masalah pada kijang
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Sat Oct 23, 2004 5:54
Wuah betulin Kijang saja sampai bengkelnya muter dari daan mogot, pluit, bekasi, pondok gede, kota. Daan Mogot, pluit masih dekat, kalau bisa sampi ke bekasi, pondok gede baru heran ??
Mungkin saja penyebabnya adalah anda pindah bengkel sebelum benar-benar beres. Service di bengkel resmi kan ada jaminan, kalau dirasa masih tidak benar bisa kita kembalikan. Atau jangan-jangan anda langsung pindah bengkel ? Ini kasusnya sama dengan orang sakit, belum sembuh benar, sudah pindah ke dokter lain, karena kurang percaya dengan dokter yang menangani kita.
Mengenai Fit, jelas-jelas Fit pakai CC, kok masih dipaksa pakai premium ?
Mungkin saja penyebabnya adalah anda pindah bengkel sebelum benar-benar beres. Service di bengkel resmi kan ada jaminan, kalau dirasa masih tidak benar bisa kita kembalikan. Atau jangan-jangan anda langsung pindah bengkel ? Ini kasusnya sama dengan orang sakit, belum sembuh benar, sudah pindah ke dokter lain, karena kurang percaya dengan dokter yang menangani kita.
Mengenai Fit, jelas-jelas Fit pakai CC, kok masih dipaksa pakai premium ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
oh ngak terlepas dari permasalahan dia minum premium dan pertamax ato pretamax plus sih.
permasalahan mobil nya kalo di cek ada di mekanikal nya dan ngak terkait dari bahan bahar.
kalo di cek pake alat nya yang keluar di alat itu sensor TPS a dan di coba pake 3 biji alat yang berbeda.
dan ngak mungkin dong kalo masalah premium aja ok deh mobil saya premium,tapi kan fit yang 1 nya lagi yang masalah nya sama minum nya pretamax plus.
lagian kalo cc dan yang bla bla itu kan bisa di akalin biasanya sih istila ATPM di sesuaikan hehehe.bmw aja yang di sono minum yang setara pertamax plus di sini kalo terpaksa bisa di beli minum premium.
malah 318i saya baru keluar gres dari astra di isi premium ama mereka saya sih ho oh oh aja mau gimana lagi.mereka bilang ngak papa kok pakai premium nah lo salah siapa.
permasalahan mobil nya kalo di cek ada di mekanikal nya dan ngak terkait dari bahan bahar.
kalo di cek pake alat nya yang keluar di alat itu sensor TPS a dan di coba pake 3 biji alat yang berbeda.
dan ngak mungkin dong kalo masalah premium aja ok deh mobil saya premium,tapi kan fit yang 1 nya lagi yang masalah nya sama minum nya pretamax plus.
lagian kalo cc dan yang bla bla itu kan bisa di akalin biasanya sih istila ATPM di sesuaikan hehehe.bmw aja yang di sono minum yang setara pertamax plus di sini kalo terpaksa bisa di beli minum premium.
malah 318i saya baru keluar gres dari astra di isi premium ama mereka saya sih ho oh oh aja mau gimana lagi.mereka bilang ngak papa kok pakai premium nah lo salah siapa.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
dan emang bengkel resmi nya dodol semua.waktu saya masuk situ untuk pertama kali nya ganti oli matic.oli nya di beri ATF shell yang seharusnya untuk transmisi CVT di beri Z1 dodol ngak.
lalu ada juga odysey servis di situ tranmisi nya di beri ATF shell terus lalu jebol mereka ngak mau tanggung jawab di suruh ganti transmisi 80 jt.dan si bengkel nya ngak mau tanggung jawab.
sama kayak saya kemarin komplain kok di beri shell ATF ama yang jaga meja oh oh oh aja sialan banget.
lalu ada juga odysey servis di situ tranmisi nya di beri ATF shell terus lalu jebol mereka ngak mau tanggung jawab di suruh ganti transmisi 80 jt.dan si bengkel nya ngak mau tanggung jawab.
sama kayak saya kemarin komplain kok di beri shell ATF ama yang jaga meja oh oh oh aja sialan banget.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara
masalah pada kijang
trims ya atas saranya
kalau boleh tau alamat lengkapnya di mana ya
mbl saya kalau kecepatan dari 0-80km enak suara mesinya ngak kedengaran
tapi kalau udah mulai dari 80-140an gitu udah ngak bisa di dengar lagi
suaranya bisa ngalahin audio di mobil
saringan udara udah ganti
saringan bensin juga udah
busi juga udah
platina udah juga
apalagi yang harus g ganti
kalau boleh tau alamat lengkapnya di mana ya
mbl saya kalau kecepatan dari 0-80km enak suara mesinya ngak kedengaran
tapi kalau udah mulai dari 80-140an gitu udah ngak bisa di dengar lagi
suaranya bisa ngalahin audio di mobil
saringan udara udah ganti
saringan bensin juga udah
busi juga udah
platina udah juga
apalagi yang harus g ganti
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38
Bung Chen, saya assumsi anda lagi tanya alamat bengkel Berkat Motor. Kayaknya saya salah. Bukan di Jln. Pluit Indah, tapi Jln. Pluit Kencana. Posisinya dekat lokasi lama restaurant Kuaw Tiaw Kerang Singapore, dekat juga ama Toko bangunan Wijaya. Gampang ketemunya, dia bengkel sering ramai.
