toyota dan honda juga paling jago nanjak beneran dibanding livina bro...
speedo livina kan juga selisih 10%. yg parah, minim tempat penyimpanan & cup holder; ga seperti di yaris or jazz.
tapi soal empuk, livina ini paling top, juga isolated dari suara & vibrasi2 permukaan jalan.
yaris seperti toyota umumnya, unggul di torsi putaran bawah bantu dorongan akselerasi kuat di stop-go traffic, tapi trade off nya agak lemot di tol / luar kota; cuma ya itu ride nya jadi ada gejala hentak kurang smooth.
Jazz seperti honda umumnya (kecuali idsi), unggul di power putaran atas makanya enak buat tol / luarkota traffic, ratio 5 speed lebih dinamis buat berbagai traffic. yg enak dari maticnya, minim hentakan dari N ke D maupun R.
bantingan lebih empuk yaris, tapi kasar vibrasi2 dari jalan yg very less isolated, tetep ga sehalus jazz biarpun suspensi nya lebih rigid.
begitu sesaat nyetir, yang paling kerasa pandangan ke segala arah terasa jauh lebih leluasa di jazz terutama ke depan. mata juga ga harus rubah2 fokus banyak antara ke jalan & ke speedometer seperti yaris dgn layout di tengah.
kalo u-turn or belok patah, bentuk kaca di pilar depan jazz baru ini bener2 kerasa membantu view jadi lowong ke arah kendaraan berlawanan.
rem yaris yang model tromol kurang pakem, mungkin model discbrake tipe S lebih baik.
kapasitas/daya angkut kabin jazz lebih mirip wagon daripada hatchback seperti yaris yang berbagasi super kecil.
tapi jazz mesti tebus dgn harga lebih mahal, jadi kembali ke budget.
