maskopat wrote:untuk om irawan, sudah dapet informasi yang cukup jelas dari teman2 yang komentar.
kalo perawatan dan sparepart, mungkin kijang dan panther bisa lebih murah. maunya cari diesel atau bensin om?
kalo kijang bensin, cendrung boros sih... yang masih karbu, sekitar 1:6-7 dalkot. luar kota sekitar 1:8-10... yang EFI, kurang tahu. kijang diesel, apa lagi ane gak tahu... kijang diesel kayaknya susah cari barangnya...![]()
kalo fun to drive, kuda emang top dah. kecepatan tinggi gak berasa ngebut. tapi buat penumpang, kayaknya kalah nyaman dibanding kijang.
saran ane, mending test drive aja.. ajak yang mau pake juga... cocok yang mana...
makasih banyak oom mas kopat..
kayaknya dari anggaran yang mepet, pilihnya kuda kali oom...diesel...
gimana mnurut oom mas kopat? (udah oom, mas lagi..)

worthed ga tu?

benar2 lengkap dan mendalam ulasannya pak ..acerpersada wrote:Penjelasan mengenai harga pasaran mobkas:
Harga pasaran mobkas di indo mencerminkan reliable dan image tipe kendaraan itu.
Misal mobil A dan mobil B, mobil A harga bekasnya lebih tinggi drpd mobil B. Itu artinya mobil A walo bekas masih dicari banyak org. Kenapa? krn ada nilai lebih di mobilnya. Nilai seperti apa? bisa macam2: hal pertama yang jadi patokan umumnya org indo dalam mobil bekas spt kebandelan mobil, kemudahaan mencari sparepart, kemudahaan memperbaiki mobil, hal kedua yaitu kenyamanan, kelengkapan fitur.
Beri contoh: Ane tutup mata dah ama merek. Antara kuda ama kijang kapsul diesel. Kuda ancur2 harga jual kembalinya dibanding kijang kapsul bukan berarti kuda produk jelek, sebagai faktanya kabinnya lebih senyap dan larinya lebih oke dibanding kijang kapsul. Tapi kenapa si kuda tetep ancur harganya? nah faktor lain harus diliat, bagaimana mendapatkan sparepartnya? mudah atau sulit *secara membeli mobkas pasti mikir perbaikannya tho*. Fakta di lapangan kijang kapsul mudah memperoleh sparepartnya dibanding kijang kapsul. Lalu kijang kapsul menurut tukang mesin gak rumit untuk bongkar pasang dibanding kuda. Nah contoh seperti inilah yang mempengaruhi harga jual mobkas. Jadi kalo diliat suatu mobil fiturnya oke tapi kok harga mobkasnya murah pasti ada penyebabnya, bukan masalah merek misalnya Jazz harga bekasnya relatif stabil dibanding Yaris padahal Yaris gandeng mereke TOYOTA.
Jadi ketika anda membeli mobkas tipe dengan harga lebih mahal dibanding tipe B berarti anda memperoleh value yang lebih oke. Diluruskan disini, value bukan sekedar fitur dari mobilnya, tapi value secara keseluruhan.
(NOTE: Oia satu hal yang perlu diluruskan, GAK SEMUA sparpart L300 BISA DIAPLIKASIKAN ke KUDA DIESEL. Ane pernah makai mounting engine L300 ke kuda ane krn mounting engine kuda kudu inden lebih dari sebulan. Begitu dipasang,ternyata gak cocok 100% hasinya pertama kali stater mesin muncul suara glodak dan bergetar. Akhirnya ane inden juga itu mounting engine).
Back to Topic:
Ya kalo dananya baru cukup untuk beli Kuda Diesel it's oke menurut ane. Toh nanti anda bisa nabung2 lagi buat beli mobil yang lebih oke lagi, seperti anda dari carry trus nabung2 bisa naik tingkat beli Kuda. Ya sapa tahu nanti dapet rejeki lagi malah bisa beli yang baru![]()
OOT:
Kenapa apanja atau kenia laris manis:
- harga beli baru kejangkau ama rata2 org indo
- bentuk eksterior tidak jelek amat
- Ground clearence tinggi lho: 200mm
- Mesinnya bandel
- Nah ini dia faktor plus: bodinya gak gede banget sehingga bisa luwes masuk ke rumah rata2 org indo yang jalannya sempit tapi walo bodi gak gede masih bisa ngangkut 7 penumpang
walo semuanya dbayar ama suspensi yg gak enak, interior sempit, dan gak irit amat (krn gerak roda belakang) Ngomongin irit sih tergantung kaki ya. Ane pernah dapet 1:13 baut apanza
obyektif pula..
jadi semakin meruncing ke kuda kayaknya..
soalnya kalau kijang, palingan dapat kijang kotak..
gimana menurut bapak?