Kalau mesin kapsul berisik di kecepatan tinggi, menurut pengalaman saya pakai kapsul orang tua saya ama kapsul saudara dulu, itu ma normal. Banding ama mesin modern, mesin kapsul seperti cewek cerewet banding cewek kalem ! Apalagi di 120 km/jam. Sudah mulai ngak stabil, berisik banget dan rpmnya sudah ngak jauh dari redline.
Di Muara Karang juga banyak bengkel. Jika Berkat Motor gagal, anda boleh coba bengkel yang di Muara Karang. Siapa tau boss bengkel jalan lebih pintar dari Toyota (shame on U Toyota !)
Penyakit mobil ngak seperti penyakit manusia macam SARS. Pasti ada penyebabnya. Cuman belum ketemu saja. Harus coba terus. Memang buang waktu dan uang ke bengkel terus menjengkelkan.
Kalau mesin kapsul berisik di kecepatan tinggi, menurut pengalaman saya pakai kapsul orang tua saya ama kapsul saudara dulu, itu ma normal. Banding ama mesin modern, mesin kapsul seperti cewek cerewet banding cewek kalem ! Apalagi di 120 km/jam. Sudah mulai ngak stabil, berisik banget dan rpmnya sudah ngak jauh dari redline.
Di Muara Karang juga banyak bengkel. Jika Berkat Motor gagal, anda boleh coba bengkel yang di Muara Karang. Siapa tau boss bengkel jalan lebih pintar dari Toyota (shame on U Toyota !)
Penyakit mobil ngak seperti penyakit manusia macam SARS. Pasti ada penyebabnya. Cuman belum ketemu saja. Harus coba terus. Memang buang waktu dan uang ke bengkel terus menjengkelkan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
He...he...kalo setiap penyelesaian mobil rusak harus beli mobil baru mana tahan....gak kuat bo....... Exactly not solve the problem bos....and tidak semua orang punya banyak uang untuk beli mobil baru terus....Maunya sih tiap keluar mobil baru ganti terus.....hik..hik....hiks......szli wrote:Bung Handling,
Saya rasa " promosi " saya sudah cukup. Toh nanti pasar sendiri akan nilai barang yang saya " promosi " gimana dengan angka penjualan. Jadi, let the product speak for itself.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Kalian kenal Mobil yg no polisi nya "B 1 K?". (? = Huruf terakhir saya rahasiakan, gak enak kalo saya sebutin, itu inisial pemiliknya)
Itu Mobilnya owner HPM . Mobilnya Accord Vtil. Yang tiap kali accord baru selalu pake plat "B 1 K?".
Itu isinya pake premium TT. Kalo gak percaya boleh dibuktikan.....asal jangan ketahuan ngikutin dari belakang ya. Yang jelas gak pake sopir setau saya.
Mobil itu sering melewati daerah Fatmawati (JakSel) dan Tanjung Duren (JakBar). Dan saya kadang ketemu pas isi bensin (mungkin sudah 5-6kali).
So bagaimana tanggapan rekan2 yang isi PertamaxTT yg harganya mendekati 2400-2800.
Padahal saya baru baca otomotif/autobild (saya lupa kalo gak otomotif ya autobild) edisi terbaru, disitu ada tulis bagian tanya jawab "semua mobil jajaran honda bisa pake premiumTT, Kecuali Accord".
Menurut saya sih mobil sekarang udah canggih ada knock sensornya, dan bisa menyesuaikan sendiri, ya sah2 aja kalo pake premiumTT. Masalah tarikan enteng sih itu relatif. Belum tentu mobil yang pake bensin seharga 2800 mmenang tarikannya dgn mobil yang bensinnya 1800, Kalo tidak ditunjang dgn setelan pengapian yang pas.
Bisa aja stelan pengapiannya salah. Ya mubazir dong pake bensin 2800an.
Setau yang saya alamin sih gak beda2 amat soal tarikan, karena saya kadang2 pake pertamax.
Itu Mobilnya owner HPM . Mobilnya Accord Vtil. Yang tiap kali accord baru selalu pake plat "B 1 K?".
Itu isinya pake premium TT. Kalo gak percaya boleh dibuktikan.....asal jangan ketahuan ngikutin dari belakang ya. Yang jelas gak pake sopir setau saya.
Mobil itu sering melewati daerah Fatmawati (JakSel) dan Tanjung Duren (JakBar). Dan saya kadang ketemu pas isi bensin (mungkin sudah 5-6kali).
So bagaimana tanggapan rekan2 yang isi PertamaxTT yg harganya mendekati 2400-2800.
Padahal saya baru baca otomotif/autobild (saya lupa kalo gak otomotif ya autobild) edisi terbaru, disitu ada tulis bagian tanya jawab "semua mobil jajaran honda bisa pake premiumTT, Kecuali Accord".
Menurut saya sih mobil sekarang udah canggih ada knock sensornya, dan bisa menyesuaikan sendiri, ya sah2 aja kalo pake premiumTT. Masalah tarikan enteng sih itu relatif. Belum tentu mobil yang pake bensin seharga 2800 mmenang tarikannya dgn mobil yang bensinnya 1800, Kalo tidak ditunjang dgn setelan pengapian yang pas.
Bisa aja stelan pengapiannya salah. Ya mubazir dong pake bensin 2800an.
Setau yang saya alamin sih gak beda2 amat soal tarikan, karena saya kadang2 pake pertamax.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38
Kalau saya simple saja. Pedoman mobil saya bilang mesinnya harus pakai minimum RON 92. Jadi saya tidak akan isi Premium yang RON 88. Yang inggin hanggap sendiri lebih pintar dari insiyur Jepang ya silahkan.
Cuman jika pedoman dan ATPM sudah jelas bilang mesinnya sudah di set untuk minum Premium, ya go ahead. Cuman saya tetap bilang hati hati, cari pom bensin yang OK. Premium pasti lebih sering di oplos. Seperti oli yang volumenya besar juga lebih banyak di palsukan. Oli mahal yang pemakainya lebih sedikit lebih jarang di palsukan.
Paling penting, setiap pemilik mobil harus jelas mesinnya butuh bensin RON berapa, dan jangan melanggar angka itu. Thats all there is to it.
Dan boss HPM gitu kaya, selisih Pertamax ama Premium saja di hitung. Pelit juga tuh orang.
Mungkin mobilnya angka terakhir B. Soalnya seinggat saya, pemilik HPM keluarganya namanya " Budiman ". Betul bung handling ? Just tell us. Nga ada kok angota kita yang inggin kidnap dia.
Cuman jika pedoman dan ATPM sudah jelas bilang mesinnya sudah di set untuk minum Premium, ya go ahead. Cuman saya tetap bilang hati hati, cari pom bensin yang OK. Premium pasti lebih sering di oplos. Seperti oli yang volumenya besar juga lebih banyak di palsukan. Oli mahal yang pemakainya lebih sedikit lebih jarang di palsukan.
Paling penting, setiap pemilik mobil harus jelas mesinnya butuh bensin RON berapa, dan jangan melanggar angka itu. Thats all there is to it.
Dan boss HPM gitu kaya, selisih Pertamax ama Premium saja di hitung. Pelit juga tuh orang.
Mungkin mobilnya angka terakhir B. Soalnya seinggat saya, pemilik HPM keluarganya namanya " Budiman ". Betul bung handling ? Just tell us. Nga ada kok angota kita yang inggin kidnap dia.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
gak masalah mau isi apaan. premium pertamax/plus
settingan ron itu kan cuma agar mobil tidak knocking, harus pake ron segitu. nah itu kan bisa desetel agar sesuai sama bbm yang kita pake.
nah mobil2 sekarang dah ada knock sensornya, jadi mesin akan menyesuaikan dengan bbm yang digunakan.
jadi mau mobil apa juga boleh2 aja pake premium. mesin akan menyesuaikan.
kalo pake ron rendah, kompresi akan lebih rendah, sehingga konsumsi bbm lebih boros dan tenaga kurang. sebaliknya ron tinggi kompresi bisa lebih tinggi sehingga lebih irit dan tenaga lebih besar.
ron lebih tinggi itu artinya bbm itu bisa menerima tekanan kompresi lebih tinggi, karena sifat bbm-nya (coba deh baca di http://www.howstuffworks.com , dan search di octane)
so akan mungkin sekali great corrola yang harus pake pertamax, tapi dikasih premium aman2 saja.. sama juga accord vti pake premium oke. juga
settingan ron itu kan cuma agar mobil tidak knocking, harus pake ron segitu. nah itu kan bisa desetel agar sesuai sama bbm yang kita pake.
nah mobil2 sekarang dah ada knock sensornya, jadi mesin akan menyesuaikan dengan bbm yang digunakan.
jadi mau mobil apa juga boleh2 aja pake premium. mesin akan menyesuaikan.
kalo pake ron rendah, kompresi akan lebih rendah, sehingga konsumsi bbm lebih boros dan tenaga kurang. sebaliknya ron tinggi kompresi bisa lebih tinggi sehingga lebih irit dan tenaga lebih besar.
ron lebih tinggi itu artinya bbm itu bisa menerima tekanan kompresi lebih tinggi, karena sifat bbm-nya (coba deh baca di http://www.howstuffworks.com , dan search di octane)
so akan mungkin sekali great corrola yang harus pake pertamax, tapi dikasih premium aman2 saja.. sama juga accord vti pake premium oke. juga
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
"B 1 KB" ini kalo gak salah mobilnya CRV hitam (CMIIW), dan KB nya ini inisial dari Ang Kok Bin ( ini nama anaknya) dan bisa juga "IKB = Istana Kebayoran Baru, salah satu showroomnya". Tapi maaf aja kalo salah perkiraan inisialnya.szli wrote:Mungkin mobilnya angka terakhir B. Soalnya seinggat saya, pemilik HPM keluarganya namanya " Budiman ". Betul bung handling ? Just tell us. Nga ada kok angota kita yang inggin kidnap dia.
Mobil CRV ini penuh dgn aksesoris asli kalo kita lihat exteriornya.
Kalo "B 1 K?" itu mobil bapaknya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Back to topic...
Bung Herry Chen... sory ya saya sama sekali gak berniat promosi.....tapi kalo berminat bisa coba......
Kamu coba ke AMS (Amiauw Motor Sport). yang di jl. Lapangan Bola. Dekat lampu merah jl. Panjang. Mungkin di sana bisa bantu.
Semoga berhasil.......
Saya dulu kaget mau ganti oli Top1 di bengkel ini, tapi mereka gak jual.... hebatkan...padahal inikan oli laku banget...saya gak tahu alasannya apa mereka gak mau jual oli Top1 . Tapi sekarang saya juga udah gak pake oli Top1 lagi...saya ganti jadi Adnoc.
Bung Herry Chen... sory ya saya sama sekali gak berniat promosi.....tapi kalo berminat bisa coba......
Kamu coba ke AMS (Amiauw Motor Sport). yang di jl. Lapangan Bola. Dekat lampu merah jl. Panjang. Mungkin di sana bisa bantu.
Semoga berhasil.......
Saya dulu kaget mau ganti oli Top1 di bengkel ini, tapi mereka gak jual.... hebatkan...padahal inikan oli laku banget...saya gak tahu alasannya apa mereka gak mau jual oli Top1 . Tapi sekarang saya juga udah gak pake oli Top1 lagi...saya ganti jadi Adnoc.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara
masalah pada kijang
GIMANA DONG......
BINGGUNG NIH GUE............
HARUS DI APAIN YA MOBIL GUE.............

HARUS DI APAIN YA MOBIL GUE.............
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Mar 29, 2005 12:56
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Fri Mar 07, 2003 3:15
- Location: Jakarta
Bung Herry Chen,
Anda sudah coba begitu banyak bengkel tapi hasilnya juga tidak memuaskan. Dan komponen yang anda ganti juga lumayan banyak. Tapi sayang montirnya masih kurang jeli. Saya mau sarankan untuk mengganti timing belt (tapi saya tidak tahu mesin 7K apakah pakai belt atau masih rantai). Karena timing beltnya sudah kendor/lemah maka pengapian kurang sempurna. Meskipun si montir pakai alat canggih & presisi tetap saja masih tidak tepat pengapiannya.
Dan pastikan filter udara & bensinnya pake yg asli, soalnya kalo pake yg bukan original sering masalah (tenaganya hilang, mesin panas dll).
Selamat mencoba.
Anda sudah coba begitu banyak bengkel tapi hasilnya juga tidak memuaskan. Dan komponen yang anda ganti juga lumayan banyak. Tapi sayang montirnya masih kurang jeli. Saya mau sarankan untuk mengganti timing belt (tapi saya tidak tahu mesin 7K apakah pakai belt atau masih rantai). Karena timing beltnya sudah kendor/lemah maka pengapian kurang sempurna. Meskipun si montir pakai alat canggih & presisi tetap saja masih tidak tepat pengapiannya.
Dan pastikan filter udara & bensinnya pake yg asli, soalnya kalo pake yg bukan original sering masalah (tenaganya hilang, mesin panas dll).
Selamat mencoba.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara
mobil saya belum sembuh total tapi sudah sembuh 50%lah, kemarin saya coba cek di bengkel autotech dan mereka bilang breket powerstering gue gak benar akhirnya gue coba ganti and memang ada hasilnya tapi tetap aja masih bunyi tapi sekarang sudah mendingan tapi saya bakal tetap cari terus penyebabnya,,,oh iya mesin kijang 7k sudah ngak pake timingbelt lagi sekarang sudah pake model rantai
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.