Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kl di Nissan itu diganti Gasketnya.
Kena biaya 17 rb u partsnya aja.
Kl drain plugnya ngga diganti selama ulirnya msh bagus dan ngga sompal.
Lain cerita kl sompal jd perlu diganti sekalian drain plugnya.
ah i see...
kalo sijuki gasket ama drainplug jadi satu deh keknya... kurleb sama sih belasan ribu juga
saya ganti mbah, tp prnh juga ga ganti smpe 3x OCI.
ini M15A ane udh 2x OCI dr pake TQ9000 smpe PTT 0w30 blm ganti gasketnya krn wkt itu nyari di toko2 pada ga ada. blm rembes sih. tp baik nya emg ganti, di beres juga cuma 11rb an.
btw ini PTT 0w30 SN udh 10 bulan/7.5rb KM masih enak.
ato ane yg ga peka. bejeg tol RPM 5rb masih halus jg
penguapan jg ga sampai seperempat dr dipstik.
iyaaa di beres murah, makanya paling enak bawa oli sendiri ganti di beres hahahaha
wah PTT 0w30 SN emg perfect buat M15A om.... SN+ udh agak ngentel dikit cuman msh acceptable.. SN biasa itu paling enak... V100 di 10,3 apa 10,4 kalo ga salah, kombinasi V40 yg enteng buat cold start , dan V100 nya yg pas ga terlalu kentel dan ga terlalu encer buat M15A yg msh flat tappet.. zinc nya juga di 800-900an + PAO nya jg pas 10% ajah...
makanya kecewa berat pas update SP jadi gitu... padahal PTT 0w30 udh top pick ane buat M15A tadinya ga pusing2 nyari oli lagi...
kalo msh ada yg nyetok 0w30 SN sih next OCI mau tak angkut...
yah msh ada Ams OE 5w30 bisa coba.
cold start di suhu indo mirip2 lah.
kecuali sub zero yaa.
masih kentel ini mbah V40 nya.. di 64 sekian.. PTT 0w30 SN itu 54 sekian cSt... udh pas kalo cold start adem...
yg satu orikintil yg satunya lagi KW om ..... ya kl ane bukan penggemar barang kw. meskipun bisa aja itu dipake kl ukurannya sama, cuma bahannya beda.
gasketnya ga tau itu pasangannya atau bukan. krn inside dan ouside diameter hrs sama dgn yg original. M14 itu inside diameter si gasket (hrs matching dgn diameter ulir baut) tapi outside diameternya gmn.
ikutin cara mbah dohc aja, bawa gasket ori ke toko trus nyocokin ukuran.
Jangan beli yang 12 ribu mbah..
Liat sekilas drat nya aja kasar gitu..
Ngeri malah rusak ke alur drat di oil pan nya..
Kalo gasketnya saya pake yang tembaga itu di oil pan lipindut udah 4 bulan sofar sogud ga ada rembes
terima kasih masukannya mbah2 suhu semua. tadinya mau beli online, tp ga jadi deh. beli ori aja kl gitu nanti kapan2 pas ke kota tak mampir ke nasmoco ajah heheh.
yg satu orikintil yg satunya lagi KW om ..... ya kl ane bukan penggemar barang kw. meskipun bisa aja itu dipake kl ukurannya sama, cuma bahannya beda.
gasketnya ga tau itu pasangannya atau bukan. krn inside dan ouside diameter hrs sama dgn yg original. M14 itu inside diameter si gasket (hrs matching dgn diameter ulir baut) tapi outside diameternya gmn.
ikutin cara mbah dohc aja, bawa gasket ori ke toko trus nyocokin ukuran.
Jangan beli yang 12 ribu mbah..
Liat sekilas drat nya aja kasar gitu..
Ngeri malah rusak ke alur drat di oil pan nya..
Kalo gasketnya saya pake yang tembaga itu di oil pan lipindut udah 4 bulan sofar sogud ga ada rembes
terima kasih masukannya mbah2 suhu semua. tadinya mau beli online, tp ga jadi deh. beli ori aja kl gitu nanti kapan2 pas ke kota tak mampir ke nasmoco ajah heheh.
kalo sijuki gasket ama drainplug jadi satu deh keknya... kurleb sama sih belasan ribu juga
iyaaa di beres murah, makanya paling enak bawa oli sendiri ganti di beres hahahaha
wah PTT 0w30 SN emg perfect buat M15A om.... SN+ udh agak ngentel dikit cuman msh acceptable.. SN biasa itu paling enak... V100 di 10,3 apa 10,4 kalo ga salah, kombinasi V40 yg enteng buat cold start , dan V100 nya yg pas ga terlalu kentel dan ga terlalu encer buat M15A yg msh flat tappet.. zinc nya juga di 800-900an + PAO nya jg pas 10% ajah...
makanya kecewa berat pas update SP jadi gitu... padahal PTT 0w30 udh top pick ane buat M15A tadinya ga pusing2 nyari oli lagi...
kalo msh ada yg nyetok 0w30 SN sih next OCI mau tak angkut...
yah msh ada Ams OE 5w30 bisa coba.
cold start di suhu indo mirip2 lah.
kecuali sub zero yaa.
masih kentel ini mbah V40 nya.. di 64 sekian.. PTT 0w30 SN itu 54 sekian cSt... udh pas kalo cold start adem...
KIXX G1 0w30
ada di toko ijo banyak.
V100 nya 50-an om
Last edited by Suryaputra on Fri May 21, 2021 10:37, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr wrote: Thu May 20, 2021 11:06
btw soal ganti oli, pada ganti drain plug dan gasketnya ga ya?
kalo beres sijuki sih udh pasti include paket ganti oli... beres lain gimana ya?
soal kasta oli siiii kalo ane IMO yg penting sesuai permintaan mesin aja dulu... tinggal OCI nya kita atur sesuai kemampuan doi..
mahal kalo ternyata ga sesuai percuma juga...
Kl di Nissan itu diganti Gasketnya.
Kena biaya 17 rb u partsnya aja.
Kl drain plugnya ngga diganti selama ulirnya msh bagus dan ngga sompal.
Lain cerita kl sompal jd perlu diganti sekalian drain plugnya.
ah i see...
kalo sijuki gasket ama drainplug jadi satu deh keknya... kurleb sama sih belasan ribu juga
rendr wrote: Thu May 20, 2021 11:06
btw soal ganti oli, pada ganti drain plug dan gasketnya ga ya?
kalo beres sijuki sih udh pasti include paket ganti oli... beres lain gimana ya?
soal kasta oli siiii kalo ane IMO yg penting sesuai permintaan mesin aja dulu... tinggal OCI nya kita atur sesuai kemampuan doi..
mahal kalo ternyata ga sesuai percuma juga...
saya ganti mbah, tp prnh juga ga ganti smpe 3x OCI.
ini M15A ane udh 2x OCI dr pake TQ9000 smpe PTT 0w30 blm ganti gasketnya krn wkt itu nyari di toko2 pada ga ada. blm rembes sih. tp baik nya emg ganti, di beres juga cuma 11rb an.
btw ini PTT 0w30 SN udh 10 bulan/7.5rb KM masih enak.
ato ane yg ga peka. bejeg tol RPM 5rb masih halus jg
penguapan jg ga sampai seperempat dr dipstik.
iyaaa di beres murah, makanya paling enak bawa oli sendiri ganti di beres hahahaha
wah PTT 0w30 SN emg perfect buat M15A om.... SN+ udh agak ngentel dikit cuman msh acceptable.. SN biasa itu paling enak... V100 di 10,3 apa 10,4 kalo ga salah, kombinasi V40 yg enteng buat cold start , dan V100 nya yg pas ga terlalu kentel dan ga terlalu encer buat M15A yg msh flat tappet.. zinc nya juga di 800-900an + PAO nya jg pas 10% ajah...
makanya kecewa berat pas update SP jadi gitu... padahal PTT 0w30 udh top pick ane buat M15A tadinya ga pusing2 nyari oli lagi...
kalo msh ada yg nyetok 0w30 SN sih next OCI mau tak angkut...
enak emg mbah, kmrn jalan 350km pp msh adem.
ngelitik sih ngga, mesin kompresi kecil gini
tp bawaan lahir m15a emg ada bunyi klek klek klek klo mesin udh panas, lbh jelas pas pake TQ900 suaranya
Kl di Nissan itu diganti Gasketnya.
Kena biaya 17 rb u partsnya aja.
Kl drain plugnya ngga diganti selama ulirnya msh bagus dan ngga sompal.
Lain cerita kl sompal jd perlu diganti sekalian drain plugnya.
ah i see...
kalo sijuki gasket ama drainplug jadi satu deh keknya... kurleb sama sih belasan ribu juga
saya ganti mbah, tp prnh juga ga ganti smpe 3x OCI.
ini M15A ane udh 2x OCI dr pake TQ9000 smpe PTT 0w30 blm ganti gasketnya krn wkt itu nyari di toko2 pada ga ada. blm rembes sih. tp baik nya emg ganti, di beres juga cuma 11rb an.
btw ini PTT 0w30 SN udh 10 bulan/7.5rb KM masih enak.
ato ane yg ga peka. bejeg tol RPM 5rb masih halus jg
penguapan jg ga sampai seperempat dr dipstik.
iyaaa di beres murah, makanya paling enak bawa oli sendiri ganti di beres hahahaha
wah PTT 0w30 SN emg perfect buat M15A om.... SN+ udh agak ngentel dikit cuman msh acceptable.. SN biasa itu paling enak... V100 di 10,3 apa 10,4 kalo ga salah, kombinasi V40 yg enteng buat cold start , dan V100 nya yg pas ga terlalu kentel dan ga terlalu encer buat M15A yg msh flat tappet.. zinc nya juga di 800-900an + PAO nya jg pas 10% ajah...
makanya kecewa berat pas update SP jadi gitu... padahal PTT 0w30 udh top pick ane buat M15A tadinya ga pusing2 nyari oli lagi...
kalo msh ada yg nyetok 0w30 SN sih next OCI mau tak angkut...
enak emg mbah, kmrn jalan 350km pp msh adem.
ngelitik sih ngga, mesin kompresi kecil gini
tp bawaan lahir m15a emg ada bunyi klek klek klek klo mesin udh panas, lbh jelas pas pake TQ900 suaranya
next pakai unil nih udh stok, mau di bandingin
m15a ane paling bunyi tektek kalo awal nyala pas panas aja sih... abis itu adem...
Suryaputra wrote: Fri May 21, 2021 3:30
Klo ring washer drain, better beli Ori,
bukannya apa, ngeri crack ajah klo kw.
klo crack, oli bocorrr.
murah, beli 1 pack biasa dapat 10 biji klo buat hondut 1.5L
100rb-an sekalian stok bisa buat 10x ganti oli
wkwkwkwkw
Kl punya tork wrenc, bagusan ke asemregez atau glodog, beli ring tembaga
Jauh lebi aman drpd ring aluminium beres
Btw ring aluminium pun kl mau, beli d glodog ama asemregez jg murah, sekilo ga ampe goban
Kcuali ring washer model yg ad ring crusher nya lg didalemnya, nah ini mau ga mau d beres doank adanya, cuman emg beres nihon mana yg pake model gini ?
Betul, pasang di lubang tapi bukan permanen (bisa dilepas sewaktu-waktu), sistemnya seperti keran.
Nah iya, maksudnya selama interval ganti oli si valve tadi tetap kepasang di lubang karter kan?
Harusnya bagus jg sih logikanya, jadi ga sering buka tutup baut pembuangan.
tp apes klo ada yg buka isengin mbah..
klo ktauan mobil ga bsa jalan smpe di isi lg
klo ga ktauan, jalan ga pake oli mobilnya
disini mah susah mbah, lg parkir aja byk yg iseng baret2in.
Kl diisengin buka
Kayanya agak mustahil yah , kcuali kl lg parkir di spanjang musatek aasemregez sukarjo.. nah itu banyak deh temen2 saya yg doyan ngolong mobil2 yg lg parkir
Justru kayanya yg serem posisi nya itu nonggol d bawah, kl kena kepentok poldur atau jalan jelek, apa ga rentan jd patah trus malah bkin oli ngocor tuh
Nah iya, maksudnya selama interval ganti oli si valve tadi tetap kepasang di lubang karter kan?
Harusnya bagus jg sih logikanya, jadi ga sering buka tutup baut pembuangan.
tp apes klo ada yg buka isengin mbah..
klo ktauan mobil ga bsa jalan smpe di isi lg
klo ga ktauan, jalan ga pake oli mobilnya
disini mah susah mbah, lg parkir aja byk yg iseng baret2in.
Kl diisengin buka
Kayanya agak mustahil yah , kcuali kl lg parkir di spanjang musatek aasemregez sukarjo.. nah itu banyak deh temen2 saya yg doyan ngolong mobil2 yg lg parkir
Justru kayanya yg serem posisi nya itu nonggol d bawah, kl kena kepentok poldur atau jalan jelek, apa ga rentan jd patah trus malah bkin oli ngocor tuh
Iya sih kalau iseng dibuka ga ada yg niat ngerangkak kebawah mobil lah.
Kalau kepentok emang kemungkinan lebih gede sih, tapi valvenya segede apa kira2? Tapi rata2 skrg angle bukaan plug karter lumayan horizontal jadi mungkin aman aja mbah. Apalg kadang posisi plug jg di cekungan gitu kan?
tp apes klo ada yg buka isengin mbah..
klo ktauan mobil ga bsa jalan smpe di isi lg
klo ga ktauan, jalan ga pake oli mobilnya
disini mah susah mbah, lg parkir aja byk yg iseng baret2in.
Kl diisengin buka
Kayanya agak mustahil yah , kcuali kl lg parkir di spanjang musatek aasemregez sukarjo.. nah itu banyak deh temen2 saya yg doyan ngolong mobil2 yg lg parkir
Justru kayanya yg serem posisi nya itu nonggol d bawah, kl kena kepentok poldur atau jalan jelek, apa ga rentan jd patah trus malah bkin oli ngocor tuh
Iya sih kalau iseng dibuka ga ada yg niat ngerangkak kebawah mobil lah.
Kalau kepentok emang kemungkinan lebih gede sih, tapi valvenya segede apa kira2? Tapi rata2 skrg angle bukaan plug karter lumayan horizontal jadi mungkin aman aja mbah. Apalg kadang posisi plug jg di cekungan gitu kan?
Justru angle bukaan ga banyak yg horizontal mbah
Inofa miring ke bawah
Avansa kl ga sala malah vertikal ke bawah
Kl pake tu keran, alamat bakal patah itu ga ampe sminggu
Kayanya agak mustahil yah , kcuali kl lg parkir di spanjang musatek aasemregez sukarjo.. nah itu banyak deh temen2 saya yg doyan ngolong mobil2 yg lg parkir
Justru kayanya yg serem posisi nya itu nonggol d bawah, kl kena kepentok poldur atau jalan jelek, apa ga rentan jd patah trus malah bkin oli ngocor tuh
Iya sih kalau iseng dibuka ga ada yg niat ngerangkak kebawah mobil lah.
Kalau kepentok emang kemungkinan lebih gede sih, tapi valvenya segede apa kira2? Tapi rata2 skrg angle bukaan plug karter lumayan horizontal jadi mungkin aman aja mbah. Apalg kadang posisi plug jg di cekungan gitu kan?
Justru angle bukaan ga banyak yg horizontal mbah
Inofa miring ke bawah
Avansa kl ga sala malah vertikal ke bawah
Kl pake tu keran, alamat bakal patah itu ga ampe sminggu
Masa mbah, ini baru tadi gerlong Freed ngolong ngeliat lumayan horizontal terus ada cekungan..
Yang lainnya lupa dah lama ga ganti oli mesin gara2 ga ada kunci filter oli, jadi males nanggung. Wkwk
Iya sih kalau iseng dibuka ga ada yg niat ngerangkak kebawah mobil lah.
Kalau kepentok emang kemungkinan lebih gede sih, tapi valvenya segede apa kira2? Tapi rata2 skrg angle bukaan plug karter lumayan horizontal jadi mungkin aman aja mbah. Apalg kadang posisi plug jg di cekungan gitu kan?
Justru angle bukaan ga banyak yg horizontal mbah
Inofa miring ke bawah
Avansa kl ga sala malah vertikal ke bawah
Kl pake tu keran, alamat bakal patah itu ga ampe sminggu
Masa mbah, ini baru tadi gerlong Freed ngolong ngeliat lumayan horizontal terus ada cekungan..
Yang lainnya lupa dah lama ga ganti oli mesin gara2 ga ada kunci filter oli, jadi males nanggung. Wkwk
Honda enak, apalagi karter enjin L series, modelnya lurus