DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by VanzMatic »

FortunerMan wrote:
VanzMatic wrote:ASikkk naik angkot engga hanya Carry, Kijang, Panther ama Granmax mulu..! Asiiikkk bakal ngerasain naik angkot cap Nissan nih....!!
"Blok M blok M blok M....ayo ayo ayo....bang2...geser sedikit bang ya, ini NV200 - MUAT BANYAKkkkkkkkkk!!!!" :wkkk:
Adudududuh...jangan desek dong bang...udh penuh nih... depan dengkul juga orang udh pada jongkok smua...!!







:mky_03:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by BADAK »

Nubie mo tny nih om, sorry kl pertanyaannya agak konyol. Ini perhitungannya kan hanya berdasarkan berat kosong & berat bersih. Apakah tipe suspensi yg digunakan tidak berpengaruh thd max payload? Misal aja panther saya suspensi belakang pake leaf spring, sama2 diberi muatan 500kg, tentu kemampuan menahan beban berbeda dgn suspensi independen yg jg sama2 dimuati 500kg. Kalo kasusnya kyk gini gimana om? :ungg:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
villanova_7th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Sun Nov 14, 2004 4:16
Location: Near......

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by villanova_7th »

BADAK wrote:Nubie mo tny nih om, sorry kl pertanyaannya agak konyol. Ini perhitungannya kan hanya berdasarkan berat kosong & berat bersih. Apakah tipe suspensi yg digunakan tidak berpengaruh thd max payload? Misal aja panther saya suspensi belakang pake leaf spring, sama2 diberi muatan 500kg, tentu kemampuan menahan beban berbeda dgn suspensi independen yg jg sama2 dimuati 500kg. Kalo kasusnya kyk gini gimana om? :ungg:
Ini juga yang saya pertanyakan. Even though it could, but doesnt mean you should bukan? Pasti ada konsekuensinya ke pemakaian sparepart ? kualitas sparepart? dll dll.

Ini juga hal penting dalam longer term business. :mky_01:
villanova_7th wrote:
toyotaman wrote:Demi keamanan kita semua, berikut di buat database Daya Angkut Maximum mobil mobil Minibus yang ada di Indonesia.

Cara hitung Daya Angkut Maximum mobil di jelaskan di artikel ini :

http://forum.otomotifnet.com/otoweb/inc ... r_id=12533


MPV 150-190 juta


Nissan Evalia (NV200)

GVW : 2000 kg

CVW : 1248 kg

Daya angkut Maximum : 752 kg


Toyota avanza

GVW : 1585 kg

CVW : 1045 kg

Daya angkut Maximum : 540 kg
Okay2.

Saya punya pertanyaan buat TS dan para sesepuh disini,

Let say that Daya angkut NV200, itu 752kg in other word berat kendaraan maksimal (isi) itu adalah 2 ton. Hal ini jelas hampir 1/2 ton lebih tinggi dibanding GVW nya.

Nah disini kan yang kita bahas harga monbil 159jt keatas. right? which is fair ketika bandingkan dengan Avanza, tentunya adalah yang 1500cc. (Toyota New Avanza 1.5 S M/T 164,000,000)

Yang saya penasaran itu NV200 most likely akan pakai engine 1500 gasoline, not diesel. Which most likely pakai mesin Livina bukan ?

Jenis/ Tipe Mesin : HR15DE, 4 Cylinder InLine, 16 Valves, DOHC and CVTC (Continous Variable Valve-Timing Control)
Kapasitas Silinder : 1498 cc
Daya Maksimum : 109/6000 ps/rpm
Torsi Maksimum : 15.1/4400 kgm/rpm


Sedangkan ini spek nya mesin Avanza;

Jenis/ Tipe Mesin : 3SZ-VE, 4 Cylinders, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i (Variable Valve Time-intelligent)
Kapasitas Silinder : 1495 cc
Daya Maksimum : 109/6000 ps/rpm
Torsi Maksimum : 14.4/4400 kgm/rpm

Pertanyaan saya, kalau misal dalam situasi dimana NV200 bawa daya angkut full load (2 ton), ini gak overweight kah?

Rata2 saya liat spek nya si NV200 ini, mereka dipasangkan dengan mesin 1.5-litre dCi common-rail turbodiesel (85PS engine with a healthy 200Nm of torque on low rpm), tapi kalau dengan mesin bensin yang Torsinya 15.1 kgm dan diputaran 4400rpm ??

Gak akan punya masalah kah dengan kontur jalanan di pulau jawa (baca: bukan cuma dalam kota) ?? Bagaimana dengan tanjakan?
Dan again... ini FWD bukan? jelas akan lebih tricky in order to drive in certain situation.

So menurut saya, mau 2000kg daya angkut maksimal pun, dengan mesin 1500cc bensin torsi di RPM tinggi, you better not take it for granted.... dont abuse it...

It doesn't mean you should, but (maybe) you could.
TOYOTAMAN: The One You Ought To Avoid, Man!
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by doq »

villanova_7th wrote:
toyotaman wrote:Demi keamanan kita semua, berikut di buat database Daya Angkut Maximum mobil mobil Minibus yang ada di Indonesia.

Cara hitung Daya Angkut Maximum mobil di jelaskan di artikel ini :

http://forum.otomotifnet.com/otoweb/inc ... r_id=12533


MPV 150-190 juta


Nissan Evalia (NV200)

GVW : 2000 kg

CVW : 1248 kg

Daya angkut Maximum : 752 kg


Toyota avanza

GVW : 1585 kg

CVW : 1045 kg

Daya angkut Maximum : 540 kg
Okay2.

Saya punya pertanyaan buat TS dan para sesepuh disini,

Let say that Daya angkut NV200, itu 752kg in other word berat kendaraan maksimal (isi) itu adalah 2 ton. Hal ini jelas hampir 1/2 ton lebih tinggi dibanding GVW nya.

Nah disini kan yang kita bahas harga monbil 159jt keatas. right? which is fair ketika bandingkan dengan Avanza, tentunya adalah yang 1500cc. (Toyota New Avanza 1.5 S M/T 164,000,000)

Yang saya penasaran itu NV200 most likely akan pakai engine 1500 gasoline, not diesel. Which most likely pakai mesin Livina bukan ?

Jenis/ Tipe Mesin : HR15DE, 4 Cylinder InLine, 16 Valves, DOHC and CVTC (Continous Variable Valve-Timing Control)
Kapasitas Silinder : 1498 cc
Daya Maksimum : 109/6000 ps/rpm
Torsi Maksimum : 15.1/4400 kgm/rpm


Sedangkan ini spek nya mesin Avanza;

Jenis/ Tipe Mesin : 3SZ-VE, 4 Cylinders, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i (Variable Valve Time-intelligent)
Kapasitas Silinder : 1495 cc
Daya Maksimum : 109/6000 ps/rpm
Torsi Maksimum : 14.4/4400 kgm/rpm

Pertanyaan saya, kalau misal dalam situasi dimana NV200 bawa daya angkut full load (2 ton), ini gak overweight kah?

Rata2 saya liat spek nya si NV200 ini, mereka dipasangkan dengan mesin 1.5-litre dCi common-rail turbodiesel (85PS engine with a healthy 200Nm of torque on low rpm), tapi kalau dengan mesin bensin yang Torsinya 15.1 kgm dan diputaran 4400rpm ??

Gak akan punya masalah kah dengan kontur jalanan di pulau jawa (baca: bukan cuma dalam kota) ?? Bagaimana dengan tanjakan?
Dan again... ini FWD bukan? jelas akan lebih tricky in order to drive in certain situation.

So menurut saya, mau 2000kg daya angkut maksimal pun, dengan mesin 1500cc bensin torsi di RPM tinggi, you better not take it for granted.... dont abuse it...

It doesn't mean you should, but (maybe) you could.
menarik nih.....
izin share ya oom, klo hanya dilihat dr kapasitas mesin yg 1500cc aja mesti nya sih cukupan lah utk full load gitu..........maksud nya tenaga pasti tersedia. sy berpatokan pada pengalaman dg APV (yg kira2 punya payload mirip nv200 ini), saat pindahan dijejelin berbagai macam barang mulai dr bantal sampe ke lemari 2 pintu dlm keadaan utuh yg mana saya yakini berat total nya mungkin dikisaran 500-600kg an, dan berjalan tanpa masalah berarti.

so dari situ saya ambil kesimpulan, kapasitas yg hanya segitu rasa nya masih cukup kuat utk narik2 beban sampai max.payload...............
ini hanya bicara dr sisi kapasitas mesin aja ya :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by DOHC »

sumpah... ampe merinding ane baca ini postingan... persis sperti yg baru aja ane mau ketik... ternyata ada jg user dsini yg kepikiran hal yg sama ama ane...

