Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
doq wrote:klo ganti filter oli apa bisa tanpa mengganti oli? bukan nya oli pasti ikut terbuang jg oom?
sorry stupid question, soale ane ga tau soal ini
Kalo filter oli dibuka pst muncrat om, kapasitasnya bisa sekitar 1lt. Tapi bisa aja oli yg kluar dimasukkin lg, tp tetap plg tdk ada yg tertinggal di filter sekitar setengah liter. Tp kalo pake toho extreme seharga $640 ya mending jangan smp muncrat, krn setiap tetesnya sangat berharga.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Waktu pertama filter dilepas pst muncrat, tp selanjutnya cmn netes selama tutup oli & baut tap nya gak dibuka. Kalo salah satu lubang dibuka tentu oli akan mengalir deras. Umumya ganti filter oli waktu ganti oli, jarang yg ganti filter oli doang. Lagian filter oli gak secepat filter solar/bensin kotornya.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
AD74YA wrote:Kalo ga buka baut tapi sistem sedot kumaha?
klo itu seh gimana preference masing2 aja go
tiap orang beda2....................sedangkan ane sendiri lbh pilih pertama nya system sedot, tapi harus tetep muncrat juga
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
sayang juga ya 1 liter terbuang...haha...@_@
hmmm...
toho infinity(200.000km) dan toho extreme(100.000km) ganti oli nya 50rb km...
toho ultra (50.000km) ganti olinya 25rb km...
toho premium (20.000km) << ini dia yg bs ganti oli sekalian ganti filter...haha...
o ya...bbrp bulan yg lalu ortu ngisi oli toho extreme nya ke mesin genset...tapi tetap aj saya ga tau bedanya apa...haha...
kalo oli filter di buka, mau oli di dalam mesin di buang dulu atau tidak pasti akan keluar sisa2 oli.
logikanya menurut ane gini, oli semua mengendap di bawah mesin ( oil carter ) sedangkan posisi oli filter kebanyakan berada di atas posisi carter sooo... sebenernya posisi aja udah beda otomatis oli tidak bisa keluar kan? tapii.. yang musti diperhitungkan adalah bagaimana dengan sisa oli yang masih ada di jalur dari fuel pump, melewati filter oli dan kemudian disebarkan ke seluruh komponen mesin, apa lagi posisi oli filter beraneka ragam ada yang menyamping, ke bawah ke atas sooo baik oli di dalam mesin dikeluarkan dulu atau tidak, menurut ane oli pasti akan keluar sedikit pada saat oli filter di buka. soo pasti pada saat dibuka oli yang keluar adalah antara oli di dalam filternya itu sendiri ( pada saat mesin mati oli di dalam filter oli tidak kembali ke karter melainkan tetap di dalam filter dan di tahan oleh katup ) atau di saluran oli itu sendiri.
Kalo mau buktikan ketahanan suatu oli tapi tetap menjaga kondisi mesin : Tiap 10.000 Km ambil sample 300 cc en test ke lab, kalau sampai titik tertentu misalnya di 20.000 Km ada parameter yg udah "merah" yah maka oli tsb sdh harus dibuang
Kalo mau buktikan ketahanan suatu oli tapi tetap menjaga kondisi mesin : Tiap 10.000 Km ambil sample 300 cc en test ke lab, kalau sampai titik tertentu misalnya di 20.000 Km ada parameter yg udah "merah" yah maka oli tsb sdh harus dibuang
Om, kalo ngetes gitu di lab apa dimana alamatnya om?
Trus sisdurnya gimana, mbayarnya gimana?
Oli mongtor ane, baru mau 3000km, pakai enduro 4t Racing 10w40, kok udh brasa agak keras yah pindah persneling? apa kopling nya ada masalah, atau olinya?
ingpohnya om..!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "