coba comment yaerpurpone wrote:keliatanya emang di by pass om,sebab ane liat colokan antara mesin sama radiator ada gak terpasangjalu wrote:Bs karena thermostat yg udah di bypass...atau bs jg dari thermo switch kipas tsberpurpone wrote: nanya lagi om,nexia ane tuh kalo kontak baru posisi on kipas radiator kok langsung muter yak,emang begitu ato ada kesalahan,ditunggu jawabannya
yg udah di bypass. Silahkan dicek lg untuk lbh pastinya
kasih penjelasan rinci yg ini om
1.katanya kalo mobil dipasang thermostat malah bisa overheat dikarenakan suhu indonesia udah panas makanya thermostat kudu dilepas
2.kalo gak dipasang thermostat mesin sulit mencapai suhu ideal sperti kata om gmx diatas (ane juga sering denger sih yg sperti ini)
thanks pencerahannya

1. Selama kinerja mesin dan cooling normal, dan juga pemakaian normal (meski bermacet-macet), secara teori mesin tidak bisa overheat.
Kalo ada gejala overheat, itu biasanya kinerja cooling system sudah engga optimal dan musti dicari tau penyebabnya. Mencabut thermostat mungkin bisa dilakukan sebagai tindakan darurat, tetapi bukan solusi.
2. Betul, tanpa thermostat, mesin sulit mencapai temperatur kerja. Efek (negatif) yang paling terasa, konsumsi BBM jadi kurang bagus dan emisi jelek. Teknisnya, karena mesin dalam kondisi belum masuk suhu kerja, system akan mendeteksi hal ini dan akan memerintahkan campuran bahan bakar + udara supaya lebih kaya (lebih banyak bensin). Tapi karena suhu mesin susah mencapai suhu ideal, campuran kaya ini akan jalan terus. Selain boros bbm, emisi dari campuran kaya juga kurang bagus (emisi HC tinggi)