diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Alphard, Carnival dan Serena itu bagi saya setipe : duduk di depan sempit, duduk di tengah geser2 kalau belok, duduk di belakang mual. Kalau nggak percaya, pernah lihat Alphard ngebut? Saya sih belum pernah. Mending Odyssey ke mana2. Disopiri enak, dibawa sendiri juga oke, basisnya accord gitu. Setahu saya pertamanya org kita gemar Alphard karena gengsinya, dulu jadi kendaraan "wajib"nya para petinggi polisi. Kayak moge, opas di lapangan ogah urusan ama yg ini.
============================
Dari posting di atas, ternyata banyak juga kawan yg golongan "pemakai" seperti saya. Pakai mobil sampai habis bahkan sampai saat masuk junkyard. IMHO, pada golongan ini depresiasi tidak jadi perhatian, harga jual kembali kuang penting dianding harga beli penggantinya.
Di lain sisi ada yang "peminjam", pakai mobil cuma sebentar untuk dijual kembali. Yg saya lihat "peminjam" tulen yg pakai mobil maksimum 3 tahun belum nongol nih. IMHO pada golongan ini wealth preservation penting karena kalau tidak nanti mobil barunya "turun pangkat" terus.
============================
Dari sisi pemilihan mobil pengganti, saya kemarin mikir : daripada saya pilih Mercy A class atau B class, setelah depresiasi 3 tahun, ternyata uang yang hilang ini lebih besar dari harga baru Subaru R2. Jadi daripada saya mikir wealth preservation pada Mercy, saya makai R2 sampai nol juga masih untung. Golongan ini saya cap : "mind over heart".
Ada juga yg "heart over mind", ada duit sedikit ganti mobil yang lebih baik. IMHO pada golongan ini lebih memperhatikan nilai depresiasi tiap2 mobil.
============================
Dari posting di atas, ternyata banyak juga kawan yg golongan "pemakai" seperti saya. Pakai mobil sampai habis bahkan sampai saat masuk junkyard. IMHO, pada golongan ini depresiasi tidak jadi perhatian, harga jual kembali kuang penting dianding harga beli penggantinya.
Di lain sisi ada yang "peminjam", pakai mobil cuma sebentar untuk dijual kembali. Yg saya lihat "peminjam" tulen yg pakai mobil maksimum 3 tahun belum nongol nih. IMHO pada golongan ini wealth preservation penting karena kalau tidak nanti mobil barunya "turun pangkat" terus.
============================
Dari sisi pemilihan mobil pengganti, saya kemarin mikir : daripada saya pilih Mercy A class atau B class, setelah depresiasi 3 tahun, ternyata uang yang hilang ini lebih besar dari harga baru Subaru R2. Jadi daripada saya mikir wealth preservation pada Mercy, saya makai R2 sampai nol juga masih untung. Golongan ini saya cap : "mind over heart".
Ada juga yg "heart over mind", ada duit sedikit ganti mobil yang lebih baik. IMHO pada golongan ini lebih memperhatikan nilai depresiasi tiap2 mobil.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Wiihiiiiii......aseeekkk.....jadi ntar kalo mau cobain alph bisa pinjem punya-nya om esh deh.....esh wrote:Kalau saya tidak setuju kalau Alphard masih lebih enak kijang super. Kebetulan mertua saya punya Alphard 2.4 ASG 2004, menurut saya itu mobil enak saja kok, justru saya bilang termasuk istimewa karena saat duduk di kursi baris paling belakang kepala saya nggak berasa pusing. Kalau elgrand sih belum pernah coba.

Jadi kapan nih om, mau ajak kita jalan2 pake alphard???

