upcoming chevy spin

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

B1LLI
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sun Jun 03, 2012 4:01

Re: upcoming chevy spin

Post by B1LLI »

c_adhi_k wrote:http://www.facebook.com/photo.php?fbid= ... t=1&ref=nf
Interior untuk yang dipasarkan di Indonesia :mky_02:
wah kalo kyk gitu bagus juga tuh :mky_02:
metanol
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Mon Aug 22, 2005 7:25

Re: upcoming chevy spin

Post by metanol »

Melihat semua aspek di atas sebenarnya Chevy Spin ini punya banyak keunggulan kompetitif apalagi bermain dibawah 200 juta sangat menggiurkan.

Cuma yang menjadi ganjalan adalah: Harga Spare Part !!!

Berdasarkan pengalaman menggunakan Chevy harga sparepartnya relatif jauh lebih mahal jika dibandingkan merk Jepun yg terkenal dan umum.

Mau cari sparepart alternatif merk aftermarket juga tidak tersedia, beda kalau mobil merk Jepang.

IMHO,CMIIW
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: upcoming chevy spin

Post by dieselkiki »

ada yg bisa kasih sample harga fast moving spareparts (brakepad, brakeshoe, air/oil/ fuel filter, clutch cover, clutch, etc) produk chevy vs produk kompetitor pada segmen yang sama ?

misal :

aveo sonic vs fiesta vs jazz
cruze vs civic vs corolla
colorado vs ranger vs strada triton
- faith humanity freedom -
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: upcoming chevy spin

Post by Good_boy86 »

metanol wrote:Melihat semua aspek di atas sebenarnya Chevy Spin ini punya banyak keunggulan kompetitif apalagi bermain dibawah 200 juta sangat menggiurkan.

Cuma yang menjadi ganjalan adalah: Harga Spare Part !!!

Berdasarkan pengalaman menggunakan Chevy harga sparepartnya relatif jauh lebih mahal jika dibandingkan merk Jepun yg terkenal dan umum.

Mau cari sparepart alternatif merk aftermarket juga tidak tersedia, beda kalau mobil merk Jepang.

IMHO,CMIIW

ya semoga saja harga sparepart bisa bersaing kan spin ini ckd indonesia.
memang kalo liat harga sparepart chevy captiva diesel FL, bisa berlipat2 dibanding yoyota d4d.
contoh: filter oli captiva 450rb an, filter oli d4d 50rb :big_slap:
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: upcoming chevy spin

Post by Good_boy86 »

c_adhi_k wrote:http://www.facebook.com/photo.php?fbid= ... t=1&ref=nf
Interior untuk yang dipasarkan di Indonesia :mky_02:
ga mungkin interiornya sebagus dan selengkap itu
itu untuk pasar brasil yg 1800cc.

untuk ac, ga mungkin di indonesia ada heater (warna merah nya). captiva aja yg asalnya ada jadi hilang --- sisa biru semua (produk cbu thailand semua)
cruise control pasti dihilangkan.. yakin 1000%.
kalo audio steering switch kemungkinan ada di tipe tertinggi.
ac sepertinya nggak double blower ya? cukup panas untuk yg duduk di belakang kalo menurut saya pribadi.
Resale Value

Re: upcoming chevy spin

Post by Resale Value »

Jika benar GMI mau jual spin diesel, saya sih rasa nanti ada kejutan pasti ! Dugaan saya, nanti banyak orang akan rela antri untuk dapat spin diesel, karena belum ada saingan sama sekali di segment MPV 3 baris < 200 juta mesin diesel. Yang suka, mending antri dulu deh, sebelum nunggunya terlalu lama.


Ingat dulu sebelum r3 keluar, orang juga banyak yang bilang ngak mungkin sukses, karena bukan triple ellipse, avanza akan jaya selamanya (hingga kiamat kali dugaan mereka). Buktinya saat r3 keluar, tanpa AC double blower pun, tanpa versi matik pun, r3 sangat sukses tuh, malah mereka penjualannya terhambat kapasitas produksi. Jadi yang bilang mereka belum bisa pepetin sales avanza, lihat dulu kapasitas produksinya suzuki r3 tiap bulan berapa.


spin diesel saya optimis akan bikin banyak orang, termasuk GMI sendiri, kaget nanti. Mari kita lihat sebentar lagi. GM, Chevrolet, gimana pun juga, adalah pabrik mobil tua, dan penjualan General Motors saat ini adalah no. 2 di dunia. Raksasa otomotif sebenernya ni merek. Ngak mungkin mutunya jelek sampai kemana.


