ngerinya klo pas jalan, kena mental batu atau kerikil, rusak dah,
yg ada bisa patah atau ribet ngelepasnya

klo baut oli kan lbh kuat dan kokoh udh design pabrik yg dirancang insinyur mesin

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
kayaknya cocok2an sama mesin nya, saya pakai oli ptt eco 0w20 api sp malah lebih halus mesin nya daripada waktu pakai cap kerang 5w40 sn plus.triport13 wrote: Mon May 24, 2021 7:27 Abis baca baca ke page2 awal infonya schaeffer supreme 9000 bikin alus suara 2kd ya dan bisa dipake di gasoline engine karna ada spek API SL.
Apakah kalo dipake bensin akan bikin halus juga? Kebetulan flat tapped cocok sama API SL, bisa sampe berapa km/bulan? Krn baca baca ini oli kelas keraton juga, dan harganya cukup menarik di tokoijo
Kalo saya sih ga peduli om...yg penting sesuai dengan kriteria sy maka apapun format mesinnya ok ajaOmnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....
biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli
apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic
kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.
setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget.![]()
Klo saya malah liat hp/ torsi d RPM brp dan kompresi mesinOmnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....
biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli
apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic
kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.
setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget.![]()
Saya melihara 3SZ & L15A dari 2009&2010, tau flat tapped, roller rocker baru taun 2015an. Tau flat tapped harus pake API apa, roller rocker pake API apa baru 2016an. Kalo ga jd silent reader grup ini ya ga bakal paham. Dan setelah tau kayaknya lebih milih roller rocker ya krn kesesuaian spek olinya lebih bervariable? cmiiwOmnibus wrote:jadi ngebayangin .....
biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli
apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic
kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.
setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget.
Kalo saya lg ngerasa dari AMS 0w-30 ke AMS 0W-20 mesjn jd lebih kasar, jd mikir apa emg udh tuir aja mesin jd butuh yg kentel kentel [emoji28], lgsng kepikiran pas baca schaefer bikin mesin alusrednhers wrote:kayaknya cocok2an sama mesin nya, saya pakai oli ptt eco 0w20 api sp malah lebih halus mesin nya daripada waktu pakai cap kerang 5w40 sn plus.triport13 wrote: Mon May 24, 2021 7:27 Abis baca baca ke page2 awal infonya schaeffer supreme 9000 bikin alus suara 2kd ya dan bisa dipake di gasoline engine karna ada spek API SL.
Apakah kalo dipake bensin akan bikin halus juga? Kebetulan flat tapped cocok sama API SL, bisa sampe berapa km/bulan? Krn baca baca ini oli kelas keraton juga, dan harganya cukup menarik di tokoijo
flat tapped, hla mesin hyundai G4EK
klo saya prefer roller rocker, karena significantly less wear (sekitaran cam)Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....
biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli
apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic
kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.
setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget.![]()
Kl begono gak bs 3S dong ky om kompre, sdh suka... ehh hrs cek dulu roller rocker or flat tappet... CVT or Geard AT... jd kaga beli2 ntar hahahah [emoji16]Suryaputra wrote:klo saya prefer roller rocker, karena significantly less wear (sekitaran cam)Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....
biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli
apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic
kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.
setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget.![]()
jd sebelum beli dah riset duluan dan tanya2 SA
wkwkwkwkwk.
I think, case oblak roller rocker resikonya lbh kecil dibanding aus nya flat tappet lah ya
nah samatriport13 wrote: Mon May 24, 2021 12:29Saya melihara 3SZ & L15A dari 2009&2010, tau flat tapped, roller rocker baru taun 2015an. Tau flat tapped harus pake API apa, roller rocker pake API apa baru 2016an. Kalo ga jd silent reader grup ini ya ga bakal paham. Dan setelah tau kayaknya lebih milih roller rocker ya krn kesesuaian spek olinya lebih bervariable? cmiiwOmnibus wrote:jadi ngebayangin .....
biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli
apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic
kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.
setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget.
om kompre mah bukan kaleng2,benzz89 wrote: Mon May 24, 2021 13:16Kl begono gak bs 3S dong ky om kompre, sdh suka... ehh hrs cek dulu roller rocker or flat tappet... CVT or Geard AT... jd kaga beli2 ntar hahahah [emoji16]Suryaputra wrote:klo saya prefer roller rocker, karena significantly less wear (sekitaran cam)Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....
biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli
apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic
kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.
setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget.![]()
jd sebelum beli dah riset duluan dan tanya2 SA
wkwkwkwkwk.
I think, case oblak roller rocker resikonya lbh kecil dibanding aus nya flat tappet lah ya
Suka, Sikat, Senang... urusan yg lain belakangan, sing penting dompet tetap tebal susah kelipet, meski dompet ane makin hr makin tipis aje krn semuanya sdh hampir cashless tinggal tap2, scanner2 QR or gesekan2 kartu aja [emoji1787]
Lebih bagus beli oli khusus bensin.triport13 wrote: Mon May 24, 2021 7:27 Abis baca baca ke page2 awal infonya schaeffer supreme 9000 bikin alus suara 2kd ya dan bisa dipake di gasoline engine karna ada spek API SL.
Apakah kalo dipake bensin akan bikin halus juga? Kebetulan flat tapped cocok sama API SL, bisa sampe berapa km/bulan? Krn baca baca ini oli kelas keraton juga, dan harganya cukup menarik di tokoijo
Ibarat di dunia persilatan:Suryaputra wrote: om kompre mah bukan kaleng2,
tinggal pilih mobil di garasi wkwkwkwkw.
rusak -> jual / dihibahkan -> beli baru**
CVT rusak?
ganti segelondong, hidup gak usah dibikin pusing
**bukan ganti yah, tapi beli/nambah baruu
Suryaputra wrote: Mon May 24, 2021 12:59
klo saya prefer roller rocker, karena significantly less wear (sekitaran cam)
jd sebelum beli dah riset duluan dan tanya2 SA
wkwkwkwkwk.
I think, case oblak roller rocker resikonya lbh kecil dibanding aus nya flat tappet
ane mah bukan pendekar om ..... pendekar apaan cemong olibenzz89 wrote: Mon May 24, 2021 13:56Ibarat di dunia persilatan:Suryaputra wrote: om kompre mah bukan kaleng2,
tinggal pilih mobil di garasi wkwkwkwkw.
rusak -> jual / dihibahkan -> beli baru**
CVT rusak?
ganti segelondong, hidup gak usah dibikin pusing
**bukan ganti yah, tapi beli/nambah baruu
Mbah suhu plof Omnibus itu si racun dr Barat (Auw Yang Hong)... segala sesuatu yg (sebelum) rusak hrs bisa di maintenance & diperbaiki semaksimal mungkin dgn cara yg plng benar & part yg super asli, no compromise at any cost.
Om Kompre itu si sesat dr Timur (Oey Yok su)... segala sesuatu itu kalau rusak yah langsung aja diganti, seglondongan kl perlu, bahkan kl rusak terus2an di martil aja & hibahkan mobilnya ke orang lain, tinggal beli lg yg baru... gak usah pusing.
Makanya dulu pernah ada "duel seru" 2 pendekar beda aliran ini di SM hahahaha [emoji1787]... sorry jd oot.
Tambahin mbah PR nya biar tambah mumet :Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....
biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli
apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic
kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.
setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget.![]()
wwkwkwkwkw.benzz89 wrote: Mon May 24, 2021 13:56Ibarat di dunia persilatan:Suryaputra wrote: om kompre mah bukan kaleng2,
tinggal pilih mobil di garasi wkwkwkwkw.
rusak -> jual / dihibahkan -> beli baru**
CVT rusak?
ganti segelondong, hidup gak usah dibikin pusing
**bukan ganti yah, tapi beli/nambah baruu
Mbah suhu plof Omnibus itu si racun dr Barat (Auw Yang Hong)... segala sesuatu yg (sebelum) rusak hrs bisa di maintenance & diperbaiki semaksimal mungkin dgn cara yg plng benar & part yg super asli, no compromise at any cost.
