Halo para master & bro yg biasa nongkrong disini, salam kenal.
Saya newbie di forum ini. Sering si baca2, tp baru kali ini bisa join.
Cuma mo sharing pengalaman saya pake GL XV 1.5 AT.
Saya beli yang batch awal, tahun 2007. Sempet Test Drive juga, akhirnya ambil yg warna hitam.
Selama kira2 1,5-2 tahun saya selalu isi BBM pake Premium & gak pernah ada masalah.
No mesin sendat2 & irit banget. Waktu itu sampe gak percaya Nissan bisa desain mesin yg irit, powerful & bisa minum Premium.
Saya bilang irit, dalkot bisa 1:10 & luar kota irit mampus! Tarikan luar biasa kenceng (jd penasaran gimana yang 1.
.
Cuma catatan saya: Aneh ada mobil tanpa indikatir temperatur.
That was the good part. And now, the story continues.
Memasuki tahun ketiga, masa bulan madu selesai.
Mesin mulai nglitik & gak sembuh2. Tarikan berat & lelet banget. Sudah gitu, boros pula, hiks...
Sudah coba minumin Pertamax+, service di bengkel resmi (bersihkan injector tiap tune up), masih juga gak berubah.
Tiap kali dengerin suara mesin ngelitik, hati jadi kaya diiris2 sembilu (lebay.com).
Akhirnya saya bawa ke bengkel luar yg bisa tuning mesin, ketemu juga. Saran Head Technician, engine tune-up plus Carbon Cleaning karena indikasi karbon sudah numpuk di ruang bakar & piston bagian atas.
Jreeng..... Mesin jadi enak, tarikan mantap & gejala ngelitik berkurang jauh (belum hilang 100%, perlu waktu katanya).
Saran dia, Livina (dan hampir semua mobil) bisa pake Premium. Asal rajin Carbon Clean aja tiap 10rb km. Biayanya jg gak berat.
Liat prestasi & reputasinya, saya percaya sama ni bengkel. Jauh lebih percaya daripada bengkel resmi yg mengecewakan!
Cuma konsumsi BBM aja yg masih bikin pusing. Setelah saya amati & googling, ternyata masalahnya ada di indikator BBM yg ngaco. Pantesan saya coba isi full-tank tp jarum indikator gak pernah mentok. Ternyata banyak juga user GL yg alami problem serupa. Solusinya (terpaksa) mau dibawa ke bengkel resmi untuk benerin. Katanya ini sudah jadi issue tapi gak diungkapkan secara terbuka. Mudah2an aja beres.
Oh ya, saya juga ada beberapa catatan:
1. GL saya cukup "sadis" sama Accu. Setaun bisa makan 2 Accu. Soalnya Air Accu cepet banget habisnya (kl di-compare sama mobil2 lain yg pernah saya rawat). Analisa saya, air cepet habis karena mesin GL lebih panas (emang karakternya kali-bukan kelainan lho) dibanding mesin2 mobil lain. Makanya harus rajin2 cek Accu, minimal tiap minggu. (Info saja, mobil saya yg lain oke2 aja kalo ceknya sebulan sekali, itupun gak mesti nambah).
2. Saya 2 kali ganti kampas rem di bengkel resmi & 2 kali juga cakram harus dibubut! Gila gak tuh! Saya tanya ke Service Advisornya, apa saya telat ganti kampasnya (keburu abis kampas jadi besi makan besi)? Kata SA, kampasnya benernya masih ada, tapi cakramnya kalah duluan! Lah, saya protes, gimana Nissa desainnya? Masa cakram lebih 'lunak' daripada kampas? Aneh kan? Udah gitu masa bubutnya 2 kali berturut2? Lama2 harus ganti cakram donk, bisa jebol kantong ni. (Catatan: saya pernah discuss dengan SA Auto2000, bubut cakram gak recomended karena cakram itu didesain keras di permukaan. Jadi kalo udh kemakan tapi blm lewat batas, silahkan pake kalo mau pake, paling suara agak berisik. Tp not recomended dibubut!)
Kesimpulan (Opini pribadi) saya: kalo mau rawat GL, harus mau repot sedikit & pilih bengkel yg bagus (yg ironisnya jelas2 bukan bengkel resmi).
Info tambahan: Saya pernah 'pelihara' Nissan X-Trail & Terrano, jadi saya tau masalah kualitas produk & layanan Nissan.
Mudah2an bisa berguna buat bro2 yg lain. Mohon maaf kl ada kata2 yg tidak berkenan.