Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001

Post by sjamsul »

jalu wrote:maaf saya cupu...apakah memang sudah dijelaskan oleh beres KIA bahwa sistim kipas pendinginnya juga diatur oleh ECU ? kalo memang benar, dengan melihat kondisi thermoswitch, radiator dan thermostat baru, motor kipas masih berfungsi normal dan relay kipas asli masih bagus saya berasumsi memang ada failure di ECU nya, karena pada temperatur yang sudah ditentukan mestinya ECU memerintahkan kipas untuk bekerja, tapi dalam hal ini sesuai dng laporan anda bahwa kipas seringkali tidak berputar pada waktunya, sehingga temperatur mesin semakin naik dan terpaksa diambil langkah emergency dengan menghidupkan kedua kipas secara manual via switch & relay. Kira2 benar gak dugaan saya ? (eh sikring aslinya udah dicek blm yah ? :e-think: )

Ya mesti dianalisa lbh lanjut, jika benar terbukti ada fail pada ECU dan mesti diganti ya jika mau sempurna terpaksa deh beli ECU lagi.

Atau kalo mau kreatif mungkin sistem kelistrikan kipasnya dimodif jadi konvensional seperti sedan FWD jadul, sehingga anda gak harus repot2 menghidupkan kipas secara manual, dengan memanfaatkan sinyal dr thermoswitch untuk langsung mengaktifkan relay penggerak kipas.CMIIW

Mohon dikoreksi kalo opini saya ngawur :big_peace:
hmmm...... ngawur sih kaga, cuma kurang tepat aja, wlp bisa diterapkan. Hasilnya adalah jarum temperatur akan naik turun... jadi saat panas jarum akan naik, sedangkan saat adem jarum turun........
Jadi spt yg ane dah usulkan yaitu pake sistim relay.............. yg dihubungkan ke thermo switch n air condition.........nah, sistim spt ini cara kerjanya spt yg ane dah tulis..... yaitu saat dingin fan bekerja pelan, tp klo dah panas kerjanya jadi cepat.......... shg jarum temperatur relatip bisa stabil.............. selain itu si TS ga usah repot2 lagi idupin fan dg switch dari dalam kabin..........


smoga membantu................. :e-whistle:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001

Post by jalu »

wakakakak.....kalo gak tepat ya berarti masih ngawur... :mrgreen:

saya cuma ngambil pedoman dari masa lalu, dulu pernah punya ford laser thn 89, ya sistem kipas radiator bawaannya bekerja seperti itu, saat temp naik kipas hidup, saat temp sudah turun kipas mati. Gerakan kipas hanya single speed aja, jadi tidak bertahap.

Oke deh..kalo ada ide yang lbh mantap mari kita ambil yang terbaik
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001

Post by sjamsul »

jalu wrote:wakakakak.....kalo gak tepat ya berarti masih ngawur... :mrgreen:

saya cuma ngambil pedoman dari masa lalu, dulu pernah punya ford laser thn 89, ya sistem kipas radiator bawaannya bekerja seperti itu, saat temp naik kipas hidup, saat temp sudah turun kipas mati. Gerakan kipas hanya single speed aja, jadi tidak bertahap.

Oke deh..kalo ada ide yang lbh mantap mari kita ambil yang terbaik
ga ngawur jal...... nt dah bener, tp msh kurang tepat guna aja gituuuu....... wakakakaka...... :big_peace: ..

hmmm.... klo gitu pada saat itu di mbl nt cuma pake satu relay aja ya ..... sedangkan yg ane maksud menggunakan beberapa relay spy bisa didapat 2 speed.......... :e-whistle: ....

setuju.....
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001

Post by jalu »

sjamsul wrote:
jalu wrote:wakakakak.....kalo gak tepat ya berarti masih ngawur... :mrgreen:

saya cuma ngambil pedoman dari masa lalu, dulu pernah punya ford laser thn 89, ya sistem kipas radiator bawaannya bekerja seperti itu, saat temp naik kipas hidup, saat temp sudah turun kipas mati. Gerakan kipas hanya single speed aja, jadi tidak bertahap.

Oke deh..kalo ada ide yang lbh mantap mari kita ambil yang terbaik
ga ngawur jal...... nt dah bener, tp msh kurang tepat guna aja gituuuu....... wakakakaka...... :big_peace: ..

hmmm.... klo gitu pada saat itu di mbl nt cuma pake satu relay aja ya ..... sedangkan yg ane maksud menggunakan beberapa relay spy bisa didapat 2 speed.......... :e-whistle: ....

setuju.....
Yup...100 buat om sjamsul, pada saat itu sistem kipas pendingin bawaan mbl ford laser itu memang cuma 1 relay aja, sebab dulu saya jg udah pernah bandingkan dengan saudara kembarnya (mazda 323) dan ternyata sama, semuanya 1 relay (single speed).
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby