap orang. Abis gitu merk satu itu yg diunggulkan cuman "penjualannya kan selalu unggul tiap bulan, berarti lebih bagus daripada merk ono" :wkkk: bukannya dijelasin ke TS bilang "wah merk ini ada fitur ini loh, lebih bagus fiturnya soalnya ada ini loh" :wkkk:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
safrianaf
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sun Jan 20, 2013 13:58

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by safrianaf »

Mohon mangap TS baru nongol lagi :mky_01:

Langsung hot aja ya nih hehe :big_peace:

Jadi kan ini mobil rata-rata yang pake bakalnya bokap-nyokap..TS sendiri bakal super jarang soalnya mencari sesuap nasi di negeri orang, mohon doanya bro2 SMers, hehe :ungg: :ungg:
Bokap-nyokap udah 50an dan 60an soo.. tampang gagah nomer dua, mending yang rada2 hampir2 agak2 elegan (mulai menjurus :big_peace: )

Dan juga sekalipun saya bakal jarang pake, saya sangat mentingin interior, terutama yang udah ada bawaan head unit 2 DIN..

Resale value alhamdulillah ngga terlalu diperhitungkan kok hehe, tapi bisa jadi plus value

Masukan bro2 sekalian sangat membuka pandangan, mohon yang ada debat dilanjutkan asal mengarah lagi ke pertanyaan ane :mky_01:

Oh iya pertanyaan yang lumayan penting..emmm..

1. leg room dan head room TB 2.5, Fortie 2.5, pajero exceed gimana ya? kalo boleh ada yang tau di ketiga baris kursi sih hehe
2. Bantingannya, huehehe lumayan vital nih

NB: sebetulnya TS ga jawab2 soalnya asik mantengin jawaban suhu2 disini :big_slap:
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by MonSTER_GTR »

@htannis cc boleh beda, penggerak boleh beda, size boleh beda, tapi terbukti kok nyaman dan power nya mengalahkan VNT dan PS, gak tau sih kalo sama TB. masih di kategori mid-suv kan empat2 nya. :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by htannis »

MonSTER_GTR wrote:@htannis cc boleh beda, penggerak boleh beda, size boleh beda, tapi terbukti kok nyaman dan power nya mengalahkan VNT dan PS, gak tau sih kalo sama TB. masih di kategori mid-suv kan empat2 nya. :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Kalau nyaman sih ane akui, ane sering pergi sama teman dan nyetir vdci dia, bawaannya ngantuk, saking gak ada suaranya dan saking nyamannya, tapi ane kurang suka driving positionnya, agak tenggelem ke dalam dashboard :big_peace: tapi tetap aja size nya beda, terutama baris ke 3 nya, dan fun to drive mobil rwd sama fwd juga beda, terutama kalau sama2 muatan penuh, Power sama vnt boleh lebih gede, sama dakar? Tetap kalah tuh :wkkk: apalagi kalau misalnya vnt/dakar/vdci sama2 dikasi piggyback, bye bye vdci :mky_08:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by MonSTER_GTR »

wakkakakkakakaka, ya memang sih diakui buat baris ketiga nya gak seluas yang lain, tapi fun to drive nya i dont think VNT and PS is any better IMHO, driving position oke lah memang agak tenggelam, tapi tidak mengurangi "fun to drive" dari captiva kok.

kan dibandingin ya sama PS exceed dong bukan dakar btw hha jangan ngomong pake piggyback dong kan ini lagi bahas standard nya bro santai santai sloooooowwwwwwwwwwwwww


aahhh nubie naek ke atep dulu deh :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by NYoman »

TB saya belum pernah coba, Fortuner yng VNT pernah untuk Pajero hanya yg Exceed..
saya orangnya bukan yg power minded dan suka kebut-kebutan jadi untuk mesin saya anggap sama semua (CRD), cuma mana yang paling sehat dan perawatan nya gampang..

Dari segi nyaman saya mulai dari visual interior, Pajero terlihat lebih sporti (terutama GLS karena warna interior hitam, untuk yang Exceed lebih terlihat mewah dan terang) tapi entah kenapa saya kok lebih satisfied sama interior Fortuner terutama kualitas bahan nya..

Visual exterior, Pajero itu kurang begitu gagah, sedangkan fortie juga gak gagah2 amat..imbang untuk ke duanya

Suspensi, Fortuner mengambil basis dari Innova. Innova itu terkenal dengan suspensi yang sedikit keras sedangkan Fortuner sendiri malah terlalu empuk menurut saya, apalagi lewat poldur terasa banget kasian penumpang sebetulnya. Pajero terasa lebih rigid, terasa saat melibas poldur atau jalan yg naik turun.

Untuk mesin, keduanya sama2 diesel CRD tapi Fortuner terasa lebih keras suaranya dibanding Pajero. Saya mengukur menggunakan SLM (idle), Fortuner menghasilkan suara 53.5dB (rata2) dalam kabin, sedangkan Pajero menghasilkan suara 49.1dB (rata2) (Semua telah terpasang Tuffkote Dinol) Saat jalan dan di kondisi 100km/h Fortuner 68dB dan Pajero 66dB memper dikit. Untuk tenaga memang agak gimana gitu karena teknologi turbonya berbeda yang satu sudah VGT sedangkan yg satu masih belum VGT. Tapi menurut saya overall selama mesin sehat dan terawat tidak akan terasa perbedaan, paling beda tarikan doang. Tenaga gede mau di pake kemana? jalan tol 120 aja masih sering ngebel dan ngedim.

Konfigurasi tempat duduk saya rasa keduanya sama. Untuk headroom saya merasa keduanya juga seimbang, sama2 "hampir" mentok kena kepala saya (172cm) tapi yang berbeda pajero tipe kursi belakangnya bisa di lipat hingga lantai rata, sehingga enak buat bawa barang. Fortuner masih mengandalkan sistem gantung seperti di Innova, agak susah juga karena repot dan berat buat ngangkat tapi tidak masalah selama yang pakai nyaman :mrgreen: tapi boleh tau juga saya duduk di kursi paling belakang Pajero tidak senyaman duduk di kursi belakang Fortuner, mungkin perbedaan bahan jok dan bentuk joknya (bukan legroom)

Untuk Resale Value, karena pegang nama besar Toyota jelas Fortuner paling mantap resalenya. Beberapa tahun kedepan entah seperti apa, bisa berubah. Tapi dari pengalaman dengan sales Mitsubishi saya rasa agak susah buat ngelawan Toyota untuk 3-5 tahun kedepan.

Tapi saya saranin buat TS malah ambil Fortuner G VNT deh hhe..

Oh iya OOT dikit, emang ada ya Exceed manual? bukannya Exceed itu semuanya automatic ya? Pajero manual itu kalo ndak salah GLS(2WD) dan GLX(4WD)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by ZombiEE »

Nubie berkhayal *asiiikkk* dlm posisi TS...ambe PS aja deh...klo bisa muat dalam dakar ya dakar lah...
Simple alasannya karena line up PS di Sumut lagi cuci stock taun lalu, diskonnya ranging dari 43-50an juta...nah, gimana kondisi di jakarta?
Bantingan yah jelas gak nyaman2 amat utk kandidat2 diatas (Trailblazer nubie ga tau)....apalagi sbg penumpang di baris terakhir...terang aja tidak ideal utk perjalanan berdurasi panjang....tmsk jg misalkan lux SUV sekelas LC ya sama aja nubie tidak merasa nyaman....

Balik brondok.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by ZombiEE »

Oiya nubie coba tambahin sedikit, baik fortuner, pjs maupun TB sama2 tidak nyaman bagi first lady saat memakai rok,, apalagi gaun malam....
ƙα̇̇̇̊α̇̇̇̊ßúúяяя•*˚*•
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by NYoman »

ZombiEE wrote:Oiya nubie coba tambahin sedikit, baik fortuner, pjs maupun TB sama2 tidak nyaman bagi first lady saat memakai rok,, apalagi gaun malam....
ƙα̇̇̇̊α̇̇̇̊ßúúяяя•*˚*•
wkwkwk, mobil2 tinggi harus di kasih tangga mini kali ya di bawah pintunya.. :wkkk:
jadi tiap high SUV udah gak perlu kasih footstep sebagai fitur tambahan, cukup ada tangga mini yg bisa kebuka otomatis waktu first lady naik atau turun.. :mky_03:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by ZombiEE »

kalau ndak salah fitur ini ada di ford expedition atau navigator gitu sbg option tambahan...ntah lah escalade ada atau tidak..ehehee :upss:
IMALY
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by htannis »