Saya sih ngak pernah hubungkan size penjualan ama mutu. Contoh, worldwide penjualan honda sebenernya ngak gede, malah kalah lumayan jauh banding VW, GM dll. Namun apakah mutu honda jelek ? Tentu tidak. Cuman masalah line-up dan harga aja. Namun, gimanapun juga, jika GM bisa jual gitu banyak mobil tiap tahun, logika saya sih sekarang, mutu mereka ngak usah di takuti deh. Buktinya resale value captiva lumayan bagus kok, apalagi yang diesel, bagus sekali !


Sama dengan hyundai / kia, hari ini mereka worldwide sudah no.4-5, bahkan sudah nyalip honda. Mungkin ngak mutu mereka masih jelek seperti 14 tahun lalu ? Malah di Eropa, saat merek Eropa penjualannya turun terus karena resesi ekonomi di Eropa, duo merek ini terus naik penjualannya. Ngak mungkin mutunya jelek sampai kemana. Tau sendiri orang Eropa banyak yang fanatik ama merek Eropa sendiri, duo Ginseng hari ini bisa dapat gitu banyak pesanan dari orang Eropa itu bukan hal yang mudah menurut saya. Pasti ada sebabnya. Dan jelas bukan karena harganya super miring. Mobil Eropa banyak kok yang murah juga.


Bicara mobil Korea hari ini, banyak hal yang menarik. Sambung di topic K car deh nanti. Balik ke spin, lihat foto rangkanya di situs GM Brazil (juga GMI kayaknya), jelas spin ada side door impact beam (sdib) seperti r3. Malah jika banyak mobil murah sdibnya cuman ada 1 tiap pintu, saya lihat foto spin malah tiap pintu ada 2 beam ! Bagus jika nanti di Indonesia juga demikian.


Semoga GMI ngak copotin fitur penting ini di spin Indonesia nanti. Tetap pasang 2 beam tiap pintu seperti di Brazil, dan silahkan di jadikan bahan untuk promosi, pasti banyak orang appresiasi. Jangan di tutupi faktor ini.
Resale Value

Re: upcoming chevy spin

Post by Resale Value »

Photo sdib spin yang ada 2 batang tiap pintu ada di situs GMI di sini :


http://www.chevrolet.co.id/cars/future- ... -spin.html


Dan saya rasa penampilannya spin OK, belakangnya jelek dikit, tapi saingannya juga ngak bilang bagus juga belakangnya. Interior juga OK untuk ukuran mobil murah. Yang penasaran, dieselnya halus ngak ? Kalau bisa mendekati diesel santa fe baru sih hebat.
KevinSmith
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Tue Aug 18, 2009 15:09

Re: upcoming chevy spin

Post by KevinSmith »

Resale Value wrote:Photo sdib spin yang ada 2 batang tiap pintu ada di situs GMI di sini :


http://www.chevrolet.co.id/cars/future- ... -spin.html


Dan saya rasa penampilannya spin OK, belakangnya jelek dikit, tapi saingannya juga ngak bilang bagus juga belakangnya. Interior juga OK untuk ukuran mobil murah. Yang penasaran, dieselnya halus ngak ? Kalau bisa mendekati diesel santa fe baru sih hebat.
Kalo ga salah, mesin diesel 1.3 nya pake yang seperti di Aveo Diesel untuk pasaran eropa

CMIIW sih

Dapet dari postnya Om Morinoz di Kaskus
Kalo beneran Spin diesel bakal pakai mesin yg sama dg Aveo 1.3 diesel 75HP maka sebagai gambaran Aveo diesel 5-speed manual yg curb weight-nya 1172kg diklaim bisa menempuh 0-100 km/h dalam waktu 14.2 detik.

Konsumsi BBM urban/extra-urban/comb: 23.3 / 29.4 / 26.3 km/liter. Sedangkan Spin curb weight sekitar 1200ankg.