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Kalo naik elgrand jangan dibilang pusing bro, entar takutnya ada yg marah dan ente disambit spare part lagi hehehehe.....esh wrote:Kalau saya tidak setuju kalau Alphard masih lebih enak kijang super. Kebetulan mertua saya punya Alphard 2.4 ASG 2004, menurut saya itu mobil enak saja kok, justru saya bilang termasuk istimewa karena saat duduk di kursi baris paling belakang kepala saya nggak berasa pusing. Kalau elgrand sih belum pernah coba.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Hush, saya nggak bilang punya saya, punya mertua saya. Saya hanya pakai kalau sedang pergi bersama mertua. Kalau yang saya punya sendiri Grand Livina, nggak apa2 deh kalau tuker pakai sama elgrandmandala1 wrote:Wiihiiiiii......aseeekkk.....jadi ntar kalo mau cobain alph bisa pinjem punya-nya om esh deh.....esh wrote:Kalau saya tidak setuju kalau Alphard masih lebih enak kijang super. Kebetulan mertua saya punya Alphard 2.4 ASG 2004, menurut saya itu mobil enak saja kok, justru saya bilang termasuk istimewa karena saat duduk di kursi baris paling belakang kepala saya nggak berasa pusing. Kalau elgrand sih belum pernah coba.
Jadi kapan nih om, mau ajak kita jalan2 pake alphard???

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Justru itu yang saya tunggu2 om Risol, disambit sparepart lengkap dengan dus-nya, apalagi yang ukurannya kecil tapi harganya mahal, seperti ECU originalRisol1 wrote:Kalo naik elgrand jangan dibilang pusing bro, entar takutnya ada yg marah dan ente disambit spare part lagi hehehehe.....esh wrote:Kalau saya tidak setuju kalau Alphard masih lebih enak kijang super. Kebetulan mertua saya punya Alphard 2.4 ASG 2004, menurut saya itu mobil enak saja kok, justru saya bilang termasuk istimewa karena saat duduk di kursi baris paling belakang kepala saya nggak berasa pusing. Kalau elgrand sih belum pernah coba.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
^^ oooh.... mau ditimpuk spare part yah???
Boleh...boleh.... Udah pernah ngerasain kelilipan stang seher belom???

Boleh...boleh.... Udah pernah ngerasain kelilipan stang seher belom???


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
kurang tahu juga apakah karena alphard yang saya naiki bermasalah.. tapi emang waktu itu cuman jarak pendek sih. dari blok m ke scbd..FortunerMan wrote:Yg di cobain udah rusak and ancur kali bro...masa dibilang kaya Kijang super![]()
Alphard mah empuk habis, emang MPV ya mestinya begitu....empuk abis. Di bawa lari 150 ya limbung pastinya. Yg G emang belon kulit, tp tetep aja enak. Bisa skot jam di dalemnye gede bener...
Saya cuman sempet naik sewaan doang waktu kawinan...enak2 aja tuh dan hening interiornya, tp emang rasanya kurang kokoh mobilnya (bandingin mobil eke sih)
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
maaf om esh, ini cuman perasaan saya dan teman saya saja. bisa jadi tidak sama dengan yang lain.esh wrote:Kalau saya tidak setuju kalau Alphard masih lebih enak kijang super. Kebetulan mertua saya punya Alphard 2.4 ASG 2004, menurut saya itu mobil enak saja kok, justru saya bilang termasuk istimewa karena saat duduk di kursi baris paling belakang kepala saya nggak berasa pusing. Kalau elgrand sih belum pernah coba.

waktu itu saya duduk di tengah sih.. bener2 "surprise" waktu naiknya..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
belum pernah sih Om.. tapi kalo ketimpuk gardan, rasanya lumayan juga tuh.. yang nimpuk kuat gak ngangkat gardan?mandala1 wrote:^^ oooh.... mau ditimpuk spare part yah???
Boleh...boleh.... Udah pernah ngerasain kelilipan stang seher belom???
![]()


Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Yodah....kalo gitu ntar pinjem sama mertua dulu, trus baru nyamper kita2 satu2 trus baru kita keliling2 deh sampe bandung...esh wrote: Hush, saya nggak bilang punya saya, punya mertua saya. Saya hanya pakai kalau sedang pergi bersama mertua. Kalau yang saya punya sendiri Grand Livina, nggak apa2 deh kalau tuker pakai sama elgrand

Kalo sampe ga dikasih mah kebangetan deh...anaknya ajah dikasih, masa mobilnya ngga.....



