Risol1 wrote:fbhakim wrote:Jangan terpengaruh yg orang bilang om prabowo, lebih baik kita lihat langsung angka dan fakta dan simpulkan sendiri.
Yuk kita bandingkan dg Kijang Innova yg katanya resale valuenya 'bagus'.
harga innova g m/t lah contohnya, harganya skrg 225 juta, kalau liat harga pasaran secondnya tahun 2007 sekitar 160 juta. berarti dalam 2 tahun turun 65 juta alias deperesiasinya adalah 29%
bandingkan dg Proton Savvy AT diatas, harga barunya 107 juta, harga pasaran second sekarang 80 juta. berarti dlm 2 tahun turun 27 juta alias depresiasinya 25%. jauh lebih kecil dibandingkan Innova.
dgn rata2 depresiasi setahun 12.5%, kayaknya gak jauh beda dgn merk2 Jepang atau Korea, bahkan lebih bagus dibanding merk tertentu.
kenapa depresiasinya bisa bagus ? menurut saya pribadi krn memang sejak awal pricing mobil2 mereka sudah rendah, sehingga utk mencapai nilai wajar penurunan pun hanya sedikit marginnya. hal yg serupa dilakukan oleh mobil2 korea. coba lihat harga second Hyundai Avega dan hitung depresiasinya, relatif kecil.
tentu saja hal ini juga diimbangi kualitas produknya sendiri juga relatif bagus dan diterima pasar.
nah kalo savvy aja nilainya segitu, sy yakin Exora akan lebih bagus depresiasinya, krn model MPV di Indonesia masih jadi favorit. apalagi dgn fitur yg sgt lengkap spt itu.
Hehehe.....Bukannya mao mempengaruhi supaya orang2 gak beli Proton bos, saya sih cuma mao ingetin TS nya doang bahwa kalo faktor resale value masih jadi pertimbangan no1 (Spt terlihat di thread ini, karena TS gak nanya kualitas mobil, model, dll.....nanya-nya cuma resale value), pikir2 dulu sebelum beli merek baru, karena biasanya merek baru belum punya "pondasi" kokoh yg mengakibatkan produk2nya gak gitu digemari orang, yg ujung2nya resale value jadi jelek.
Juga perbandingan bos fbhakim diatas antara proton savvy Vs Innova juga kurang "kena" karena bbrp faktor:
Faktor1 - Spt dibilang bos FM diatas, mustinya <harga beli di 07> dikurang <harga jual di 09> bukannya harga barunya sekarang dikurang harga jual sekarang. Memang itungan ini engga memperhitungkan hilangnya "the real buying power" kita, tapi sebenernya ini lah kenyataan dari nilai uang/value yg hilang karena dipakai-nya mobil tsb.
Nah dalam kasus mobil2 jepang yg populer, kenaikkan harga dari tahun ke tahun ini cukup besar jika dibandingkan dengan kenaikkan harga2 mobil yg kurang populer spt Proton. Misalnya memakai contoh anda diatas, Innova G MT baru di tahun 2007 harganya pasti jauh lebih rendah daripada harga barunya sekarang (di thn 2009), sedangkan Proton Savvy, IMO di thn 07 pun harganya pasti gak gitu jauh beda dgn harga barunya sekarang. Jadi kalo dihitung2, maka orang yg beli Innova G MT di thn 07 sebenernya rugi lebih sedikit daripada perhitungan anda diatas (bukan 29% loss karena depresiasi harga).
Tapi okelah, for the sake of argument, kita gunakan cara anda diatas yaitu ngitung resale value dengan memperhitungkan buying power (harga baru sekarang - harga jual sekarang):
Faktor2 - Spt juga dikemukakan oleh banyak SMers diatas, semestinya kita engga membandingkan 1 mobil dengan mobil lain yg harganya 2x lipat lebih mahal dari mobil pertama, karena pastinya makin mahal mobil depresiasi makin banyak. Mungkin lebih tepat kita bandingin resale value proton savvy dengan mobil jepang sekelas, yg punya harga, mesin, dan bentuk bodi yg hampir sama. Kalo saya liat2, mungkin karimun estilo bisa dipadanin sama savvy.
Kalo anda bilang Proton savvy AT harga barunya sekarang 107 jt, dan harga jual menurut majalah AB adalah 80 jt. Jujur saya gak tau anda dapet harga 107jt tsb darimana, tapi kalo kita mao pake patokan harga jual dari AB, semestinya kita pake patokan dari AB jg lah untuk semua figure harga2 di perbandingan ini. OK, menurut AB, harga baru savvy AT adalah 113 jt.
Jadi depresiasi savvy selama 2 tahun adalah: (113-80)/113 * 100% = 29.2%
Sedangkan harga baru saat ini u/ karimun estilo MT menurut AB adalah 124 jt, sedangkan harga jualnya gak ketauan, TAPI AB juga bilang bahwa karimun kotak lama MT thn 05 valuenya sekarang adalah 86 jt, jadi kalo menurut logika karimun estilo thn 07 yg model dan mesinnya udah baru gampang aja dijual di level 100 jt.
Jadi depresiasi karimun estilo selama 2 tahun AT LEAST: (124-100)/124 * 100% = 19.3%
Tapi for the sake of argument lagi, tarolah gak papa deh kita bandingin toyota innova yg harganya 2x lipat dengan proton savvy:
Faktor 3 - Seperti yg udah disinggung diatas, semestinya kalo kita mao pake patokan dari AB u/ harga jual proton savvy, mustinya kita secara legowo juga pake AB dong untuk menentukan harga jual Innova. Dalam hal ini saya engga tau lagi anda dapet darimana harga bekasnya innova G MT 07 seharga 160 jt. Memang AB belum punya harga bekas innova G MT untuk thn 07, tapi AB tulis bahwa harga bekas innova G MT thn 05 aja sebesar 160 jt, sedangkan u/ yg thn 04 seharga 153 jt, atau beda 7jt per tahun. Nah memakai logika ini, mungkin kita bisa menarik kesimpulan bahwa untuk Innova G MT thn 07 beda sekitar 14 juta dengan yg 05. Atau dihargai 174 jt u/ value Innova G MT 07.
Jadi depresiasi savvy AT 07 (spt yg udah dihitung diatas) adalah 29.2%
Sedangkan depresiasi Innova G MT thn 07 adalah: (225.8-174)/225.8 * 100% = 22.9%
Faktor 4 - Seperti yg saya udah bilang juga diatas, bahwa masalah resale value ini bukan hanya masalah angka2 diatas kertas, tapi mungkin lebih ke harga pasar yg sesungguhnya. Artinya "resale value" ini bukan hanya harga jual suatu mobil, tapi juga apakah mobil tsb laku dijual/cepat dijual dengan harga segitu.
Ada kemungkinan proton savvy 07 AT walaupun dijual seharga 80 jt, tapi tetep aja susah cari pembelinya....jadikan kita cape hati kalo pedagang mobkas pun nawar aja gak berani
Sedangkan si karimun estilo atau innova G MT, walaupun harganya lebih tinggi dari si Savvy, tapi demand pembelinya juga tinggi.
Nah balik ke Proton Exora, takutnya aja nih sih Exora nasibnya bisa sama kaya Trajet (padahal merek Hyundai lho yg jauh lebih tenar)......dulu saya inget pernah beli trajet di thn 02 aja harganya barunya lebih dari 200 jt........Nah sekarang 7 tahun kemudian, pada saat harga mobil2 lain udah menjulang tinggi, harga barunya trajet masih segitu2 aja (malah ada yg bilang harga barunya gak nyampe 200 jt sekarang), artinya mobilnya kurang laku dan liat aja harga bekasnya juga lebih rendah dari MPV jepang sekelas (bahkan lebih jelek daripada MPV yg lebih rendah kelasnya).
Nah kalo si TS nanya ke kita2 ttg hal ini (resale Value), saya cuma bilang aja bahwa pikir2 dulu, siap2 kalo beli Proton....lalu apakah "warning" ini salah? Kan kesian kalo kriteria dia yg utama adalah resale value tiba2 kejeblos di sono karena udah terlanjur beli.
Saya disini gak ngomong sama sekali ttg kualitas, spare part, maintenance, dll lho....cuma pure melihat dari sisi Resale Value aja, dan semua angka2 diatas juga diambil dari AB semua.