Bedanya lagi yg 1.3L 75HP mesinnya masih FGT (Fixed Geometry Turbocharger ) sedangkan Aveo 1.3L 95HP sudah VGT (Variable Geometry Turbocharger).

Kekurangan dan kelebihannya bisa baca di:

http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... Apa_Gerak_

http://me1065.wikidot.com/variable-geom ... bochargers
Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: upcoming chevy spin

Post by Jerome »

Resale Value wrote:Jika benar GMI mau jual spin diesel, saya sih rasa nanti ada kejutan pasti ! Dugaan saya, nanti banyak orang akan rela antri untuk dapat spin diesel, karena belum ada saingan sama sekali di segment MPV 3 baris < 200 juta mesin diesel.
sebenarnya "demam" diesel itu berlaku jg gak sih utk kelas segmen small MPV di bwh 200 jt ?
imo..klo diliat2 demam diesel kebykan ada di segmen mobil2 kelas +300 jtan, apakah konsumen di segmen yg disasar Spin ini udh "melek" diesel ?
bahkan di kelas Innova aja (-300 jt), porsi diesel jauh dibanding yg bensin
klo diliat gairah di komunitas2 otomotif thdp Spin diesel ini (bukan Vin Diesel.. :mrgreen: ) , apakah kira2 bs menggambarkan kondisi sbnrnya dr konsumen Spin ini thdp diesel nantinya ? :ungg:
Resale Value

Re: upcoming chevy spin

Post by Resale Value »

Dugaan saya, demam diesel di segment MPV 3 baris < 200 juta cukup besar, cuman karena selama ini ngak ada ATPM yang jual, jadi bukti nyatanya belum muncul. Ingat kata Steve Jobs bahwa kadang, ngak akan ada orang tau produk baru tertentu akan di terima dengan baik atau tidak, baru ketahuan saat produknya di tunjukan ke pasar. Kadang konsumennya sendiri ngak tau dia akan suka atau tidak, sampai dia udah di kasih lihat hasilnya, di kasih uji coba, baru dia sadar dia suka.


Mungkin maksud Steve Jobs adalah misalnya kasus I-PAD, dimana sebelum Ipad di ciptakan, ngak ada orang yang sadar gadget ini akan begitu spektakular permintaannya. Steve Jobs dan apple ambil risiko dan berani ciptakan ipad, dan saat di tunjukin pasar untuk pertama kali, ya tau sendiri hasilnya gimana.


Kasus innova diesel kenapa kalah laku ama bensin, saya cuman bisa duga ada 2 faktor :


1. Di segment innova diesel kan harganya lebih mahal banding yang bensin, udah lewat 250 juta lagi, bahkan yang G matik aja udah 274 juta.


2. fortuner diesel kan terbalik situasi harganya vs innova diesel, lebih murah malah banding fortuner bensin, Lebih irit lagi, ya pantesan orang pada lari ke diesel. Apalagi fortuner bensin 2700 cc, udah berat mobilnya, transmisi jadul 4 speed lagi, borosnya pasti lumayan. Kalau innova, orang pikir lebih mahal dieselnya, diesel lebih irit toh harus nunggu berapa tahun baru balik modal. Padahal mereka ngak sadar, netto kerugian dieselnya lebih murah sebenernya, karena terbukti resale value dieselnya malah lebih jago banding yang bensin. Belum lebih irit bbm lagi. Orang banyak yang lihat price listnya dulu udah kabur untuk kasus innova diesel.


Tapi sekarang saya lihat udah mulai banyak muncul innova diesel kok.


Dan bayangkan saja, mobil seperti avanza, r3 aja yang karena ringan, bobot 1.2 ton, mesin 1300-1500 cc bensin aja udah lumayan irit, apalagi di pasang CRD cc kecil ? lebih gila lagi iritnya. Nanti saat udah di uji dan hasilnya ketahuan, misalnya spin diesel, cc kecil, torsi besar, bisa misalnya 1:13 atau lebih dalam kota, saya rasa pasar ngak mungkin ngak terkesan dan buru versi dieselnya.


Jadi ngak sabar ingin lihat ni mobil. Juga lihat foto bangkunya, kelihatannya size bangkunya lumayan besar. Ini adalah berita baik karena bangku size besar lebih nyaman untuk duduk lamaan. Bangku kecil saat duduk lama akan berasa ngak enak.


