
ac mobil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ac mobil
oooo iya yahh, maaf maaf om m4r..iya, yg ber extra fan!!Hahah...wis kleru, banter sisan... 

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: ac mobil
yg dimaksud ini sanden aftermarket atau sanden OEM ? kalo sanden OEM itu tidak kalah mantapnya dng ND OEMVanzMatic wrote:Beda merk juga beda nyess nya deh... CMIIW. Kalo kompresor AC, umumnya yg beredar tuh merk Sanden sama ND / Denso. Untuk yang cari pahe, bisa pilih Sanden, tapi kurang nyess, karena piston untuk memompa freon, hanya satu. Skala kekuatan kompresor pun disesuaikan sama cc mobil. Kalau Denso, (OEM), lebih cepat dingin, karena pistonnya ada dua. Kompresor Denso juga disesuaikan dengan cc nya oom... Tapi harga juga bicara.
Kecepatan pendinginan kabin juga sangat dipengaruhi luas kabin dan sumber masuk hawa panas yang meradiasi kabin.
Cnth, mobil2 dengan hidung pesek, lebih lambat didinginkan, karena, selain panas radiator en kondensor lebih mudah masuk kabin melalui dua sisi firewall nya dan melalui celah jok depan, juga karena kabin dalamnya jauh lebih luas, dibanding Avanza, misalnya. Apalagi kalau mobil hidung pesek hanya dibekalin AC Sanden yang untuk 1000-1300cc dan tanpa Double Blower pula.... Ngga bakal dingin, om!
Kalau Avanza lebih cepat dingin, setau saya, kompressor nya Denso ya? CMIIW loh.. Udah gitu, volume kabinnya juga engga segede mobil hidung pesek macam Futura karoseri.
Ini hanya sharing dari belajar pada tukang AC, oom... monggo dikoreksi...

jumlah piston didalam kompresor sih bisa sama saja, bedanya kalo kompresor OEM itu pistonnya dbl action, artinya baik diatas dan dibawah piston bisa melakukan kompresi ke sistem, sedangkan yg aftermarket itu single action...seperti halnya pada mesin yaitu 1 langkah isap dan 1 langkah kompresi. Dng demikin bs disimpulkan bahwa kompresor OEM pada setiap putaran sudah menghasilkan 2 kali kompresi, sedangkan yg aftermarket hanya 1 kali kompresi. Makanya sistem AC OEM di kondisi idle aja udah kerasa makyuzz dinginnya ketimbang yg aftermarket. Wajar kalo kompressor AC OEM lbh mahal dibanding aftermarket krn sistem kerjanya lbh kompleks dan efisien
selain kompresor, kualitas part2 pendukungnya jg menentukan seperti evaporator, kondensor dll. Part AC OEM harganya lbh mahal dibanding merek aftermarket bukan krn mentang2 barang bawaan pabrik, tapi karena punya efisiensi lbh baik. silahkan bandingkan kondensor AC yg OEM dng aftermarket, meski dimensinya sama, tapi yg OEM punya jalur2 yg lbh rapat dan kisi2 lbh halus....
kapasitas AC mbl jg harus sesuai dng volume kabinnya, seperti halnya waktu kt membeli/memilih AC rumah disesuaikan dng ukuran ruangan yg akan didinginkan. AC OEM sudah dirancang kapasitasnya sesuai dng ukuran kabinnya dan kemampuan power plantnya. Itulah kenapa AC bawaan orsinil mbl terasa lbh mantap dibanding AC aftermarket pasang sendiri di bengkel2 AC, terkecuali yg dipasang sendiri itu barang2 orsinil jg maka kinerjanya bs saja menyamai yg bawaan langsung dr pabrik. Atau ada jg beberapa user yg mengatakan AC aftermarket di mbl pikap AC nya lbh mantap dibanding mobil minibus. DI pikap lbh mantap krn volume kabinnya kecil, jd udara dingin lbh cepat memenuhi kabinnya
selanjutnya, ambient temperature jg punya pengaruh besar thd kinerja AC, seperti yg VM bilang, di mbl pesek dinginnya AC-nya kurang terasa optimal krn kondensor berada diruang mesin yg terkurung, ditambah lg ada hawa panas dr ruang mesin dibawah yg tembus ke kabin. atau disiang hari panas terik dan dan mblnya tanpa kaca film sama sekali, tentu dinginnya AC terasa kurang maksimal, membuat usernya jadi stel lbh poll
CMIIW saja ya....saya bukan ahli AC soalnya