MonSTER_GTR wrote:wakkakakkakakaka, ya memang sih diakui buat baris ketiga nya gak seluas yang lain, tapi fun to drive nya i dont think VNT and PS is any better IMHO, driving position oke lah memang agak tenggelam, tapi tidak mengurangi "fun to drive" dari captiva kok.

kan dibandingin ya sama PS exceed dong bukan dakar btw hha jangan ngomong pake piggyback dong kan ini lagi bahas standard nya bro santai santai sloooooowwwwwwwwwwwwww


aahhh nubie naek ke atep dulu deh :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Iya sih kl exceed harus diakui kurang menarik, soalnya bawahnya lemot, yah kl dibanding exceed sih terus terang nubie masih pilih vnt sih :mky_03: kalau vdci agak flat tarikannya, tapi memang torsi merata, terus getaran memang halus, dan suara juga gak brisik. Temen ane punya malah udah pasang dastek q+ jadi 200HP dari 160HP.
Ngapain naik ke atas atap, banjir yah :ngacir:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by MonSTER_GTR »

@htannis yuk naek ke atas atep bareng, mantauiin master2 berpedapat

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by HilmanZ »

safrianaf wrote:Mohon mangap TS baru nongol lagi :mky_01:

Langsung hot aja ya nih hehe :big_peace:

Jadi kan ini mobil rata-rata yang pake bakalnya bokap-nyokap..TS sendiri bakal super jarang soalnya mencari sesuap nasi di negeri orang, mohon doanya bro2 SMers, hehe :ungg: :ungg:
Bokap-nyokap udah 50an dan 60an soo.. tampang gagah nomer dua, mending yang rada2 hampir2 agak2 elegan (mulai menjurus :big_peace: )

Dan juga sekalipun saya bakal jarang pake, saya sangat mentingin interior, terutama yang udah ada bawaan head unit 2 DIN..

Resale value alhamdulillah ngga terlalu diperhitungkan kok hehe, tapi bisa jadi plus value

Masukan bro2 sekalian sangat membuka pandangan, mohon yang ada debat dilanjutkan asal mengarah lagi ke pertanyaan ane :mky_01:

Oh iya pertanyaan yang lumayan penting..emmm..

1. leg room dan head room TB 2.5, Fortie 2.5, pajero exceed gimana ya? kalo boleh ada yang tau di ketiga baris kursi sih hehe
2. Bantingannya, huehehe lumayan vital nih

NB: sebetulnya TS ga jawab2 soalnya asik mantengin jawaban suhu2 disini :big_slap:
kalo buat orang tua si,gw prefer fortuner dari pasport. footstep pasport kecil bener.orang tua agak susah nginjek nya. :mky_01:
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by Penikmat_Kopi »

Kalau soal harga, dari november sampai dengan pertengahan januari kmrn diskon TS makin gede aja, untuk semua type. Nggak tau skr, apakah dengan dikasih diskon gede-gedean bisa ngabisin stock 2012 atau justru org mikir "ah tunggu bentar lagi, mungkin makin gede diskonnya". Kalau susah laku kan diskonnya makin gede kali ya. Tapi apapun itu, kalau bisa dapat harga jauh lebih murah, ya kenapa enggak, bisa aja dijadikan pertimbangan. Yg udah terlanjur beli sblm diskon gede-gedean mungkin ada yg geleng-geleng kepala, mikir kok harganya jadi terjun bebas di akhir tahun, tapi bagi yg mau beli itu added value, bisa dpt unit dg harga lebih murah. Toh TS tidak memikirkan resale value, jadi coba tawar PS 2012 tekan abis diskonnya, mungkin bisa dapat harga dakar sama dengan vn turbo 2013
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by Penikmat_Kopi »

Kalau untuk sudut pandang kalau nyetir, PS menurut gue lebih bagus, mungkin karena monconynya cenderung lebih turun atau mungkin pengaruh dudukan joknya. Tapi kalau keleluasaan kabis, fortie lebih unggul. Kalau PS terlalu sempit dan mentok di atas, ya mungkin itu buat itu kompensasi dengan mendapat sudut pandang yg bagus. Kalau yg exceed mah pasrah aja dg mentoknya kabin, kalau yg dakar masih bisa diakalin dengan buka sunroof, jadinya kepalanya ditongolin aja keluar sunroof kalau kepentok kabin, nyetirnya dengan kepala keluar kabin melalui sunroof hahahahahahaha.
Untuk baris ketiga, PS mah agak lebih susah didudukin dibanding fortie, kecuali untuk anak-anak atau org dewasa duduk bersila hehehe. Baris ketiga fortie masih lebih lega.
Kalau soal keberisikan, fortie tdk lebih baik dibanding PS. Itu udah ada yg ngukur kebisingannya juga kan
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by Penikmat_Kopi »

