iyah, mobil murah dan mahal itu relatif, tergantung nanya ke siapaVanzMatic wrote: ↑Sun Dec 20, 2020 0:46Betul. Ini bukan masalah mobil murah atau mahal. Apanjah saya masuk kategori kaleng rombeng, tapi oli tetep pake Kendall GT1. Sekali ini pake topwan paket imbalan iklan topwan, weleh, buat nyalip aja kerasa beraat..Suryaputra wrote:nahhh..
klo dah nyoba oli merk non-mainstream di luar bengkel resmi,
udh pasti gakmau balik lg pakai oli merk bengkel resmi
bisa dimulai dr merk spt PTT atau Aisin aja dulu,
setelah itu penasaran nyobain spt amsoil, Q8, mobil 1, dkk deh
Kuda diesel pake Kendall D-XA, maknyuss tenan. Bumi langit ama Fastron Diesel, apalagi GTX, babak belur pake GTX mah..
Semua itu terbukti bersama dengan waktu. Apanjah 2010 dan Kuda Diesel 2002 kondisi mesin masih aluss, garing suaranya, itu ga bisa boong bagaimana kita sebagai user bener bener ngerawatnya.
Harga dan kualitas emang juga susah boong.. Selama itu original. Dan saya ya jadi males aja balik ke OEM Oil nya..
tapi... yg pasti R&D nya kan sama sekali gak murah, dan mereka jg punya alasan based on data, knp nyantumin oli visco sekian yg harus dipakai.
hal ini lah yg banyak orang belum paham, pentingnya ngikutin visco oli sesuai rekomen manual book.
ada lagi banyak case, ketika udh pk oli encer, bilangnya suara mesin berisik, ya jelas berisik krn yg dipakai oli kelas super low-end dan dilabel merk genuine bengkel resmi