Om Kompre itu si sesat dr Timur (Oey Yok su)... segala sesuatu itu kalau rusak yah langsung aja diganti, seglondongan kl perlu, bahkan kl rusak terus2an di martil aja & hibahkan mobilnya ke orang lain, tinggal beli lg yg baru... gak usah pusing.
Makanya dulu pernah ada "duel seru" 2 pendekar beda aliran ini di SM hahahaha [emoji1787]... sorry jd oot.
wuih masih dalam range normalmarmut wrote: Mon May 24, 2021 14:19Suryaputra wrote: Mon May 24, 2021 12:59
klo saya prefer roller rocker, karena significantly less wear (sekitaran cam)
jd sebelum beli dah riset duluan dan tanya2 SA
wkwkwkwkwk.
I think, case oblak roller rocker resikonya lbh kecil dibanding aus nya flat tappet
ini saya pajang lagi hasil pemeriksaan celah klep 2KD kepunyaan om mersides benzz89 yang dilakukan sekitar september 2020,
IMG20210524210701.jpg
angka didekat tulisan out dan in adalah angka panduan celah klep dari manual book. dan angka yang ada di dalam kotak adalah angka aktual celah klep.
untuk odometer dan tahun pembuatan, sila ybs om mersides benzz89 memberi keterangan.
buat saya pribadi, mau rocker arm pake roller atau tidak, pake rocker arm atau tidak, itu semua nggak penting.
![]()
tau mesin flat tappet mah ane ga jadi ambil sijuki mbah wkwkwkwkwkOmnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40 jadi ngebayangin .....
biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli
apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic
kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.
setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget.![]()
kl ane nerka2 sih tp salah.rendr wrote: Mon May 24, 2021 15:49tau mesin flat tappet mah ane ga jadi ambil sijuki mbah wkwkwkwkwk
kalo kyk gitu kita jadi tersudutkan ke pilihan2 mobil yg boring...
tapi kalo ane yg liat mana yg paling bisa di kompromikan... itu yg ane pilih...
jujur memang kadang baru tau pas udh beli hahahaha
lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.DOHC wrote: Mon May 24, 2021 16:33 Soal jenis klep dan noken
Ga usa jd bahan momok
Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
yg ptg narik mangg.. suara mesin jahit no sekianDOHC wrote: Mon May 24, 2021 16:33 Soal jenis klep dan noken
Ga usa jd bahan momok
Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
yah intinya klo flat tappet ini, harus lbh cermat milih oli.Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 17:06lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.DOHC wrote: Mon May 24, 2021 16:33 Soal jenis klep dan noken
Ga usa jd bahan momok
Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
dan mrk udah turun head brp kali juga kan ga ngasih kabar orang2.
Justru mobil2 jaman now makin banyak yg flat tappet mbah, apalagi bikinan si daihatsu pelit ( akur ama mbah 69, ini merek pelit)Suryaputra wrote: Tue May 25, 2021 0:58yah intinya klo flat tappet ini, harus lbh cermat milih oli.Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 17:06lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.DOHC wrote: Mon May 24, 2021 16:33 Soal jenis klep dan noken
Ga usa jd bahan momok
Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
dan mrk udah turun head brp kali juga kan ga ngasih kabar orang2.
bukan nerd lendir jg, tp krn mobil pk sendiri, apalagi mbl satu2nya
better pk oli dgn aditif zinc dan anti wear lain nya mumpuni.
gw sih gak anti jg sm flat tappet, cmn kebetulan emg mbl jaman now rata2 udh roller cam.. dr mbl hondut dan mazda 1.5L sampai AMG Mercedes aja dah pk roller camshaft..
jd berasa kekinian gtu dan feels more confidence geber di hi rpm![]()
Turun head ??wuoohhh big no no bambank...Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 17:06lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.DOHC wrote: Mon May 24, 2021 16:33 Soal jenis klep dan noken
Ga usa jd bahan momok
Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
dan mrk udah turun head brp kali juga kan ga ngasih kabar orang2.