Kalau TB, terus terang gue nggak tau, ini salah satu mobil yg gue penasaran pengin TD tp blm ada kesempatan.di jalanpun masih jarang. Gue baru pernah liat 2 kali di jalan, yg satu TB 2.8, satunya TB 2.5.
Nggak tau apa hubungannya dengan opel blazer. Kalau jaman pertengahan 90an, opel blazer sih enak pakenya.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by htannis »

Penikmat_Kopi wrote:Kalau untuk sudut pandang kalau nyetir, PS menurut gue lebih bagus, mungkin karena monconynya cenderung lebih turun atau mungkin pengaruh dudukan joknya. Tapi kalau keleluasaan kabis, fortie lebih unggul. Kalau PS terlalu sempit dan mentok di atas, ya mungkin itu buat itu kompensasi dengan mendapat sudut pandang yg bagus. Kalau yg exceed mah pasrah aja dg mentoknya kabin, kalau yg dakar masih bisa diakalin dengan buka sunroof, jadinya kepalanya ditongolin aja keluar sunroof kalau kepentok kabin, nyetirnya dengan kepala keluar kabin melalui sunroof hahahahahahaha.
Untuk baris ketiga, PS mah agak lebih susah didudukin dibanding fortie, kecuali untuk anak-anak atau org dewasa duduk bersila hehehe. Baris ketiga fortie masih lebih lega.
Kalau soal keberisikan, fortie tdk lebih baik dibanding PS. Itu udah ada yg ngukur kebisingannya juga kan
Nah kalau ini ane setuju untuk perbandingan fortie vs pjs
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by NYoman »

Penikmat_Kopi wrote:Kalau untuk sudut pandang kalau nyetir, PS menurut gue lebih bagus, mungkin karena monconynya cenderung lebih turun atau mungkin pengaruh dudukan joknya. Tapi kalau keleluasaan kabis, fortie lebih unggul. Kalau PS terlalu sempit dan mentok di atas, ya mungkin itu buat itu kompensasi dengan mendapat sudut pandang yg bagus. Kalau yg exceed mah pasrah aja dg mentoknya kabin, kalau yg dakar masih bisa diakalin dengan buka sunroof, jadinya kepalanya ditongolin aja keluar sunroof kalau kepentok kabin, nyetirnya dengan kepala keluar kabin melalui sunroof hahahahahahaha.
Untuk baris ketiga, PS mah agak lebih susah didudukin dibanding fortie, kecuali untuk anak-anak atau org dewasa duduk bersila hehehe. Baris ketiga fortie masih lebih lega.
Kalau soal keberisikan, fortie tdk lebih baik dibanding PS. Itu udah ada yg ngukur kebisingannya juga kan
yang saya bold..
dulu pas mau beli D4D si sales dengan gagas menjawab bahwa mesin D4D mereka adalah mesin diesel paling halus di kelasnya.. setelah saya coba suaranya kenceng, persis kayak suara LV walau gak keras bgt kayak LV sih.. setelah coba 4D56 (DI-D) malah lebih halus, bahkan dari luar kabin terasa lebih halus 4D56.. diluar saat idle D4D 69.5dB sedangkan 4D56 masih di kisaran 54.5dB.. cukup jauh bagi yg telinganya sangat sensitif..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by MitshuToyo »

Semua matiknya PS pakai CVT ya ?? (Exceed & Dakar )
agak parno jg nih kl CVT..
Lagi nginjek rem..
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by htannis »

MitshuToyo wrote:Semua matiknya PS pakai CVT ya ?? (Exceed & Dakar )
agak parno jg nih kl CVT..
Hah? Kata siapa pake cvt? Exceed 4 speed tiptronik, dakar 5 speed tiptronic with paddleshift. Oli a/t nya compatible sama sp-3, bukan oli cvt
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by Penikmat_Kopi »

Jerome wrote:
Penikmat_Kopi wrote: Debatable kan bagi yg nggak terima kalau fortuner lebih unggul :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Keunggulan itu kan hanya diliat satu persatu, tapi harus secara akumulatif. Rumus sederhananya gini:
semua keunggulan - semua kekurangan = hasil.
Mungkin fortie punya 100 kekurangan, tapi mungkin juga punya 300 keunggulan. Sementara mungkin pesaingnya hanya punya 80 kekurangan, tapi juga hanya punya 100 keunggulan. Nah hasil akhirnya itu yg diitung.
Kecuali kalau pertanyaannya adalah: diantara fortie, PS dan TB.... mana yg spionnya paling bagus :wkkk:
Apakah yg beli fortuner nggak sekritis pembeli SUV saingannya, ya belum tentu juga. Bisa jadi justru lebih kritis.
Ukuran kritis itu apa? Apa "asal bukan Toy*ta" itu adalah kriteria dari "kritis"?

Ini sedikit analogi;
Daging unggas yg paling unggul adalah daging AYAM. Trus ada orang yg bilang, lebih unggul bebek, lebih unggul belibis, lebih unggul burung dara dll. Tapi fakta: orang makan daging ayam jauh lebih banyak drpd org makan daging unggas lain.
Apakah daging unggas lain nggak enak? Ya mungkin enak juga, tapi sejarah peradaban manusia dari jaman ke jaman sudah melakukan seleksi sehingga memunculkan kesimpulan bahwa daging ayam lah yg lebih unggul drpd daging unggas lain.
Ada segelintir orang yg mungkin bosan dengan daging ayam, kemudian memilih memakan daging unggas lain. Tapi fakta yg tidak bisa dibantah adalah sampai dengan detik ini daging ayam paling panyak diminati dibanding daging unggas lain.
Ini sekedar analogi, bukan main topicnya :big_peace:
Yg ane blg debatable itu kan kata “pasti” nya itu, bkn mslh siapa (merk/type) yg unggul disini

Spt gw blg byk faktor yg membuat org mengambil keputusan utk memilih suatu merk
Nah mslh nya seberapa pentingnya msg2 faktor tsb bg org dlm pemilihan suatu merk ? ini jg tergantung dr karakter konsumen di suatu Negara (kalo mo bicara mobil plg laku di negara tsb)

Contoh : dr faktor2 tsb (resale, brand, realibility, fitur, design, price dst) mayoritas org indo (biasanya) menempatkan faktor brand & resale diatas fitur, design
Krn gk mau pusing2 mikir, analisa (apalg test drive), dan cm ambil garis besarnya aja termasuk ikut suara terbanyak

Jadilah mobil yg punya brand & resale kuat lebih laku dibanding yg realibility, fitur, design nya lebih unggul

Contoh, ada majalah/lembaga yg membuat penilaian thdp suatu merk sbb :
mobil A :
Brand 5
Resale 4
Fitur 3
Design 2
Price 3
Total 17

Mobil B :
Brand 2
Resale 3
Fitur 5
Design 5
Price 3
Total 18

Dr nilai keseluruhan mobil B unggul, tp krn bg konsumen di suatu negara brand & resale itu lbh penting jdlah mobil A lebih laku
Tp mis. bg konsumen di negara lain, dimana fitur & design itu lbh penting mobil B bs lebih laku

ini logika ane loh ya... :big_peace:

So, mknya di forum ini jg klo ada TS yg nanya2 soal pemilihan mobil dibalikkin lg, TS mau nya yg apa ? faktor apa yg menentukan bg mereka ?

dan knp setiap ada yg (terkesan) menyinggung merk2 mapan lsg dianggep "gak terima" ? :ungg:
ini kan konteks nya blg ada bhw faktor lain yg bisa dipertimbangkan TS dlm menentukan pilihan,
bkn pro kontra thdp suatu merk
Bro, ini kan yg dijadiin perbandingan adalah fortie vnt, ps exceed dan tb 2.5? Bukan dg fortie vnt vs dakar vs tb 2.8. Kalau perbandingan forti vnt, dakar dan tb 2.8 ya pilihannya tb 2.8 dong, udah 4x4 lagi. Tapi sekali lagi, coba diliat judul tritnya: tb 2.5 vs ps exceed vs ps vnt
Karena blm byk review dan pengguna tb di indonesia, maka yg komen pada mengerucut ke vnt atau exceed. Nah kalau perbandingannya adalah fortie vnt dengan ps exceed, ya jelas fortie vnt lebih unggul dong, mau diitung dgn cara apapun.
Kecuali kalau concernnya soal harga, karena harga ps semua type sampai dengan januari kmrn diskonnya gede-gedean
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by Penikmat_Kopi »