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ac mobil
Oooh gitu tah om Jalu??? Jadi ada juga toh Sanden yang OEM?? Wah, referensi bagus en mantaf ni oom! Sip suiip...!!!



" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: ac mobil
pakar dibawah ini udah kasi example nyaVanzMatic wrote:Oooh gitu tah om Jalu??? Jadi ada juga toh Sanden yang OEM?? Wah, referensi bagus en mantaf ni oom! Sip suiip...!!!![]()

DOHC wrote:Hmmm... Masuk akal jg sehh... Tp kalo mengenai merk sanden atau mrek2 tertentu... Ane rada kurang setuju yahh.... Dulu ane punya ferio pake ac nya sanden.. Dingin nya jg mantep bgt koq...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ac mobil
Ane kirain Sanden yang di Ferio itu yang single piston, om...jalu wrote: pakar dibawah ini udah kasi example nya
DOHC wrote:Hmmm... Masuk akal jg sehh... Tp kalo mengenai merk sanden atau mrek2 tertentu... Ane rada kurang setuju yahh.... Dulu ane punya ferio pake ac nya sanden.. Dingin nya jg mantep bgt koq...



" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: ac mobil
saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ac mobil
Kayak pasta gigi aja, double action....jalu wrote:bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: ac mobil
sokbreker jg ada yg double action lho... 

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: ac mobil
msh kalah sama odol ane yg triple action...................kinclhong nih!! 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: ac mobil



"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: ac mobil
bang, bagaimana dengan zexel? any review?jalu wrote:saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
so far saya pake selama 5 tahun masih fine2 saja, tanpa pernah service sekalipun.. dan dinginnya juga oke

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: ac mobil
5 tahun di mobil yg mana nes?nescafe wrote:bang, bagaimana dengan zexel? any review?jalu wrote:saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
so far saya pake selama 5 tahun masih fine2 saja, tanpa pernah service sekalipun.. dan dinginnya juga oke


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ac mobil
Bagaimana dgn calsonic?:)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: ac mobil
saya ketemu kompresor zexel itu dipanther nes....yg ente maksud di mbl apa kah ?nescafe wrote:bang, bagaimana dengan zexel? any review?jalu wrote:saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
so far saya pake selama 5 tahun masih fine2 saja, tanpa pernah service sekalipun.. dan dinginnya juga oke
dipanther gak ada yg ngeluh kurang dingin, yg ada kedinginan

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ac mobil
Ane ketemu zexel di xtrail gen 1 facelift...kualitas abal2...atau mgkn ane yg sial...haduh ddduuuhhh....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: ac mobil
di terrano senHansen wrote:5 tahun di mobil yg mana nes?nescafe wrote:bang, bagaimana dengan zexel? any review?jalu wrote:saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
so far saya pake selama 5 tahun masih fine2 saja, tanpa pernah service sekalipun.. dan dinginnya juga oke

saya di terrano bang, mau siang hari terik, tetap dingin...jalu wrote:saya ketemu kompresor zexel itu dipanther nes....yg ente maksud di mbl apa kah ?nescafe wrote:bang, bagaimana dengan zexel? any review?jalu wrote:saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
so far saya pake selama 5 tahun masih fine2 saja, tanpa pernah service sekalipun.. dan dinginnya juga oke
dipanther gak ada yg ngeluh kurang dingin, yg ada kedinginan

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ac mobil
Calsonic,mmmm bukannya itu dipakai di bmw?
CMIIW..
Pernah denger gitu sih waktu dulu bmw babe ac nya ngga dingin...