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
iya nih.. saya ikut deh.. pengen mastiin apa yang saya alami dulu dengan alphard...mandala1 wrote:Yodah....kalo gitu ntar pinjem sama mertua dulu, trus baru nyamper kita2 satu2 trus baru kita keliling2 deh sampe bandung...esh wrote: Hush, saya nggak bilang punya saya, punya mertua saya. Saya hanya pakai kalau sedang pergi bersama mertua. Kalau yang saya punya sendiri Grand Livina, nggak apa2 deh kalau tuker pakai sama elgrand
Kalo sampe ga dikasih mah kebangetan deh...anaknya ajah dikasih, masa mobilnya ngga.....![]()
![]()
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
hmm,, klo saya...
mobil yg satu bisa lama bgt pakainya, mungkin bisa sampai 10 tahun,, yg pasti udah turun bgt nilanya jika dijual, nah yg satu lg sekitar 3-4 tahun baru diganti,, nah yg satunya lg,, sekitar 2-3 tahun bru diganti,,, klo perhitungan saya, 2 mobil terakhir ga rugi2 amad klo dijual kembali, karena mereknya cukup liquid menurut saya,,, nah, mobil yg ampe 10 tahun ini ga tau deh crtitanya,,,
mobil yg satu bisa lama bgt pakainya, mungkin bisa sampai 10 tahun,, yg pasti udah turun bgt nilanya jika dijual, nah yg satu lg sekitar 3-4 tahun baru diganti,, nah yg satunya lg,, sekitar 2-3 tahun bru diganti,,, klo perhitungan saya, 2 mobil terakhir ga rugi2 amad klo dijual kembali, karena mereknya cukup liquid menurut saya,,, nah, mobil yg ampe 10 tahun ini ga tau deh crtitanya,,,

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Nggak masalah om maskopat, setiap orang punya pendapat masing2. Seperti tentang odyssey, dulunya saya melihat mobil ini istimewa, tetapi setelah pakai absolute 2005 baru tahu kendala di ground clearance yang terlalu rendah sehingga pakainya nggak nyaman. Terutama kalau parkir di tempat yang ada penghalang rodanya, kalau masuknya muka dulu pasti kena deh. Walaupun ini mobil memang mantap kalau dibuat ngebut di jalan tol, 200 hp gitu lho.maskopat wrote:maaf om esh, ini cuman perasaan saya dan teman saya saja. bisa jadi tidak sama dengan yang lain.esh wrote:Kalau saya tidak setuju kalau Alphard masih lebih enak kijang super. Kebetulan mertua saya punya Alphard 2.4 ASG 2004, menurut saya itu mobil enak saja kok, justru saya bilang termasuk istimewa karena saat duduk di kursi baris paling belakang kepala saya nggak berasa pusing. Kalau elgrand sih belum pernah coba.![]()
waktu itu saya duduk di tengah sih.. bener2 "surprise" waktu naiknya..

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
kalo GC terlalu rendah, udah coba besarin ban? jadi kalo aslinya pake rasio 60, coba naikkan jadi rasio 65. tapi jangan digeber sampe maksimal ya.. karena sudah melanggar spek sedikit..esh wrote: Nggak masalah om maskopat, setiap orang punya pendapat masing2. Seperti tentang odyssey, dulunya saya melihat mobil ini istimewa, tetapi setelah pakai absolute 2005 baru tahu kendala di ground clearance yang terlalu rendah sehingga pakainya nggak nyaman. Terutama kalau parkir di tempat yang ada penghalang rodanya, kalau masuknya muka dulu pasti kena deh. Walaupun ini mobil memang mantap kalau dibuat ngebut di jalan tol, 200 hp gitu lho.

kakak saya ngakalinnya gitu di swift dia. lumayan jadi lebih tinggi dan gak gampang nyangkut.
ATPM suka lupa masalah ini kalo masukin mobil di indo. lupa kalo jalan on road suka ada sumur dan tanggul..