NYoman wrote:
Penikmat_Kopi wrote:Kalau untuk sudut pandang kalau nyetir, PS menurut gue lebih bagus, mungkin karena monconynya cenderung lebih turun atau mungkin pengaruh dudukan joknya. Tapi kalau keleluasaan kabis, fortie lebih unggul. Kalau PS terlalu sempit dan mentok di atas, ya mungkin itu buat itu kompensasi dengan mendapat sudut pandang yg bagus. Kalau yg exceed mah pasrah aja dg mentoknya kabin, kalau yg dakar masih bisa diakalin dengan buka sunroof, jadinya kepalanya ditongolin aja keluar sunroof kalau kepentok kabin, nyetirnya dengan kepala keluar kabin melalui sunroof hahahahahahaha.
Untuk baris ketiga, PS mah agak lebih susah didudukin dibanding fortie, kecuali untuk anak-anak atau org dewasa duduk bersila hehehe. Baris ketiga fortie masih lebih lega.
Kalau soal keberisikan, fortie tdk lebih baik dibanding PS. Itu udah ada yg ngukur kebisingannya juga kan
yang saya bold..
dulu pas mau beli D4D si sales dengan gagas menjawab bahwa mesin D4D mereka adalah mesin diesel paling halus di kelasnya.. setelah saya coba suaranya kenceng, persis kayak suara LV walau gak keras bgt kayak LV sih.. setelah coba 4D56 (DI-D) malah lebih halus, bahkan dari luar kabin terasa lebih halus 4D56.. diluar saat idle D4D 69.5dB sedangkan 4D56 masih di kisaran 54.5dB.. cukup jauh bagi yg telinganya sangat sensitif..
Tinggi juga ya tingkat kebisingannya, kayak genset hehehe. Gue malah baru tau hasil testnya segitu.
Kalau diesel jaman dulu setinggi apa ya, apakah lebih tinggi lagi? Padahal kalau terpapar pada minimal 85db direkomendasikan sudah harus pakai earplug tuh
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by NYoman »

Penikmat_Kopi wrote:
NYoman wrote: yang saya bold..
dulu pas mau beli D4D si sales dengan gagas menjawab bahwa mesin D4D mereka adalah mesin diesel paling halus di kelasnya.. setelah saya coba suaranya kenceng, persis kayak suara LV walau gak keras bgt kayak LV sih.. setelah coba 4D56 (DI-D) malah lebih halus, bahkan dari luar kabin terasa lebih halus 4D56.. diluar saat idle D4D 69.5dB sedangkan 4D56 masih di kisaran 54.5dB.. cukup jauh bagi yg telinganya sangat sensitif..
Tinggi juga ya tingkat kebisingannya, kayak genset hehehe. Gue malah baru tau hasil testnya segitu.
Kalau diesel jaman dulu setinggi apa ya, apakah lebih tinggi lagi? Padahal kalau terpapar pada minimal 85db direkomendasikan sudah harus pakai earplug tuh
wah saya salah tulis, itu seharusnya 59.5dB bukan 69.5dB..
Sori2 saya tidak ngecek post saya sendiri kmrn..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Trailblazer 2.5 vs Fortuner VNT TRD vs Pajero Sport Exce

Post by FMEAKD »

ZombiEE wrote:Nubie berkhayal *asiiikkk* dlm posisi TS...ambe PS aja deh...klo bisa muat dalam dakar ya dakar lah...
Simple alasannya karena line up PS di Sumut lagi cuci stock taun lalu, diskonnya ranging dari 43-50an juta...nah, gimana kondisi di jakarta?
Bantingan yah jelas gak nyaman2 amat utk kandidat2 diatas (Trailblazer nubie ga tau)....apalagi sbg penumpang di baris terakhir...terang aja tidak ideal utk perjalanan berdurasi panjang....tmsk jg misalkan lux SUV sekelas LC ya sama aja nubie tidak merasa nyaman....

Balik brondok.


biasa naik helicopter pribadi nih :mky_03: