Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
77 ini sering lihat promote di IG, tulisannya sih buatan Belanda. Saingan nih blendingnya di yurop seperti kyu kyu, tapi ga nyebutin base oilnya dari mana
tapi kalau lihat di marketplace harganya lumayan diatas kyu kyu
Top 5 produsen oli terbesar kan dr grup arab, amerika, russia, canada dan china.
Aditifnya ya macam2, ada Infineum (JV shell & exxon), Lubrizol, evonik, dkk dr eropa.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wenk wrote: Mon Jul 29, 2024 7:35
Kalau mobil baru 1000 km pertama, apakah harus ganti oli mesin ?
Kudu wajib (klo mau lebih awet dan minimalkan resiko)
Lwt 1000 km dikit jg gpp klo gak sempet
Ok Om, selanjutnya baru setiap 10.000 km ya, atau sesuai jadwal service rutin.
soalnya SOP beres di 1000 km pertama atau 1 bulan gak ada penggantian oli.
wenk wrote: Mon Jul 29, 2024 7:35
Kalau mobil baru 1000 km pertama, apakah harus ganti oli mesin ?
Kudu wajib (klo mau lebih awet dan minimalkan resiko)
Lwt 1000 km dikit jg gpp klo gak sempet
Ok Om, selanjutnya baru setiap 10.000 km ya, atau sesuai jadwal service rutin.
soalnya SOP beres di 1000 km pertama atau 1 bulan gak ada penggantian oli.
Apa sekalian ganti filter oli nya juga om?
yup wajib ganti filter oli tiap ganti oli.
apalagi 1000 km pertama, itu klo dibelah filternya, wear metal nya tinggi, krn proses break-in internal mesin.
klo oli beres:
- berikutnya ya tergantung pemakaian, klo sering kena macet gantinya 6 bln sekali atau 5rb km.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sapifr22 wrote: Mon Jul 29, 2024 8:16
Yg pernah saya coba
1000 km pertama ganti oli dan filter
5000 km ganti oli dan filter
Seterusnya ganti oli tiap 10000 km.
Setahun jalan 30-40k km.
Kudu wajib (klo mau lebih awet dan minimalkan resiko)
Lwt 1000 km dikit jg gpp klo gak sempet
Ok Om, selanjutnya baru setiap 10.000 km ya, atau sesuai jadwal service rutin.
soalnya SOP beres di 1000 km pertama atau 1 bulan gak ada penggantian oli.
Apa sekalian ganti filter oli nya juga om?
yup wajib ganti filter oli tiap ganti oli.
apalagi 1000 km pertama, itu klo dibelah filternya, wear metal nya tinggi, krn proses break-in internal mesin.
klo oli beres:
- berikutnya ya tergantung pemakaian, klo sering kena macet gantinya 6 bln sekali atau 5rb km.
severmaya wrote: Mon Jul 29, 2024 2:47
Mau tanya, sebenarnya indikasi oli masih layak dipakai atau ga itu dari mana ya kalau orang awam?
Jadi saya kan lumayan sering mondar-mandir keluar kota, dulu pakai mobil kantor ga ambil pusing, sekarang mau nyiksa mobil pribadi dulu ceritanya
Terakhir ganti oli pas Juni, sekarang berjalan 2500 an km tapi oli dah lumayan hitam, terakhir ganti Bardahl s9.
Mending dipakai dulu aja apa ganti oli dulu? Pertimbangannya karena sering high rpm, dan mobilnya qr25 yang lumayan panas.
bardahl S9 ckp bagus hasil tes labnya, kalau tidak salah ingat hasil lab mumpuni untuk 10rb kilometer.
cb intip aja kondisi dalam mesin bgmn, klo tidak ada sludge atau varnish gass aja terus..
sapifr22 wrote: Mon Jul 29, 2024 8:16
Yg pernah saya coba
1000 km pertama ganti oli dan filter
5000 km ganti oli dan filter
Seterusnya ganti oli tiap 10000 km.
Setahun jalan 30-40k km.
severmaya wrote: Mon Jul 29, 2024 2:47
Mau tanya, sebenarnya indikasi oli masih layak dipakai atau ga itu dari mana ya kalau orang awam?
Jadi saya kan lumayan sering mondar-mandir keluar kota, dulu pakai mobil kantor ga ambil pusing, sekarang mau nyiksa mobil pribadi dulu ceritanya
Terakhir ganti oli pas Juni, sekarang berjalan 2500 an km tapi oli dah lumayan hitam, terakhir ganti Bardahl s9.
Mending dipakai dulu aja apa ganti oli dulu? Pertimbangannya karena sering high rpm, dan mobilnya qr25 yang lumayan panas.
bardahl S9 ckp bagus hasil tes labnya, kalau tidak salah ingat hasil lab mumpuni untuk 10rb kilometer.
cb intip aja kondisi dalam mesin bgmn, klo tidak ada sludge atau varnish gass aja terus..
Sebenernya beda mobil bisa beda hasil juga sih, walaupun biasanya mirip mirip.
new info :
1. ILSAC-7 bakal muncul di maret 2025, dengan rating API SQ menyusul menyertakan 0w-8 & 0w-12 (fokus ke proteksi mesin hybrid sepertinya)
2. ILSAC-8 diproyeksikan muncul di 2028 dengan tambahan test BBM E20 , tidak menyertakan 0w-8 & 0w-12 (apakah jumping ke 0w-4 bahkan 0w-2?)
Suhu-suhu SM, ane baru ganti Brio CVT 2019 ke XL7 Zeta AT 2024, kemarin cek pertama ke service Suzuki posisi 1.015 km. di Service Suzuki tidak ada pergantian Oli dll, hanya cek common biasa dan setting rem tangan saja. penggantian oli di 10.000 Km. dan menggunakan kupon free service hanya dapat ECSTAR 5w-30 untuk setiap kelipatan 10.000 Km atau 6 bulan.
sebelumnya di Honda, untuk 5w-30 hanya disarankan sampai 5000 km, untuk 0w-20 baru bisa 10.000 km.
berhubung mobil pribadi ini ane pake mostly Bogor-jakarta, Bogor-Cikarang, Bogor-Karawang, sometime ke Cilegon atau Bandung.
dalam 3 bulan udah running 10.000 km.
Ane Ga berani pake rekomendasi pabrikan (dengan free service) pakai 5W-30 untuk 10.000 km.
pertanyaan ane :
1. sesuai masukan Om Suryasaputra harus ganti oli dan filternya saat 1000 km (atau lebih dikit) mohon rekomendasi Oli untuk 10.000 km/3 bulan.
yang ramah di dompet - please.
2. ada pengalaman dari suhu suhu SM penggunaka XL7 dengan oli Ecstar dan terkhusus yg 5w-30 untuk 10.000 km ?
Thanks sangat untuk Suhu-suhu SM yg bisa bantu ane.
Tolong ... Tolong ....
Ini pada kenapa dah sparepart naik berjamaah, udah wishlist busi laser iridium 625 rb jadi 725 rb.
Wishlist juga udah buat oli PTT evotec 0w30 dari 510 rb jadi 700 rb an.
Therach wrote: Thu Aug 01, 2024 2:41
Suhu-suhu SM, ane baru ganti Brio CVT 2019 ke XL7 Zeta AT 2024, kemarin cek pertama ke service Suzuki posisi 1.015 km. di Service Suzuki tidak ada pergantian Oli dll, hanya cek common biasa dan setting rem tangan saja. penggantian oli di 10.000 Km. dan menggunakan kupon free service hanya dapat ECSTAR 5w-30 untuk setiap kelipatan 10.000 Km atau 6 bulan.
sebelumnya di Honda, untuk 5w-30 hanya disarankan sampai 5000 km, untuk 0w-20 baru bisa 10.000 km.
berhubung mobil pribadi ini ane pake mostly Bogor-jakarta, Bogor-Cikarang, Bogor-Karawang, sometime ke Cilegon atau Bandung.
dalam 3 bulan udah running 10.000 km.
Ane Ga berani pake rekomendasi pabrikan (dengan free service) pakai 5W-30 untuk 10.000 km.
pertanyaan ane :
1. sesuai masukan Om Suryasaputra harus ganti oli dan filternya saat 1000 km (atau lebih dikit) mohon rekomendasi Oli untuk 10.000 km/3 bulan.
yang ramah di dompet - please.
2. ada pengalaman dari suhu suhu SM penggunaka XL7 dengan oli Ecstar dan terkhusus yg 5w-30 untuk 10.000 km ?
Thanks sangat untuk Suhu-suhu SM yg bisa bantu ane.
wah Suzuki sekarang di 1.000 Km sudah tidak dapat ganti oli ya, dan baru tahu juga kalau sekarang free servicenya dapat oli juga
saya pribadi untuk oli Ecstar itu max banget di 5.000Km, itu pun udah ga enak banget rasanya even utk 0w-20nya Ecstar tetep ganti max di 5.000Km aja om.
Kalau masih mau pakai yg Ecstar, ganti aja tiap 5.000Km om, tapi yg kelipatan 5.000Km ganti olinya bisa di Toko Oli aja ga usah di BeRes. Yg setiap 10.000Km baru ke BeRes sekalian servis.
Untuk oli juga saran saya pakai yg 0W-20 aja om, Jimny Long baru aja sekarang pakainya Ecstar 0W-16 Mungkin bisa ditanyakan ke BeResnya apakah bisa bayar tambah untuk upgrade pakai olinya yg 0W-20 aja.
Atau kalau mau ganti per 10.000Km, ya bisa pakai oli yg bagus seperti Q8 D1 0W-20 om cuma ya harganya juga jauh sih dibanding Ecstar paling yg Ecstar gratisannya bisa dibawa aja ga usah diisi di mobil om
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Therach wrote: Thu Aug 01, 2024 2:41
Suhu-suhu SM, ane baru ganti Brio CVT 2019 ke XL7 Zeta AT 2024, kemarin cek pertama ke service Suzuki posisi 1.015 km. di Service Suzuki tidak ada pergantian Oli dll, hanya cek common biasa dan setting rem tangan saja. penggantian oli di 10.000 Km. dan menggunakan kupon free service hanya dapat ECSTAR 5w-30 untuk setiap kelipatan 10.000 Km atau 6 bulan.
sebelumnya di Honda, untuk 5w-30 hanya disarankan sampai 5000 km, untuk 0w-20 baru bisa 10.000 km.
berhubung mobil pribadi ini ane pake mostly Bogor-jakarta, Bogor-Cikarang, Bogor-Karawang, sometime ke Cilegon atau Bandung.
dalam 3 bulan udah running 10.000 km.
Ane Ga berani pake rekomendasi pabrikan (dengan free service) pakai 5W-30 untuk 10.000 km.
pertanyaan ane :
1. sesuai masukan Om Suryasaputra harus ganti oli dan filternya saat 1000 km (atau lebih dikit) mohon rekomendasi Oli untuk 10.000 km/3 bulan.
yang ramah di dompet - please.
2. ada pengalaman dari suhu suhu SM penggunaka XL7 dengan oli Ecstar dan terkhusus yg 5w-30 untuk 10.000 km ?
Thanks sangat untuk Suhu-suhu SM yg bisa bantu ane.
utk point 1...berhubung ini berhubungan ama warranty...
saran aja perawatan mobil jalanin di be-res aja
jadi history lengkap...paling kalo ecstar itu dirasa ga tahan 10rb km...ya potong aja jadi 5rb km
tar kl udh di luar masa warranty baru ganti oli & rawat di luar be-res
Pengalaman dulu sih Suzuki itu salah satu merk yg paling flexible urusan oli dan garansi
Kalau saya dulu di NJS Bandung sering bawa Oli sendiri saat masa garansi, selama masih sesuai spek mereka izinin bawa oli sendiri dulu mah. bahkan di buku servicenya ditulisnya SGO sama mereka
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Aliyus28 wrote: Thu Aug 01, 2024 5:18
Tolong ... Tolong ....
Ini pada kenapa dah sparepart naik berjamaah, udah wishlist busi laser iridium 625 rb jadi 725 rb.
Wishlist juga udah buat oli PTT evotec 0w30 dari 510 rb jadi 700 rb an.
Dollar & Euro nya udah serem mbah.
Mau gak mau naik ..., yang gak naik cuma barang gak laku
azu wrote: Thu Aug 01, 2024 7:31
Pengalaman dulu sih Suzuki itu salah satu merk yg paling flexible urusan oli dan garansi
Kalau saya dulu di NJS Bandung sering bawa Oli sendiri saat masa garansi, selama masih sesuai spek mereka izinin bawa oli sendiri dulu mah. bahkan di buku servicenya ditulisnya SGO sama mereka
Wah kalo olinya boleh gak dipake dan boleh dibawa pulang mah enak. Biasa beres pada gak bolehin
Therach wrote: Thu Aug 01, 2024 2:41
Suhu-suhu SM, ane baru ganti Brio CVT 2019 ke XL7 Zeta AT 2024, kemarin cek pertama ke service Suzuki posisi 1.015 km. di Service Suzuki tidak ada pergantian Oli dll, hanya cek common biasa dan setting rem tangan saja. penggantian oli di 10.000 Km. dan menggunakan kupon free service hanya dapat ECSTAR 5w-30 untuk setiap kelipatan 10.000 Km atau 6 bulan.
sebelumnya di Honda, untuk 5w-30 hanya disarankan sampai 5000 km, untuk 0w-20 baru bisa 10.000 km.
berhubung mobil pribadi ini ane pake mostly Bogor-jakarta, Bogor-Cikarang, Bogor-Karawang, sometime ke Cilegon atau Bandung.
dalam 3 bulan udah running 10.000 km.
Ane Ga berani pake rekomendasi pabrikan (dengan free service) pakai 5W-30 untuk 10.000 km.
pertanyaan ane :
1. sesuai masukan Om Suryasaputra harus ganti oli dan filternya saat 1000 km (atau lebih dikit) mohon rekomendasi Oli untuk 10.000 km/3 bulan.
yang ramah di dompet - please.
2. ada pengalaman dari suhu suhu SM penggunaka XL7 dengan oli Ecstar dan terkhusus yg 5w-30 untuk 10.000 km ?
Thanks sangat untuk Suhu-suhu SM yg bisa bantu ane.
Pakai aja Q8 0w20
Api SP Dex 1 g2/3
Aman lah 15rb km klo sering ngukur jalan.
Robust ni oli.
Klo mau lbh murah, ya bisa ke pertamina fastron gold 5w30
Ganti per 10rb km dgn durasi spt itu max.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Aliyus28 wrote: Thu Aug 01, 2024 5:18
Tolong ... Tolong ....
Ini pada kenapa dah sparepart naik berjamaah, udah wishlist busi laser iridium 625 rb jadi 725 rb.
Wishlist juga udah buat oli PTT evotec 0w30 dari 510 rb jadi 700 rb an.
FYI PTT Evotec 0W30 di official store PTT tokoijo promo 570rb/4L
Therach wrote: Thu Aug 01, 2024 2:41
Suhu-suhu SM, ane baru ganti Brio CVT 2019 ke XL7 Zeta AT 2024, kemarin cek pertama ke service Suzuki posisi 1.015 km. di Service Suzuki tidak ada pergantian Oli dll, hanya cek common biasa dan setting rem tangan saja. penggantian oli di 10.000 Km. dan menggunakan kupon free service hanya dapat ECSTAR 5w-30 untuk setiap kelipatan 10.000 Km atau 6 bulan.
sebelumnya di Honda, untuk 5w-30 hanya disarankan sampai 5000 km, untuk 0w-20 baru bisa 10.000 km.
berhubung mobil pribadi ini ane pake mostly Bogor-jakarta, Bogor-Cikarang, Bogor-Karawang, sometime ke Cilegon atau Bandung.
dalam 3 bulan udah running 10.000 km.
Ane Ga berani pake rekomendasi pabrikan (dengan free service) pakai 5W-30 untuk 10.000 km.
pertanyaan ane :
1. sesuai masukan Om Suryasaputra harus ganti oli dan filternya saat 1000 km (atau lebih dikit) mohon rekomendasi Oli untuk 10.000 km/3 bulan.
yang ramah di dompet - please.
2. ada pengalaman dari suhu suhu SM penggunaka XL7 dengan oli Ecstar dan terkhusus yg 5w-30 untuk 10.000 km ?
Thanks sangat untuk Suhu-suhu SM yg bisa bantu ane.
Oom, saya ada yg 2023. Matic. Buat operasional anak menggantikan yarjok.
1000 saya pakaikan Total 0w-20
5600an (pas 6 bulan) saya coba ecstar. Benar spt Oom dapetnya 5w-30, dipakai 3000an kurang nyaman atau entah perasaan saja.
Ganti lagi pakai fastron gold. Skrg km 11 ribu jalan setahun setengah masih oli itu.
Filter2 atau part fast moving suzuki banyak kok, di toko oli yang lumrah disebut di sm ini pasti ada.
Oiya, itu minyak remnya setahun cobain ganti oom. Kalau di saya berasa. Oli maticnya juga setahun saya ganti.
Apa lagi ya? Kayaknya itu aja.
Therach wrote: Thu Aug 01, 2024 2:41
Suhu-suhu SM, ane baru ganti Brio CVT 2019 ke XL7 Zeta AT 2024, kemarin cek pertama ke service Suzuki posisi 1.015 km. di Service Suzuki tidak ada pergantian Oli dll, hanya cek common biasa dan setting rem tangan saja. penggantian oli di 10.000 Km. dan menggunakan kupon free service hanya dapat ECSTAR 5w-30 untuk setiap kelipatan 10.000 Km atau 6 bulan.
sebelumnya di Honda, untuk 5w-30 hanya disarankan sampai 5000 km, untuk 0w-20 baru bisa 10.000 km.
berhubung mobil pribadi ini ane pake mostly Bogor-jakarta, Bogor-Cikarang, Bogor-Karawang, sometime ke Cilegon atau Bandung.
dalam 3 bulan udah running 10.000 km.
Ane Ga berani pake rekomendasi pabrikan (dengan free service) pakai 5W-30 untuk 10.000 km.
pertanyaan ane :
1. sesuai masukan Om Suryasaputra harus ganti oli dan filternya saat 1000 km (atau lebih dikit) mohon rekomendasi Oli untuk 10.000 km/3 bulan.
yang ramah di dompet - please.
2. ada pengalaman dari suhu suhu SM penggunaka XL7 dengan oli Ecstar dan terkhusus yg 5w-30 untuk 10.000 km ?
Thanks sangat untuk Suhu-suhu SM yg bisa bantu ane.
Oom, saya ada yg 2023. Matic. Buat operasional anak menggantikan yarjok.
1000 saya pakaikan Total 0w-20
5600an (pas 6 bulan) saya coba ecstar. Benar spt Oom dapetnya 5w-30, dipakai 3000an kurang nyaman atau entah perasaan saja.
Ganti lagi pakai fastron gold. Skrg km 11 ribu jalan setahun setengah masih oli itu.
Filter2 atau part fast moving suzuki banyak kok, di toko oli yang lumrah disebut di sm ini pasti ada.
Oiya, itu minyak remnya setahun cobain ganti oom. Kalau di saya berasa. Oli maticnya juga setahun saya ganti.
Apa lagi ya? Kayaknya itu aja.
Engga seribet ngerawat w140 atau red block
Fastron Gold 5w30 itu underrated.
Dr hasil lab mbah saturday, mumpuni untuk 10rb km or 1 thn, buat mesin non turbo
Klo 0w20 kelas 200rb seliter, so far masih megang kyueit, based on hasil lab.. Bisa push up to 15rb km or <1thn
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Aliyus28 wrote: Thu Aug 01, 2024 5:18
Tolong ... Tolong ....
Ini pada kenapa dah sparepart naik berjamaah, udah wishlist busi laser iridium 625 rb jadi 725 rb.
Wishlist juga udah buat oli PTT evotec 0w30 dari 510 rb jadi 700 rb an.
FYI PTT Evotec 0W30 di official store PTT tokoijo promo 570rb/4L
Udah balik normal skrg di toko oren sama ijo, tadi katanya lagi live streaming jadi dinaikin ucap marketingnya wkwk
Tapi kalo masalah busi beneran blum turun ini bukan live streaming wkwk
Makasih suhu suhu semua atas saran dan pengalamannya.
Ane bakal pake Fastron gold 5w-30 utk selingan diantara service rutin di Beres Suzuki.
Kalau Fastron Gold 0w-20 apakah lebih baik?
Untuk next-nya mungkin test Q8 juga
Last edited by Therach on Thu Aug 01, 2024 15:51, edited 1 time in total.