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Gimana kalo yg udah 10 th diamalin ajah ke saya.... Secara dengan senang hati pasti saya menerimanya,,nescafe wrote:hmm,, klo saya...
mobil yg satu bisa lama bgt pakainya, mungkin bisa sampai 10 tahun,, yg pasti udah turun bgt nilanya jika dijual, nah yg satu lg sekitar 3-4 tahun baru diganti,, nah yg satunya lg,, sekitar 2-3 tahun bru diganti,,, klo perhitungan saya, 2 mobil terakhir ga rugi2 amad klo dijual kembali, karena mereknya cukup liquid menurut saya,,, nah, mobil yg ampe 10 tahun ini ga tau deh crtitanya,,,

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Setuju....ody emang mantep buat ngebut,, tapi yah itu masalahnya buat kondisi jalan disini rasanya terlalu rendah apalagi kalo diisi full 7 orang, hmm... coba deh bawa kenceng di tol jkt-merak (masih enakan inova) he...he....esh wrote: Nggak masalah om maskopat, setiap orang punya pendapat masing2. Seperti tentang odyssey, dulunya saya melihat mobil ini istimewa, tetapi setelah pakai absolute 2005 baru tahu kendala di ground clearance yang terlalu rendah sehingga pakainya nggak nyaman. Terutama kalau parkir di tempat yang ada penghalang rodanya, kalau masuknya muka dulu pasti kena deh. Walaupun ini mobil memang mantap kalau dibuat ngebut di jalan tol, 200 hp gitu lho.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
dan mulailah OOTers..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
pendapat gw tentang alphard sih cuma 3 kata : "NOT MY TYPE"maskopat wrote:kurang tahu juga apakah karena alphard yang saya naiki bermasalah.. tapi emang waktu itu cuman jarak pendek sih. dari blok m ke scbd..FortunerMan wrote:Yg di cobain udah rusak and ancur kali bro...masa dibilang kaya Kijang super![]()
Alphard mah empuk habis, emang MPV ya mestinya begitu....empuk abis. Di bawa lari 150 ya limbung pastinya. Yg G emang belon kulit, tp tetep aja enak. Bisa skot jam di dalemnye gede bener...
Saya cuman sempet naik sewaan doang waktu kawinan...enak2 aja tuh dan hening interiornya, tp emang rasanya kurang kokoh mobilnya (bandingin mobil eke sih)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
pendapat saya tentang Alphard juga sama 3 kata "TIDAK MAMPU BELI"
....................
etapi saya tidak setuju sama yang bilang alphard gak nyaman. Jelas beda jauhlah sama kijang.
....................

etapi saya tidak setuju sama yang bilang alphard gak nyaman. Jelas beda jauhlah sama kijang.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
waduh.. maaf om arto... tapi emang waktu itu rasanya emang gak asik banget di dalem alphard.. makanya ambil kesimpulan itu...artoodetoo wrote:pendapat saya tentang Alphard juga sama 3 kata "TIDAK MAMPU BELI"
....................![]()
etapi saya tidak setuju sama yang bilang alphard gak nyaman. Jelas beda jauhlah sama kijang.
makanya, saya lagi nunggu tawaran om esh nyobain alhpard-"nya".. siapa tahu yang versi om esh lebih nyaman..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
om2 dan tante, kita balik ke topik lagi yuk.. gak usah ngomongin alphard yang gak nyaman lagi
kembali ke topik utama.
kalo pendapat saya sih, kalo perawatan mobil dan sparepartnya masih mudah dan emang masih mau dipelihara mobilnya, direstorasi dan diperbaiki aja.
tapi kalo emang udah susah ngerawatnya, perlu biaya yang besar dan sudah sebel dengan mobil itu, serta kebetulan ada dana, boleh lah dianggarkan dengan mobil baru atau bekas 2-3thn.
tapi kalo yang saya lihat nih, mobil baru itu lebih rewel daripada mobil lama. pake ECU lah, pake pengatur klep lah, tune-up harus di beres lah, gak bisa ganti aki seenaknya lah, gak bisa ganti air radiator sendiri...
tapi kalo mobil lama, berhubung saya pake lancer sl dan pernah punya kijang super, enak banget ngerawatnya. banyak bengkel yang bisa kalo sekedar perbaikan ringan. overhaul juga gak terlalu besar biayanya. dan yang saya rasa, awet banget tuh mobil.
belum lagi kenyaman kursinya.
juga, tenaga mobil lama lebih kalem. bejek gas, gak langsung nyentak. jadi jalannya seperti mengalir santai...
bantingan lebih lembut mobil lama. konon karena mobil lama dirancang untuk jalan di zamannya yang 80% soft off road..
jadi kesimpulannya: terserah masing2 mau ganti apa gak..
kalo saya, gak terlalu mikirin depresiasi. karena make mobil sampe bosen. ntu lancer sl aja masih dipelihara..

