[Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
Jadi intinya, stabilizer lebih menguntungkan apabila lewat jalan mulus & kecepatan tinggi. sedangkan bila lbh sering lewat jln rusak & bergelombang justru stabilizer mengurangi kenyamanan berkendara. Begitukah om Turbo?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
Kalo Stabilizer aja sih gak masalah, mobil2 SUV 4X4 juga rata2 dipake-in Stabilizer depan ama pabrikan.BADAK wrote:Jadi intinya, stabilizer lebih menguntungkan apabila lewat jalan mulus & kecepatan tinggi. sedangkan bila lbh sering lewat jln rusak & bergelombang justru stabilizer mengurangi kenyamanan berkendara. Begitukah om Turbo?
Yg ane maksud adalah UnderBrace / Chassis Brace
Contoh UnderBrace :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa
UB itu yg bentuknya kayak Trapesium
Kalo Chassis Brace biasanya dipasang di belakang dekat ban serep, modelnya pipa besi melintang mengikat ke rangka chassis kiri - kanan. (nggak ada gambarnya)
Yg masalah :
Utk Panther nggak ada yg bikin, tapi mestinya kalau order kloteran rame2 ke pembuat UB macam TRS mestinya mereka mau buatkan. Kloteran aja rame2 ajak member milis Panther. (kalo mau)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
Oh ternyata UB/CB tuh lain dgn as stabil ya. Baru tau kl msh ada lg alat buat menambah kestabilan handilng. Mustinya mbl kyk panther cocok dikasi yg beginian, terutama touring krn GC nya yg tinggi. Hanya blm bisa ditentukan seberapa signifikan perubahan setelah ditambahin UB/CB
Thx infonya om TM (Turboman, bukan Toyotaman)

Thx infonya om TM (Turboman, bukan Toyotaman)

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
sebenernya kalo mo bikin agak stiff bagian blakang panther ada caranya sehh dak... itu per yg baris ke 2 dari yg paling atas, ama yg per paling pendek yg plg bawah nt ganti ama yg lebi tebel dari bawaan nya... tp panjang nya harus sama loh yahh ama yg ori... trus shock depan ganti yg aftermarket... ane rasa itu uda obatin penyakit limbung parah nya panther... tapi nt jgn komplen kalo bantingan nya kaya naek crv yahh....
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
Yg sekarang aja udah keras DOHC, kalo dibuat lebih keras lg bisa rontok tulang2 gw
Aku rasa saat ini belum perlu diganti, karena touring suspensi nya udah cukup keras. Lagian karakter panther bukan buat kebut2an ato manuver extreme.
Saat ini panther ku gak aku pasang stabilizer apa2, tapi aku justru ngrasa lebih nyaman drpd waktu dipasang as stabilizer.
Kalo ganti skokb aftermarket macam Bilstein ato Monroe apakah akan ada bedanya dgn std pabrikan (Kayaba)?

Aku rasa saat ini belum perlu diganti, karena touring suspensi nya udah cukup keras. Lagian karakter panther bukan buat kebut2an ato manuver extreme.
Saat ini panther ku gak aku pasang stabilizer apa2, tapi aku justru ngrasa lebih nyaman drpd waktu dipasang as stabilizer.
Kalo ganti skokb aftermarket macam Bilstein ato Monroe apakah akan ada bedanya dgn std pabrikan (Kayaba)?

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
yah kalo nt dah puas ama settingan yg skrg sehh bagus dak... ga perlu ditambah ini itu lagi... dulu panther ku jg perna dipakein stablizer yg dibawah gardan itu... cuman yg ada tiap taon musti ganti karet2 bushing stabilizer nya... dan lagi ga terlalu signifikan fungsi nya... akhirnya ane copotin trus, yg per daun paling pendek (paling bawah urutan nya) ane ganti ama yg lebi tebel dari yg ori ama lebi panjang dikit... lumayan koq... bantingan lebi stiff tapi tetep empuk... lumayan eliminir limbung...
numpang lewat aja....


-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Feb 21, 2011 13:37
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
Ijn nyimak smbil blajar om.. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
suhu kucing garong harap hadir!
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
tuh para master diesel ayoo hadirr... kalo ga mau di balap ama apanja...






numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
Pelajaran mengenai apanja udah kelar belom, koq mau belajar kucing garong??ak4ng wrote:menyimak


Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
emank panther ente limbung dak????
kalo panther ane malahan stabil bgt. pernah ane pas jalan di jalan tol baru ( belum pernah lewat situ ) karena waktu udah mepet dan lewat sana lebih cepet, akhirnya ane paksain lewat sana, pas di depan gk taunya jalan yang 1 masih di tutup pake beton pembatas jalan, mau gk mau musti ngambil jalur yang sebelahnya, dan masalahnya jalur yang sebelahnya itu kalau dari jalur yang ane ambil, sangatlah patah bgt. ane paksa aja langsung belok agak patah, ampe ada bunyi ban " cit cit cit " entah mobil geser atau ban belakag yang agak keangkat. ya waktu itu pilihannya cuman 2 yaitu kalo berhasil belok ya selamat. atau tuh mobil tebalik langsung..
tapi akhirnya berhasil dilewati kok. oh ya catatn, kecepatan waktu itu lumayan kenceng loh.
kalo panther ane malahan stabil bgt. pernah ane pas jalan di jalan tol baru ( belum pernah lewat situ ) karena waktu udah mepet dan lewat sana lebih cepet, akhirnya ane paksain lewat sana, pas di depan gk taunya jalan yang 1 masih di tutup pake beton pembatas jalan, mau gk mau musti ngambil jalur yang sebelahnya, dan masalahnya jalur yang sebelahnya itu kalau dari jalur yang ane ambil, sangatlah patah bgt. ane paksa aja langsung belok agak patah, ampe ada bunyi ban " cit cit cit " entah mobil geser atau ban belakag yang agak keangkat. ya waktu itu pilihannya cuman 2 yaitu kalo berhasil belok ya selamat. atau tuh mobil tebalik langsung..
tapi akhirnya berhasil dilewati kok. oh ya catatn, kecepatan waktu itu lumayan kenceng loh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
sebelum beli apanja,, tadinya mau kucing garong,, berhubung bergetar dan kebul ditambah harganya lebih mahal dari apanja jadinya ya apanjaBADAK wrote:Pelajaran mengenai apanja udah kelar belom, koq mau belajar kucing garong??ak4ng wrote:menyimak![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
Emang mau beli kucing tipe apa k4ng? Kalo mau gak ngebul n getaran lebih kalem, ambil yg taon 2007 ke atas.
Kucing gaarong 2007 ke atas udah Euro2 , ada CC + EGR jadi lebih mirip ama Innova D4d yg asapnya tipis. Selain itu peredaman lebih baek dr taon sebelumnya. Tapi ya memang harganya lebih tinggi dr apanja.
Kucing gaarong 2007 ke atas udah Euro2 , ada CC + EGR jadi lebih mirip ama Innova D4d yg asapnya tipis. Selain itu peredaman lebih baek dr taon sebelumnya. Tapi ya memang harganya lebih tinggi dr apanja.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
itu waktu thn 2005an,, wkt bli apanja,,,
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Tue Jun 22, 2010 13:14
- Location: Depok City
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
yang terhormat para master diesel kucing.
setelah lama gak nulis, karena kucing ijo baik2 saja mesinnya, sekarang baru pusing2 dikit nih yg punya kucing.
ternyata kucing ijo grand royale saya kropos di dek tengah, lumayan menganga.
yg mau saya tanyain, berapa ya kira2 ongkos ngelas dek tengah dan berapa lama ngerjainnya dan recommended bengkel las ada dimana? lokasi saya: kerja di rawamangun, rumah di depok.
emang saya harus akuin: punya kucing garong itu puas banget, gak pernah ada masalah, hanya ternyata bodynya pada keropos (karena usia dan juga mungkin cuaca di daerah pemilik sebelumnya yg deket ama pantai [daerah kapuk]).
(fyi, untuk rute parung - depok 1 - tebet - rawamangun pp, konsumsi solar hanya 25 - 27rb udah banjir lagi dari kondisi tank full sebelumnya)
untuk inponya dari para master, nubitol mengucapkan terima kasih.
setelah lama gak nulis, karena kucing ijo baik2 saja mesinnya, sekarang baru pusing2 dikit nih yg punya kucing.
ternyata kucing ijo grand royale saya kropos di dek tengah, lumayan menganga.
yg mau saya tanyain, berapa ya kira2 ongkos ngelas dek tengah dan berapa lama ngerjainnya dan recommended bengkel las ada dimana? lokasi saya: kerja di rawamangun, rumah di depok.
emang saya harus akuin: punya kucing garong itu puas banget, gak pernah ada masalah, hanya ternyata bodynya pada keropos (karena usia dan juga mungkin cuaca di daerah pemilik sebelumnya yg deket ama pantai [daerah kapuk]).
(fyi, untuk rute parung - depok 1 - tebet - rawamangun pp, konsumsi solar hanya 25 - 27rb udah banjir lagi dari kondisi tank full sebelumnya)
untuk inponya dari para master, nubitol mengucapkan terima kasih.
I am dreaming of a Hino RK8 260 PS
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Feb 21, 2011 13:37
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
malem para suhu...
Pertanyaan mendesak ni..
Saya hunting kucing dapet royal 97, bukan grand royal lho..
kondisi mesin body bagus semua..coz yang ngecek paman saya sendiri n dia dulu juga pernah punya showroom.
Terus cek drive kucing masih nyaman. Kelengkapan yang kurang power window, central lock sama RPM. Tapi ACnya udah diganti double blower, seingat saya royal masih single..
KM baru 183rb, padahal LS paman saya yang th 2001 udah 163rb, cuma selisih 2rb..
Tawar harga 76jt, menurut suhu sekalian tu kemahalan g? menurut paman saya 71 udah harga pas..
yang perlu ditimbang kondisi mobil masih bener2 bagus, sayang harganya rada tinggian..
Ayo dunk kasih masukan..
Thx

Pertanyaan mendesak ni..
Saya hunting kucing dapet royal 97, bukan grand royal lho..
kondisi mesin body bagus semua..coz yang ngecek paman saya sendiri n dia dulu juga pernah punya showroom.
Terus cek drive kucing masih nyaman. Kelengkapan yang kurang power window, central lock sama RPM. Tapi ACnya udah diganti double blower, seingat saya royal masih single..
KM baru 183rb, padahal LS paman saya yang th 2001 udah 163rb, cuma selisih 2rb..
Tawar harga 76jt, menurut suhu sekalian tu kemahalan g? menurut paman saya 71 udah harga pas..
yang perlu ditimbang kondisi mobil masih bener2 bagus, sayang harganya rada tinggian..
Ayo dunk kasih masukan..
Thx





-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
@bro handoko: sorry gak bisa bantu. soalnya posisi mmg berjauhan. selain itu gak ada pengalaman dlm las mengelas. kyknya m4rio yg sering laa mengelas panther 
@windmaild: panther 96 tp odo baru 183rb?? wew, susah dipercaya
Panther yg biasanya dijadiin mbl perang koq bisa2nya baru 183rb. IMHO, agak mencurigakan jg. coba di cek lg om, itu odo udah diputer manual ato mmg udah balik 0 lg. Biasa orang2 ngecek nya dr exhaust manipol. Tapi kl mmg dr body nya bnr2 mulus, ya anggap aja panther nya mmg barang simpanan.
Selain body coba di cek jg mesin pincang apa gak, kaki2 apa ada yg kocak atau suara2 mencurigakan, ac apakah msh dingin, asap buangan warnanya hitam atau putih+sangit, setir apakah msh lurus, ban2 apakah ada aus sebelah, oli apa ada yg bocor, dll. Banyak ya, namanya jg beli mbl seken
Untuk mslh hrg krg bisa bantu, soalnya kl kyk gini hrs survei dl. gak bisa cmn satu dua tempat dijadiin patokan. Tp bagi saya, lbh baek beli mbl harga lbh tinggi dr pasaran asal brg bener2 diyakini mulus. Daripada beli hrg miring tp kondisi kurang mulus. Ini nantinya mlh akan menguras waktu, tenagag, uang & pikiran. Aku dl waktu beli panther jg lbh mahal dr hrg pasaran, sekitar 5-10jt. karena mmg aku gak mau beli baru, tp jg gak mau direpotin kl nantinya ada kerusakan.
@DOHC: nah, ternyata ada kan panther royale

@windmaild: panther 96 tp odo baru 183rb?? wew, susah dipercaya

Panther yg biasanya dijadiin mbl perang koq bisa2nya baru 183rb. IMHO, agak mencurigakan jg. coba di cek lg om, itu odo udah diputer manual ato mmg udah balik 0 lg. Biasa orang2 ngecek nya dr exhaust manipol. Tapi kl mmg dr body nya bnr2 mulus, ya anggap aja panther nya mmg barang simpanan.
Selain body coba di cek jg mesin pincang apa gak, kaki2 apa ada yg kocak atau suara2 mencurigakan, ac apakah msh dingin, asap buangan warnanya hitam atau putih+sangit, setir apakah msh lurus, ban2 apakah ada aus sebelah, oli apa ada yg bocor, dll. Banyak ya, namanya jg beli mbl seken

Untuk mslh hrg krg bisa bantu, soalnya kl kyk gini hrs survei dl. gak bisa cmn satu dua tempat dijadiin patokan. Tp bagi saya, lbh baek beli mbl harga lbh tinggi dr pasaran asal brg bener2 diyakini mulus. Daripada beli hrg miring tp kondisi kurang mulus. Ini nantinya mlh akan menguras waktu, tenagag, uang & pikiran. Aku dl waktu beli panther jg lbh mahal dr hrg pasaran, sekitar 5-10jt. karena mmg aku gak mau beli baru, tp jg gak mau direpotin kl nantinya ada kerusakan.
@DOHC: nah, ternyata ada kan panther royale

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
hehehe... emang ada dak... utk generasi panther kotak yg 4JA1 (start dari taon 96) lahh mulai kluar namanya panther royale... tapi taon 98 akhir diganti jadi panther deluxe... isinya sehh mirip ama royale cuman lebi miris lagi karena doortrim jadi balik ke jaman kijang 5K yg versi terendah nya
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Tue Jun 22, 2010 13:14
- Location: Depok City
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
hhm, panther deluxe itu juga sudah ada sejak tahun 96an kok.
kalo gak salah urutan dari yg paling mahal ke murah untuk yg pake mesin 4ja1 adalah:
1. hi-sporty (ada rpm, 4 power windows, ac db, ban dan bodi gendut dan besar)
2. hi-grade (sama kaya hi sporty tapi body dan ban gak sebesar hi sporty)
3. sporty (body kaya hi-sporty, ac single, belum power window)
4. grand royale (kaya high grade dengan body dan ban standar 185/80-14)
5. royale (body standar, ac single, tanpa rpm, gak pk power window)
6. grand deluxe/deluxe (ini gak yakin, dan sepertinya tipe paling standar untuk panther, mungkin = xenia mi, polos los).
tapi mulai tahun 1999 panther grand royale ngilang diganti sama new royale (kayanya bersamaan dengan munculnya new high grade).
btw, km kecil/rendah untuk panther kotak ternyata memang sepertinya odometernya dimundurin. contoh nyata sama kucing ijo ku. masakan panther tahun 96 odometernya cuman 118k. satu hal yg pasti adalah jarum speedometernya gak anteng untuk speed dibawah 30kmh, naik turunnya gak stabil. yg kedua angka2 itu gak rata, ada yg naik ada yang turun, gak simetris seperti halnya kalo gak pernah diputer2.
nah, untuk tukang las, adakah yg bisa membantu?????
makasih....
kalo gak salah urutan dari yg paling mahal ke murah untuk yg pake mesin 4ja1 adalah:
1. hi-sporty (ada rpm, 4 power windows, ac db, ban dan bodi gendut dan besar)
2. hi-grade (sama kaya hi sporty tapi body dan ban gak sebesar hi sporty)
3. sporty (body kaya hi-sporty, ac single, belum power window)
4. grand royale (kaya high grade dengan body dan ban standar 185/80-14)
5. royale (body standar, ac single, tanpa rpm, gak pk power window)
6. grand deluxe/deluxe (ini gak yakin, dan sepertinya tipe paling standar untuk panther, mungkin = xenia mi, polos los).
tapi mulai tahun 1999 panther grand royale ngilang diganti sama new royale (kayanya bersamaan dengan munculnya new high grade).
btw, km kecil/rendah untuk panther kotak ternyata memang sepertinya odometernya dimundurin. contoh nyata sama kucing ijo ku. masakan panther tahun 96 odometernya cuman 118k. satu hal yg pasti adalah jarum speedometernya gak anteng untuk speed dibawah 30kmh, naik turunnya gak stabil. yg kedua angka2 itu gak rata, ada yg naik ada yang turun, gak simetris seperti halnya kalo gak pernah diputer2.
nah, untuk tukang las, adakah yg bisa membantu?????
makasih....
I am dreaming of a Hino RK8 260 PS
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
nyimak lagi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
ahhh,, kucing garong banyak tipenya,, bikin bingung?




-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Feb 21, 2011 13:37
Re: [Ask] Perbedaan Spec Tiap Type Panther
Ho ho hooo.....
emang si kucing banyak macemnya...pinter juga y yang bikin, kondisi bawa harga..
@ om badak: kalo dari libom si masi mulus, dari atep, talang mpe kaki2 msi bagus. waktu dgeber2 kagak berasep, y ada tapi sedikit.
paman ane nyebutnya libom banci, mesin renyah body OK, tapi fitur minim.. suka sih cuman harga katinggian..
kalo odometer ane yakin dah dimundurin, letak angka2nya g rata, tapi apa arti odometer, yang penting kondisi libom keseluruhan..
tes drive 50kmh lepas stir g ngoleng juga..
yah gpp, belum rejeki..
emang si kucing banyak macemnya...pinter juga y yang bikin, kondisi bawa harga..
@ om badak: kalo dari libom si masi mulus, dari atep, talang mpe kaki2 msi bagus. waktu dgeber2 kagak berasep, y ada tapi sedikit.
paman ane nyebutnya libom banci, mesin renyah body OK, tapi fitur minim.. suka sih cuman harga katinggian..
kalo odometer ane yakin dah dimundurin, letak angka2nya g rata, tapi apa arti odometer, yang penting kondisi libom keseluruhan..
tes drive 50kmh lepas stir g ngoleng juga..
yah gpp, belum rejeki..