Pernah denger gitu sih waktu dulu bmw babe ac nya ngga dingin...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: ac mobil
calsonic ya? hmm.. wahh,, belum ada pengalaman oomVanzMatic wrote:Calsonic,mmmm bukannya itu dipakai di bmw?CMIIW..
Pernah denger gitu sih waktu dulu bmw babe ac nya ngga dingin...

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: ac mobil
Calsonic biasa ane tau d nissan sih..cmiiw..kalo zexel mgkn mbl eropa banyak?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ac mobil
merek kunci mobil ane calsonic
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Thu Dec 09, 2010 10:06
- Location: serang_banten
Re: ac mobil
VanzMatic wrote:Beda merk juga beda nyess nya deh... CMIIW. Kalo kompresor AC, umumnya yg beredar tuh merk Sanden sama ND / Denso. Untuk yang cari pahe, bisa pilih Sanden, tapi kurang nyess, karena piston untuk memompa freon, hanya satu. Skala kekuatan kompresor pun disesuaikan sama cc mobil. Kalau Denso, (OEM), lebih cepat dingin, karena pistonnya ada dua. Kompresor Denso juga disesuaikan dengan cc nya oom... Tapi harga juga bicara.DOHC wrote:apansa jg cc kecil... tapi dingin nya wuihh... kalo pagi2 aja kadang ane ampe mnuterin temperatur nya ke ketengah...Sinyo_agus wrote: klo CC dibawah 1.3 sebaiknya pke kompressor yg model2 ringan aja. efeknya ya kurang nyess...
Kecepatan pendinginan kabin juga sangat dipengaruhi luas kabin dan sumber masuk hawa panas yang meradiasi kabin.
Cnth, mobil2 dengan hidung pesek, lebih lambat didinginkan, karena, selain panas radiator en kondensor lebih mudah masuk kabin melalui dua sisi firewall nya dan melalui celah jok depan, juga karena kabin dalamnya jauh lebih luas, dibanding Avanza, misalnya. Apalagi kalau mobil hidung pesek hanya dibekalin AC Sanden yang untuk 1000-1300cc dan tanpa Double Blower pula.... Ngga bakal dingin, om!
Kalau Avanza lebih cepat dingin, setau saya, kompressor nya Denso ya? CMIIW loh.. Udah gitu, volume kabinnya juga engga segede mobil hidung pesek macam Futura karoseri.
Ini hanya sharing dari belajar pada tukang AC, oom... monggo dikoreksi...













idem om matic dech...
HIU
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: ac mobil
bro ane mau pasang AC baru di taft , semua ganti baru kira kira worth ga yah 6 jutaan
- Compressor
- Receiver Drier
- Condensor
- Cooling Coil
- Extrafan
- Expansion Valve
- Oli
- Freon
- Filter Udara
-selang
- Compressor
- Receiver Drier
- Condensor
- Cooling Coil
- Extrafan
- Expansion Valve
- Oli
- Freon
- Filter Udara
-selang
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ac mobil
solar_kerosen wrote:bro ane mau pasang AC baru di taft , semua ganti baru kira kira worth ga yah 6 jutaan
- Compressor
- Receiver Drier
- Condensor
- Cooling Coil
- Extrafan
- Expansion Valve
- Oli
- Freon
- Filter Udara
-selang
itu pake denso atau sanden broo???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: ac mobil
m4rio wrote:solar_kerosen wrote:bro ane mau pasang AC baru di taft , semua ganti baru kira kira worth ga yah 6 jutaan
- Compressor
- Receiver Drier
- Condensor
- Cooling Coil
- Extrafan
- Expansion Valve
- Oli
- Freon
- Filter Udara
-selang
itu pake denso atau sanden broo???
denso tapi yg denso biru bukan yg merah

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun