sori sori... saya ralat semua yg saya tulis.
setelah iseng pagi2 jalan kaki dan naik angkot di dago bandung, diterusin ke setiabudi pindah angkot dan ngopi di warung...
ngobrol2 sama supir2...
agak kaget ternyata, lebih banyak yg menggunakan t120ss ketimbang suzuki carry, why? simple... lebih murah! ow... ya? iya... mereka bilang harga baru carry lebih mahal dan spareparts hampir sama.
kalo soal keiritan, memang lebih irit carry sedikit... tapi karena pemilik angkutan melihat dari sisi harga baru, t120ss lah pemenangnya.
apa betul? well... ini belum saya cek lagi, mesti makan malem sama mbak2 sales suzuki or mitsu.
obrolan saya sama si dal buncit, angkutan elsape (L300) rit setiabudi-lembang, memang masih digunakan. but.... tapi... masih kalah dengan hi-ace jaman dulu. hi-ace lebih bertenaga di tanjakan, dan irit perawatan. Elsape kurang bandel di tangan sopir2 angkutan, berbeda dengan keadaan di travel yg katanya tahan banting.
so, kembali ke angkot.. saya baru nyadar kalo ternyata selama ini beberapa rute angkutan di bdg mengganti semua kendaraan nya ke t120ss, meski ditambah omelan supir karena oprekan mesin nya lebih mudah di suzuki.
asal tau saja, oprekan di mesin angkutan itu ajaib... saya juga ga tau persis seperti apa tapi yg jelas mereka mencari solusi bagaimana FC seiirit mungkin, kalo perlu tenaga ngempos pun ga masalah asal irit.. then, karena jalan dibandung itu seperti di italy, naek turun gunung... setiap rute angkot kendaraan nya berbeda setingan.
and so on...
tuh dal, kata gue juga... kayaknya bisnis angkot seru...