Juga saya prediksi spin malah bisa bikin banyak orang spin (pusing keliling kepalanya) nanti, jika indennya panjang, kapasitas produksi GMI masih agak kecil, cuman 40,000 setahun, banding daihatsu yang kalau ngak salah udah 200,000 lebih per tahun saat ini. Dan jika permintaannya membludak nanti, apalagi dieselnya, hehe, para sales GMI siap di maki maki customernya nanti deh. Karena di segment ini, suzuki r3 aja bisa ciptakan banyak goal, lah ini diesel CRD cc kecil, untuk pertama kali, muncul di Indonesia.


Tanpa ada 1 saingan pun saat spin muncul nanti.


Hasil indennya nanti susah di prediksi, dan menurut prediksi saya, indennya bisa lebih lama banding bayi hamil di kandungan.


Yang pesimis ama spin, ingat penjualan captiva lumayan bagus, di jalanan banyak yang pakai, dan sejak muncul captiva diesel makin meledak lagi, padahal captiva saingannya banyak dan kuat. Apalagi spin, yang harga dieselnya ternyata murah ! Beda tipis ama bensinnya ?


Dan ngak ada saingan !


Yang sudah yakin ingin mobil diesel ini, dan sudah agak bosan ama avanza atau r3, saran saya udah inden aja sekarang. Jangan tunggu test drive, karena jika tunggu test drive, indennya udah cepat melar. Toh saya udah pernah coba captiva diesel, dan sadar, GM itu bukan pabrik bego, enak kok captiva diesel. Ride handling, performa dieselnya sangat memukau. Ngak ada alasan spin akan jadi mobil gerobak. Toh jelek dikit, ada berapa kekurangan, maklum, mobil murah < 200 juta, harapan jangan terlalu tinggi juga.


Masalah resale value, please, captiva diesel aja cemerlang, apalagi spin diesel di bawah 200 juta ? Seburuk buruknya, habis pakai 5 tahun, bisa hilang berapa duit sih ? Liat aja mobil bekas yang udah 100 juta, merek apapun, turunnya udah pelan banget nilainya, worse case paling habis pakai 5 tahun, spin paling cuman hilang 70-80 jutaan. Atau tiap tahun cuman rugi 10 juta lebih saja rata rata setahun. Assumsi di pakai 5 tahun.


Dan jika awalnya nanti indennya gila, malah spin boleh tuh di jadikan barang " spekulasi ", untuk upping price, jual ke orang yang udah capek tunggu 6 bulan atau lebih ? Ingat, kapasitas GMI di Bekasi saat ini masih kecil banding ATPM lain. Produksi spin nanti ngak bakal bisa terlalu banyak tiap bulan. Siap siap nunggu lama deh nanti.


Hey, siapa tau nanti GMI kapan naikin harga spin 70% di dalam waktu 2-3 tahun, dan para pemilik spin juga bisa menikmati " untung " habis pakai berapa tahun ? seperti kasus avanza yang di beli sebelum tahun 2008 ? Saat harganya terbang dari 90 juta ke 150 juta lebih dalam waktu cuman 2-3 tahun ? (2008-2010)



Jerome wrote:
Resale Value wrote:Jika benar GMI mau jual spin diesel, saya sih rasa nanti ada kejutan pasti ! Dugaan saya, nanti banyak orang akan rela antri untuk dapat spin diesel, karena belum ada saingan sama sekali di segment MPV 3 baris < 200 juta mesin diesel.
sebenarnya "demam" diesel itu berlaku jg gak sih utk kelas segmen small MPV di bwh 200 jt ?
imo..klo diliat2 demam diesel kebykan ada di segmen mobil2 kelas +300 jtan, apakah konsumen di segmen yg disasar Spin ini udh "melek" diesel ?
bahkan di kelas Innova aja (-300 jt), porsi diesel jauh dibanding yg bensin
klo diliat gairah di komunitas2 otomotif thdp Spin diesel ini (bukan Vin Diesel.. :mrgreen: ) , apakah kira2 bs menggambarkan kondisi sbnrnya dr konsumen Spin ini thdp diesel nantinya ? :ungg:
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: upcoming chevy spin

Post by mpvlover »

Wakakakakakkk

Teman teman sekalian

Akhirnya si szli / sithlord / toyotaman udah muncul lagii

Skrg namanya Resale Value

Wakakakakkk
ace_81
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Wed Nov 07, 2012 0:42

Re: upcoming chevy spin

Post by ace_81 »

Dul sundul...:)

Sdh ada kbr lbh lanjutkan mengenai spec-nya bgmn? GC, abs, air bag, etc.

