Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Icidan16
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Oct 24, 2023 1:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Icidan16 »

marmut wrote: Fri Apr 04, 2025 10:26
mobilkutu wrote: Tue Mar 25, 2025 1:09

Ohya ini sy cek carter oli nya basah

Ini apa hrs beli baut pengganti nya dulu ya sebelum ganti oli. Tkt sudah ganti tar malah netes. Skrg si gak netes. Cuman pas ngolong kok basah. Cek lantai selama seminggu ini si kering gak ada netes.




20250404_172218.jpg
20250404_172233.jpg

Oom, skrg udh pindah yah bengkel nya? Di gmaps udh permanently closed
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

t105erd wrote: Sat Apr 12, 2025 5:54
juveeeeee wrote: Sat Apr 12, 2025 2:51
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 13:50

Penggantian oli tiap berapa km om? beli dari baru atau seken mobilnya? ini kalo menurut saya yg sok tau sih antara sering kelamaan ganti oli atau kena oli palsu. Kadang kalo ngikutin toyota pas servis gratis itu pakai TMO 10W40 dan interval 10rb, kalo selepas itu pemilik banyak yg ngikutin yaa jelas banyak yaris/vios di luar sana yg kondisinya kaya gini. Padahal idealnya kalo maksain pakai 10rb km yaa minimal full sintetis 5W30 yg bagusan bukan kelas shell/fastron eco.

Saya juga pernah pakai 10W40 TMO dan Fastron dan saya ganti ga sampai 5rb km, selanjutnya pakai yg full sintetis 5W30 seringnya pakai yg ada cap dexos1 gen2, sekarang lg pakai valvoline ganti ga lebih dari 7500km.

Coba kalo penasaran buka cover valve nya dulu om, karena yg terlihat langsung itu bagian cover valve nya, untuk liat dalamnya bisa agak ngelirik ke sebelah kiri atau ke arah sprocket nya, nanti keliatan tuh camshaft nya, apakah udah gosong juga atau gimana. Kalo mau tuntas yaa di bongkar dan di bersihkan oil pan, oil pump, strainer, sampai bagian valve train nya dari atas. Kalo mau sabar yah coba pakai oli yg punya cap ACEA A5/B5, kaya PTT pakai sampai 5000km aja maksimal.


Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
idem mbah, saya dulu juga gitu. karena sempat dimasukin oli 10w40 tmo terus telat ganti jadi ada keraknya gitu. tapi udah ganti 2 kali oli dengan interval 4000km, keraknya jadi hilang tinggal sisa varnish tipis. mudah2an dengan 2 atau 3 kali ganti oli bisa sebersih mesinnya mbah t105erd :mky_04: :mky_04:
iya yg penting 1NZ itu oli jangan pelit pake yg kelewat murah, saya juga sebenernya agak "pelit" buat beli oli, saya ga pernah beli oli yg harganya diatas 120rb/l, kebanyakan dibawah 100rb/L, pinter2 aja pilih oli di harga segitu banyak kok, kaya yg pernah saya pakai GMTech/Acdelco, Enoc, Valvoline (pas promo) semua katanya ada cap dexos1 gen2, interval 8 bulan/7500km. Kalo mau bersih bisa pakai oli yg ada cap dexos nya atau acea a5/b5, katanya sih detergent nya mumpuni diatas oli yg sertifikasinya generik kaya api sn
ato 3000-3500km ganti hoho :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Fri Apr 11, 2025 16:48

Gak banyak mobil yg punya sensor suhu oli mesin.

Paling hny bbrp,
Contohnya typeR punya mbah vanosz :upss:

Yg pasti lbh panas dr coolant temp.
At least diperhatikan coolant temp max di 100C.
bentar2

suhu oli mesin UMUM nya di atas suhu coolant ??

ga salah mbah ??

itu oli si merek mikrolet kali , makanya nguap gila2an


*colek mbah yg ngaku2 2KDnya pelan :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sh00t »

Halo...

Silahkan dilanjutkan disini yah...

Part 21: viewtopic.php?t=34247

Terima kasih.