BADAK wrote:IMHO, CCCA sebenernya gak terlalu ngaruh dgn iklim tropis di indo. Beda kalo posisinya di eropa, dimana suhu bisa minus. Jadi benernya kalo mau membandingkan amaron awet atau tidak, bisa dicompare dgn aki MF std seperti GS, Yuasa, Gforce MF. Amaron bisa dianggap awet kalau 2 aki MF std udah 2x ganti & amaron msh sanggup bertahan tanpa ganti. Bagi saya ini baru perbandingan yg fair, dimana hrg amaron jg 2x hrg aki std.
Sorry kl OOT, just for share pendapat pribadi
Start mesin berat disini bukan berarti dinamo starter dgn kebutuhan daya besar om. Tapi berat dalam arti melawan suhu dingin.
CCA ini sudah merupakan standard internasional yg mengukur kemampuan baterai untuk menghasilkan arus dalam suhu dingin (-17,8 ° C). Jadi karena suhu di Indo cenderung tropis, sebenernya CCA ini tidaklah begitu penting dibandingkan keawetan aki itu sendiri. CMIIW.
Betul banget oom Badak, CCA tujuan utamanya adalah tenaga untuk starter mobil, dan setelah itu kelistrikan diambil alih oleh alternator. Dan benar CCA tidak terlalu berguna di negara tropis.. Mungkin kalau antara 300 (aki standar)-360 (CCA gedean) ga akan terlalu berasa, tapi beda sampai 430 itu lumayan terasa oom.. berhubung mobil jepang ga seperti mobil Amrik dan German yang mana mobil Jepang alternatornya lebih kecil ukurannya, maka ukuran aki dan CCA nya juga kecil2... (Focusnya macem punya si FM itu kalo gak salah CCA akinya standar udah diatas 400an).
Sepanjang pengetahuan ane guna Aki di sektor Audio ketika mobil menyala kira-kira seperti ini...:
Ketika alternator menyala, dan dibebani oleh banyak perangkat tambahan maka bebannya akan semakin berat. Setau ane hitungan alternator untuk alat2 tambahan ini ada pada 40% daya total alternator. Nah 40% ini biasa disebut tenaga cadangan (reserve energy).
Alternator semakin lama dipakai (baik lama dalam artian umur kendaraan maupun lama kendaraan berjalan sekali pakai), dan semakin berat jalur kendaraan yang dipakai kadang2 performanya bisa turun drastis... Dan fase penurunan daya dari alternator ini kadang bisa berpengaruh ke sektor perangkat audio, terutama HU. Apalagi HU-nya ditambah prosesor... Bisa berbahaya untuk kehidupan bangsa dan bernegara tuh... lama2 bisa koit.. Tanda2nya adalah lampu di HU kadang suka terang-redup sendiri... nah itu alternator lagi kerja keras.
Fungsi aki adalah membackup kekurangan listrik dari alternator, jadi istilahnya aki sebagai Kapasitor Listrik. Semakin besar CCA, semakin besar discharge yang dikeluarkan, dan semakin besar pula tenaga reserve untuk audio. Inilah pengetahuan yang saya ketahui sejauh ini mengenai pengaruh aki di audio selama mesin dinyalakan.. Hanya sebagai kapasitor...
Inilah juga pentingnya menggunakan capasitor bank di mobil yang instalasi audio full, agar alat2 terjaga kondisinya. Capbank prioritaskan diletakkan di HU dan di amplifier.
CMIIW ya sekali lagi... ane Nubie.....

mohon pencerahannya....

Anda sudah TEST DRIVE belum?...