ac mobil

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: ac mobil

Post by VanzMatic »

oooo iya yahh, maaf maaf om m4r..iya, yg ber extra fan!!Hahah...wis kleru, banter sisan... :thanks:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: ac mobil

Post by jalu »

VanzMatic wrote:Beda merk juga beda nyess nya deh... CMIIW. Kalo kompresor AC, umumnya yg beredar tuh merk Sanden sama ND / Denso. Untuk yang cari pahe, bisa pilih Sanden, tapi kurang nyess, karena piston untuk memompa freon, hanya satu. Skala kekuatan kompresor pun disesuaikan sama cc mobil. Kalau Denso, (OEM), lebih cepat dingin, karena pistonnya ada dua. Kompresor Denso juga disesuaikan dengan cc nya oom... Tapi harga juga bicara.

Kecepatan pendinginan kabin juga sangat dipengaruhi luas kabin dan sumber masuk hawa panas yang meradiasi kabin.

Cnth, mobil2 dengan hidung pesek, lebih lambat didinginkan, karena, selain panas radiator en kondensor lebih mudah masuk kabin melalui dua sisi firewall nya dan melalui celah jok depan, juga karena kabin dalamnya jauh lebih luas, dibanding Avanza, misalnya. Apalagi kalau mobil hidung pesek hanya dibekalin AC Sanden yang untuk 1000-1300cc dan tanpa Double Blower pula.... Ngga bakal dingin, om!

Kalau Avanza lebih cepat dingin, setau saya, kompressor nya Denso ya? CMIIW loh.. Udah gitu, volume kabinnya juga engga segede mobil hidung pesek macam Futura karoseri.

Ini hanya sharing dari belajar pada tukang AC, oom... monggo dikoreksi... :big_peace:
yg dimaksud ini sanden aftermarket atau sanden OEM ? kalo sanden OEM itu tidak kalah mantapnya dng ND OEM :D

jumlah piston didalam kompresor sih bisa sama saja, bedanya kalo kompresor OEM itu pistonnya dbl action, artinya baik diatas dan dibawah piston bisa melakukan kompresi ke sistem, sedangkan yg aftermarket itu single action...seperti halnya pada mesin yaitu 1 langkah isap dan 1 langkah kompresi. Dng demikin bs disimpulkan bahwa kompresor OEM pada setiap putaran sudah menghasilkan 2 kali kompresi, sedangkan yg aftermarket hanya 1 kali kompresi. Makanya sistem AC OEM di kondisi idle aja udah kerasa makyuzz dinginnya ketimbang yg aftermarket. Wajar kalo kompressor AC OEM lbh mahal dibanding aftermarket krn sistem kerjanya lbh kompleks dan efisien

selain kompresor, kualitas part2 pendukungnya jg menentukan seperti evaporator, kondensor dll. Part AC OEM harganya lbh mahal dibanding merek aftermarket bukan krn mentang2 barang bawaan pabrik, tapi karena punya efisiensi lbh baik. silahkan bandingkan kondensor AC yg OEM dng aftermarket, meski dimensinya sama, tapi yg OEM punya jalur2 yg lbh rapat dan kisi2 lbh halus....

kapasitas AC mbl jg harus sesuai dng volume kabinnya, seperti halnya waktu kt membeli/memilih AC rumah disesuaikan dng ukuran ruangan yg akan didinginkan. AC OEM sudah dirancang kapasitasnya sesuai dng ukuran kabinnya dan kemampuan power plantnya. Itulah kenapa AC bawaan orsinil mbl terasa lbh mantap dibanding AC aftermarket pasang sendiri di bengkel2 AC, terkecuali yg dipasang sendiri itu barang2 orsinil jg maka kinerjanya bs saja menyamai yg bawaan langsung dr pabrik. Atau ada jg beberapa user yg mengatakan AC aftermarket di mbl pikap AC nya lbh mantap dibanding mobil minibus. DI pikap lbh mantap krn volume kabinnya kecil, jd udara dingin lbh cepat memenuhi kabinnya

selanjutnya, ambient temperature jg punya pengaruh besar thd kinerja AC, seperti yg VM bilang, di mbl pesek dinginnya AC-nya kurang terasa optimal krn kondensor berada diruang mesin yg terkurung, ditambah lg ada hawa panas dr ruang mesin dibawah yg tembus ke kabin. atau disiang hari panas terik dan dan mblnya tanpa kaca film sama sekali, tentu dinginnya AC terasa kurang maksimal, membuat usernya jadi stel lbh poll

CMIIW saja ya....saya bukan ahli AC soalnya :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: ac mobil

Post by VanzMatic »

Oooh gitu tah om Jalu??? Jadi ada juga toh Sanden yang OEM?? Wah, referensi bagus en mantaf ni oom! Sip suiip...!!! :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: ac mobil

Post by jalu »

VanzMatic wrote:Oooh gitu tah om Jalu??? Jadi ada juga toh Sanden yang OEM?? Wah, referensi bagus en mantaf ni oom! Sip suiip...!!! :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
pakar dibawah ini udah kasi example nya :D
DOHC wrote:Hmmm... Masuk akal jg sehh... Tp kalo mengenai merk sanden atau mrek2 tertentu... Ane rada kurang setuju yahh.... Dulu ane punya ferio pake ac nya sanden.. Dingin nya jg mantep bgt koq...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: ac mobil

Post by VanzMatic »

jalu wrote: pakar dibawah ini udah kasi example nya :D
DOHC wrote:Hmmm... Masuk akal jg sehh... Tp kalo mengenai merk sanden atau mrek2 tertentu... Ane rada kurang setuju yahh.... Dulu ane punya ferio pake ac nya sanden.. Dingin nya jg mantep bgt koq...
Ane kirain Sanden yang di Ferio itu yang single piston, om... :ungg: :ungg: Apalagi dengan luas kabin yang jauh lebih kecil volumenya dari Habanja, getooo..... :big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: ac mobil

Post by jalu »

saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: ac mobil

Post by VanzMatic »

jalu wrote:bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
Kayak pasta gigi aja, double action.... :mrgreen:
:beer:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: ac mobil

Post by jalu »

sokbreker jg ada yg double action lho... :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: ac mobil

Post by doq »

msh kalah sama odol ane yg triple action...................kinclhong nih!! Image
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: ac mobil

Post by jalu »

:wkkk: :wkkk: :wkkk:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: ac mobil

Post by nescafe »

jalu wrote:saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
bang, bagaimana dengan zexel? any review?

so far saya pake selama 5 tahun masih fine2 saja, tanpa pernah service sekalipun.. dan dinginnya juga oke :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: ac mobil

Post by Hansen »

nescafe wrote:
jalu wrote:saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
bang, bagaimana dengan zexel? any review?

so far saya pake selama 5 tahun masih fine2 saja, tanpa pernah service sekalipun.. dan dinginnya juga oke :D
5 tahun di mobil yg mana nes? :e-think:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ac mobil

Post by ZombiEE »

Bagaimana dgn calsonic?:)
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: ac mobil

Post by jalu »

nescafe wrote:
jalu wrote:saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
bang, bagaimana dengan zexel? any review?

so far saya pake selama 5 tahun masih fine2 saja, tanpa pernah service sekalipun.. dan dinginnya juga oke :D
saya ketemu kompresor zexel itu dipanther nes....yg ente maksud di mbl apa kah ?
dipanther gak ada yg ngeluh kurang dingin, yg ada kedinginan :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ac mobil

Post by ZombiEE »

Ane ketemu zexel di xtrail gen 1 facelift...kualitas abal2...atau mgkn ane yg sial...haduh ddduuuhhh....
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: ac mobil

Post by nescafe »

Hansen wrote:
nescafe wrote:
jalu wrote:saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
bang, bagaimana dengan zexel? any review?

so far saya pake selama 5 tahun masih fine2 saja, tanpa pernah service sekalipun.. dan dinginnya juga oke :D
5 tahun di mobil yg mana nes? :e-think:
di terrano sen :D
jalu wrote:
nescafe wrote:
jalu wrote:saya pernah komparasi kompresor ND OEM dan Sanden aftermarket di mbl kijang, kebetulan keduanya sudah dipotong penampangnya jadi bs keliatan isi dalamnya, saya liat di keduanya sama2 punya 5 piston lho, bedanya yg ND OEM itu dbl action, yg sanden aftermarket itu single action
bang, bagaimana dengan zexel? any review?

so far saya pake selama 5 tahun masih fine2 saja, tanpa pernah service sekalipun.. dan dinginnya juga oke :D
saya ketemu kompresor zexel itu dipanther nes....yg ente maksud di mbl apa kah ?
dipanther gak ada yg ngeluh kurang dingin, yg ada kedinginan :upss:
saya di terrano bang, mau siang hari terik, tetap dingin... :drinking:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: ac mobil

Post by VanzMatic »

Calsonic,mmmm bukannya itu dipakai di bmw? :ungg: CMIIW..
Pernah denger gitu sih waktu dulu bmw babe ac nya ngga dingin...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: ac mobil

Post by nescafe »

VanzMatic wrote:Calsonic,mmmm bukannya itu dipakai di bmw? :ungg: CMIIW..
Pernah denger gitu sih waktu dulu bmw babe ac nya ngga dingin...
calsonic ya? hmm.. wahh,, belum ada pengalaman oom :(
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ac mobil

Post by ZombiEE »

Calsonic biasa ane tau d nissan sih..cmiiw..kalo zexel mgkn mbl eropa banyak?
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: ac mobil

Post by Abu2 »

merek kunci mobil ane calsonic
User avatar
Sinyo_agus
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Thu Dec 09, 2010 10:06
Location: serang_banten

Re: ac mobil

Post by Sinyo_agus »

VanzMatic wrote:
DOHC wrote:
Sinyo_agus wrote: klo CC dibawah 1.3 sebaiknya pke kompressor yg model2 ringan aja. efeknya ya kurang nyess...
apansa jg cc kecil... tapi dingin nya wuihh... kalo pagi2 aja kadang ane ampe mnuterin temperatur nya ke ketengah...
Beda merk juga beda nyess nya deh... CMIIW. Kalo kompresor AC, umumnya yg beredar tuh merk Sanden sama ND / Denso. Untuk yang cari pahe, bisa pilih Sanden, tapi kurang nyess, karena piston untuk memompa freon, hanya satu. Skala kekuatan kompresor pun disesuaikan sama cc mobil. Kalau Denso, (OEM), lebih cepat dingin, karena pistonnya ada dua. Kompresor Denso juga disesuaikan dengan cc nya oom... Tapi harga juga bicara.

Kecepatan pendinginan kabin juga sangat dipengaruhi luas kabin dan sumber masuk hawa panas yang meradiasi kabin.

Cnth, mobil2 dengan hidung pesek, lebih lambat didinginkan, karena, selain panas radiator en kondensor lebih mudah masuk kabin melalui dua sisi firewall nya dan melalui celah jok depan, juga karena kabin dalamnya jauh lebih luas, dibanding Avanza, misalnya. Apalagi kalau mobil hidung pesek hanya dibekalin AC Sanden yang untuk 1000-1300cc dan tanpa Double Blower pula.... Ngga bakal dingin, om!

Kalau Avanza lebih cepat dingin, setau saya, kompressor nya Denso ya? CMIIW loh.. Udah gitu, volume kabinnya juga engga segede mobil hidung pesek macam Futura karoseri.

Ini hanya sharing dari belajar pada tukang AC, oom... monggo dikoreksi... :big_peace:
:frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:
:frm_tumbleft: :frm_tumbleft: :frm_tumbleft: :frm_tumbleft: :frm_tumbleft: :frm_tumbleft:
idem om matic dech...
HIU
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: ac mobil

Post by solar_kerosen »

bro ane mau pasang AC baru di taft , semua ganti baru kira kira worth ga yah 6 jutaan


- Compressor
- Receiver Drier
- Condensor
- Cooling Coil
- Extrafan
- Expansion Valve
- Oli
- Freon
- Filter Udara
-selang
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: ac mobil

Post by m4rio »

solar_kerosen wrote:bro ane mau pasang AC baru di taft , semua ganti baru kira kira worth ga yah 6 jutaan


- Compressor
- Receiver Drier
- Condensor
- Cooling Coil
- Extrafan
- Expansion Valve
- Oli
- Freon
- Filter Udara
-selang

itu pake denso atau sanden broo???
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: ac mobil

Post by solar_kerosen »

m4rio wrote:
solar_kerosen wrote:bro ane mau pasang AC baru di taft , semua ganti baru kira kira worth ga yah 6 jutaan


- Compressor
- Receiver Drier
- Condensor
- Cooling Coil
- Extrafan
- Expansion Valve
- Oli
- Freon
- Filter Udara
-selang

itu pake denso atau sanden broo???

denso tapi yg denso biru bukan yg merah :mrgreen:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun