Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
1 liter untuk 133 km bisa jadi mesin dimatikan saat meluncur turun di cipularang. Seandainya benar hal ini sangat tidak mewakili kondisi pemakaian sehari-hari.
sangat tidak relevan...lagian kalo mesin mati kan rem nya jadi keras dipijak....justru waktu lg nurun gt fungsi rem sangat penting
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
jalu wrote:sangat tidak relevan...lagian kalo mesin mati kan rem nya jadi keras dipijak....justru waktu lg nurun gt fungsi rem sangat penting
katanya jalannya lengang bukan? lagipula rem masih berfungsi walaupun tidak maksimal. Yang harus ekstra hati2 adalah jangan sampai posisi kunci kebablasan ke posisi siap dicabut, bila setir sampai terkunci bisa fatal akibatnya.
sebenarnya ada data yang kita dapat jadikan sebagai tolok ukur apakah 1 liter memang bisa 133 km, yaitu bensin 1 liter itu bisa bertahan berapa lama saat mesin menyala stasioner dengan beban AC menyala/mati (anggap saja sebagai t1), kemudian waktu tempuh 133 km itu berapa lama (anggap saja sebagai t2).
Logikanya tidak mungkin t1<t2. Dan hampir tidak mungkin mobil berjalan di tol dengan mesin menyala stasioner konstan.
untung di dunia dharma wanita kaga ada istilah DOHC yah wan... btw ngomong2 soal getaran, yg SOHC lebi kenceng kali yah getaran nya... tapi SOHC kan utk tarikan lebi kontan yah ketimbang DOHC...
DOHC wrote:untung di dunia dharma wanita kaga ada istilah DOHC yah wan... btw ngomong2 soal getaran, yg SOHC lebi kenceng kali yah getaran nya... tapi SOHC kan utk tarikan lebi kontan yah ketimbang DOHC...
DOHC vs SOHC...kenapa yg DOHC lbh halus...? AFAIK jumlah komponen yg bergerak bukannya DOHC lbh banyak (CMIIW) ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
mungkin jg sigh, gara2 DOHC lebi banyak parts, perlu momentum dan power lebi besar buat muter nya... rotary enjin.. nah ini baru seru nehh.. CC kecil tapi power gede... ga tau deh alus apa kaga tuh getaran nya...
Loh btw nih mesin 3 silinder = getaran lebih kuat dibanding 4 silinder (otomatis gesekan lebih kuat juga)..Terus ane lupa pernah dibahas di majalah kok bro mesin 3 silinder lebih ngoyo cz waktu berputar (kruk asnya berapa derajat gitu) 3 silinder belum ada tenaga, kalo di 4 silinder udah keluar tenaga..(maaf yang ini inponya kurang lengkap) silahkan di correct..
Wakakak kalo misal estilo lawan sepeda motor (asal sepeda motor juga lewat turunan cipul ikut2an dong mesinnya dimatikan) masih irit estilo..Bisa masuk guinness book of record.. Terus dinobatin mesin teririt di dunia..
Kalo ane liat tuh mesin juga dimatikan deh selama mobil masih bisa ngacir diturunan..Seharusnya jangan ada turunan kalo perlu jalan datar dalkot tapi lancar..Apa iya bisa 1:113 berani coba??
aldy wrote:Loh btw nih mesin 3 silinder = getaran lebih kuat dibanding 4 silinder (otomatis gesekan lebih kuat juga)..Terus ane lupa pernah dibahas di majalah kok bro mesin 3 silinder lebih ngoyo cz waktu berputar (kruk asnya berapa derajat gitu) 3 silinder belum ada tenaga, kalo di 4 silinder udah keluar tenaga..(maaf yang ini inponya kurang lengkap) silahkan di correct..
saya sepaham kok...semakin banyak jumlah silinder maka jumlah langkah kerja yg dihasilkan dlm setiap putaran kruk as lbh banyak (akumulatif dr masing2 silinder)..., getaran juga makin halus krn gerakan piston bisa saling mengcounter, tapi kalo gesekan IMO 3 silinder lbh minim dibanding 4 silinder...krn jumlah komponen yang bergerak lbh sedikit
(please dikoreksi )
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro