Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Dari perspektif otomotif, produk2 kendaraan militer Jerman jelas saingan berat Amerika. Pernak-pernik militernya juga.
Tapi ya itu, saya memang (dari SMP) Amrik minded, padahal dibesarkan di kluarga yang biasa banget bukan orkay. Naikan juga Jepangan. Bokap nyokap bukan kolektor apapun.
Kalo awal kecintaan pada merk mobil Amerika karena ngeliat CJ-7 big boss nya bokap dulu saat baru.
Kecintaan pada produk militer Amrik berawal dari, guess what, sunglasses Ray-Ban Aviator (RB3025) hehehe.... Standar pilot saat PD II dan jadi icon sampe sekarang. Silly, huh? Juga karena keseringan liat Willys MB parkir di rute saya PP SD dulu.
IMHO, walopun Hummer udah berubah lbh manis tp tetap mewarisi gen dr Humvee. Cmn mmg udah disesuaikan untuk penggunaan di jln raya.
Humvee ini menggunakan disc brake dikeempat roda tp berbeda dr sistem rem umumnya ya om NG?
Wah kl Humvee yg baru lbh kebal ranjau & RPG hebat neh. Brarti kekuatannya semakin mendekati tank.
Btw, Humvee ini hny dimiliki Amrik ya? Kalo di Jerman ato Rusia yg terkenal untuk mobility vehicle apaan ya?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Posisi disc nya di dalam, inboard mounted. Kliatan tuh di cutout drawingnya Humvee yang saya post kemaren, gedenya 12 inch. Kok taruh di dalam? Biar terlindung, kata pabrikannya.
Humvee sih dioperasikan juga ama negara2 sekutunya, terutama Israel (yah, tau aja, cecunguknya Amrik.. :p ). Indonesia juga kebagian beberapa unit, ada foto komandan marinir lagi inspeksi pasukan pake Humvee yang udah RHD converted, tar saya cari di file.
Entah brapa unit Humvee masuk Indo. Ada yang bilang 3, belasan, puluhan, dengan tidak disertain data valid, hingga kesimpulan saya, HOAX SEMUA hihihi.... Hanya pihak internal yang tau pasti dan kita2 hanya bisa menebak2, termasuk brapa yang akirnya jatuh ke tangan 'sipil' (baca: pensiunan pati).
Ho ho ho...
Setelan enginenya jadul banget emang disengaja om NG?
OM906LA mercedes benz dapet 260 HP 925 NM, flat mulai 1600 RPM.
Turbo intercooler sih, compression ratio pastinya lebih rendah, sekitar 18:1 an lah
Solar dapet 3 km/liter rute kombinasi greenline..
Casciscus wrote:Ho ho ho...
Setelan enginenya jadul banget emang disengaja om NG?
OM906LA mercedes benz dapet 260 HP 925 NM, flat mulai 1600 RPM.
Turbo intercooler sih, compression ratio pastinya lebih rendah, sekitar 18:1 an lah
Solar dapet 3 km/liter rute kombinasi greenline..
Iya bro..
Uda karakteristik kendaraan militer (jip) Amrik dari dulu. Power gak bombastis, torsi dihitung secukupnya buat menghela bobotnya sendiri plus equipment (personel dan artileri), udah.
Foto Humveenya marinir kita. Konversi setir kanan. Knapa saya brani bilang ini dikonversi dan bukan dari pabriknya uda setir kanan? Karena letak black out (BO) lamp nya masih di sisi kiri. Uda aturan umum kendaraan militer, letak BO lamp harus mengikuti sisi drivernya.
Engine : GEP 6500 V8, naturally aspirated diesel engine Horsepower Max. Net : 160 @ 3,400 RPM
Torque Max. Net : 290 lb.-ft (393 N•m) @1,700 RPM
Transmission : 4-speed automatic, maximum input torque rating of 451 lb.-ft (612 N•m), electronically controlled
Gear ratios : 1st-2.48:1 ; 2nd-1.48:1 ; 3rd-1.0:1 ; 4th-0.75:1 ; Reverse-2.08:1
Torque converter ratio : 2.1:1
Transfer Case : Gear ratio: Low-2.72:1; High-1:1
Axles : Hypoid, ratio of 2.73:1. Continuous torque rating 1,600 lb.-ft. (2,169 N•m)
Geared Hubs : Gear ratio: 1.92:1 GVW : 10,300 lb.
kalo dari power, torsi dan bobotnya, humvee ini sepertinya boyo ya??
bandingin dengan pajero sport dakar:
Max. Output( PS/rmp ) 178/4000 (131 kW)
Max Torque( kgm/rpm ) 35.7/ 1.800 - 3.500 (350 Nm)
bobot sekitar 2 ton...
tapi gear ratio nya yang ane gak ngerti gimana cara ngitungnya..
kira2 total gear ratio di gigi 1:
high gear: 2.48x2.1x1x2.72x1.92 = 27.30
low gear: 2.48x2.1x2.72x2.72x1.92 = 74.25
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Casciscus wrote:Ho ho ho...
Setelan enginenya jadul banget emang disengaja om NG?
OM906LA mercedes benz dapet 260 HP 925 NM, flat mulai 1600 RPM.
Turbo intercooler sih, compression ratio pastinya lebih rendah, sekitar 18:1 an lah
Solar dapet 3 km/liter rute kombinasi greenline..
Iya bro..
Uda karakteristik kendaraan militer (jip) Amrik dari dulu. Power gak bombastis, torsi dihitung secukupnya buat menghela bobotnya sendiri plus equipment (personel dan artileri), udah.
Foto Humveenya marinir kita. Konversi setir kanan. Knapa saya brani bilang ini dikonversi dan bukan dari pabriknya uda setir kanan? Karena letak black out (BO) lamp nya masih di sisi kiri. Uda aturan umum kendaraan militer, letak BO lamp harus mengikuti sisi drivernya.
BO tuh opo toh?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maskopat wrote:kalo dari power, torsi dan bobotnya, humvee ini sepertinya boyo ya??
bandingin dengan pajero sport dakar:
Max. Output( PS/rmp ) 178/4000 (131 kW)
Max Torque( kgm/rpm ) 35.7/ 1.800 - 3.500 (350 Nm)
bobot sekitar 2 ton...
tapi gear ratio nya yang ane gak ngerti gimana cara ngitungnya..
kira2 total gear ratio di gigi 1:
high gear: 2.48x2.1x1x2.72x1.92 = 27.30
low gear: 2.48x2.1x2.72x2.72x1.92 = 74.25
Iya om..
Kalo itung2an versus mobil sipil, keknya boyo banget. Tapi gak da keluhan sama sekali. Entah juga gimana ngitungnya rasio putaran yang akirnya nyampe ke roda, 'coz masih ada gear reduxinya lagi (ala gardan portalnya Unimog).
maskopat wrote:BO tuh opo toh?
Nih..
Biar lebih jelas. BO alias black out lamp adalah lampu standar militer pada kendaraan mreka. Ane juga gak tau cara pakenya gimana (demikian juga dengan temen2 user Willys yang rata2 ada BO lampnya hehehe..), intinya, dengan BO lamp ini, dalam konvoi kendaraan militer di malam hari, sopir mobil yang di depan bisa tau brapa jarak mobil yang di belakangnya, via kaca spion, bila mobil di belakang itu menyalakan lampu BO nya.
Itulah makanya, BO lamp harus berada di sisi di mana setir berada. Kalo setir kiri, BO lamp juga di kiri, agar mobil di depan kita bisa ngintip via spion kirinya juga.
Ini Bhirawa, Humvee ala Indo. Lupa buatan Pindad ato Pupuk Kaltim, males guling2. BO lamp nya yang di sisi kanan mobil, sebelah lampu sein, om Kopat. Posisi setir kanan juga. Minim data soal Bhirawa ini.
Dan hanya yang USA made jadul, yang masih made in Bausch & Lomb alias B&L bukan Italian made by Luxoticca..
Di lensa masih tergrafir B&L, di bridgenya tertulis 'Bausch & Lomb' Tapi udah ane lepas2in semua. Juga 2 unit koleksi sunglasses pilot setelah era Ray-ban, yaitu American Optical OPS.
Nyang luxottica lbh nyaman oom....nyang b n L agak berat sedikit sich...:Dhέhέhέ;);)hέhέhέ:D;)™
Good for you oom...size M masih muat sama ente:)
Go..tuh marauder buatan mana ya?
Paling inget ama adegan perang film BHD di Mogadishu, sebuah rudal RPG ditembakkan ke Humvee. Anehnya ini rudal gak meledak tp mlh merobek body samping si Humvee hingga menewaskan salah seorang US ranger.
Gw ngefans banget ama ini film, ceritanya detail bgt hingga kejadian tewasnya tiap US ranger dibuat persis aslinya.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Yup om based on true story. Gagal total karena salah strategi y hehehe.... Peran Hmvee bener2 dominan di sini.
IMHO, Humvee memang peruntukannya uda bener2 beda, karena jaman uda berubah. Sekarang jamannya perang kota. Kalo dulu, Willys diciptakan untuk perang konvensional, masih banyak hutan, makanya kecil dan lincah. Gak bisa ngebayangin gimana Humvee yang bongsor itu masuk keluar hutan hehehe....