pertama, kita blom jelas jenis rangka ini mobil apa, chassis gmana, jenis suspensi kaya apa... dan satu lagi yg paling penting.. MESIN nya... kalo diliat dari rentang harga yg mau dimasukin ini NV200, hampir pasti pake mesin 1500cc nya nissan... lah wong nissan joke yg jauh lebi mahal aja tetep dipakein 1500cc ama si pelit nissan, apalagi si NV200 ini... apalagi karakter mpv2 nissan yg dijual di INDO sini rata2 kuat di putaran tengah ke atas, alias putaran bawah nya boyo, gmana bisa kuat ngangkut beban ampe 700kg... bisa sehh kalo nissan nekat pake ratio gigi kasar, tapi ntar ga sesuai ama iklan gembar gembor mereka yg slalu bilang mobil irit irit...

satu lagi, seumur2 kalo liat line up nissan utk mobil kluarga yg dipasarin disini, bahkan utk kelas segede bagong macam serena aja tetep pake monocoque body, kayanya NV200 ini jg besar kemungkinan pake jenis body yg sama jg... blom lagi suspensi, smua line up MPV nissan, rata2 pake suspensi per keong plus shock breaker tabung...

dgn kombinasi sperti itu rasa2 nya kalo soal ketahanan ane yakin sehh tetep lebi kalah jauhhhhh ama yg chassis ladder frame, bermesin yg lebi gede.... yahhh mungkin mreka ngitung bisa 700 kg karena diukur dari dimensi ruang kabin nya doank kali...


villanova_7th wrote:
BADAK wrote:Nubie mo tny nih om, sorry kl pertanyaannya agak konyol. Ini perhitungannya kan hanya berdasarkan berat kosong & berat bersih. Apakah tipe suspensi yg digunakan tidak berpengaruh thd max payload? Misal aja panther saya suspensi belakang pake leaf spring, sama2 diberi muatan 500kg, tentu kemampuan menahan beban berbeda dgn suspensi independen yg jg sama2 dimuati 500kg. Kalo kasusnya kyk gini gimana om? :ungg:
Ini juga yang saya pertanyakan. Even though it could, but doesnt mean you should bukan? Pasti ada konsekuensinya ke pemakaian sparepart ? kualitas sparepart? dll dll.

Ini juga hal penting dalam longer term business. :mky_01:
villanova_7th wrote:
toyotaman wrote:Demi keamanan kita semua, berikut di buat database Daya Angkut Maximum mobil mobil Minibus yang ada di Indonesia.

Cara hitung Daya Angkut Maximum mobil di jelaskan di artikel ini :

http://forum.otomotifnet.com/otoweb/inc ... r_id=12533


MPV 150-190 juta


Nissan Evalia (NV200)

GVW : 2000 kg

CVW : 1248 kg

Daya angkut Maximum : 752 kg


Toyota avanza

GVW : 1585 kg

CVW : 1045 kg

Daya angkut Maximum : 540 kg
Okay2.

Saya punya pertanyaan buat TS dan para sesepuh disini,

Let say that Daya angkut NV200, itu 752kg in other word berat kendaraan maksimal (isi) itu adalah 2 ton. Hal ini jelas hampir 1/2 ton lebih tinggi dibanding GVW nya.

Nah disini kan yang kita bahas harga monbil 159jt keatas. right? which is fair ketika bandingkan dengan Avanza, tentunya adalah yang 1500cc. (Toyota New Avanza 1.5 S M/T 164,000,000)

Yang saya penasaran itu NV200 most likely akan pakai engine 1500 gasoline, not diesel. Which most likely pakai mesin Livina bukan ?

Jenis/ Tipe Mesin : HR15DE, 4 Cylinder InLine, 16 Valves, DOHC and CVTC (Continous Variable Valve-Timing Control)
Kapasitas Silinder : 1498 cc
Daya Maksimum : 109/6000 ps/rpm
Torsi Maksimum : 15.1/4400 kgm/rpm


Sedangkan ini spek nya mesin Avanza;

Jenis/ Tipe Mesin : 3SZ-VE, 4 Cylinders, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i (Variable Valve Time-intelligent)
Kapasitas Silinder : 1495 cc
Daya Maksimum : 109/6000 ps/rpm
Torsi Maksimum : 14.4/4400 kgm/rpm

Pertanyaan saya, kalau misal dalam situasi dimana NV200 bawa daya angkut full load (2 ton), ini gak overweight kah?

Rata2 saya liat spek nya si NV200 ini, mereka dipasangkan dengan mesin 1.5-litre dCi common-rail turbodiesel (85PS engine with a healthy 200Nm of torque on low rpm), tapi kalau dengan mesin bensin yang Torsinya 15.1 kgm dan diputaran 4400rpm ??

Gak akan punya masalah kah dengan kontur jalanan di pulau jawa (baca: bukan cuma dalam kota) ?? Bagaimana dengan tanjakan?
Dan again... ini FWD bukan? jelas akan lebih tricky in order to drive in certain situation.

So menurut saya, mau 2000kg daya angkut maksimal pun, dengan mesin 1500cc bensin torsi di RPM tinggi, you better not take it for granted.... dont abuse it...

It doesn't mean you should, but (maybe) you could.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by DOHC »

doq wrote:
menarik nih.....
izin share ya oom, klo hanya dilihat dr kapasitas mesin yg 1500cc aja mesti nya sih cukupan lah utk full load gitu..........maksud nya tenaga pasti tersedia. sy berpatokan pada pengalaman dg APV (yg kira2 punya payload mirip nv200 ini), saat pindahan dijejelin berbagai macam barang mulai dr bantal sampe ke lemari 2 pintu dlm keadaan utuh yg mana saya yakini berat total nya mungkin dikisaran 500-600kg an, dan berjalan tanpa masalah berarti.

so dari situ saya ambil kesimpulan, kapasitas yg hanya segitu rasa nya masih cukup kuat utk narik2 beban sampai max.payload...............
ini hanya bicara dr sisi kapasitas mesin aja ya :mrgreen:
memang sehh om, kalo kita bicara soal muat atau masi bisa " jalan" sehh... jelass, mesin 1500cc jg bakal masi bisa "jalan" tuh mobil walau dijejalin ampe 700an kg... tapi itu kan kalo sekali2, apanja ane jg perna ane jejalin 8 orang dewasa plus barang kerjaan yg seberat 80an kg... tetep bisa jalan tuh... tapi kita coba bandingin 2 mobil dehh... ipah ama apanja yg 1500cc, tiap ari ane jejalin beban 700 kg... mana yg lebi duluan tewas mobil nya... entah itu kopling nya yg jebol duluan, shock tewas duluan, bearing aus duluan, atau bahkan body atau chassis nya yg melengkung duluan... kayanya ane ga perlu sewa lembaga independen dari teknik metal ITB sgala kann utk tau jawaban nya.. :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by DOHC »

kalo mnurut ane... daya angkut sehh ga bisa dijadiin patokan utama dehh... karena kita ga tau parameter pabrikan mau ngukur tuh beban maksimum darimana...

bisa aja NV200 itu dibilang bisa ngangkut ampe 700 kg... tohh nissan jg ga bisa disalahin kalo suatu hari ada konsumen dateng trus marah2 karena as roda nya patah, atau bearing roda nya jebol atau kopling nya aus gara2 bawa barang 700 kg... yahhh karena kan nissan blg nya itu mobil bisa ngangkut sgitu, tapi nissan kaga bilang kalo tuh mobil kuat utk dijejalin beban sgitu SERING2.... :mky_04: :mky_04: :mky_04: kalo uda gini yahhh salah tuh konsumen knapa telen bulet2 ngomongan promosi ala produsen pabrikan tanpa pake nalar lagi mikir jenis konstruksi tuh mobil gmana, mesin nya gmana, chassis, suspensi dll nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by FMEAKD »

700 kg buat livina ?????????????/ :mky_07: :mky_07: :mky_07:

gaksalah ya om ? ane livina punya disini oleh 3 ibu ibu yang beratnya 45-60 kg aja udah kayak nyentuh stoper :mky_07: :mky_07: tuh


hahahaha


coba apa gak salah yah data livinannya?
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by BADAK »

IMHO pabrikan tentu lebih fokus menghitung passenger car berdasarkan jumlah penumpang, bukan muatan barangnya. Karena namanya aja passenger car, tentu mobil ini lebih diperuntukkan mengangkut manusia, bukan barang. Kalo pun mengangkut barang, tentu pabrikan sudah memberikan toleransi yg cukup dr luas bagasi.
Berbeda dgn mobil angkutan yg peruntukannya mengangkut barang, dimana kemungkinan untuk overload sangat besar dibandingkan passenger car. Makanya pada mobil angkutan diberikan "timbangan muatan" dibeberapa wilayah.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by doq »

DOHC wrote:
doq wrote:
menarik nih.....
izin share ya oom, klo hanya dilihat dr kapasitas mesin yg 1500cc aja mesti nya sih cukupan lah utk full load gitu..........maksud nya tenaga pasti tersedia. sy berpatokan pada pengalaman dg APV (yg kira2 punya payload mirip nv200 ini), saat pindahan dijejelin berbagai macam barang mulai dr bantal sampe ke lemari 2 pintu dlm keadaan utuh yg mana saya yakini berat total nya mungkin dikisaran 500-600kg an, dan berjalan tanpa masalah berarti.

so dari situ saya ambil kesimpulan, kapasitas yg hanya segitu rasa nya masih cukup kuat utk narik2 beban sampai max.payload...............
ini hanya bicara dr sisi kapasitas mesin aja ya :mrgreen:
memang sehh om, kalo kita bicara soal muat atau masi bisa " jalan" sehh... jelass, mesin 1500cc jg bakal masi bisa "jalan" tuh mobil walau dijejalin ampe 700an kg... tapi itu kan kalo sekali2, apanja ane jg perna ane jejalin 8 orang dewasa plus barang kerjaan yg seberat 80an kg... tetep bisa jalan tuh... tapi kita coba bandingin 2 mobil dehh... ipah ama apanja yg 1500cc, tiap ari ane jejalin beban 700 kg... mana yg lebi duluan tewas mobil nya... entah itu kopling nya yg jebol duluan, shock tewas duluan, bearing aus duluan, atau bahkan body atau chassis nya yg melengkung duluan... kayanya ane ga perlu sewa lembaga independen dari teknik metal ITB sgala kann utk tau jawaban nya.. :big_weee: :big_weee: :big_weee:
bentar klep.....
postingan ane cuma menyorot dr sisi "ketersediaan tenaga" aja dr mesin di kapasitas 1500cc itu lhoo........
seperti yg oom vilanova ragukan soal kemampuan mesin nya, maka dr pengalaman ane yakin bgt klo masih bisa narik beban sampai max payload......klo soal ketahanan chasiss atawa kaki2 ya soal lain lharrrrImageImage
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by DOHC »

makanya kan ane blg cuman skedar utk "jalan" doank tuh mobil om dog... yahh kalo cuman gerakin yahh masi bisa lahh... walaupun mungkin mesin uda megap2 atau kopling uda tergesek abis2an... makanya kalo cuman skali2 yahh bisa.. tapi kalo beberapa kali sehhh ane yakin lgs wasalam tuh.... yahh mesin masi bisa nyala... tapi mobil ga bisa jalan gara2 kopling aus, shock jebol, bearing jebol, atau parah2 nya body melengkung.. :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by doq »

ga mau kalah mode:on

mesin! :big_smoking:
bukan bearing, bukan shock, bukan kupling, bukan chasiss Image



:ngacir: :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by DOHC »

ga mau kalah jg mode : on :big_smoking: :big_smoking:

lahh kalo mesin nyala tapi bearing jebol, kopling jebol, body melengkung gmana mau jalan tuh mobil... :mky_04: :mky_04: :mky_04: :mky_04:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: DAYA ANGKUT Maximum Mobil Mobil Minibus di Indonesia

Post by solar_kerosen »

toyotaman wrote:Awalnya saya juga mau di jadiin satu di bagian common topics. Cuman tadi sempat pikir apakah pecahkan saja dan di masukin di bagian masing masing. Tapi mau di jadiin satu semua di sini juga OK. Supaya semua orang bisa familiar ama data aneka mobil.


doq wrote:topik "Daya Angkut SUV" saya merge kesini dan judul akan saya ganti dg yg lebih sesuai.
kepada TS diminta utk tidak membuat banyak thread dg isi yg sama (walau objek perhitungan berbeda)

buat Toyotaman, posting posting anda tidak mencerminkan fakta yg akurat di lapangan maupun spesifikasi pabrikan yg ada hanyalah komen komen tidak akurat
belajar dari yg simpel saja nama anda ToyotaMan tapi menghina TOYOTA sama saja gak nyambung .

kalau mau menyerang toyota gunakanlah nama yg sesuai atau setidaknya bersebrangan jangan nama Pro toyota tapi tulisan kontra toyota

user name dengan tulisan anda terlihat sangat rancu dan memusingkan para pembaca ................
Last edited by doq on Thu Sep 29, 2011 12:54, edited 1 time in total.
Reason: no personal attack pls
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by doq »

DOHC wrote:ga mau kalah jg mode : on :big_smoking: :big_smoking:

lahh kalo mesin nyala tapi bearing jebol, kopling jebol, body melengkung gmana mau jalan tuh mobil... :mky_04: :mky_04: :mky_04: :mky_04:
biar body melengkung yg penting nyali tebhelllllll :big_smoking:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by DOHC »

masi ga mau kalah mode : ON :big_smoking: :big_smoking: plus rokok 2 batang..

biar nyali tebel tapi kalo mobil ga bisa jalan.. sama aja... :mky_04: :mky_04: :mky_04:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by doq »

sialll.....gw mo ngomong apaan lg neh..... :e-wall:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by DOHC »

yess menang... :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by zweifellos »

DOHC wrote:
doq wrote:
menarik nih.....
izin share ya oom, klo hanya dilihat dr kapasitas mesin yg 1500cc aja mesti nya sih cukupan lah utk full load gitu..........maksud nya tenaga pasti tersedia. sy berpatokan pada pengalaman dg APV (yg kira2 punya payload mirip nv200 ini), saat pindahan dijejelin berbagai macam barang mulai dr bantal sampe ke lemari 2 pintu dlm keadaan utuh yg mana saya yakini berat total nya mungkin dikisaran 500-600kg an, dan berjalan tanpa masalah berarti.

so dari situ saya ambil kesimpulan, kapasitas yg hanya segitu rasa nya masih cukup kuat utk narik2 beban sampai max.payload...............
ini hanya bicara dr sisi kapasitas mesin aja ya :mrgreen:
memang sehh om, kalo kita bicara soal muat atau masi bisa " jalan" sehh... jelass, mesin 1500cc jg bakal masi bisa "jalan" tuh mobil walau dijejalin ampe 700an kg... tapi itu kan kalo sekali2, apanja ane jg perna ane jejalin 8 orang dewasa plus barang kerjaan yg seberat 80an kg... tetep bisa jalan tuh... tapi kita coba bandingin 2 mobil dehh... ipah ama apanja yg 1500cc, tiap ari ane jejalin beban 700 kg... mana yg lebi duluan tewas mobil nya... entah itu kopling nya yg jebol duluan, shock tewas duluan, bearing aus duluan, atau bahkan body atau chassis nya yg melengkung duluan... kayanya ane ga perlu sewa lembaga independen dari teknik metal ITB sgala kann utk tau jawaban nya.. :big_weee: :big_weee: :big_weee:
kan intinya apakah performa mesin (volume) yang ntarnya dipakai cukup/sesuai untuk mengangkat jumlah beban yang seharusnya mampu diangkat itu mobil (yang dikatakan pabrikan melalui data-data kendaraan yang dikeluarkan mereka). tentu kurang cocok kalo dibandingkan dengan mesin yang lebih besar CC nya kalau memang mesin yang dipakai sudah cukup. kalo kita banding2in dengan mesin yang cc nya lebih besar, tentu yang lebih besar lebih baik jadinya (lebih awet).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by DOHC »

nahh itu uda satu jawaban lagi... makanya knapa kmaren2 masi aja ada yg ngeposting bandingin ipah fortuner yg notabene mesin nya lebi gede dari NV200... tapi masi sana sini ngeclaim nv200 lebi kuat lahh, lebi awet lahh dari ipah fortuner...

mesin gede, chassis ladder... lawan mesin ga jelas, chassis atau body ga jelas.... still need the answer ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by zweifellos »

kalo saya ngeliatnya, yang dibandingin payload nya. asal kelas yang serupa, mestinya informasi bagus. kali aja ada yang menganggap payload poin penting dalam menentukan pilihan mobil yang akan di beli.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by DOHC »

kalau saya lebi ngeliat dari struktur mobil tsb sendiri, dan liat jg jenis kendaraan apa yg saya cari... saya ga terlalu percaya ama data2 dari brosur atau iklan2 dari mobil itu sendiri... ga jelas parameter nya dari mana... entah itu data2 buat sekali muat tapi JARANG2 atau kasi data muatan yg seolah2 terlihat lebi kecil dari kompetitor tapi jauhh lebi awet kalo di muatin beban sgitu tapi SERING2...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by doq »

DOHC wrote:yess menang... :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
biar ga menang yg penting nyali tetep tebhellllll :mky_02:





:ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by DOHC »

ga mau kalah mode : masi ON... :big_weee: :big_weee:

nyali tebel tapi kalo kalah.. tetep aja malu2 in... :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: DAYA ANGKUT Maximum Kendaraan di Indonesia

Post by doq »

anda sudah TEST DRIVE belum? :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator