AD74YA wrote:Kantor mau beli BMW 5 series (kalo ga salah 528 or so.. lupa tapi kira2 gitu bentuknya) tahun 2000, km "baru 20k-an, mau beli di tahun 2007).. Baru di tes nyala, bunyi mesin agak kasar ketika di gas, pas liat di kolong mobil, oli nya tumpah kemana-mana.. ternyata packing silinder head nya udah rusak (getas), tapi ketika di cek lebih dalam, kata seorang staff yg tau mobil "Wah ini mobil sih bentar lagi turun mesin, lihat body nya aja udah geter ketika di gas, mesinnya udah kasar..":
Wah, itu pasti ada "history" dari pemilik sebelumnya yg bos AD74YA gak tau sebelum beli.
mungkin Km udah di roll back, karena biasanya agak meragukan mobil yg umur nya udah 7 tahun tapi km baru 20rb (walaupun bukan gak mungkin). Atau juga mungkin mobil bekas tabrak yg udah diketok lagi sehingga terlihat mulus, dll...dll...
Mustinya sih kalo memang dirawat secara normal, 20rb km itu masih belum apa2 buat BMW. Memang sih BMW gak sebandel kebanyakan mobil jepang, tapi juga gak segitu ringkih-nya sampe kayaknya jauh lebih parah reliabilitynya dari mobil2 produk China atau negara2 lain yg baru belajar bikin mobil
Bagusnya sebelum beli BMW, dibawa aja dulu ke beres suruh cek pre buyer inspection, jadi kalo ada masalah2 kaya gitu bisa jelas ketauan.
AD74YA wrote:Masih kantor lagi, kali ini sudah beli, 320i 1998, 50k, tahun 2005/2006 gitu.. pas sebulan di bawa, bantingan suspensi kok aneh, ternyata 3 dari 4 shock udah "jebol", setelah di replace dengan OEM, mesinnya bermasalah (terdengar bunyi2 kasar jelas dari mesin) setelah di cek di Jakarta (lupa nama bengkelnya apa, soalnya ini cerita dari orang kantor) ternyata harus turun mesin.. Gila!..":
Mungkin 323/318 kali ya soalnya 320i kayaknya udah gak keluar thn 98. BMW E36 memang penyakitnya kalo udah diatas 5 thn itu biasanya kaki2 sama fuel pumpnya (jarum bensin suka ngaco).
AD74YA wrote:Punya bokap 318i 1998, sekarang ga pernah di jalanin lagi setelah shock rusak, ac masalah, elektris (kaca dan speedometer) sempet error, transmisi harus di service, radiator udah ganti, dan akhir2 ini kalau di pake jadi boros banget.. udah habis sekitar 50 juta untuk perbaikan.. lebih parah dari opel blazer dulu yang setahun lagsung rusak satu persatu tapi ga nyampe 50 juta..
Dan cerita2 lain dari teman yang langsung jual X5 yang dia beli second gara2 transmisi nya masalah, mau service, mencapai 10 jutaan..
dan beberapa...
Tanya aja sama yang punya BMW di indonesia deh..

Ya kalo mobil udah diatas 1 dekade memang shocknya udah mulai lemah karena jalanan disini juga kurang mulus, mobil2 sedan jepang pun juga banyak yg harus ganti shock setelah lebih dari 10 tahun. Transmisi pun gitu...itu 318 kan manual semestinya paling cuma masalah di kopling karena trans manual biasanya lifetime, jarang yg rusak transmisinya/gearboxnya. Radiator pun sama aja kaya kebanyakan mobil jepang yg kalo udah berumur biasanya memang perlu diganti, walaupun memang kayaknya tetep lebih bandel mobil jepang kalo soal cooling system. Mungkin jeleknya BMW adalah biaya perbaikan dan spare parts aja yg sedikit lebih mahal dari rival jepangnya.
Sebenernya para pemilik BMW indonesia juga pasti punya 2 sisi cerita, ada yg bilang bmw parah/jelek banget, ada juga yg bilang engga. Yg pasti sih kalo mobilnya bagus dan dirawat, BMW juga bisa reliable.....walaupun gak sebandel jepang (baca: bandel maksud saya disini adalah kalo mobil jalan terus tanpa perawatan/minim perawatan, mending ambil jepang karena lebih kuat dikasarin

)