kembali ke topik utama.
kalo pendapat saya sih, kalo perawatan mobil dan sparepartnya masih mudah dan emang masih mau dipelihara mobilnya, direstorasi dan diperbaiki aja.
tapi kalo emang udah susah ngerawatnya, perlu biaya yang besar dan sudah sebel dengan mobil itu, serta kebetulan ada dana, boleh lah dianggarkan dengan mobil baru atau bekas 2-3thn.
tapi kalo yang saya lihat nih, mobil baru itu lebih rewel daripada mobil lama. pake ECU lah, pake pengatur klep lah, tune-up harus di beres lah, gak bisa ganti aki seenaknya lah, gak bisa ganti air radiator sendiri...
tapi kalo mobil lama, berhubung saya pake lancer sl dan pernah punya kijang super, enak banget ngerawatnya. banyak bengkel yang bisa kalo sekedar perbaikan ringan. overhaul juga gak terlalu besar biayanya. dan yang saya rasa, awet banget tuh mobil.
belum lagi kenyaman kursinya.
juga, tenaga mobil lama lebih kalem. bejek gas, gak langsung nyentak. jadi jalannya seperti mengalir santai...

bantingan lebih lembut mobil lama. konon karena mobil lama dirancang untuk jalan di zamannya yang 80% soft off road..
jadi kesimpulannya: terserah masing2 mau ganti apa gak..
kalo saya, gak terlalu mikirin depresiasi. karena make mobil sampe bosen. ntu lancer sl aja masih dipelihara..

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
umm,, saya setubuh dgn pak maskopat.. yta krena mobil untuk saya, dibeli untuk dinikmat, bukan buat dijual lg,,maskopat wrote:kalo saya, gak terlalu mikirin depresiasi. karena make mobil sampe bosen. ntu lancer sl aja masih dipelihara..

yp emang sih, kadang2 nyesek juga rasanya,, but just get over it,,,
Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Menurut saya, keinginan buat bisa ganti2 mobil baru itu penting, bisa memotifasi diri saya sendiri supaya lebih giat lagi bekerja demi mencapai hasrat terhadap mobil baru yg di dambakan....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: diskusi pergantian mobil....depresiasi dan untung rugi.
Thanks atas sarannya, sayang sekali mobilnya mau dijual dalam waktu dekat.maskopat wrote:kalo GC terlalu rendah, udah coba besarin ban? jadi kalo aslinya pake rasio 60, coba naikkan jadi rasio 65. tapi jangan digeber sampe maksimal ya.. karena sudah melanggar spek sedikit..esh wrote: Nggak masalah om maskopat, setiap orang punya pendapat masing2. Seperti tentang odyssey, dulunya saya melihat mobil ini istimewa, tetapi setelah pakai absolute 2005 baru tahu kendala di ground clearance yang terlalu rendah sehingga pakainya nggak nyaman. Terutama kalau parkir di tempat yang ada penghalang rodanya, kalau masuknya muka dulu pasti kena deh. Walaupun ini mobil memang mantap kalau dibuat ngebut di jalan tol, 200 hp gitu lho.![]()
kakak saya ngakalinnya gitu di swift dia. lumayan jadi lebih tinggi dan gak gampang nyangkut.
ATPM suka lupa masalah ini kalo masukin mobil di indo. lupa kalo jalan on road suka ada sumur dan tanggul..