Kemarin ke beres salah satu chevy pas tuker ban velg ctv, dan nanya2 spin, sptnya blm ada yg di training soal spin, apa launchingnya msh lama ya, kepikiran mo inden yg diesel..hehe
Resale Value

Re: upcoming chevy spin

Post by Resale Value »

Karena spin belum muncul di Indonesia, untuk estimasi seirit apa spin diesel ini, saya ambil info dari aveo diesel 75 ps di eropa, terus banding ama saingannya yang juga di jual di eropa. Angka konsumsi BBM di eropa pasti lebih bagus banding di Indonesia, namun yang saya cari adalah RATIO perbandingan selisih konsumsi BBMnya.


Jadi jika di eropa aveo diesel misalnya 50% lebih irit banding jazz bensin, ya kemungkinan nanti di Indonesia juga seharusnya lebih irit segitu, meskipun angka konsumsi BBMnya pasti lebih boros, karena kondisi jalan Indonesia yang ngak semulus di eropa, macet dimana mana, dan mutu BBM sini tau sendiri.


Inilah satu situs yang ada berapa angka konsumsi BBM mesin spin diesel 75 ps :


http://www.carpages.co.uk/guide/chevrol ... t-vcdi.asp

Urban Fuel : 65.6 mpg (dalam kota)
Extra Urban : 83.1 mpg (luar kota)
Combined : 74.3 mpg (kombinasi)

Theoretical Range to Empty : 752 miles

Pakai situs yang sama, mari kita banding ama mesin bensin yang cc kecil :


honda jazz versi eropa mesin bensin 1400 cc (estimasi sendiri yang 1500 cc berapa konsumsi BBMnya banding yang 1.4) :

http://www.carpages.co.uk/guide/honda/h ... 1.4-es.asp

Urban Fuel : 42.8 mpg
Extra Urban : 58.9 mpg
Combined : 51.4 mpg

Theoretical Range to Empty : 475 miles


Sekaligus banding ama data mesin jazz hybrid :

http://www.carpages.co.uk/guide/honda/h ... 1.3-he.asp

Urban Fuel : 61.4 mpg
Extra Urban : 64.2 mpg
Combined : 62.8 mpg

Theoretical Range to Empty : 553 miles


Menurut saya, mesin diesel spin nanti adalah kejutan terbesar yang pasar Indonesia akan rasakan. Performanya, apalagi keiritannya di eropa aja ternyata lebih irit banding jazz hybrid ! Jadi ingat dulu berita diesel VW kecil yang bisa tanding ama mobil hybrid.


Jika ambil acuan kasar bahwa dalam kota di eropa, konsumsi diesel spin sekitar 65.6 mpg, jazz 1.5 sekitar 42.8 X 0.93 = 40 mpg (hanggap aja bensin jazz 1.5 lebih boros dikit banding yang 1.4), estimasi kasar ini adalah diesel spin 75 ps lebih irit 40 X 1.64 = 65.6 mpg, atau 64%


Tinggal estimasi, jazz 1.5 di Jakarta kalau ngak salah average sekitar 1:11, jadi 11 X 1.64 = 1:18 !!!


Saya aja sulit percaya angka fantastis ini, tapi setelah lihat kinerja mesin diesel crd santa fe baru yang dengar dalam kota Jakarta aja bisa +- 1:10 dan luar kota bisa +- 1:17, saya juga ngak berani bilang mustahil. Tau sendiri belakangan perkembangan diesel common rail sudah maju banget.


Karena fakta adalah jaman sekarang diesel common rail high tech, apalagi jika di pasang di mobil yang bobotnya ringan seperti spin, udah pasti sangat irit ! Cuman apakah nanti di Indonesia ratio BBM spin diesel juga bisa beda jauh ama jazz bensin, perlu di tunggu hasil ujinya.


Sekaligus kita banding ama data santa fe diesel baru di situs yang sama di eropa. Datanya adalah :


http://www.carpages.co.uk/guide/hyundai ... at-2wd.asp

Urban Fuel : 38.2 mpg
Extra Urban : 56.5 mpg
Combined : 47.9 mpg

Theoretical Range to Empty : 674 miles


Data di atas santa fe 4x4, yang 4x2 seperti yang di Indonesia seharusnya lebih irit lagi.

Banding ama jazz bensin 1.4 :

Urban Fuel : 42.8 mpg
Extra Urban : 58.9 mpg
Combined : 51.4 mpg

Theoretical Range to Empty : 475 miles


Kelihatannya cukup dekat juga rationya banding ama hasil di Indonesia, dimana santa fe diesel 2.2 baru sedikit lebih boros banding jazz 1.5. Bedanya ngak jauh. jazz di Indonesia kisaran dalam kota +- 1:11, dan santa fe baru +- 1:10. Beda sekitar 10%. Sama ama data di eropa yang beda sekitar 10% juga.


Setidaknya demikian berapa data dari diesel aveo 75ps di eropa banding ama jazz bensin dan hybrid. Silahkan member lain nambah info dari sumber data lain.


Dan jika nanti benar di Indonesia diesel spin bisa segitu iritnya, menurut saya, pakai DEX pun juga ngak berasa, karena pasti jarang banget ke SPBU nanti ! Dan resale valuenya malah bisa sangat kuat, karena di Indonesia sekarang, mobil yang sangat irit sangat di gemari, apalagi nanti saat pemerintah udah mulai larang pasar beli premium dan solar subsidi.


Jika benar dalam kota bisa +- 1:18, saya pasti ambil 1 unit juga untuk mobil perang. Hemat banyak uang nanti.


Sebagai perbandingan lagi, data captiva diesel di tampilkan, ini versi 4x4 AT 2.2 vcdi di eropa :


http://www.carpages.co.uk/guide/chevrol ... t-auto.asp

Urban Fuel : 26.9 mpg (untuk 4x2, hanggap aja lebih irit 10%) jadi 29.6 mpg
Extra Urban : 44.1 mpg (48.5 mpg)
Combined : 35.7 mpg (39.3 mpg)

Theoretical Range to Empty : 510 miles (561 miles)


Banding ama diesel spin :

Urban Fuel : 65.6 mpg (dalam kota)
Extra Urban : 83.1 mpg (luar kota)
Combined : 74.3 mpg (kombinasi)

Theoretical Range to Empty : 752 miles

Bedanya sangat jauh ! Pakai ratio data di atas, jika spin estimasi di Jakarta dalam kota 1:18, captiva pakai ratio di atas seharusnya dalam kota sekitar 18 / 2.2 = 1:8, apakah captiva diesel di Jakarta, dalam kota dapat 1:8 wajar ngak ?


Untuk luar kota, jika spin 1:23, captiva diesel seharusnya +- 1:13, wajar ngak menurut pengalaman captiva diesel users ?


Yang menarik adalah, data di eropa tunjukan bahwa ratio dalam kota vs luar kota spin diesel beda ngak jauh, angka 2 figurnya cemerlang, banding ama captiva diesel yang ratio dalam vs luar kotanya beda lebih jauh, lebih conventional.


Makin tertarik cari info mengenai mesin diesel spin ini, dan benar ngak bisa demikian sangat sangat irit ? Dan kenapa ?


Info di atas cuman acuan kasar, dan memang cuman dari satu situs saja, untuk lebih meyakinkan, nanti akan di cari lagi data dari sumber lain. Namun saya yakin diesel spin pasti sangat irit, cuman seirit apa yang perlu di konfirmasi nanti.
ysfraysha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Nov 17, 2012 0:53
Location: Jakarta

Re: upcoming chevy spin

Post by ysfraysha »

saya pakai captiva AWD dua tahun wira wira bsd - pi via tol dan macet di lebak bulus ke pi, rata2 masih dapat 1:10 - 1:11, dan pernah pakai fiesta sport 1.6 malah dapat 1:12an, sekarang tb 2.8 kebandung 1:17an,
rpm dijaga dibawah 2,000, dan speed dibawah 90km/jam rata.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: upcoming chevy spin

Post by evolution21 »

Captiva 1:13 mesti nyantai bawanya di tol
Masi masuk akal sih
merkapa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 476
Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48

Re: upcoming chevy spin

Post by merkapa »

ngg itu dieselnya bisa minum solar yg 4.500?
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: upcoming chevy spin

Post by dieselkiki »

minum si bisa kek nya omm
cuman akhirnya menuju penyakitan lama ato nggak itu yang kita perlu cari tahu :mky_01:
- faith humanity freedom -
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: upcoming chevy spin

Post by ilhami »

Menurut saya syarat bisa laku ya tahan solar seri 4500. Tapi sepertinya nunggu rumus dari Turboman saja.
Sebenarnya ertiga di india ada versi diesel, tapi kenapa nggak dibawa kesini ya.

Btw, kenapa Innnova diesel mesinnya begitu-gitu aja ya...
Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: upcoming chevy spin

Post by Jerome »

ilhami wrote:Menurut saya syarat bisa laku ya tahan solar seri 4500. Tapi sepertinya nunggu rumus dari Turboman saja.
Sebenarnya ertiga di india ada versi diesel, tapi kenapa nggak dibawa kesini ya.

Btw, kenapa Innnova diesel mesinnya begitu-gitu aja ya...
cm mslh strategi, spt gw blg mgkn pabrikan anggep mayoritas konsumen dibwh 200jt blm "melek" diesel, apalg diliat pemain MPV <200jt semua non-diesel dan laku2 aja tuh,
dan Ertiga jg msh laku keras tnp diesel, drpd blunder bikin diesel krn hrs invest lg, nyiapin line lg (krn Ertiga produksi sini) blm tentu laku, liat aja Innova diesel,

nah Spin mgkn coba mendobrak tradisi ini, klo sukses bkn gk mgkn pabrikan lain buat versi diesel jg
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: upcoming chevy spin

Post by Deasegara »

@ Resale Value : Memang benar, meskipun belum keluar orang-orang didaerah sudah pada optimis dg yg diesel, rata-rata satu sales sudah mengantongi lebih 10 orang yg sudah kasih DP dan kebanyakan diesel. Sayang promo chevy kurang, masih banyak orang yg belum kenal produk-produknya. Ada kawan yg sudah indent brand lain (bensin) begitu tahu akan keluar spin diesel langsung tarik DP dan indent spin diesel. Kalo gak indent dari sekarang begitu keluar pasti mengular panjang....
Resale Value

Re: upcoming chevy spin

Post by Resale Value »

Karena toyota masih sangat PD mereka jual apa aja, mau serendah apa speknya, harga setinggi apa, toh tetap laku. Doain aja tahun ini mereka keluar mobil baru 3 baris, transmisi 3 speed, zero safety fitur, 50 PS, torsi 50 Nm, harga 250 juta, dan toh tetap pasti laris bak kacang goreng, dengan resale value yang bisa lebih tinggi dari barunya, toh saingannya kan pada rontok semua nilainya terjun bebas ke level 50-80 juta paska pakai 2-3 tahun ?


Coba aja tam. profitnya gede banget mobil ginian. Enak. Saingannya ngak ada lagi.


ilhami wrote:Menurut saya syarat bisa laku ya tahan solar seri 4500. Tapi sepertinya nunggu rumus dari Turboman saja.
Sebenarnya ertiga di india ada versi diesel, tapi kenapa nggak dibawa kesini ya.

Btw, kenapa Innnova diesel mesinnya begitu-gitu aja ya...
Resale Value

Re: upcoming chevy spin

Post by Resale Value »

Ingat kata Steve Jobs, kadang sebagian konsumen pun ngak tau apa yang mereka inginkan, sebelum produknya di kasih lihat di depan mata mereka. Mereka sudah mulai coba, dan saat itu baru sadar " Aku mau yang ini ".


Inden dulu deh sekarang yang sudah serius mau piara mobil 3 baris diesel murah ini. Dan sudah yakin di Indonesia, masa depan adalah diesel common rail, bensin akan mulai pudar nanti jaman pertamax. Dan tanpa saingan di class < 200 juta mobil 3 baris, saya yakin inden diesel spin akan lebih parah lagi banding ertiga. ertiga entah kenapa ngak masukin yang diesel.


Ya seperti kata " No guts No glory ". Langkah GMI menjadi pioneer di segment diesel CR murah ini saya hanggap langkah yang berani, dan saya yakin hasilnya akan glorious nanti. Toh sudah banyak mobil diesel common rail lain minum solar dan mayoritas OK OK saja. Logikanya spin diesel minum solar biasa juga OK.


Toh GMI sudah katanya ambil tindakan preventif dengan adanya dua filter (lupa artikelnya yang mana), dan asal servisnya rutin, ganti oli, ganti filter, ngak ada alasan kenapa diesel spin ngak bisa minum solar 4500, banding sudah banyak diesel common rail merek lain toh OK OK aja.


Cuman memang rawatnya harus lebih teliti, jangan lalai ganti oli dan filternya, namun dengan konsumsi BBMnya yang spektakular, selain layak servis lebih rajin, sebenernya pakai DEX aja juga ngak mahal kok. Hitung aja sendiri tiap bulan cuman habis berapa duit, karena sangat irit. Banding ama pemakai premium yang dalam kota paling cuman 1:8-10 doang.


Dan kartu as spin akan lebih menonjol saat harga premium di naikin nanti, atau bahkan di larang. Suruh beli pertamax atau DEX ya saat itu seharusnya makin banyak orang pindah ke diesel. Dan saat pemerintah mulai larang premium / solar 4500, pertamina udah pasti akan menambah terus jaringan SPBU yang jual DEX nanti.


Saya sih yakin jaman premium / solar 4500 ngak bakal bertahan lama lagi. Tinggal menghitung hari.


Deasegara wrote:@ Resale Value : Memang benar, meskipun belum keluar orang-orang didaerah sudah pada optimis dg yg diesel, rata-rata satu sales sudah mengantongi lebih 10 orang yg sudah kasih DP dan kebanyakan diesel. Sayang promo chevy kurang, masih banyak orang yg belum kenal produk-produknya. Ada kawan yg sudah indent brand lain (bensin) begitu tahu akan keluar spin diesel langsung tarik DP dan indent spin diesel. Kalo gak indent dari sekarang begitu keluar pasti mengular panjang....
Resale Value

Re: upcoming chevy spin

Post by Resale Value »

Kawan anda sangat ngerti kata " Burung yang bangun pagi dapat cacingnya duluan " dan " Siapa cepat siapa dapat duluan ". Dia pasti rasa lega nanti mulai bisa pakai spin diesel, saat yang lain pusing karena antriannya 6 bulan atau lebih.


Dan saya percaya bahwa dengan hadirnya mobil diesel cc kecil sangat irit ini, ngak mungkin resale value mobil bensin cc kecil lain ngak goyang sama sekali. Lihat aja nanti.


Deasegara wrote:@ Resale Value : Memang benar, meskipun belum keluar orang-orang didaerah sudah pada optimis dg yg diesel, rata-rata satu sales sudah mengantongi lebih 10 orang yg sudah kasih DP dan kebanyakan diesel. Sayang promo chevy kurang, masih banyak orang yg belum kenal produk-produknya. Ada kawan yg sudah indent brand lain (bensin) begitu tahu akan keluar spin diesel langsung tarik DP dan indent spin diesel. Kalo gak indent dari sekarang begitu keluar pasti mengular panjang....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: upcoming chevy spin

Post by DOHC »

gawat... diesel bakal booming... gmana nasib mobil bensin yg merek underdog yg punya masalah printilan segudang nehh.. wong blom diesel booming aja uda keteteran penjualan nya... apalagi nanti..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: upcoming chevy spin

Post by Good_boy86 »

kemaren sempet ngobrol sama salah satu kepala bengkel chevy surabaya, "katanya" yang launching duluan yg 1500cc bensin (sekitar april) sedangkan untuk diesel menyusul 2-3bulan berikutnya dan hanya ada manual :big_slap:
ga mengerti bagaimana strategi GMI, kalo menurut saya yg nubie sebaiknya chevy launching diesel nya dulu atau paling nggak ya bersamaan.. dijamin laris manis karena ga ada saingan untuk mesin diesel.
dan 1 lagi, harga sparepart harus bisa bersaing.