Yg ane blg debatable itu kan kata “pasti” nya itu, bkn mslh siapa (merk/type) yg unggul disiniPenikmat_Kopi wrote: Debatable kan bagi yg nggak terima kalau fortuner lebih unggul
Keunggulan itu kan hanya diliat satu persatu, tapi harus secara akumulatif. Rumus sederhananya gini:
semua keunggulan - semua kekurangan = hasil.
Mungkin fortie punya 100 kekurangan, tapi mungkin juga punya 300 keunggulan. Sementara mungkin pesaingnya hanya punya 80 kekurangan, tapi juga hanya punya 100 keunggulan. Nah hasil akhirnya itu yg diitung.
Kecuali kalau pertanyaannya adalah: diantara fortie, PS dan TB.... mana yg spionnya paling bagus
Apakah yg beli fortuner nggak sekritis pembeli SUV saingannya, ya belum tentu juga. Bisa jadi justru lebih kritis.
Ukuran kritis itu apa? Apa "asal bukan Toy*ta" itu adalah kriteria dari "kritis"?
Ini sedikit analogi;
Daging unggas yg paling unggul adalah daging AYAM. Trus ada orang yg bilang, lebih unggul bebek, lebih unggul belibis, lebih unggul burung dara dll. Tapi fakta: orang makan daging ayam jauh lebih banyak drpd org makan daging unggas lain.
Apakah daging unggas lain nggak enak? Ya mungkin enak juga, tapi sejarah peradaban manusia dari jaman ke jaman sudah melakukan seleksi sehingga memunculkan kesimpulan bahwa daging ayam lah yg lebih unggul drpd daging unggas lain.
Ada segelintir orang yg mungkin bosan dengan daging ayam, kemudian memilih memakan daging unggas lain. Tapi fakta yg tidak bisa dibantah adalah sampai dengan detik ini daging ayam paling panyak diminati dibanding daging unggas lain.
Ini sekedar analogi, bukan main topicnya
Spt gw blg byk faktor yg membuat org mengambil keputusan utk memilih suatu merk
Nah mslh nya seberapa pentingnya msg2 faktor tsb bg org dlm pemilihan suatu merk ? ini jg tergantung dr karakter konsumen di suatu Negara (kalo mo bicara mobil plg laku di negara tsb)
Contoh : dr faktor2 tsb (resale, brand, realibility, fitur, design, price dst) mayoritas org indo (biasanya) menempatkan faktor brand & resale diatas fitur, design
Krn gk mau pusing2 mikir, analisa (apalg test drive), dan cm ambil garis besarnya aja termasuk ikut suara terbanyak
Jadilah mobil yg punya brand & resale kuat lebih laku dibanding yg realibility, fitur, design nya lebih unggul
Contoh, ada majalah/lembaga yg membuat penilaian thdp suatu merk sbb :
mobil A :
Brand 5
Resale 4
Fitur 3
Design 2
Price 3
Total 17
Mobil B :
Brand 2
Resale 3
Fitur 5
Design 5
Price 3
Total 18
Dr nilai keseluruhan mobil B unggul, tp krn bg konsumen di suatu negara brand & resale itu lbh penting jdlah mobil A lebih laku
Tp mis. bg konsumen di negara lain, dimana fitur & design itu lbh penting mobil B bs lebih laku
ini logika ane loh ya...
So, mknya di forum ini jg klo ada TS yg nanya2 soal pemilihan mobil dibalikkin lg, TS mau nya yg apa ? faktor apa yg menentukan bg mereka ?
dan knp setiap ada yg (terkesan) menyinggung merk2 mapan lsg dianggep "gak terima" ?
ini kan konteks nya blg ada bhw faktor lain yg bisa dipertimbangkan TS dlm menentukan pilihan,
bkn pro kontra thdp suatu merk