maskopat wrote:Risol1 wrote:maskopat wrote:tentang push start-stop engine... kalo lagi driving trus switchnya ditekan, apakah mobil langsung mati?
dan kenapa switch ini ditaruh di bagian kiri stir ya? bukan di kanan stir?
*lagi ngebayangin seorang suami lagi bawa mobil gini, ribut dengan istrinya, trus sang istri mau turun, tinggal teken switch start-stop engine dan mobil berhenti lalu dia turun dari mobil...

Gak langsung mati....
Kalo ditekan (dan di hold) bbrp detik baru mati, jadi kalo cuma kepencet aja sih engga mati mesinnya.
trus kalo lagi jalan dengan kecepatan 40kpj, istri di sebelah neken switch start-stop engine beberapa detik, mesin langsung mati kah? kalau iya, gearbox gimana ya mesin mendadak dimatikan dan mobil masih berjalan?
mohon pencerahan om snack...

Nah ini emang ciri2 pertanyaan nya om Kopat nih...... pertanyaannya susah, bagus, berbobot, TAPI sebenernya gak perlu punya
Sama aja kaya om Kopat tanya gimana sol kalo mobil lagi jalan 40kpj tiba2 kita gatel injek kopling dan geser paksa tuas trans ke Reverse hehehe.....
Pabrikan mobil gak bisa mencegah kerusakan mobil kalo pemiliknya SENGAJA mao ngerusak mobilnya. Mereka cuma bisa mencegah jikalau pemilik mobil TIDAK SENGAJA kepencet itu button. (gimana cegahnya sol? ya itu dengan cara musti dipencet lamaan atau 3x rapid pencet)
Balik ke pertanyaannya Om Kopat, jujur aja jawaban langsungnya ane gak tau om karena mungkin tiap merek mobil beda2 sistemnya. Ane cuma tau dikit2 di BMW aja.
Kalo di BMW Yg pake AT atau DCT (trans "AT"nya BMW M) yg ane tau mesin bisa dimatiin kalo buttonnya dipencet dan dihold ATAU kita pencet button 3x (rapidly).
Kalo pada waktu itu trans ada di D, maka pas mesin mati sistem bakal otomatis disengage gear jadi gak bakal "nyangkut" gearnya. Tapi kalo mao nyalain engine lagi musti tunggu mobil berhenti, geser tuas trans ke P, baru pencet lagi tu button (sama metodenya kaya start engine normal).
Kalo untuk mobil MT ane gak tau.....kalo ane bisa tebak sih kayaknya mungkin gak bisa dimatiin ya soalnya giginya bisa rontok semua, tapi ane gak tau deh karena gak pernah coba......tapi memang kalo mao matiin mobil MT, kenapa kita engga geser aja dulu tuas trans ke netral baru matiin mesin, kan lebih aman.....
Karena pada hakikatnya matiin mesin pada saat mobil lagi jalan itu cuma untuk emergency aja (jaraaang sekali terjadi). Yg pasti matiin mesin dadakan gitu sangat bahaya karena setir jadi berat, brake vacuum juga gak berfungsi (rem jadi gak pakem), juga ane engga tau apakah setirnya ke lock juga apa engga (ane bilang sih engga kali ya kalo mobil lagi jalan) hehehe....